P. 1
Pengertian Pola Hidup Sederhana

Pengertian Pola Hidup Sederhana

|Views: 8,397|Likes:
Published by jas4

More info:

Published by: jas4 on Feb 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

Pengertian pola hidup sederhana : Pola hidup sederhana terdiri atas dua pengertian pokok, yaitu ³pola hidup´

dan ³sederhana´. Pola hidup adalah cara kita berprilaku sehari-hari, sejak bangun tidur hingga tidur lagi, misalnya tidur,makan, mandi, berolahraga, dan belajar. Pola hidup dapat disamakan dengan kebiasaan. Bila kita memiliki kebiasaan buruk, berarti kita juga memiliki pola hidup yang buruk, begitu pun sebaliknya. Kebisaan yang baik menandakan kita telah melakukan pola hidup yang baik. Sederhana adalah kebiasaan seseorang untuk berprilaku sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Sederhana dapat pu;a berarti tidak berlebih-lebihan atau tidak mengandung unsur kemewahan. Jadi, sederhana lebih ditekankan pada unsur kebutuhan dan kemampuan materi (keuangan). Misalnya makan, minum, jajan, membeli buku, rumah, dan kendaraan. Jadi, pola hidup sederhana adalah kebiasaan atau perilaku sehari-hari yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan serta tidak berlebih-lebihan. Ciri-ciri pola hidup sederhana Hidup sederhana bukan berarti miskin atau hidup kikir. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai kebutuhan, tidak berlebihan. Namun karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, ukuran sederhanauntuk tiap orang pun berbeda. Misalnya seorang pengusaha yang sehariharinya selalu berpergian jauh tentu membutuhkan kendaraan berupa mobil atau sering naik pesawat. Mobil dan pesawat bagi seorang pengusaha menjadi kebutuhan pokok. Namun bagi seorang yang tempat kerjanya dekat rumah, tentunya tidak membutuhkan mobil, apalagi naik pesawat karena dia dapt berjalan kaki, naik sepeda atau naik motor. Bila pegawai tersebut tetap membeli mobil karena dia mampu, pegawai tersebut sudah berprilaku berlebihan atau tidak sederhana karena dia melakukan sesuatu yang tidak sesuai kebutuhan. 1. Kebutuhan Primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya. 2. Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah. 3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

bukan keinginan 2. 1. Tidak boros dan memilki kepekaan terhadap lingkungan 7. Tidak suka pamer terhadap kekayaan yang dimiliki 5. Bersikap hemat dan cermat . yaitu pola hidup disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak mengejar gengsi dalam menjalani hidup 6. Wajar. yaitu menggunakan harta dengan perhitungan yang matang 3. yaitu selalu mepertimbangkan manfaat dan kerugian atas barang yang akan diblei atau perilaku yang dilakukan 4. Pintar.Ciri ciri hidup sederhana adalah sebagai berikut. Bijak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->