MODUL 2 MENGIDENTIFIKASI DAN MENGOPERASIKAN KOMPUTER PERSONAL

Oleh : SANDI YUSMANTORO

STRUKTUR MATERI 
Mengidentifikasi komponen sistem komputer dasar (PC)  Mengoperasikan komputer personal yang berdiri sendiri (PC stand alone)  Mengoperasikan sistem operasi

Mengidentifikasi komponen sistem komputer dasar (PC)  Komponen sistem komputer terdiri dari beberapa perangkat keras dan perangkat lunak.  Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran)  Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna.Perangkat lunak aplikasi  Brainware .Perangkat lunak sistem Operasi . Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu : .

PERANGKAT KERAS INPUT PROSES OUTPUT    Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)) Perangkat masukan (Input devices) Perangkat masukan terdiri :Keyboard. printer. . Perangkat keluaran Perangkat tersebut adalah monitor. speaker. mouse .

Macintosh. Linux (Mandrake. defragmenter. Fedora). Windows. Perangkat lunak Aplikasi Perangkat lunak aplikasi terdiri dari : . UNIX.Perangkat lunak  Perangkat lunak sistem Operasi Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.Bahasa Pemrograman . Contoh : DOS.Program bantu/Utility (antivirus. dll) . Suse.Aplikasi  . format disket.

Brainware  System Analyst Adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.  Programmer Adalah seseorang yang mengerjakan program yang berasal dari Sistem analyst  Operator Adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan seorang program .

. . mouse.MENGOPERASIKAN KOMPUTER PERSONAL PC STAND ALONE Hal pertama didalam menjalankan sistem komputer ini adalah sebagai berikut : .Pastikan perangkat-perangkat seperti keyboard.Pastikan apakah PC telah terinstal Sistem operasi didalamnya. monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply.

Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja sistem operasi muncul. .Langkah-langkah menyalakan komputer     Menekan tombol power kemudian diikuti dengan menekan tombol monitor Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) muncul di layar.

Menggunakan Start Menu Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. Mengenal Taskbar .Pengoperasian PC dapat dilihat sebagai berikut 1. 2.

Klik kanan dengan cara menekan tombol mouse di tombol sebelah kanan pada mouse penggunaannya sama dengan klik kiri. Double Click (Klik ganda / klik dua kali) yaitu menekan tombol mouse(kiri) dua kali tanpa menggeser mouse.   .Menggunakan mouse  Clik (Klik) dengan cara menekan tombol mouse satu kali dengan cepat.

Mematikan Komputer (Shut Down)  Klik start menu lalu klik turn of computer  Setelah mengklik Shutdown. maka menu turn of computer tampil .

Restart  Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal  fungsinya hampir sama dengan Shut Down .

Berfungsi untuk melihat dan menampilkan seluruh komputer yang terhubung dengan sistem jaringan. Digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus.Tabel ikon pada dekstop 1. Objek ( Ikon ) Keterangan Digunakan untuk menampilkan seluruh drive. folder dan file yang ada pada komputer. Pada umumnya berfungsi untuk melihat dan menyimpan data yang digunakan seharihari. Sebagai browser standar windows yang digunakan untuk mencari dan menampilkan informasi dari suatu situs atau web. sampai file tersebut benar-benar dihapus secara permanen. .

.

Baris Menu (Menu Bar)  Baris Menu (Menu Bar) adalah jajaran perintah berupa menu yang terletak dibawah baris judul. seperti jendela Windows Explorer. .

.Baris Toolbar  Baris Toolbar berisi sederatan tomboltombol yang akan digunakan untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.

driver dan alamat situs .Address Box  Address Box digunakan untuk mengetikkan nama folder.

Tombol Ukuran (Sizing Button) Close Berfungsi untuk menutup dan mengakhiri suatu aplikasi Minimize Berfungsi untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif di taskbar Restore Berfungsi untuk mengembalikan jendela ke ukuran yang sebelumnya atau ke ukuran semula Maximize Berfungsi untuk memperbesar ukuran jendela ke ukuran layar penuh .

Pengelolaan Folder dan File Windows Explorer .

Mengubah tampilan isi folder .

Membuat Folder  Folder berfungsi diumpamakan rak yang dilengkapi dengan lacinya. .

Rename .Mengganti nama folder .F2 .

Mengkopi folder .

Memindahkan folder dan File .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful