1. Ilmuwan pertama yang mampu mengkristalkan Tobacco Mosaic Virus adalah «. a. Loffler b. M. stanley c. M. beijerinck d. Adolf Meyer e.

Dmitri Ivanowsky 2. Ciri khas virus yang tidak dimiliki organisme lain yaitu «. a. bersifat parasit b. memiliki DNA atau RNA c. bentuknya beraneka ragam d. merupakan organisme satu sel e. hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup 3. Bagian virus yang disebut kapsid ditunjukkan oleh nomor «. a. I (Kepala) b. II (Leher) c. III (Kapsid) d. IV (Lempeng Dasar) e. V (Ekor) 4. Tubuh virus influenza tersusun atas RNA, kapsid, dan kapsul pembungus. Fungsi RNA pada virus tersebut yaitu «. a. membungkus materi genetik b. sebagai tempat terdapatnya materi genetik c. sebagai penyedia makanan cadangan bagi virus d. berikatan dengan reseptor di permukaan sel inang e. melindungi bagian dalam kapsid yang mengandung materi genetik 5. Virus mempunyai ciri-ciri transisi antara makhluk tidak hidup dengan makhluk hidup. Ilmu yang mempelajari tentang virus disebut «. a. Genetika b. Sitologi c. Virologi d. Mikologi e. Mikrobiologi 6. Components found in all viruses are «. a. DNA, RNA, and capsid b. capsid and a nucleic acid c. envelope, capsid, and a nucleic acid d. lipoprotein, nucleic acids, and glycoprotein e. RNA, capsid, envelope, lipids, and carbohydrates

7. Jenis virus yang menyerang bakteri E. coli di dalam saluran pencernaan manusia yaitu «. a. virus ebola (sel darah putih) b. virus cacar (kulit) c. virus tungro (menyebabkan kerdil pada tanaman padi) d. batkeriofage e. influenzavirus (pernafasan) 8. Virus yang mempunyai kapsul pembungkus yaitu «. a. HIV dan Adenovirus b. TMV dan Adenovirus c. Influenzavirus dan Adenovirus d. Herpesvirus dan Influenzavirus e. Influenzavirus dan Warzervirus 9. Contoh virus yang berbentuk seperti huruf T yaitu «. a. Adenovirus b. Rhabdovirus c. Bakeriofage d. Influenzavirus e. TMV (Tobacco Mosaic Virus) 10. Perhatikan tahap-tahap daur litik virus pada tabel berikut!
No. Tahap I. Replikasi Keterangan Bagian-bagian tubuh virus baru yang terbentuk akan membentuk virus-virus bakteriofage yang baru. Melekatnya ekor virus pada dinding sel bakteri. Virus memasukkan asam nukleat ke dalam sel bakteri. Pembentukan bagian-bagian tubuh virus baru. Pecahnya sel bakteri mengeluarkan virus-virus baru.

II. Adsorpsi III. Penetrasi IV. Perakitan V. Lisis

Proses-proses dalam daur litik virus yang benar meliputi «. a. I, II, dan III b. I, III, dan IV c. I, IV, dan V d. II, III, dan IV e. II, IV, dan V 11. Virus yang materi genetiknya berupa DNA yaitu «. a. Herpesvirus, Hepatitisvirus, dan Variolavirus b. Retrovirus, Paramyxovirus, dan Influenzavirus c. Influenzavirus, Herpesvirus, dan Adenovirus d. Retrovirus, Hepatititsvirus, dan Paramyxovirus e. Herpesvirus, Variolavirus, dan Influenzavirus

peningkatan sifat antigenitas pada vaksin d. dan virus herpes b. demam berdarah dan tumor . Adenovirus. 1) 2) 3) 4) 5) Nama Penyakit Ebola Infulenza Polio Hepatitis AIDS Bagian Tubuh yang Diserang Sel darah merah Saluran pernapasan Saraf dan otak Sel-sel hati Alat reproduksi 17. V. Adenovirus. tidak nafsu makan. Suatu penyakit memiliki gejala awal: demam. Berikut jenis-jenis virus yang menyerang tanaman. cacar air e. No. 3). dan 5) 14. gondong dan AIDS c. Sindrom pernapasan akut parah (Severe Acute Respiratory Syndrome) disebabkan oleh «. TMV 20. 1). II. rabies c. memasuki jaringan tubuh d. Virus dapat dikatakan sebagai makhluk hidup karena memiliki kemampuan untuk «. Retrovirus (aids) b. polio dan cacar b. virus kutil. III. Paramyxovirus (Campak) e. virus influenza. II. a. antibodi e. campak (demam disertai bercak merah) d. dan 5) e. Benjolan tersebut kemudian menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan rasa gatal. Contoh penyakit yang penularan virusnya melalui udara yaitu «. Warzervirus. Vaksin yang diberikan pada bayi untuk mencegah penyakit kuning yaitu «. Rhabdovirus (Rabies) d. OPV (polio) b. dan 5) c. produksi interferon (protein yang dihasilkan sel normal dari respons inveksi virus) c. 3). dan TMV c. dan V e. Setelah beberapa hari. HZV d. TMV. II. a. antigen b. serta muncul bintik kemerahan di permukaan kulit. berwujud kristal saat berada di luar sel makhluk hidup Pasangan yang benar antara nama penyakit dan bagian tubuh yang diserang adalah nomor «. Orthomixovirus (influenza) 16. Warzervirus. menularkan penyakit c. Perhatikan tabel berikut! No. 2). Virus yang mempunyai nukleokapsid telanjang yaitu «. dan III b. III. Virus influenza. Jenis Virus Tanaman yang Diserang TMV Tembakau CMV Mentimun SMV Tebu BMV(buncis) Kacang tanah WMV(gandum) Jagung Jenis virus yang sesuai dengan jenis tanaman yang diserang yaitu «. aglutinin d. pemanfaatan profage untuk membuat vaksin 21. a. dan IV d. enzim c. 2). a. I. tubuh lemah. peningkatan sifat patogenitas pada vaksin e. hormon 13. II. cacar dan influenza d. Ketika seseorang terinfeksi virus. a. a. Salah satu contoh pemanfaatan virus yang menguntungkan bagi manusia di bidang kedokteran yaitu «. a. bintik kemerahan tersebut berubah menjadi benjolan berisi cairan jernih dan mempunyai dasar kemerahan. 4). dan 4) d. 2). dan 3) b. mengikat oksigen b. influenza dan campak e. 2). a. IV. Coronavirus c. pembuatan obat kanker b. II.12. dan virus herpes d. sistem pertahanan tubuhnya akan menghasilkan «. a. Adenovirus. I. IV. hepatitis 15. melakukan perbanyakan diri e. dan Adenovirus 19. 2). 1). dan virus influenza e. dan IV c. a. dan V 18. I. Nama penyakit tersebut yaitu «. III. NCD e. HBV c. TMV. ebola (Muntah Disertai Pendarahan) b. III.

sel saraf tidak mampu menghasilkan antibodi untuk melawan virus polio c. trakoma. (2). memperbanyak sel bakteri d. adsorpsi-penetrasi-replikasi-perakitanpembebasan c. dan (3) berturut-turut yaitu «. cacar. a. adsorpsi-penetrasi-perakitan b. mensintesis protein dan membuat partikel virus baru e. penetrasi-eklifase-replikasi d. replikasi . melekatkan diri pada badan sel yang diserangnya 28. Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan merusak sistem saraf pengendali sistem gerak yaitu «. cacar. sel-sel tubuh yang lain memiliki kekebalan yang lebih tinggi dibandingkan sel saraf Tahap yang ditunjukkan oleh nomor (1). penetrasi-replikasi-perakitan e. rabies b. Virus memiliki bentuk yang khusus pada kapsid atau selubung proteinnya c. trakoma. polio. cacar. eklifase c. perakitan-adsorpsi-replikasi-penetrasipembebasan 23. tempa unit-unit protein (kapsome) e. dan influenza d. Virus dapat mereplikasikan dirinya pada tempat dan waktu secara bebas b. Virus T dapat menginfeksi seluruh sel tubuh manusia d. tempat sintesis DNA b. demam berdarah. influenza. membantu bakteri dalam persiapan pembelahan sel 29. influenza d. Tujuan virus mengambil alih kendali DNA bakteri yaitu «. a. morbili e. Virus polio hanya menginfeksi seluruh sel tubuh manusia e. a. Daur reproduksi virus dapat memasuki siklus litik atau siklus lisogenik. Urutan tahapan reproduksi virus dengan cara siklus litik yang tepat adalah «. Perhatikan gambar bakteriofage di samping! Bagian yang ditunjuk oleh huruf X berfungsi untuk «. a. a. Perhatikan skema daur litik pada virus di bawah ini! 26. kolera. sel-sel tubuh yang lain tidak mempunyai reseptor untuk virus polio b. ligase e. membentuk enzim c. influenza. penghubung antara kepala dan ekor d. Virus pada tanaman juga mematikan pada hewan 25.22. tifus. kolera. Virus polio hanya menyerang sel-sel saraf otak dan tidak menyerang sel-sel tubuh yang lain karena «. a. tifus. Melalui daur litik. polio c. adsorpsi-replikasi-penetrasi-perakitanpembebasan b. Pernyataan berikut yang menunjukkan ciri virus yaitu «. a. Enzim yang dikeluarkan bakteriofage untuk melubangi dinding hospes (bakteri) sebagai jalan masuk DNA virus ke dalam sel bakteri disebut «. dan cacar b. replikasi-penetrasi-perakitan 24. a. dan trakoma e. protease d. melisiskan bakteri b. penetrasi e. a. virus mengambil alih perlengkapan metabolik sel bakteri pada fase «. replikasi-adsorpsi-penetrasipembebasan-perakitan e. dan TBC 30. melindungi asam nukleat c. endonuklease 27. lisis d. adsorpsi-replikasi-perakitan c. Kelompok penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu «. penetrasi-adsorpsi-replikasipembebasan-perakitan d. campak. adsorpsi b. lisozim b. a. cacar 31. sintetase c. rabies. dan influenza c.

menyebabkan sel inang mengalami lisis 38. antraks e. Perhatikan gambar virus di samping! Bagian virus yang ditunjukkan oleh X berfungsi untuk «. Orang yang menderita AIDS mudah terserang penyakit lain karena «. mosaik d. kadal e. a. 1). aktivitas antibodi meningkat d. 2) dan 3) e. virus polio tidak mempunyai serabut ekor sehingga hanya dapat menginfeksi melalui serabut sel saraf 32. 1) 2) 3) 4) Nama Virus HIV H5N1 TMV HSV Penyakit yang Ditimbulkan AIDS Flu burung Polio Campak Pasangan nama virus dan penyakit yang sesuai terdapat pada nomor «. a. 2) dan 4) e. nukleokapsid telanjang hanya memiliki asam nukleat b. a. lambung dan otak b. a. interferon d. 3) dan 5) 39. membawa informasi genetik d. serangga b. nukleokapsid berselubung bersifat parasit. semut c. yaitu «. Perbedaan antara nukleokapsid telanjang dengan nukleokapsid berselubung yaitu «. vaksin 34. nukleokapsid berselubung dilengkapi oleh lipoprotein 37. flu burung 35. dan 3) b. 2) dan 4) 33. Perhatikan tabel berikut! No. 1). jumlah vaksin menurun e. Protein yang digunakan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel hospes yaitu «.d. 1) Mengalami diare 2) Kepala berputar-putar 3) Muncul bercak-bercak merah pada kaki 4) Mengeluarkan lendir dari hidung atau mulutnya 5) Jengger membengkak dan berwarna kebiruan 6) Ayam mati secara mendadak Penyakit yang dialami ayam ini disebut «. sistem kekebalan tubuh melemah b. 1) dan 3) c. antibiotik b. nukleokapsid telanjang memiliki lapisan lipoprotein yang menyelubungi nukleokapsid e. jantung dan paru-paru d. 2). 1). melindungi asam nukleat b. dan 4) c. a. kodok 36. nukleokapsid telanjang hanya terdiri dari asam nukleat dan protein. rabies c. kelenjar parotid dan kulit 40. nukleokapsid berselubung tidak bersifat parasit d. dan 5) d. otak dan kelenjar parotid e. burung d. Perhatikan cairan tubuh berikut! 1) Darah 2) Keringat 3) Air susu 4) Air mata 5) Cairan sekresi vagina HIV ditularkan penderita kepada orang lain melalui «. a. a. Seekor ayam memperlihatkan gejala-gejala penyakit sebagai berikut. polipeptida e. Parotitis epidemica menyerang beberapa bagian organ tubuh. nukleokapsid telanjang bersifat parasit. HIV cepat berkembang . HIV menyebabkan penyakit lain c. antitoksin c. 3). a. hanya sel saraf yang mempunyai komponen-komponen yang diperlukan untuk replikasi virus e. pankreas dan hati c. 2). a. melekat pada reseptor sel inang e. 1) dan 4) d. memberi bentuk pada virus c. tetelo b. nukleokapsid telanjang tidak bersifat parasit c. Vektor yang menghantarkan TMV ke tanaman tembakau yang sehat yaitu «. 1) dan 2) b.

kambing. kera. sistem pernapasan d. polio c. komodo. 1) Badan terasa lemah 2) Kelenjar getah bening membesar 3) Panas dingin seperti sakit flu dan berkeringat pada malam hari 4) Berat badan menurun secara drastis hingga 50% dari berat semula Penyakit tersebut adalah «. Jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit cacar air pada manusia yaitu «. Rous Sarcoma Virus e. membungkus materi genetik b. HIV b. Varicella zoster d. sel darah putih jenis limfosit T 48. Varicella zoster d. dan ular c. I b. a. kentang yang sudah direbus b. Human Papilloma Virus 43. Tubuh bakteriofage tersusun atas DNA dan kapsid. V 46. ayam. dan monyet e. Virus tersebut akan menyerang «. Herpesvirus d. TMV b.41. Mumpsvirus e. Virus yang menyerang sel-sel kelenjar ludah pada manusia sehingga menimbulkan bengkak dibagian belakang telinga yaitu «. telur ayam yang mengandung embiro d. dan itik b. Perhatikan skema proses replikasi virus di bawah ini! Profage terbentuk pada tahap yang ditunjuk oleh nomor «. sebagai tempat terdapatnya materi genetik c. Bercak-bercak tersebut kemudian mengggembung dan berwarna kuning sehingga menghambat pertumbuhan tanaman. Seorang ilmuwan ingin membiakkan virus untuk diteliti strukturnya. manusia. Fungsi kapsid pada virus tersebut yaitu «. susu sapi perah yang sudah dipasteurisasi e. Human Papilloma Virus 49. angsa. dan harimau . Media yang paling cocok untuk membiakkan virus yaitu «. AIDS b. Virus tungro c. a. a. IV e. Berikut gejala dan ciri suatu penyakit. Ebolavirus c. dan kerbau d. kadal. a. Tubuh kita tidak terasa sakit ketika terinfeksi virus yang berada pada daur lisogenik. Vaccinia Virus c. kucing. a. Tanaman tembakau menunjukkan gejala berupa bercak-bercak pada daun tanaman yang masih muda. Penyakit ini disebabkan oleh «. Hal ini dikarenakan pada daur lisogenik «. a. virus dapat merusak sistem kekebalan tubuh e. sebagai penyedia makanan cadangan bagi virus d. rabies d. jaringan tulang c. II c. Rous Sarcoma Virus 50. Poliovirus b. agar-agar yang diperkaya dengan gula dan asam amino 42. virus tidak bersifat parasit b. III d. sel-sel saraf b. influenza 45. melekatkan diri pada reseptor sel inang 47. a. virus tidak dapat masuk ke daur litik d. hepatitits e. anjing. sel darah putih jenis makrofag e. menambah kemampuan virus dalam menginfeksi sel inangnya e. a. Vaccinia Virus e. sapi. Anjing yang terkena rabies jika menggit manusia dapat menularkan virus rabies. virus belum cukup matang c. tetapi baru terasa sakit jika virus sudah memasuki daur litik. a. embrio mencit yang sudah mati c. Foot and Mout Disease (FMD) merupakan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada «. a. virus berada di dalam sel sehingga tidak terdeteksi oleh sistem kekebalan tubuh 44.