PRANATA

Pranata atau institusi adalah norma atau aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. Norma/aturan dalam pranata berbentuk tertulis (undang-undang dasar, undangundang yang berlaku, sanksi sesuai hukum resmi yang berlaku) dan tidak tertulis (hukum adat, kebiasaan yang berlaku, sanksinya ialah sanksi sosial/moral (misalkan dikucilkan)). Pranata bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan, kelengkapan, dan umur. Institusi dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
y

Institusi formal adalah suatu institusi yang dibentuk oleh pemerintah atau oleh swasta yang mendapat pengukuhan secara resmi serta mempunyai aturan-aturan tertulis/ resmi. Institusi formal dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
y o

Institusi pemerintah adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan suatu kebutuhan yang karena tugasnya berdasarkan pada suatu peraturan perundang-undangan melakukan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan meningkatkan taraf kehidupan kebahagiaan kesejahteraan masyarakat. Institusi Pemerintah atau Lembaga Pemerintah dibedakan menjadi dua macam, yaitu: 1. Lembaga pemerintah yang dipimpin oleh seorang menteri. 2. Lembaga pemerintah yang tidak dipimpin oleh seorang menteri, dan bertanggung jawab langsung kepada presiden (disebut Lembaga Pemerintah Non-Departemen). Contoh : Lembaga Administrasi Negara dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

y o

Institusi swasta adalah institusi yang dibentuk oleh swasta (organisasi swasta) karena adanya motivasi atau dorongan tertentu yang didasarkan atas suatu peraturan perundang-undangan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Institusi atau lembaga ini secara sadar dan ikhlas melakukan kegiatan untuk ikut serta memberikan pelayanan masyarakat dalam bidang tertentu sebagai upaya meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Contoh : Yayasan Penderita Anak Cacat, Lembaga Konsumen, Lembaga Bantuan Hukum, Partai Politik.

y

Institusi non-formal adalah suatu institusi yang tumbuh dimasyarakat karena masyarakat membutuhkannya sebagai wadah untuk menampung aspirasi mereka. Ciri-ciri institusi non-formal antara lain: 1. Tumbuh di dalam masyarakat karena masyarakat membentuknya, sebagai wadah untuk menampung aspirasi mereka. 2. Lingkup kerjanya, baik wilayah maupun kegiatannya sangat terbatas. 3. Lebih bersifat sosial karena bertujuan meningkatkan kesejahteraan para anggota. 4. Pada umumnya tidak mempunyai aturan-aturan formal (Tanpa anggaran dasar/Anggaran rumah tangga).

dan dalam hal ini disebut sebagai pranata politik. dan lain sebagainya. pemerintah hanyalah salah satu unsur negara. kekuasaan. industri. Fungsi pranata ekonomi secara umum sebagai berikut: a. mengatur produksi barang dan jasa. jual-beli. karana dalam istilah politik sudah tercakup istilah pemerintah. mengatur distribusi barang dan jasa. PRANATA POLITIK Pranata yang memegang monopoli penggunaan paksaan fisik dalam suatu wilayah tertentu. maksudnya sama. Suatu pranata Sosial yang bersfat tradisi baik tertulis maupun tidak tertulis berguna untuk merumuskan tujuan dan tata tertib. b. negara. PRANATA EKONOMI Pranata ekonomi adalah sistem norma atau kaidah yang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa. d. Tingkat kekalan merupakan cirri pranata Sosial. karena pemerintah merupakan alat atau aparat negara yang melaksanakan fungsi-fungsi dan kekuasaan negara. kebijaksanaan. Pranata mempunyai beberapa tujuan. jika orang yang berkecimpung dalam duniaperdagangan tidak menaati aturan tersebut bisa dikenai sanksi. b. Ciri-ciri pranata Sosial : a. politik. f. Pranata Sosial mempunyai alat perlengkapan yang dipakai mencapai tujuan. negara. c.PRANATA SOSIAL Pranata Sosial adalah system yang tersusun berdasarkan tingkah laku yang berbeda dari organisasi atau grup yang terdiri dari sejumlah orang sebagai individu atau makhluk Sosial. Dengan demikian istilah pranata pemerintahan. e. Setiap pranata sosial mengandung aturan baik tertulis maupuntidak tertulis yang wajib ditaati oleh individu yang berkaitan denganpranata tersebut. Hanya yang perlu diperhatikan bahwa Negara tidak sama artinya dengan pemerintahan.Oleh karena itu. kegiatan ekspor-impor. dan sebagainya. Pranata Sosial meruakan suatu organisasi pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktifitas Sosial. . Contoh pranata ekonomi adalah pemenuhan terhadap kebutuahan material seperti bertani. c. Lambang merupakan cirri khas dari pranata Sosial. koperasi dan sebagainya. mengatur konsumsi barang dan jasa. Jadi. Misalnya dalam pranata ekonomi terdapat aturanmengenai pajak. bank.

aman dan tenteram. fungsi pranata keluarga sangat penting artinya bagi kehidupan masyarakat secara luas. 2. Didalamnya dirumuskan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Fungsi utama pranata adalah agar jangan sampai para anggota keluarganya bertindak menyimpang dari pranata yang ada di masyarakat luas. Karena inti keseluruhan penyesuaian diri setiap orang akan sangat ditentukan di keluarga masing-masing. fungsi merencanakan dan mengarahkan. maka folkways dan mores dilaksanakan melalui tindakan-tindakan yang spontan dan kolektif dari anggota masyarakat. 3. fungsi menengahi pertentangan kepentingan. PRANATA KELUARGA Pranata keluarga merupakan sistem norma dan tata cara yang diterima untuk menyesuaikan beberapa tugas penting. asosiasi tersebut melaksanakan fungsi-fungsi untuk kepentingan umum. maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang. Individu-individu dalam memenuhi kebutuhannya seringkali berebutan dan bertentangan satu sama lain. Norma merupakan aturan yang menentukan perilaku yang tepat dan yang tidak tepat. fungsi melindungi masyarakat dari serangan musuh dari luar. dan 4. Keluarga berperan membina anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya di mana ia berada. adanya asosiasi politik atau biasa disebut pemerintah yang aktif. Bila semua anggota sudah mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tinggal. sehinga terjadi persaingan yang tidak sehat dan pertentangan kepentingan antara anggota masyarakat. . yakni: fungsi pemaksaan norma (enforcement norms). FUNGSI PRANATA POLITIK James W. Vender Zanden menyebutkan pranata politik di masyarakat mana pun pada dasarnya selalu memiliki empat fungsi. Pranata politik menyusun rencana dan mengarahkan kegiatan-kegiatan anggota masyarakat demi tercapainya tujuan masyarakat. Dalam masyarakat ayang masih tradisional dan tidak mempunyai pranata politik formal. asosiasi tersebut diberi kewenangan luas jangkauan kewenangan hanya dalam territorial tertentu. Berbagai fungsi dan kegiatan pranata politik berubah dan berkembang sejalan. adanya suatu komunitas manusia yang secara social bersatu atas dasar nilai-nilai yang disepakati bersama.Ciri-ciri atau karakteristik dari pranata politik adalah sebagai berikut: 1. Oleh karena itu.

yg menghasilkan penyadaran diri dan lingkungan shg menampilkan rasa percaya diri dan rasa percaya akan lingkungannya.Meningkatkan taraf kesehatan dgn olahraga * Manfaat Pendidikan : 1.Pendidikan dlm masyarakat (nonformal) * Fungsi Pranata Pendidikan : 1.Seseorang mjd lbh kritis dan analitis dlm berpikir . sanksinya ialah sanksi sosial/moral(misalkan dikucilkan)). Menjadi saluran bagi mobilitas sosial 3. PRANATA PENDIDIKAN * Pendidikan adalah suatu proses yg terjadi krn interaksi berbagai faktor. Menunda masa kedewasaan anak 2. Pendidikan di sekolah (formal) c. Memelihara integrasi masyarakat * Fungsi Nyata Pendidikan : 1. Fungsi evaluatif (penilaian) 3.Meningkatkan citra rasa kehidupan 3. Fungsi konservasi (pengawetan) 2. * 3 Ruang Lingkup Pendidikan: a. Menolong orang untuk sanggup mencari nafkah bagi kehidupannya kelak 2. Wawasan dan pandangan seseorang dlm berinteraksi mjd lbh baik 2. kebiasaan yang berlaku. sanksi sesuai hukum resmi yang berlaku) dan tidak tertulis(hukum adat. Fungsi kreatif * Fungsi Tersembunyi Pranata Pendidikan : 1. Seseorang dpt mengikuti perkembangan jaman 3.PRANATA PENDIDIKAN Pranata adalah sistem norma atau aturan-aturan yang mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. Norma/aturan dalam pranata berbentuk tertulis (Undang-undang Dasar/ undang-undang yang berlaku. Pranata bersifat mengikat dan relatif lama. Pendidikan dlm keluarga (informal) b.

Contoh peran pranata agama dalam mengatur hubunganmanusia dengan sesamanya adalah sebagai berikut. Memberishkan saluran air setiap waktu agar tidak menimbulkan penyakit danbencana. Peran pranataagama dalam kehidupan seperti mengatur hubungan manusia dengan sesamanya. c.Pranata agama memiliki peran yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. dan hubunganmanusia dengan lingkungan alamnya. 4.Pranata agama merupakan salah satu pranata yang sangatpanting dalam mengatur kehidupan masyarakat. b . agama berarti sistem keyakinan dan praktik keagamaan yangpenting dari masyarakat yang telah dilakukan dan dirumuskan serta yang dianut secara luas dandipandang sebagai perlu dan benar.PRANATA AGAMA Sebagai sebuah pranata sosial. c. Berdiskusi bersama mengenai masalah sosial kemasyarakatan. Mengikuti kegiatan kemasyarakatan di kampung seperti karang taruna. Memberikan bimbingan kepada manusia supaya kehidupannya Iebih terarahdan berimbang. b. juga memiliki fungsi sebagai berikut. Tidak menebang hutan sembarangan .dasawisma. Menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengarungi kehidupan. bersembahyang di pura. a. 2. posyandu. dan kerja bakti.Pranata agama memberikan petunjuk serta kaidah-kaidah bagi umat manusia untuk memenuhi kebutuhan akan rasa aman dan kesejukan rohani pemeluknya. Menghormati sesama yang sedang melasanakan ibadah. 3. d. 5. d. Membuang sampah dan sisa-sisa kotorannya pada tempatnya. Memberikan pedoman hidup bagi manusia dalam berhubungan dengan Tuhandan manusia lain. Menghormati dan bekerja sama dengan sesama umat beragama yang sama ataupun yang berbeda. Membantu manusia dalam memecahkan persoalan baik yang bersifat duniawimaupun akhirat. PKK. a. e. e. 1.Pranata agama merupakan pranata sosial tertua. e. b. Melakukan penghijauan hutan-hutan gundul/reboisasi c. Contoh peran pranata agama dalam mengatur hubungan manusia dengan alamadalah sebagai berikut. kebaktian bersama. Melaksanakan ibadah bersama umat beragama yang sama dengan agama kitaseperti salat berjamaah. Merawat dan menyirami semua tanaman di rumah setiap hari. d. Memberikan ketenangan batin dan kesejukan rohani. Setiap agamamenginginkan umatnya untuk memperoleh keselamatan dunia dan akhirat Agama sebagai suatu pranata.