MEMOTIVASI KARYAWAN

Definisi motivasi
Motivasi adalah proses kesediaan melakukan usaha tingkat tinggi untuk mencapai sasaran organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan usaha tersebut memuaskan kebutuhan sejumlah individu.

Teori – teori Awal Tentang Motivasi
A. Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terdapat lima kebutuhan 1. Kebutuhan Fisik : makanan, minuman, tempat tinggal, kepuasan seksual dll 2. Kebutuhan Keamanan : keamanan dan perlindungan dari gangguan fisik dan emosi dan juga kepastian bahwa kebutuhan fisik akakn terus terpenuhi. 3. Kebutuhan Sosial : kasih sayang , menjadi bagian dari kelompoknya. Diterima oleh teman2 dan persahabatan 4. Kebutuhan Harga Diri : Faktor harga diri internal seperti penghargaan diri , otonomi dll 5. Kebutuhan Aktualisasi diri : Pertumbuhan, pencapaian potensi diri Maslow berpendapat bahwa tiap tingakatan pada hirarki tsb harus secara substansial terpuaskan sebelum hirarki berikutnya menjadi aktif. B. teori X dan Teori Y Mc Gregor Teori X : Asumsi bahwa para karyawan tidak menyukai pekerjaan, malas, menghindari tanggung jawab dan dipaksa bekerja. Teori Y : asumsi bahwa karyawan kreatif, menikmati pekerjaan, bertanggung jawab dan dapat belatih mengarakan diri. C. Teori Motivasi Higienis Herzberg Teori ini menyatakan bahwa faktor instristik terkait dengan kepuasan dan motivasi kerja, sedang faktor ekteristik terkait dengan ketidakpuasan kerja.

Merancang Pekerjaan yang mampu Memotivsi 1. Saran – saran yang didasarkan pada JCM : 1. 2. Penguat adalah setiap akibat yang langsung megikuti tanggapan yang menigkatkan kemungkinan bahwa perilaku tersebut akan diulang. Teori Tiga Kebutuhan Yaitu teori yang mengatakan tiga kebutuhan : 1. Teori Penentu Sasaran Pendapat bahwa sasaran spesifik meningkatkan kinerja dan bahwa sasaran yang sulit bila diterima menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada sasaran yang gampang. 3. gabungkan tigas-tugas 2. 2. Bukalah saluran unpan balik . Bentuklah hubungan dengan klien 4. untuk berusaha kerassupaya berhasil. dorongan untuk ungguluntuk berprestasi menurut standar. Ciptakan unit-unit kerja alami 3. Teori Penguatan Maksudnya perilaku merupakan funsi dari konsekuensi – konsekuensinya. Perluaslah pekerjaaan secara vertikal 5. pengayaan pekerjaan Perluasan pekerjaan secara vertikal dengan menambahkan tanggung jawab perencanaan dan pengevaluasian. B. C. Pemekaran pekerjaan Perluasan pekerjaan secara horizontal dengan menigkatkan jangkauan pekerjaan. Kebutuhan aka pencapaian prestasi.Teori Motivasi Modern A. Kebutuhan akan Kekuasaan :Yaitu kebutuhan untuk membuat orang lain berprilaku yang sebenarnya tidak akan mereka lakukan jika dipaksa. Kebutuhan akan afiliasi :Keinginan akan hubungan antra pribadi yang bersahabat dan erat.

Mereka memerlukan dukungan karna merek alebih terfokus bahwa pekerjaan adalah prioritas hidup mereka. Teori itu mencakup 3 variabel : 1. Memotivasi kelompok karyawan yang unik 1. memotivasi karyawan berketerampilan rendah dan berupah minimum dengam memberi program penghrgaan. pengharapan atau kaitan usaha kinerja 2. 3. memotivasi angkata kerja  minguu kerja dipadatkan  jam kerja yang fleksibel  berbagi pekerjaan  telekomunikating 2. Memotivasi para profesional Mereka lebih menyukai tatangan pekerjaan. Tapi para karyawan sementara ini lebih mengiginkan status karyawan tetap. instrumentaitas atau kaitan kinerja imbalan 3. tantangan lintas budaya B. Teori Pengharapan Teori yang menyatakan bahwa individu cenderung bertindak dengan cara tertentu berdasarkan pengharapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti oleh hasil tertentu berdasarkan daya tarik hasil tersebut bagi orang itu. Teori Kesetaraan Teori bahwa karyawan membandingkan rasio input hasil pekerjaan dengan rasio orang lain yang relevan yang kemudian mengoreksi setipa ketidaksetaraan. memotivasi para pekerja takada solusi sederhana untuk ini.D. E. valensi atau daya tarik imbalan Persoalan persoalan terbaru dibidang motivasi A. . 4.

3. 8. 3. Manjemen Buku tebuka Pendekatan motivasi dimana laporan keuangan organisasi dibuka dan disampaikan ke[ada semua karyawan. 2. 4. 5. Saran Untuk Memotivasi Karyawan 1. 9. . Mengakui perbedaan individu Mencocokkan orang denga pekerjaan Gunakan sasaran Pastikan bahwa sasaran dapat dicapai Individualisme imbalan Kaitkan imbalan dengan kinerja Periksa kesetaraan dengan sistem Gunakan penghargaan Jangan mengabaikan uang. 2. persetujuan dan penghargaan untuk pekerjaan yang selesai dilakukan. Merancang Imbalan yang Sesuai 1. Program pilihan saham Instrumen keuangan yang memberikan hak pada karyawan untuk membeli saham [ada harga yang telah ditetapkan.C. 7. 4. Program Penghargan Karyawan Perhatian pribadi dan menunjukan minat. 6. Upah Untuk kinerja Macam-macam kompensasi rencana yang membayar karyawan berdasarkan pada ukuran kinerja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful