Pengertian Geografi ‡ Geografi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena yang terjadi di bumi. Menurut beliau.Eratosthenes Beliau adalah seorang ilmuwan Yunani yang pertama kalimemperkenalkan istilah geografi pada tahun 200 SM.Claudius Ptolomeus Beliau mengajukan metode baru dalam pembuatan peta (termasuk proyeksi dan pembuatan atlas) dalam karyanya berjudul Geographike Syntaxis.atmosfer dan bentuk muka bumi 2. Geografi Umum (generalis) : meliputi fenomena litosfer. Geografi spesialis meliputi masalah penddk & sosial . . hidrosfer. geografi berarti ilmu pengetahuan yang melukiskan dan menggambarkan keadaan bumi. beliau membagi geografi menjadi: 2 bagian 1.Bernhardus Varenius Dalam karyanya yang berjudul Geographia Generalis. Atlasnya disebut Atlas Ptolomeus . Dalam bukunya yg berjudul Geographica. ‡ Ahli ± Ahli Geografi .

. Tokoh aliran ini yaitu Paul Vidal de la Blache.Aliran ² Aliran yang Muncul dalam Perkembangan Geografi: Aliran Fisik Determinisme Merupakan aliran yang mempercayai bahwa alam sangat menentukan kehidupan manusia. dan Elsworth Huntington Aliran Possibilisme Merupakan aliran yang beranggapan bahwa manusia memiliki peluang besar untuk menentukan pola kehidupannya. Tokoh aliran ini antara lain Karl Ritther. Friederich Ratzel. Dikenal juga sebagai konsep Genre De Vie.

Ruang Lingkup Geografi Gejala alam (fisik) Mencakup fenomena permukaan bumi (geosfer) Gejala manusia (sosial) Persebaran (spread) dalam ruang muka bumi Gejala alam dan sosial ini menganalisis Hubungan (interalation) dalam ruang muka bumi. Interaksi (interaktion) dalam ruang muka bumi .

.

·88) ‡ Objek Material Merupakan bahan kajian geografi Berupa fenomena permukaan bumi (geosfer) Geosfer meliputi: Litosfer (kulit/kerak bumi) Atmosfer (lapisan udara) Geosfer meliputi Biosfer Hidrosfer (lapisan air) Biosfer (flora&fauna) Antroposfer (kehidupan manusia) Atmosfer Litosfer Hidrosfer .Objek Geografi (berdasarkan hasil Semlok IGI di Semarang Th.

‡ Kompleks kewilayahan (regional complex approach) Pendekatan kompleks kewilayahan merupakan kombinasi pendekatan keruangan dengan ekologi dan lebih menekankan pada perbedaan wilayah. . Tiga jenis pendekatan untuk menganalisis masalah objek material geografi antara lain: ‡ Pendekatan keruangan (spatial approach) Pendekatan keruangan yaitu pendekatan yang mengacu pada penelaahan berbagai tempat melalui prinsip-prinsip geografi ‡ Pendekatan lingkungan (ecological approach) Pendekatan lingkungan yaitu pendekatan berdasarkan interaksi yang terjadi pada lingkungan.y Objek Formal Merupakan cara atau metode dalam mengkaji dan menganalisis masalah-masalah objek material geografi Pendekatan merupakan suatu konsep dasar dalam mengkaji masalah yang berkaitan dengan objek material geografi. Pendekatan kompleks kewilayahan mengkaji karakteristik fisik maupun sosial dari fenomena yang terjadi di permukaan bumi yang berbeda antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya.

dan tabel. Prinsip Korologi Prinsip korologi yaitu prinsip yang memadukan prinsip persebaran dan prinsip timbal balik Prinsip Penggambaran Merupakan prinsip yang memberikan gambaran lebih lanjut tentang fenomena atau masalah yang terjadi. dengan prinsip timbal balik dapat diungkapkan hubungan faktor alam dengan faktor manusia atau sebaliknya sehingga tergambar karakteristik gejala alam di wilayah tersebut. Prinsip Timbal Balik Setelah melihat persebaran fenomena geosfer dalam ruang dan mengetahui hubungannya satu sama lain. grafik. Penggambaran dilakukan bukan hanya dengan kata-kata. . namun juga dengan peta. diagram.Prinsip-Prinsip Dasar Geografi Prinsip Persebaran Prinsip persebaran yaitu mengkaji dan menggambarkan fenomena geosfer yang tersebar di permukaan bumi sehingga dapat diketahui hubungan antara satu fenomena yang satu dengan fenomena lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful