refrensi >> http://asthmasociety.ie/ >> http://www.asma.web.id/ ================= Artikel terkait ===================== http://www.kaskus.us/member.php?

u=277812 Perlu dilihat penyebab asmanya. Umumnya asma dipacu oleh alergi. Cara terbaik adalah menghindari pemicu alerginy a. Contoh kasus saya sendiri alergi dengan debu tungau dan perubahan ekstrem suh u lingkungan. Biasanya kalau kondisi tidak fit maka pada pagi hari akan kena all ergic rhinitis alias hidung meler ingus encer dengan bersin-bersin, yang toh pad a akhirnya memacu kekambuhan asma saya. Untuk menghindarinya saya biasa minum prednisone, digunakan untuk mencegah alerg i dan kekambuhan asma. Obat ini cukup poten untuk saya, selain itu pula harganya cukup murah. Dengan obat ini saya jarang kena allergic rhinitis dipagi hari dan menghindari k ambuhnya asma saya dimalam hari. Padahal dulu sering sekali minum neozep kalau hidung sudah meler dan asma soho k alau kena serangan asma. Obat untuk serangan asma : Obat-obat semacam Asmadex, Napacin, Asma soho, Asma solon adalah obat yang dimin um hanya pada saat terkena serangan asma. Versi lebih murah bisa memakai Aminophyllin (Theophyllin+ethylenediamine), Teosa l (Theophyllin+Salbutamol),Salbutamol 2mg atau 4 mg. jika diperlukan bisa juga Euphyllin Retard/Retaphyl SR (Theophyllin lepas lambat ),Meptin Mini (Procaterol HCL),Bricasma/Lasmalin (Terbutaline) Tapi kalau asmanya bandel mending ditambah corticosteroid semacam prednisone, pr ednisolone, methylprednisolone, dexamethasone diminum saat pagi dan atau sore hari. Cukup murah kok. Naik step kalau bisa pakai obat asma hirup Terapi I: Ventolin Inhaler sebagai obat pereda serangan akut Seretide Diskus sebagai obat pencegah dan pengontrol gejala (Pasangan terapi wajibnya) Terapi II: Ventolin Inhaler sebagai obat pereda serangan akut Obucort Swinghaler sebagai obat pencegah serangan (Kombinasi yang paling murah dari segi harga) Terapi III: Symbicort Turbuhaler sebagai obat pencegah dan pengontrol gejala sekaligus dapat digunakan sebagai obat pereda serangan akut (Paling poten, paling mahal) Bila gejala asma sudah mulai terkontrol, baiknya dilanjutkan dengan terapi Ketot ifen, nama dagangnya dipasar misalnya prevas, scanditen, pehatifen, astifen, intifen, profilas, nortifen, zaditen.

Obat ini dikhususkan untuk terapi jangka panjang. Theophyllin.Gunakan obat asma hirup golongan SABA (pereda serangan akut). Terbutalin 3.Bila tetap tidak menunjukkan perubahan segera kontak UGD Selama dalam perjalanan ke UGD atau menunggu ambulan. Ketotifen juga menjadi obat terapi allergi yang bekerja sebagai antihistamin. Baiknya cari generiknya saja.Efek optimal obat biasanya akan terasa setelah 1 jam 5. PERTOLONGAN PERTAMA DARURAT ASMA DENGAN OBAT ORAL BRONKODILATOR ASMA 1.Bila serangan belum membaik. 3. *Setiap obat punya efek samping. tanyakan lebih lanjut pada dokter atau apoteker . Salbutamol.Bersikap tenang dan dudukkan penderita 2.Berkumur setelah memakai obat hirup. *Obat hirup memberikan impact yang lebih baik daripada obat oral biasa.misalnya Ventolin Inhaler. Ketotifen . hanya penderita asma Harga hanya kisaran. Umumnya kondisi penderita akan berangsur membaik. 5. 4. 4. ulangi langkah ke-2 setelah empat menit pertama.Tiga merk terbelakang harganya paling mahal. bisa didapatkan di apotek Serangan asma: Ventolin Inhaler Glaxo Smith Kline Salbutamol sulfate 100 mcg 200 dosis: 97 rb Berodual Inhaler . Ini adalah obat wajib Apotek. Meptin Swinghaler. atau gunakan obat hirup kombin asi Symbicort Turbuhaler. Berikan empat dosis obat hirup dalam empat hirupan yang terpisah dengan jeda tiap dosis setelah empat kali nafas.Obat akan mulai bereaksi 15-25 menit setelah mencapai lambung.Bila tetap tidak menunjukkan perubahan segera kontak UGD ======= Note: Saya bukan penjual obat. tiga merk terdepan yang paling mura h. Hasilnya baru akan kelihatan setelah 3 bulan pemakaian.Gunakan obat oral bronkodilator semacam Aminophyllin. ulangi langkah ke-2 setiap empat menit hingga pertolongan medik diterima. tapi har us siap kocek.Bersikap tenang dan dudukkan penderita 2. Bricasma Turbuhaler. Ketotifen bukan obat bronkodilator sehingga tidak bisa dipakai un tuk pereda serangan asma akut. ========= PERTOLONGAN PERTAMA DARURAT ASMA DENGAN OBAT HIRUP ASMA 1.

fenoterol HBr 50 mcg 200 dosis: 140 rb Atrovent Inhaler Boehringer Ingelheim Ipratropium Br 20 mcg 200 dosis: 130 rb Berotec Inhaler Boehringer Ingelheim Fenoterol HBr 100 mcg 200 dosis: 130 rb Bricasma Turbuhaler Astra Zeneca Terbutaline sulfate 0.0005 mcg 200 dosis: 180 rb Meptin Swinghaler Otsuka Pharmaceutical Procaterol hydrochloride 10 mcg 200 dosis: 140 rb Pencegahan dan Serangan (kombinasi): Symbicort Turbuhaler Astra Zeneca Budesonide 160 mcg. Formoterol fumarate 4.5 mcg 60 dosis 230 rb Pencegahan serangan: Obucort Swinghaler Otsuka Pharmaceutical Budesonide 200 mcg 200 dosis 145 rb Pulmicort Turbuhaler Astra Zeneca Budesonide 200 mcg 100 dosis 190 rb Inflammide Inhaler Boehringer Ingelheim Budesonide 200 mcg .Boehringer Ingelheim Ipratropium Br 20 mcg. formoterol fumarate 4.5 mcg 120 dosis: 500 rb 60 dosis: 310 rb Budesonide 80 mcg.

Ethica Industri Farmasi (carinya di apotek bos. Generiknya dalam bentuk Aminophylline (Theophylline+ethylenediamine). Neosma. jangan di toko obat) Ephedrin secara alami terdapat pada tanaman Ma Huang (Ephedra Sinica) yang umum digunakan sebagai herbal medicine pada TCM (Traditional Chinese Medicine). fluticasone propionate 50 mcg 120 dosis: 130 rb ============ Ephedrine Ada bos OGB Obat Generik Berlogo Ephedrin HCL. obat murah nya misalnya Teosal. obat jenis Methylxanthine. Versi Obat hirupnya misalnya Bricasma Turbuhaler. Terkenal sebagai bronkodilator yang cukup poten. kombinasi Theophylline 130 mg dengan SABA Salbutamol 1 mg). Terbutaline sulphate Obat merknya misalnya Bricasma. fluticasone propionate 125 mcg 120 dosis: 150 rb Salmeterol xinafoate 25 mcg. Sama seperti Theophylline. . Lasmalin. Asmasolon) Daftar umumnya obat asma oral seperti inilah kira-kira : Theophylline. Relivan. Berlico Mulia Farma. untuk mereknya misalnya Vent olin. Asmasoho. Ephedrin termasuk golongan obat asma generasi lama. Forasma. misalnya Ephedrin HCL Berlico. Umumnya terdapat pada obat ba tuk. Ephedrin HCL Ethica. Untuk pengobatan oral. Asmadex. umumnya dipasarkan sebagai The ophylline. Tablet dosis 2.300 dosis: 220 rb Seretide Accuhaler/Diskus (Advair Diskus) Glaxo Smith Kline Salmeterol xinafoate 50 mcg. Ephedrine dah dijelaskan diatas Salbutamol Bentuk tablet generiknya dalam dosis 2 mg dan 4 mg. Untuk semalaman tidur bebas sesak bisa menggunakan Theophylline lepas lambat mis alnya Euphylline Retard 250 mg atau Retaphyl SR 300 mg. fluticasone propionate 250 mcg 60 dosis: 165 rb Seretide Inhaler Glaxo Smith Kline Salmeterol xinafoate 25 mcg.5 mg. obat bebasnya dikombinasikan dengan Ephedrine (Napacin. Versi Populer dalam bentuk inhaler sebagai obat Reliever yaitu Ventolin In haler si puffer biru. Ephedrin berkhasiat untuk melancarkan jalan nafas.

2. Apakah gejala-gejala utama asma? Desah bunyi tinggi menciut-ciut atau meniup sewaktu bernapas Dada terasa ketat Sesak napas Batuk Gejala-gejala asma dapat berbeda dari penderita ke penderita.Procaterol HCL Tabletnya misalnya Meptin 0. Prednisolone. tetapi sering ada riwayat keluarga pend erita asma. gak boleh dipake jangka panj ang bos) Itu semua jenis obat corticosteroid yang murah didapet di apotek. Dexamethasone. smoga bermanfaat. Tapi . Asma dapat mulai kapan saja dan dapat berubah dengan berlalunya waktu. . Mengapa orang menderita asma? Penyebab asma tidak dipahami sepenuhnya. ============ http://kask. Ada dua faktor utama yang menyebabkan saluran udara menjadi sempit: 1. dan dari waktu ke waktu. Anak-anak dari ibu yang merokok sewaktu hamil d an anak-anak yang terekspos kepada asap rokok sewaktu masih kecil mempunyai risi ko yang lebih tinggi mengidap asma. saluran udara semakin sempit dan akibatnya s ulit untuk bernapas.. Syukur-syukur dah kalau kebeli obat kombinasi Symbicort. cont onya ane pake ventolin inhaler untuk reliever dan seretide discus untuk prevente r.misalnya Prednisone. lebih murah da ri pada beli obat asma nya.us/2538278 fakta umum tentang ASMA sekedar share.025 mg. Versi obat hirupnya misalnya Meptin Swinghaler. Methylprednisolone. Untuk mencegah Asthma Kambuh . dan Meptin mini 0. Selaput dalam saluran udara menjadi merah dan bengkak (radang) dan banyak mukus (lendir) mungkin dihasilkan.05 mg. Sewaktu terkspos kepada penyebab tertentu. pake ini bos: Golongan corticosteroid:... ASMA FAKTA-FAKTA UMUM Apakah Asma? Penderita asma mempunyai saluran udara yang sensitif dalam paru-parunya. (dosisnya sesuaikan dengan tingkat parahnya Asthma. Satu obat SABA untuk reliever dan Satu obat Corticosteroid untuk Preventer. Ada penderita yang mengalami semua gejala ini manakala penderita lain han ya mempunyai desah atau batuk. eksem atau demam serbuk sari. pengobatan nya yang paling rekomen ya tetap pake Obat Hirup Bos. Otot di keliling saluran udara menyempit (bronkokonstriksi). Ini juga poten bos.

Intal. kuning atau putih. Botol obat biasanya berwarna cokelat. Qva r. bau kuat dan semprot aerosol tertentu (mis. Becotide*. Jik a asma Anda kurang terkontrol. Intal Forte. minyak wangi) Makanan. Tetap giat dan sehat 4. Apakah asma dapat disembuhkan? Asma tidak dapat disembuhkan. Pulmicort. Menggunakan Obat Asma Cara yang terbaik untuk mengontrol asma adalah dengan menggunakan obat sebagaima na diminta. Redipred. Jangan berhenti menggunakan obat pencegah sehingga diminta oleh dokter Anda. oranye. dan Tilade Tablet: Singulair Tablet atau sirop penyelamat: Prednisone. Bertemu dengan dokter secara tetap 1. Perawatan asma yang baik memperb olehkan Anda hidup secara giat dan sehat. Seretide (botol ungu) merupakan gabungan Flixotide (pencegah) dan Serevent (peng . Obat pencegah biasanya harus digunakan setiap hari. stres) Bagi sejumlah penderita. Mempunyai rencana tindakan asma yang tertulis 6. aspirin dan beberapa jenis obat tekanan darah) Bahan kimia. Perawatan asma yang baik melibatkan: 1.Apakah penyebab gejala asma? Penyebab asma juga berbeda tergantung penderitanya. Obat ini dikenal sebagi obat penyela mat . Obat pencegah mengurangi radang dan bengkak dalam saluran udara dan mengeringkan mukus. Penyebab yang paling sering ditemui adalah: Pilek dan flu (terutama anak-anak) Gerak badan (dapat dikurangi) Serbuk sari. bahan pengawet. yang digunakan bersama dalam alat inhalator yang biasa. meskipun sewaktu masih sehat . tetapi dapat dirawat. mungkin sulit untuk mengetahui apa yang menyebabkan asm a! Bertanyalah kepada dokter Anda untuk informasi selanjutnya. Obat ini mungkin mengambil waktu beberapa minggu untuk mend atangkan efek. Obat gabungan: Seretide Obat ini menggabungkan pencegah dengan pengontrol gejala. Menggunakan obat asma sebagaimana diminta 2. Memantau asma 3. jamur atau rumput Bulu binatang dan ketombe (sisik kulit) Tungau Asap rokok Perubahan suhu udara dan cuaca Obat tertentu (mis. Ada tiga jenis obat yang utama: i) Pencegah Inhalator: Becloforte*. dokter Anda mungkin menulis resep untuk pengobata n singkat (2-14 hari) dengan tablet Prednisone / Prednisolone atau sirop Redipre p / Predmix supaya Anda cepat sehat kembali. Flixotide. Kebanyakan penderita asma me lakukan kegiatan sehari-hari tanpa gejala asma. penambah rasa dan warna tertentu Pekerjaan tertentu Perasaan tertentu (mis. Menjauhi diri dari penyebab sedapat mungkin 5. Predmix Obat-obat ini menjadikan saluran udara kurang sensitif dan menjaga kesehatan pen derita asma. Prednisolone.

Obat penghilang gejala mengendu rkan otot di keliling saluran udara. Semua anak yang mempunyai gejala as ma secara tetap harus mempunyai rencana tindakan asma tertulis. Rencana tindakan asma yang tertuli s akan bermanfaat dalam situasi ini. Jika gerak badan menyebabkan asma bagi diri Anda. 3. Bertanyalah kepa da dokter Anda tentang obat ini. Gejala asma yang semakin memburuk atau penurunan angka aliran tert inggi menandai bahwa asma Anda semakin parah. Jika Anda mempunyai seorang anak yang menderita asma. Anda seharusnya dapat melakuk an segala jenis gerak badan. karena mungkin dipengaruhi oleh p erawatan yang kurang maupun yang berlebihan. Misalnya Symbicort merup akan gabungan Pulmicort (pencega) dan Oxis (pengontrol gejala). Bricanyl. Atrovent merupakan sejenis penghilang gejala yang berbeda dan kadang-kadang digunakan bersama dengan salah satu dari penghilang ge jala biru di atas. Oxis dan Serevent Pengontrol gejala (juga dikenal sebagai penghilang gejala jangka panjang) memban tu mengendurkan otot di keliling saluran udara selama sampai 12 jam. Penderita asma yang menggunakan inha lator kortikosteroid (Becloforte. Asmol. dan menjadikan saluran udara lebih lebar da n mempermudah pernapasan. ini mungk in merupakan tanda bahwa asma Anda tidak dikontrol dengan baik penting agar Anda bertanya kepada dokter Anda. Asma yang diderita oleh anak-anak biasanya bergantung kepada musi m dan banyak anak hanya memerlukan perawatan pada musim dingin.ontrol gejala). Memantau asma Anda Buku catatan gejala asma Ini merupakan metode yang dianjurkan untuk memantau asma bagi anak-anak di bawah usia 7 tahun. Obat-obat i ni biasanya tidak digunakan dalam P3K asma. . jadi dokter Anda akan menulis resep untuk obat yang palin g sesuai. Flixotide. Asma yang diderita ole h setiap anak berbeda. Inhalator biru p enting sekali dalam P3K untuk asma. Pulmicort atau Qvar) seca ra tetap dan masih mempunyai gejala asma mungkin diobati dengan pengontrol gejal a. Pertumbuhan haru s dipantau bagi anak-anak yang menderita asma. se sak napas dan batuk) dalam waktu beberapa menit. Anda harus memb awa inhalator biru penghilang gejala bersama Anda setiap waktu. Epaq dan Ventolin Obat-obat ini memberikan kelegaan dari gejala asma (desah. Botol obat ini biasanya berwarna biru. Mencatatkan angka aliran tertinggi Angka aliran tertinggi menunjukkan apakah saluran udara Anda cukup terbuka atau telah sempit. dada terasa ketat. Jika Anda perlu menggunakan inhalator biru Anda lebih dari 3-4 kali seminggu unt uk mengurangi gejala asma (selain dari sebelum melakukan gerak badan). Melakukan gerak badan atau hidup aktif Gerak badan memastikan agar Anda tetap sehat. ii) Obat Penghilang Gejala Inhalator: Airomir. Becotide. Jika EIA dirawat dengan baik. olahraga atau kegiatan (kecuali SCUBA). 2. bertanyalah kepada dokter un tuk nasihat mengenai perawatan untuk asma yang disebabkan gerak badan (exerciseinduced ashtma EIA). iii) Pengontrol Gejala Inhalator: Foradile. Banyak penderita asma mengatakan b ahwa melakukan gerak badan secara tetap mengurangi parahnya dan kekerapan gejala . Obat gabungan lain sedang dikembangkan. berbincanglah dengan dokte r Anda mengenai obat apa yang paling baik bagi anak Anda.

Ingatlah bahwa Anda harus mengontrol asma Anda. Tanda-tanda serangan asma parah: Megap-megap Dada terasa ketat sekali Tidak dapat mengucapkan lebih dari satu dua kata setiap kali napas Terasa susah atau resah Kurang atau tiada perbaikan setelah menggunakan obat biru penghilang gejala (Air omir. Penderita harus duduk tegak dan tenteramkanlah hatinya. 5. Obat ini sebaiknya diberikan satu semprotan s ekali melalui alat peruang (spacer). batuk. Rencana P3K Asma 1. Rencana tindakan asma Anda harus ditinjau pada setiap ku njungan. 3. Epaq atau Ventolin) Menyedot tenggorokan dan otot rusuk Warna biru di bagian bibir (sulit untuk dilihat jika warna kulit juga berubah) Pucat dan berkeringat. Mengenal serangan asma Serangan asma dapat timbul dalam waktu beberapa menit sampai beberapa hari. Rencana ini akan menje laskan: Obat mana yang harus Anda gunakan sewaktu sehat Cara untuk mengenal gejala asma yang semakin parah Apa yang harus dilakukan apabila asma memburuk Kapan bantuan medis harus diminta 6. Jika masih kurang atau tidak perbaikan. misalnya perubahan cuaca dan pilek atau flu. cobalah menjauhi diri dari penyebab yang menj adikan gejala asma Anda lebih parah. panggillah ambulans dengan segera. bertemulah dengan dokter Anda sekurang-kurangnya setiap 6 bula n. Di samping gejala di atas. Mintalah penderita menghirup 4 napas dari a lat peruang setelah setiap semprotan obat. Bricanyl. berikan 4 semprotan obat penghilang gejala (Airomir. meskipun Anda sehat. kurang tenang dan mu ngkin menghadapi masalah makan atau minum karena sesak napas. anak kecil akan tampaknya resah.4. Menjauhi dari penyebab Selain dari melakukan gerak badan. As mol. Jika hal ini terjadi. ikutlah Rencana P3K Asma em pat langkah yang dijelaskan di bawah. Tanda-tanda serangan asma berbeda-beda. Beberapa jenis penyebab tidak dapat dicegah . Jangan membiarkannya sendiri. Bricanyl Epaq atau Ventolin). Tanpa membuang waktu. 2. jadi seseorang yang menderita asma mungk in tidak mempunyai semua tanda di atas sewaktu serangan yang parah. Sewa ktu serangan asma. Terus kan mengulangi langkah 2 dan 3 sewaktu menunggu ambulans. Mempunyai rencana tindakan asma Mintalah rencana tindakan asma tertulis dari dokter Anda. Mengontrol asma Agar tetap sehat. desah dan kesesakan napas dapat menja di semakin parah dengan cepat. . Mereka juga mungki n batuk atau muntah parah. Asmol. Tunggu 4 menit. ketegangan dada.

============\ .kaskus. ane haturkan thank you! shakehand2http://static.gif Memang agak susah sih cari barang langka seperti spacer buat asma.. (online atau offline monggo)? Atas pencerahannya.© Asthma Australia Februari 2002 http://www. from . Tekan inhaler untuk mengeluarkan obat dan hisap kuat-kuat melalui mulut botol air mineral.*Diterbitkan untuk tujuan informasi saja dan tidak harus menggantikan nasihat medis.. ta pi skrg sudah banget nyari yg jual spacer tsb (di Denpasar).kaskus. Kira2 Agan tau gak spacer dijual di mana. Hemat khan.us/9158998 ======== Botol air mineral untuk spacer inhaler Quote: Originally Posted by apergios View Post Gan.us/images/smilies/shakehand2. istri ane juga make Seretide..php?t=2538278 =========== http://kask.us/showthread. Kebetulan spacer-nya udh waktunya diganti. Cara terbaik dan hemat adalah buat sendiri dengan botol air mineral ukuran sedang. Nah kalau sedang terkena serangan asma tinggal dimasukkan saja mulut inhaler dib agian lobang pantat botol tadi. Botol air mineral ukuran sedang dibuat lobang dibagian pantat botol nya seukuran mulut inhaler.