P. 1
Pengertian Sumber Belajar

Pengertian Sumber Belajar

|Views: 1,256|Likes:
Published by Chidayenna Maemas

More info:

Published by: Chidayenna Maemas on Feb 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2013

pdf

text

original

Pengertian Sumber Belajar

Menurut Association Educational Comunication and Tehnology AECT (As¶ari, 2007) sumbr belajar yaitu berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.

Sumber belajar menurut AECT (Suratno, 2008) meliputi semua sumber yang dapat digunakan oleh pelajar baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, biasanya dalam situasi informasi, untuk memberikan fasilitas belajar. Sumber itu meliputi pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan tata tempat.

Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pengertian alat peraga

Elly Estiningsih, 1994, definisi alat peraga adalah media pengajaran mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari

Wijaya dan Rusyan, 1994 definisi alat peraga adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.

Suhardi, 1978 Pengertian alat peraga pendidikan adalah media yang pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran .

1972. mengemukakan definisi alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. . perasaan. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif Pengertian Media Menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) media yaitu : ³media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran. PengertianBahan Ajar Bahan ajar adalahsegalabentukbahan yang digunakan untuk membantu guru/instructor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training). perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar´.Sumad.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->