P. 1
Aplikasi Remote Control

Aplikasi Remote Control

|Views: 336|Likes:
Published by Adi Pardede

More info:

Published by: Adi Pardede on Feb 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

Aplikasi Remote Control

Dalam artikel ini dibahas rangkaian dan cara kerja dari 12V dc motor controller berdasarkan PWM (Pulse Width Modulation.) Motor dikontrol kecepatannya secara remote, menggunakan LCD sebagai sistem tampilan kecepatan. Kecepatan yang ditampilkan pada LCD dinyatakan dengan satuan RPS (rotation per second). Dipakai remote control buatan Sony yang biasa dipakai untuk TV, tombol volume plus pada remote control Sony digunakan untuk menaikkan kecepatan dari motor dc sedangkan tombol volume minus untuk menurunkan kecepatan.

Gambar 1

Blok Diagram Komponen Penyusun Motor DC Makalah ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu bagian remote control, memutar kipas, menghitung kecepatan serta menampilkan ke LCD.
Remote Control

Pada remote control terdapat dua bagian yang utama yaitu : bagian transmiter dan bagian receiver. Bagian transmitter dalam hal ini menggunakan remote yang sudah jadi, yaitu remote untuk TV. Sedangkan bagian penerimanya dibangun dari dioda infra merah, filter, dan penguat sinyal/amplifier. Rangkaian Receiver Untuk dapat mengambil data yang dipancarkan oleh remote maka harus dibuat rangkaian penerima yang terdiri dari op-amp, IC 74LS04 (inverter), multitune variable resistor, IR diode (receiver) dan beberapa komponen penunjang. Rangkaian receivernya dapat dilihat pada gambar 2. Penggunaan dari op-amp ini untuk mengatur penguatan dari sinyal yang diterima oleh IR

24 kHz tidak dilewatkan. Komparator ini berfungsi jika tegangan yang masuk kurang dari tegangan referensinya maka outputnya akan low sebaliknya jika tegangan yang masuk melebihi tegangan referensi maka outputnya akan high. . Untuk itu sinyal carriernya perlu dihilangkan dengan cara menambahkan rangkaian low pass filter (R dan C). sinyal yang berada di bawah 159. Penggunaan rangkaian high pass filter dan low pass filter ini untuk membatasi frekuensi yang diterima. Dengan rangkaian low pass filter tersebut maka sinyal carrier dari remote TV Sony tidak akan dilewatkan Kemudian sinyal itu disempurnakan dengan menambahkan rangkaian comparator dengan mengunakan op-amp tipe LM339. Sinyal yang keluar dari rangkaian penguat 2 ini masih mengandung sinyal carrier. Output dari LM339 ini akan dimasukkan IC 74LS04 sebagai inverter. Kemudian output dari rangkaian penguat 1 dikuatkan sekali lagi dengan penguatan non inverting amplifier juga dengan op-amp LM358. Rangkaian penguat 1 adalah non-inverting amplifier dengan menggunakan op-amp LM358. Kombinasi nilai dari C dan R ini diperoleh dengan menggunkanan rumus : Sinyal yang keluar dari rangkaian high pass filter dikuatkan dua kali. Sinyal yang diterima oleh IR diode ini akan dimasukkan rangkaian high pass filter (C dan R).diode.23 Hz dan di atas 7.

sehingga pulsanya divariasi untuk menunjukkan data itu berlogic high atau low. Space coded Metode ini juga mengatur panjang pulsanya untuk menunjukkan data tersebut berlogic low atau high. Metode ini dipakai oleh remote Sony. Tetapi yang diatur adalah lebar pulsa lownya. Pulses coded Jenis ini mengatur panjang pulsanya. Jenis ini diterapkan oleh remote Panasonic . Gambar 3 Pulses Coded 2.Gambar 2 Rangkaian Receiver Remote Remote Control TV Sony Remote Control dibagi menjadi 3 menurut jenis pengkodeannya : 1. Yang dijadikan variasi adalah pulsa highnya.

Metode ini menggunakan prinsip perbedaan fase untuk menunjukkan data yang dikirim berlogic low atau high. Infra red adalah frekuensi radiasi yang bekerja di bawah tingkat sensitivitas mata manusia. Shift coded Metode ini yang paling berbeda diantara kedua metode di atas. Jadi manusia tidak dapat melihat sinar tersebut.Gambar 4 Space Coded 1. Gambaran sinyal yang dikirimkan oleh transmitter dan diterima oleh IR demodulator dapat dilihat pada gambar 3 sebagai contoh yang dikirimkan adalah header: . Metode pengiriman data ini diterapkan oleh remote Philips. Gambar 5 Shift Coded Penggunaan infra red sangat bagus dalam komunikasi dan kontrol suatu sistem.

23 Hz dan lebih dari 7. Sinyal carrier sebesar 40 kHz yang diterima oleh receiver akan hilang.24 kHz tidak dilewatkan. . Sedangkan sinyal informasi sebesar 4T=2200Qs (454. Jika ada data carrier maka pulsa yang dikirimkan adalah high sebaliknya jika tidak ada carrier maka pulsa yang dikirimkan adalah low. Tetapi receiver hanya mendeteksi ada carrier atau tidak. Infra red ini bekerja pada range frekuensi antara 30-60 kHz. karena pada receiver sudah dibatasi dengan menggunakan rangkaian high pass filter dan low pass filter.54 Hz) akan diterima begitu juga pulsa lownya sebesar 1T=550Qs (1. frekuensi yang kurang dari 159.Gambar 6 Hubungan Antara Sinyal TX dan RX Jika transmitter mengirimkan sinyal on dan off maka pada receiver juga menerima sinyal on dan off.82 kHz) akan diterima untuk diolah sebagai data header. Salah satu contoh aplikasi dari penggunaan infra red adalah pada TV/VCR remote control.

untuk Remote Control: [Tombol] > [IC Chip] > [Kode 'Morse] > [Denyut Listrik] > [Lampu LED] > [Cahaya Infra Merah] dan sebaliknya. 0. dan 0.25 detik.5 detik).Bagaimana sih cara kerja remot kontrol menurut fisika? Jawaban Terbaik .25 detik.-"). yang kemudian diarahkan ke sebuah Lampu LED yang akan menyala sesuai dengan kode tersebut (misalnya nyala dalam waktu 0. yang kemudian menterjemahkan kembali kode 'morse' tersebut menjadi apa yang ditekan (misalnya TV menjadi channel "5"). untuk perangkat tujuan: [Cahaya Infra Merah] > [Sensor Cahaya] > [Denyut Listrik] > [IC Chip] > [Data Tombol yang Ditekan] . dimana sinar yang dikirim adalah sinar Infra Merah yang ditangkap oleh sensor cahaya di perangkat tujuan.Dipilih oleh Suara Terbanyak Remot Kontrol pada dasarnya berisi IC (Integrated Circuit) yang menterjemahkan tombol yang ditekan (misalnya tombol channel "5") menjadi suatu kode mirip kode morse (misalnya menjadi pendek-pendekpanjang ".. Bagannya.

Mendengarkan suara di dalam lokasi CARA KERJA SETIAP ALAT: . Pengaktifan alarm ini selain melalui remote control juga bisa dilakukan dengan HP. alarm akan membunyikan sirine dan juga akan menghubungi 3 nomor telepon yang sudah di simpan di unit utama. Mengaktifkan sistem alarm 2. Hal yang dapat di lakukan melalui HP: 1. Menonaktifkan sistem alarm 3.CARA KERJA Sensor gerak dan sensor magnet mendeteksi pencuri. Men-trigger (membunyikan) sirine 4.

Harga baterai hanya Rp. maka sistem alarm akan berbunyi. karena sebenarnya baterai sensor ini sama dengan baterai alarm Sensor ini tanpa kabel.4000 dan dapat ditemukan di setiap toko cuci cetak film. Sensor ini bekerja dengan tenaga baterai. sehingga pemasangannya sangat mudah dan fleksibel. dan setiap 6 bulan sekali diganti. apabila diperlukan ditambahkan sekrup SONAR INFRARED MOTION CENSOR .MAGNETIC DOOR CONTACT SENSOR PINTU / JENDELA Sensor ini dipasang di pintu ataupun jendela. Pemasangan hanya menggunakan super double tape yang telah disediakan. cara kerja alat ini adalah apabila pintu atau jendela membuka.

SIRINE DI RUMAH AKAN BERBUNYI DAN MENGHUBUNGI TELPON ANDA. BAHKAN SENSOR INI DAPAT DILETAKKAN DI DALAM MOBIL YANG DIPARKIR DI LUAR RUMAH. SEHINGGA SAAT ADA PENCURI MEMBUKA MOBIL. Sensor ini dilengkapi dengan sonar.SENSOR GERAK Sensor ini akan mendeteksi pergerakan suhu tubuh manusia. sehingga pemasangannya sangat mudah dan fleksibel. Sensor ini tanpa kabel. Daya jangkau sensor: . Cukup memasang 1 sensor ini untuk 1 ruangan besar (8 x 6 meter). dan setiap 6 bulan sekali diganti. anjing. sehingga kita dapat memastikan bahwa ada gangguan di rumah/kantor kita .pintu atau jendela mana yang dimasuki oleh pencuri . Pada saat terjadi pencurian kita dapat mengetahui melalui telp: . UNIT UTAMA Alat ini dapat menyimpan 3 nomor telepon yang akan dihubungi saat terjadi pencurian. sedangkan kucing.kita dapat mengaktifkan dan mematikan alarm lewat HP kita .8 meter dari sensor dengan sudut kiri kanan 135 derajat dan sudut atas bawah (vertikal) 45 derajat Jarak wireless sensor ini dari unti utama = 500 meter Sensor ini bekerja dengan tenaga baterai kotak 9 volt.kita bisa mendengar suara di dalam rumah tersebut karena ada mic di unit utamanya. dan benda lain tidak akan dideteksi.

maka pemilik alarm dapat mendengar segala suara yang terdapat dilokasi Contoh pemakaian: 1. Di remote ini terdapat "emergency call" yang berfungsi untuk menghubungi pemilik alarm tanpa membunyikan sirine pada saat dalam keadaan bahaya. mic. sehingga pemilik toko dapat mendengar suara teriakan minta pertolongan dari orang tua tersebut SIRINE ini berkekuatan 150 DB dan dapat terdengar dalam radius 1000 M. sehingga pemilik toko dapat mendengar suara perampokan di toko nya 2. . Saat power lost (listrik padam). baterai back up REMOTE setiap paket pembelian mendapatkan 3 buah remote yang berfungsi untuk mematikan dan menyalakan alarm. dapat menekan tombol "emergency call". maka saat orang tua jatuh. baterai back up akan menggantikan supply daya alarm ini Di alat ini terdapat : alat perekam. kasir menekan tombol "emergency call". maka sirine akan langsung berbunyi.Saat line telpon rumah anda diputus pencuri. Apabila remote ini dibawa oleh orang tua. Saat tombol ini ditekan. Pada perampok menghunuskan senjata ke kasir.

BATERAI BACK UP: Baterai ini akan menggantikan supply listrik apabila terjadi pemadaman listrik. PEMASANGAN: Pemasangan sistem alarm ini sangat mudah. . hanya menghubungkan main unit dengan listrik dan line telkom. karena tidak terdapat kabel. Keseluruhan proses pemasangan = 1 jam Garansi main unit 1 tahun OPTIONAL ALAT: GSM MODULATOR Apabila tidak ada line telpon dapat menggunakan GSM modulator Alat ini membantu alarm dapat berfungsi dengan GSM sim card.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->