KAPASITOR

Abdul Aziz Ichwani Adhetya Billy Saputra Annissa Permanasari Anting Wulandari Aprisal Setyo Eriawan

XII IA 5

Pengertian Kapasitor ‡ Kapasitor merupakan piranti yang berguna untuk menyimpan muatan dan energi. kapasitasnya sangat dipengaruhi oleh bentuk maupun jenisnya. ‡ Kapasitor disebut juga kondensator. .

Kemampuan kapasitor untuk menyimpan muatan listrik dinyatakan oleh besaran kapasitas atau kapasitansi. misalnya kertas atau udara. . Kedua konduktor diberi muatan yang sama besar tapi jenisnya berlawanan.Desain Kapasitor Kapasitor terdiri dari dua keping konduktor yang ruang di antaranya diisi oleh dielektrik (penyekat).

sebagai penghormatan terhadap Michael Faraday. nanofarad (nF). ‡1 µF = 10-6 F ‡1 nF = 10-9 F ‡1 pF = 10-12 F .Satuan SI dari kapasitas kapasitor adalah farad (F). dan pikofarad (pF). Ukuran kapasitas kapasitor yang sering digunakan adalah mikrofarad (µF).

Jenis ± Jenis Kapasitor Kapasitor terdiri dari berbagai jenis. bentuk dan ukuran disesuaikan dengan penggunaannya. Jenis kapasitor umumnya diambil dari jenis dielektriknya.Yaitu diantaranya : ‡ Kapasitor Elektrolit ( elco ) ‡ Kapasitor Keramik ‡ Kapasitor Kertas ‡ Kapasitor Mika .

4. 3.Bentuk Bentuk Kapasitor 1. 2. Silindris Bola Sepusat Keping Sejajar Variabel Kondesator ( Varco ) . 5.

.

Kegunaan Kapasitor Menyimpan energi listrik (muatan listrik) Menghindari loncatan bunga api listrik Memilih gelombang radio Sebagai perata arus pada rectifier Sebagai komponen rangkaian stater kendaraan bermotor f) Sebagai filter. penyaring fekruensi rendah dan meneruskan frekuensi tinggi. a) b) c) d) e) .

Lambang-lambang kapasitor .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful