‡ ‡

SIFAT FISIKA Sifat Fisika : suatu materi yang dapat kamu amati tanpa merubah zat-zat yang menyusun materi, contoh: Warna Bentuk Ukuran Kepadatan Titik lebur Titik didih Beberapa sifat fisika dapat diukur sebagai contoh:

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡

-

Kamu dapat menggunakan penggaris untuk mengukur salah satu sifat paku itu, yaitu panjangnya . Kamu mempunyai minuman ringan dalam sebuah gelas, kamu dapat mengukur volume dan suhunya, serta menggambarkan baunya. Daya tarik besi terhadap magnet merupakan sifat zat besi SIFAT KIMIA Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat itu dapat mengalami perubahan kimia tertentu, contohnya pada bahan bakar seperti LPG, bensin, solar, spiritus, dan minyak tanah. PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA FISIKA: zat yang mengalami perubahan energi namun jenis zat suatu unsur dan senyawa tidak mengalami perubahan Contoh: Membeku Mendidih Menguap Tersublimasi

-

-

-

-

massa semua zat yang ada sebelum suatu perubahan kimia setara dengan massa semua zat yang tersisa setelah perubahan tersebut - .- KIMIA:perubahan zat dalam suatu materi menjadi zat yang berbeda Contoh: Hangus Meledak Terbakar Busuk Karat KEKEKALAN MASA Zat tidak terbentuk atau hilang selama perubahan kimia. Pernyataan ini dikenal dengan hukum kekekalan massa. Menurut hukum ini.

B. Kemampuan suatu zat untuk bergabung dengan zat lain membentuk zat baru. A. Kentang yang telah dikupas dibiarkan di udara akan mengalami « . Kemampuan suatu zat untuk dapat menghantarkan arus listrik. Pelarutan gula 3. 2. Sifat yang permanen disebut sifat . . C. Besi dapat ditarik oleh magnet. Perkaratan termasuk dalam proses . Diamagnetik B. . B. C. Menyetrum aki C. Konduktor 5. A. Besi berkarat B. Perubahan kimia yang disertai dengan perubahan volume 6. Perubahan kimia yang disertai dengan perubahan warna C. A. 4. Sifat fisika B. Korosi Sublimasi Distilasi . Feromagnetik C. Peristiwa di bawah ini yang merupakan perubahan fisika adalah A. Sifat kimia . Sifat yang merupakan sifat kimia suatu zat adalah A. Kemampuan suatu zat untuk dapat melarut. karena besi mempunyai sifat A.EVALUASI 1. Perubahan fisika yang disertai dengan perubahan suhu B.

Sifat perkaratan 4. Tidak berubah warna 16. B. . 9. 13. 7. 8. 6. Konduktor Diamagnetik Feromagnetik . 5 . 17. Menjadi hijau 14.C. 8. Perubahan kimia yang disertai dengan perubahan volume G. Kentang yang telah dikupas dibiarkan di udara akan mengalami D. Apakah perubahan warna yang terjadi pada tembaga jika terkorosi . 9. Sifat berikut ini yang termasuk sifat kimia adalah 5. Sifat yang permanen disebut sifat H. 6. . Perubahan kimia yang disertai dengan perubahan warna F. Menjadi kecoklatan 15. Besi dapat ditarik oleh magnet. A. Logam terkena cairan kimia 11. Sifat fisika . Perubahan Volume . Perubahan bentuk C. 7. Logam diletakkan di dalam air 12. Logam dibiarkan di udara terbuka 10. C. Perubahan fisika yang disertai dengan perubahan suhu E. Perubahan rasa B. Apa penyebab korosi . karena besi mempunyai sifat A.

Mengapa massa sebuah kayu yang belum dan sudah dibakar berbeda . Karena kayu yang dibakar termasuk perubahan kimia N. L. Karena kayu yang sudah dibakar berubah menjadi abu M.I. Sifat kimia Sifat perkaratan K. J. Karena udara d sekitar kayu yang sudah dibakar tidak dihitung massanya O. . 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful