LAPORAN PRAKTIKUM PENGOPERASIAN DAN PEMELIHARAAN ALAT Kuvet dan Cara Melakukan Dekantasi

Disusun oleh : Wina Saptiani J3L111072

Program Keahlian Analisis Kimia Program Diploma IPB 2011

Kuvet terdiri dari 2 yaitu: a) D i t i n j a u d a r i p e m a k a i a n n y a t e r d i r i d a r i : Kuvet permanen dari bahan gelas atau leburan silika. Kuvet silika Kuvet disposible terbuat dari teflon atau plastic G amb a r 3. Kuvet Kuvet atau sel merupakan wadah zat yang akan dianalisis.Kuvet adalah sel untuk menaruh cairan ke dalam berkas cahaya spektrofotometer. Ku ve t p l asti k . Kuvet harus meneruskan energy radiasidalam daerah spectral yang diminati. Gambar 1. Kuvet diletakkan secara reprodusibel dengan member tanda pada sisi tabung agar arah selalu sama setiap diletakkan dalam instrument ( Underwood 1999 ). d ap at d i g u n ak an u n tu k an a l i s i s kualitatif-kuantitatif pada = 1901100 nm - Gambar 2. Ku ve t d ari l eb u ran si l i k a ( ku a r sa ).

4. atau dari peleburan kuarsa atau pasir murni. Dimana 0%T itu diukur pada saat kuvet dalam keadaan kosong. Sementara 100%T itu diukur saat kuvet dalam keadaan terisi larutan. Serapan oleh kuvet ini diatasi dengan penggunaan jenis. ukuran. kaca ini mempunyai ketahanan termal lebih tinggi daripada kaca lain. Cara mengoprasikan Kuvet harus digunakan secara berpasangan. Sediakan paling tidak 3-5 kuvet 2. 2 kuvet yang matching diambil untuk percobaaan. cara kerjanya meliputi : 1. Kaca ini mempunyai ciri-ciri nilai ekspansi rendah dan titik pelunakan tinggi. Kaca ini juga sangat transparan terhadap radiasi ultraviolet. Secara salah kaprah. Posisi kuvet saat penyimpanan dalam keadaan tidak tegak dan bagian kuvet yang buram diletakkan bersentuhan dengan gelas kimia.Kuvet mengandung Silika lebur atau silika vitreo dibuat melalui pirolisis silikon tetraklorida pada suhu tinggi. Untuk penggunaan kuvet pasa spektrofotometri / matching kuvet. dan bahan kuvet yang sama untuk tempat blangko dan sampel. kaca ini sering disebut kaca kuarsa (quartz glass). namun tentu saja harganya jauh lebih mahal. Tandai kuvet yang menghasilkan %T yang sangat mendekati sama. misalnya kuvet 1 dan kuvet II. Disiapkan larutan CoCl2 dan aquades sebagai blanko yang akan diletakan pada kuvet tersebut 3. kuvet kuarsa memberikan kualitas yang lebih baik. Pegang tabung dengan sangat hati-hati untuk menjaga kedua bagian dalam permukaan luar bersih dan bebas dari goresan. biasanya 1 cm 5. Jika salah satu dari kuvet tersebut pecah. . maka harus diganti dengan kuvet yang baru dimana kuvet tersebut dibuat secara simetris dan sangat identik untuk setiap pasangnya. kuvet yang biasa digunakan adalah dari bahan gelas atau kuarsa. Posisi 0 %T dan 100 %T terlebih dahulu harus diatur. Cara pemeliharaan Kuvet yang sudah selesai digunakan disimpan dengan cara memasukan kuvet kedalam kotak yang khusus yang berisi alkohol agar kelembabannya terjaga. Dimana 2 kuvet tersebut akan digunakan selanjutnya. Ketebalan (diameter) kuvet diukur. Setiap kuvet hendaknya ditandai terlebih dahulu sehingga dapat diposisikan dengan benar pada kedudukan sampel. Tanda tersebut berada dibagian atas kuvet dan harus diposisikan kearah depan spektrofotografi saat mengambil pengukuran. dibandingkan dengan kuvet dari bahan gelas. Diukur %T dari larutah CoCl2 dengan menggunakan kuvet-kuvet tadi. Kuvet yang digunakan 20 Spec menyarupai tabung reaksi kecil. Karena itu. Kaca jenis inilah yang sering digunakan sebagai kuvet untuk spektrometer UV-Visible yang harganya sekitar dua jutaan per kuvet.

Untuk membersihkan kuvet : y y y Jangan pernah menggunakan kuas untuk membersihkan bagian dalam kuvet tersebut Bilas tabung dengan air suling beberapa kali Tambahkan sekitar 1 ml larutan yang akan diukur. y y Aplikasi Gambar 5. Buang larutan dan bilas sekali lagi Isi kuvet dengan ¾ larutan yang akan diuji Lap bagian luar kuvet dengan tisu berbulu lembut untuk menghilangkan sidik jari dari permukaan luar. yang diperlukan adalah pembaur cahaya disebut monokromator yang di memberikan sinar pelangi. Kuvet yang berisi cairan. karena dari sana lah kemudian kita bisa memilih panjang gelombang yang diinginka/diperlukan. Tempat sampel atau kuvet menyimpan sample. Kuvet meneruskan energy radiasidalam daerah spectral yang diminati. . Bilas kuvet dengan larutan tersebut sampai semua bagian permukaan kuvet. terlihat bahwa inti dari pekerjaan dengan spektrofotometer UV-Vis adalah SINAR. Aplikasi kuvet dalam spektrofotometer Kuvet biasanya digunakan sebagai alat penunjang spektrofotometer atau UV-vis. disini terjadi pengubahan data sinar menjadi angka yang akan ditampilkan. Detektor atau pembaca cahaya yang diteruskan oleh sampel.

Suatu zat bisa mengendap karena masa jenis tersebut lebih berat dari pada zat pelarutnya. Partikel-partikel kapur tulis bersuspensi dalam air. filtrasi. Campuran adalah suatu bahan yang terdiri atas satu atau lebih zat yang berlainan yang bergabung menjadi satu yang masih mempunyai zaat asalnya.DEKANTASI Dalam ilmu kimia. adsorbsi dan destilasi. seperti kapur dalam air.koagulasi. Untuk memperoleh zat murni. Ada berbagai cara pemisahan dan pemurnian suatu zat dari campurannya secara fisik antara lain adalah dekantasi. Caranya adalah dengan menuangkan zat cair ke dalam wadah lain (kamilati. Jika kit ingin memisahkan campuran air dengan endapan. reaksi pengandapan biasanya melibatkan senyawa-senyawa ionik. Campuran dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. salah satu jenis reaksi umumnya berlangsung dalam larutan berair adalah reaksi pengendapan yang cirinya terbentuknya produk yang tidak larut atau endapan. Dekantasi adalah suatu proses pemisahan suatu campuran dengan cara mengambil zat cair dengan meninggalkan bagian padatan yang mengendap. pertama kita harus memastikan pasir untuk berada di bagian bawah wadah. Pemisahan suatu zat melalui cara dekantasi didasarkan pada perbedaan jenis dan gaya gravitasi. sublimasi. 2006) Gambar 5. . Dekantasi Dekantasi merupakan metode yang sangat cepat untuk memisahkan campuran cairan dan padatan lebih berat. kita harus memisahkannya dari campurannya untuk mendapatkan zat murni. Endapan adalah padatan yang tidak larut yang terpisah dari larutan. Kemudian kita tuangkan air di bagian atas. tetapi ada kelemahan dari metode yang kasar. Keuntungan dari metode ini adalah cepat. pemisahan dan pemurnian dilakukan untuk mendapatkan zat murni cair suatu campuran. ekstraksi.

org/11430/research/decantation.Pemisahan dan pencampuran.Beberapa fakta Seputar Kaca.id.2006. [Terhubung berkala].Mengenal Kimia. [Terhubung berkala] http://www.com/catatan/spektrofometri-uv-vis.chem.Daftar Pustaka Day & Underwood.org (15 Februari 2012) Martanti. [Terhubung berkala] http://www.bbtklppm.2012.chem-is-try. http://www.com (15 Februari 2012) Zkrah.Nurul.edu/genchem/lab/equipment/spec20/kuvette.thinkquest.2007.Mengenal Alat Spektrofotometer Uv Vis.scribd.purdue.Kuvet dan Neraca Analitik.htm Kamilati.2012.Dwi.Spektrofometri UV-Vis .scribd.or.Yudistira: Jakarta Ladelta. (15 februari 2012) S Hamdani.Tuti.2011.html Widayanti.1980.[Terhubung Berkala] http://catatankimia.EdisiKeempat.AnalisaKimiaKuantitatif. [Terhubung Berkala] http://www.Jakarta: Erlangga http://chemed.2008.html http://library.com (15 februari 2012) .Siti Asiah.viko.