Lambang kebanggaan kebangsaan

Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai luhur yang mendasari perilaku bangsa Indonesia.

Lambang Identitas Nasional
Bahasa Indonesia mewakili jatidiri bangsa Indonesia, selain Bahasa Indonesia terdapat pula lambang identitas nasional yang lain yaitu bendera Merah-Putih dan lambang negara Garuda Pancasila.

Alat perhubungan
Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka kan sangat sulit berkomunikasi kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dan perhubungan nasional.

Alat pemersatu bangsa
Mengacu pada keragaman yang ada pada Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya, bahasa Indonesia dijadikan sebagai media yang dapat membuat kesemua elemen masyarakat yang beragam tersebut kedalam sebuah persatuan. Sedangkan pada kedudukannya sebagai Bahasa fungsi-fungsi yakni :

Negara, Bahasa Indonesia memiliki

Sebagai bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
Bahasa Indonesia dipakai dalam segala hal kegiatan atau peristiwa kenegaraan, baik dalam bentuk lisan dan tulisan.

Sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan
Bahasa Indonesia digunakan untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar dan segala hal dalam konteks pendidikan

Sebagai alat perhubungan tingkat nasional
Bahasa Indonesia digunakan untuk perhubungan dalam segala hal pada tingkat nasional seperti pada perencanaan pembangunan dan pelaksanaanya.

Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
Maksudnya adalah bahasa Indonesia digunakan sebagai sarana dalam memperkaya budaya dan meningkatkan IPTEK dengan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya.

yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus. Sebagai alat komunikasi Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. b. Fungsi-fungsi Bahasa Indonesia Fungsi bahasa dapat dibagi menjadi 2 bagian. Mewujudkan Seni (Sastra) . Komunikasi yang berlangsung dapat menggunakan bahasa formal dan non formal. ceramah agama. yaitu verbal dan non verbal.sirene setelah itu diterjemahkan kedalam bahasa manusia. sedangkan berkomunikasi secara non verbal dilakukan menggunakan media berupa aneka symbol. Fungsi bahasa secara khusus : a. mengikuti diskusi serta iklan layanan masyarakat. contohnya buku. b. d. Manusia memakai dua cara berkomunikasi. Sebagai alat kontrol sosial Kontrol sosial dapat diterapkan pada diri sendiri dan masyarakat. Contoh lain yang menggambarkan fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah. Dengan menguasai bahasa suatu bangsa memudahkan seseorang untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan bangsa. isyarat. c.B. Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari. seseorang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita. Sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi sosial Pada saat beradaptasi dilingkungan sosial. orasi ilmiah. kode. Fungsi bahasa secara umum antara lain : a.gagasan. dan bunyi seperti tanda lalu lintas. Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri Mampu mengungkapkan gambaran.hari Manusia adalah makhluk sosial yang tak terlepas dari hubungan komunikasi dengan makhluk sosialnya. dan perasaan.maksud . Berkomunikasi secara verbal dilakukan menggunakan alat/media bahsa (lisan dan tulis).buku pelajaran.

seperti syair. Dalam hal ini. Mempelajari bahasa. atau hanya sekedar memenuhi rasa keingintahuan tentang latar belakang dari suatu hal. maka manusia akan selalu mengembangkan berbagai hal untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. puisi. serta akal dan pikiran yang sudah diberikan Tuhan kepada manusia.Bahasa yang dapat dipakai untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni. d. Misalnya untuk mengetahui asal dari suatu budaya yang dapat ditelusuri melalui naskah kuno atau penemuan prasasti-prasasti. Pengetahuan yang dimiliki oleh manusia akan selalu didokumentasikan supaya manusia lainnya juga dapat mempergunakannya dan melestarikannya demi kebaikan manusia itu sendiri.bahasa kuno Dengan mempelajari bahasa kuno. Terkadang bahasa yang digunakan yang memiliki makna denotasi atau makna yang tersirat. . Mengeksploitasi IPTEK Dengan jiwa dan sifat keingintahuan yang dimiliki manusia. akan dapat mengetahui peristiwa atau kejadian dimasa lampau. diperlukan pemahaman yang mendalam agar bisa mengetahui makna yang ingin disampaikan. c. prosa dll. Untuk mengantisipasi kejadian yang mungkin atau dapat terjadi kembali dimasa yang akan datang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful