DEFINISI GEOGRAFI EKONOMI MENURUT PARA AHLI DAN BAGAIMANA PROSES SPASIAL DALAM GEOGRAFI EKONOMI

Disusun oleh : Rizky Amalia (1006679251) Okky Miftahuddin (1006679062) Anjas Biki Lesmana (1006758123)

Untuk Mata Kuliah Geografi Ekonomi Departemen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia 2012

Di bawah ini akan dijelaskan pengertian geografi ekonomi dari sumber tokoh yang berbeda-beda. faktor lingkungan alam ditinjau sebagai faktor pendukung dan penghambat struktur aktivitas ekonomi penduduk. Menurut Hagget Geografi Ekonomi merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya berupa struktur keruangan aktivitas ekonomi. geografi perdagangan. termasuk bidang pertanian. 1. geografi transportasi dan komunikasi. jasa. transportasi. Dalam analisisnya. Titik berat kajiannya pada aspek keruangan struktur ekonomi masyarakat. dan sebagainya.DEFINISI GEOGRAFI EKONOMI Definisi geografi ekonomi berdasarkan para ahli bermacam-macam. . perdagangan. Geografi ekonomi mencakup geografi pertanian. geografi industri. Sebelumnya dijelaskan oleh gambar di bawah ruang lingkup geografi ekonomi. komunikasi. industri.

6. 7. Menurut Miller (1984) Geografi ekonomi merupakan cabang dari geografi manusia di mana bidang studinya adalah struktur keruangan aktivitas ekonomi. transportasi. Menurut H. transportasi. dan konsumsi. distribusi. Menurut Alfred Weber Geografi ekonomi adalah studi lokasi. 4. Robinson dengan bukunya Economic Geography (1979) membahas geografi ekonomi dengan pokok cakupannya yaitu bentuk perjuangan untuk hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan materiilnya dengan berbagai masalahnya yang terjadi di dalam kerangka interaksi keruangan. dan jasa. 3. dan susunan ruang pada aktivitasaktivitas ekonomi di seluruh dunia. Menurut Nursid (1988:54 ) Nursid mendefinisikan geografi ekonomi sebagai cabang geografi manusia yang bidang studinya struktur aktivitas keruangan ekonomi sehingga titik berat studinya adalah aspek keruangan struktur ekonomi manusia yang di dalamnya bidang pertanian. distribusi. Isi yang diselidiki sangat dipengaruhi oleh metode pendekatan seorang peneliti. perdagangan. produksi dari komoditi. Robinson Dalam geografi ekonomi tokoh yang berperan antara lain H. Ahli teori lokasi neoklasik menurut jejak Alfred Weber dan cenderung berfokus lokasi industri dan menggunakan metode kuantitatif 5. Menurut Alexander (1963) .2. Geografi ekonomi membicarakan tentang ekplorasi sumberdaya alam dari bumi oleh manusia. industriperdagangan-komunikasi-transportasi dan lain sebagainya. Geografi Ekonomi adalah membicarakan aktivitas ekonomi manusia dengan aspek – aspek keruangan berupa srtuktur ekonomi masyarakat termasuk ekonomi masyarakat bidang pertanian.

dan kedua konsep inilah yang digunakan untuk menganalisis sistem ekonomi secara keruangan. Perlu diketahui bahwa proses spasial dapat dipetakan karena beberapa alasan :  dapat terjadi pada tingkat yang berbeda  memiliki karakteristik yang berbeda di tempat yang berbeda pula. Dilihat dari kata „proses‟ yang berarti sesuatu terjadi dari waktu ke waktu.Geografi ekonomi sebagai studi variasi keruangan di permukaan bumi di mana manusia melakukan aktivitas yang berhubungan dengan produksi. Konsep proses spasial digunakan untuk menjelaskan pola spasial. Dalam arti yang lebih sederhana. karena mengacu pada rantai sebab-akibat peristiwa yang menghasilkan perubahan dari waktu ke waktu. Miller dan Renner (1957) Mereka mengemukakan geografi ekonomi adalah studi tentang aktivitas-aktivitas ekonomi dan hubungannya dengan lingkungan fisikal BAGAIMANA SPASIAL PROSES DALAM GEOGRAFI EKONOMI Spasial proses adalah proses yang ditinjau dari segi keruangan yang digunakan untuk menjelaskan pola spasial yang menunjukkan sebuah rangkaian sebab akibat yang selalu berubah dari waktu ke waktu. pola tersebut digunakan untuk menjawab pertanyaan di mana dan untuk menjawab pertanyaan mengapa karena pola ekonomi . Geografer berkonsentrasi dengan hubungan antara interaksi dari pola dan proses. 8. Sedangkan untuk istilah kata „pola‟ telah digunakan untuk menggambarkan suatu distribusi aktivitas yang dibekukan pada suatu titik waktu. Sebuah pola yang ada pada satu waktu adalah hasil dari operasi proses yang memiliki dampak spasial yang berbedabeda.pertukaran dan pemakaian sumber daya demi kesejahteraannya. Sebuah proses spasial melibatkan perubahan dalam beberapa atau semua elemen dari suatu sistem karena berhadapan dengan sistem ekonomi spasial.

Penelitian geografi memiliki bahasan yang jauh lebih holistic dari pada penelitian ekonomi. banyak pendekatan untuk analisis sistem ekonomi sekarang melibatkan mempelajari perilaku sebagai proses spasial. dan organisasi jaringan industry secara spasial untuk aktivitas ekonomi di seluruh dunia. Saat ini telah berkembang berbagai penelitian dalam geografi ekonomi. . juga menjadi satu bahasan tersendiri dalam ilmu ekonomi dan menjadi satu kesatuan bernama “geografi ekonomi”. Geografi ekonomi sebagai salah satu cabang dari bahasan anthropo-geography terfokus pada aktifitas perekonomian manusia dengan menggunakan sudut pandang regional (the regional point of view. Penelitian akan geografi ekonomi bagi ahli geografi dan ahli ekonomi tentu saja berbeda.spasial adalah hasil dari keputusan manusia. Hal ini kemudian melahirkan satu bahasan dalam geografi ekonomi. Ilmu ekonomi sendiri bias dibedakan menjadi ekonomi tradisional dan ekonomi regional. Penelitian geografi tifak hanya bertanya dimana kegiatan ekonomi berlangsung? Akan tetapi juga terkait kenapa hal itu dapat terjadi di satu wilayah dan tidak di wilayah yang lain?. Ilmu ekonomi regional berbeda dengan ilmu ekonomi tradisionla. Oleh karena itu lahirlah bahasan spatial process dan spatial economy. distribusi. Sudut pandang regional merupakan metode analisa temporal dengan melihat hal-hal yang membentuk satu region serta membandingkan keterkaitan antar region. sehingga menghsailkan efisiensi baik dalam produksi maupun pemasaran. Memilih lokasi yang baik memberikan penghematan yang besar untuk ongkos angkut . Sehingga teori lokasi dan analisa ekonomi spasial menjadi karakteristik utama ilmu ekonomi regional. Perbedaan ini menyangkut metode analisa pada ekonomi regional yang memasukkan aspek lokasi dan ruang secara terintegrasi. Geografi ekonomi merupakan bidang ilmu yang membahas lokasi. Geografi sebagai bahasan ilmu keruangan. Teori lokasi merupakan teori dasar yang teamat penting karena pemilihan lokasi dan tata ruang merupakan unsur utama kegiatan ekonomi yang mempengaruhi interaksi ekonomi antar wilayah.

Spatial economy menjawab kapan spatial concentration of economic activity dapat bertahan? (mencari kondisi yang baik agar satu konsentrasi tetap dapat memberikan manfaat) Spatial economy menjawab batas garis keseimbangan spatial concentration of economic activity? (kopndisi seperti apa yang menyebabkan perbedaan kecil tiap konsentrasi ekonomi pada akhirnya dapat menjadi bola salju dan membedakn setiap daerah dengan perbedaan yang besar seiring berjalannya waktu) . keberadaan perkotaan. serta terkelompoknya wilayah industry. yang dalam konsentrasi spasialnya menciptakan keberagaman lingkungan perekonomian yang mendukung dan melestarikan konsentrasi penduduk di satu wilayah. Membahas hal ini maka hal pertama yang dilihat adalah keterkaitan manusia dan lingkungan hidupnya yang saling berkaitan. ketersediaan minyak bumi. Tingkat kesuburan tanah.perbedaan antara manufacturing belt dan farm belt. Melalui spatial economy kita dapat mengatakan bahwa isyu dari geogarafi ekonomi adalah kebutuhan untuk membahas terkonsentrasinya populasi dan/atau terlonsentrasinya kegiatan ekonomi -. Secara garis besar kita mengatakan segala bentuk konsentrasi penduduk untuk bertahan hidup adalah karena aglomerasi ekonomi. Akan tetapi aglomerasi penduduk tidak semata terjdai karena aglomerasi kegiatan ekonomi. Spatial economy membahas banyak hal diantaranya adalah akan lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan ekonomi.Dalam spatial economy problem mendasar dalam menelaah teori-teori ekonomi bagi ahli geografi ekonomi adalah tentang observasi perkembangan satu region atau kota. dan kapan kegiatan ekonomi suatu daerah dapat berubah. dan iklim setiap daerah berbeda-beda sehingga membuat keragaman kegiatan ekonomi di setiap daerah pula. Hal yang lebih besar adalah bahwasannya perkembangan kegiatan ekonomi tidak sejalan dengan ketersediaan sumberdaya alam yang pada satu saat akan menemui titik kritis dan mempengaruhi bentuk kegiatan ekonomi suatu daerah. Setiap daerah memiliki backyard capitalism dan ketersediaan natural resources. Dari sini spatial economy mencari jawaban akan bagaimana.

http://id.blogspot. Meric S. Feldman The Oxford Handbook of Economic Geography.25 WIB .cf. Dasar –dasar Ilmu Geografi.com/question/index?qid=20090802070437aapjb8l.or.com/2011/03/hakekat-dan-ruang-lingkup-geografi.netau.com/2011/04/27/perkembangan-geografi-zamankunomodern-mutakhir/ http://geografi-geografi. 2010.yahoo. and Maryann P. UNP Press. http://geografiunm. Clark. ISBN 978-0-19-823410-4.mozilla:enUS:official&client=firefox-a&um=1&ie=UTF8&hl=id&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=8tI5T7nLcHnrAfzxeHdCA&biw=1280&bih=549&sei=-tI5TOgJMuJrAfVld3CCA#um=1&hl=id&client=firefox-a&rls=org.mozilla:enUS:official&tbm=isch&sa=X&ei=tI5T5nLLYX5rQemzKDNCA&ved=0CDgQBSgA&q=haggett&spell=1&bav=on.DAFTAR PUSTAKA Gordon L.google. Padang. Gertler. di-akses 14 des 2010.osb&fp=dcbace423464411f&biw=1280&bih=549 Bakaruddin.r_ gc. 2010.answers.wordpress.2.htm http://www. Cabang – cabang Ilmu geografi (online).co. jam 20.html http://geoafath.net/geografi.. Oxford University Press.r_pw.id/search?q=hagget&oe=utf-8&rls=org.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful