RISET PEMASARAN

A. Arti dan Kegunaan Data Data adalah suatu yang diketahui atau dianggap, adat maupunyai sifat bias memberikan gambaran tentang suatu keadaan/persoalan. Data penduduk, data harga, data keuangan, dan data produksi. Data penjualan bias mengambarkan tentang keadaan penduduk, keadaan harga, keadaan keuangan, kedaan produksi, keadaan penjualan. Juga data pemasaran bias memberikan gambaran tentang persoalan pemasaran ( sales merosot,mutu barang kurang baik, saingan cukup besar, dll ). Oleh karena itu data itu bias memberikan gambaran tentang suatu keadaan/persoalan. Datatidak cukup hanya dikumpulkan saja akan tetapi supaya lebih berguna harus diolah dan dianalisa agar bisa dipergunakan sebagai dasar untuk pengambilan kesimpulan-kesimpulan. Pembagian data bisa dilakukan sebagai berikut : 1. Menurut Sifatnya Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, misalnya harga obat mahal, produksi meningkat, penjualan merosot, advertensi sangat efektif, pasaran sepi, salesmen bersemangat dan lain-lain. Data kuantitatif adalah data yang terbentuk angka, misalnya harga beras Rp. 700,00 per Kg produksi beras 30 jutaton, keuntungan naik 10 % , rata-rata konsumsi milk 55 kaleng per rumah tangga, dan lain-lain. 2. Menurut sumbernya Data internal adalah data yang berasal dari suatu perusahaan yang bisa mengambarkan keadaan/kegiatan perusahaan tersebut. Berupa data pembiayaan, data produksi, data peralatan, dan data penjualan. Data external adalah data yang berasal dari luar perusahaan yang mengambarkan perkembangan-perkembangan social ekonomi yang mungkin mempengaruhi

penjualan. tahun yang bersangkutan ). misalnya soal motivasi.suatu riset yang dilakukan pada suatu waktu tertentu yang akan memberikan cross section data. . bulan ke bulan. electronic computer. Time series adalah data yang dikumpulkan dari waktu kewaktu ( hari ke hari. maka penggunaan metode-metode analisa kuantitatif untuk memecahkan persoalanpersoalan social ekonomi pada umumnya dan pemasaran (marketing) pada khususnya makin hari makin luas. Riset pemasaran ialah suatu kegiatan pengumpulan ( collecting) pengolahan (processing) dan analisis ( analysis) seluruh fakta atau data yang menyangkut persoalan yang berhubungan dengan pemindahan dan punjualan ( transfer and service ) dari produsen ke konsumen ( producers to consumers ) Dari defenisi tersebut jelaslah. tahun ke tahun ) untuk melihat perkembangan suatu kegiatan ( perkembangan harga. data ekpor dan impor. B. Menurut Waktu Pengumpulanya. Ruang Lingkup Riset Pemasaran Dengan makin berkembangnya alat-alatelektronik untuk melakukan pengolahan dan kuantitatif ( data berbentuk angka ). jadi tidak terbatas pada riset yang hanya mencakup suatu tipe pesoalan pemasaran saja. kwartal. soal saluran distribusi atau soal penjualan. bahwa riset pemasaran adalah riset pada setiap fase kegiatan pemasaran ( research on any phase of marketing ). minggu. produksi. data kredit dari bank Indonesia.pertumbuhan perusahaan yang bersangkutan yang diperoleh dari biro Pusat Statistik. misalnya electric calculator. dan lain sebagainya). electronic calculator. 3. akan tetapi lebih luas dari pada itu. Cross section adalah data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu untuk mengambarkan keadaan/kegiatan pada waktu yang bersangkutan ( bisa hari.

perilaku dan kepuasan konsumen kini menjadi fokus perhatian setiap perusahaan yang ingin tetap eksis dan unggul dalam persaingan berskala global.Pada dasarnya Riset pemasaran dalam arti lebih luas dapat dikatagorikan menjadi dua adalah sebagai berikut : Riset untuk mencari kesempatan menjual yang kemudian bisa dimanfaatkan sepenuhnya. jagan sampai kehilangan kesempatan menjual. Demikianlah Riset Pemasaran berperan sebagai dasar penyusunan strategi dan taktik pemasaran. Membuat laporan riset. sehingga manajemen perusahaan dapat merencanakan dan melaksanakan dengan baik berbagai . Pengumpulan data dilapangan dan pengolahan data. 6. Pada dasarnya hal-hal yang tercakup dalam prosedur riset pemasaran adalah sebagai berikut : 1. proses pengambilan keputusan. Menentukan ³Sampling Design´ 5. dimana harus didukung dengan data yang akurat. Prosedur Riset Pemasaran Prosedur riset pemasaran hampir sama saja dengan prosedur riset lainya. Riset untuk mencari cara yang paling efesien untuk memanfaatkan kesempatan yang telah diperoleh. baik pasar saat ini maupun pasar potensial. Mempersiapakan daftar pertayaan yang akan dipergunakan untuk pengumpulan data 4. terpercaya. Pentingnya Riset Pemasaran Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis dewasa ini. Menetukan sumber informasi 3. relevan. preferensi. Memilih judul dan merumuskan persoalan 2. Menganalisa data yang telah dikumpulkan dan diolah 7. obyektif dan tepat waktu. Identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen memerlukan penelitian terhadap pasar. D. C.

dan riset trend bisnis. Riset Identifikasi masalah terdiri dari : riset potensi pasar. Definisi Riset Pemasaran Riset Pemasaran merupakan identifikasi. G. seperti pengembangan produk dan merk. Efisien Setiap riset pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya yang telah dikeluarkan. E. d. b. Relevan Menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau menyelesaikan masalah pemasaran yang dihadapi perusahaan. riset peramalan bisnis. riset citra merk atau perusahaan.aspek pemasaran. riset karakteristik pasar. pendistribusian produk dan komunikasi pemasaran terintegrasi. pengumpulan. riset analisis penjualan. Kriteria Riset Pemasaran a. Riset Identifikasi Masalah Membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin tidak atau belum muncul ke permukaan. . penentuan harga. riset pangsa pasar. analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran. Klasifikasi Riset Pemasaran a. sehingga kesalahan interpretasi dapat dihindari. Tepat Waktu Hasil penelitian selesai tepat pada waktunya c. F. namun telah atau bakal terjadi di masa depan. Obyektif Agar hasil penelitian berkualitas baik.

Apakah data harus dikumpulkan melalui observasi atau kuesioner ? . riset penetapan harga. 3. Perancangan metode pengumpulan data . Penentuan desain riset Desain riset merupakan kerangka atau cetak biru untuk melaksanakan proyek riset pemasaran. riset produk. Komponen-komponen desain riset : 1. yang menjabarkan prosedur untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah riset pemasaran. Menetapkan prosedur pengukuran dan skala. H.1. Menyusun rencana analisis data. Proses Riset Pemasaran H.b. 6. H.Haruskah bentuknya terstruktur berupa alternatif jawaban yang telah ditentukan atau pertanyaan terbuka ? Haruskah tujuan penelitian disampaikan secara jelas kepada responden atau malah disamarkan ? . 2. Menentukan desain riset pemasaran (eksploratoris.3. Menyusun dan melakukan pre-test terhadap kuesioner atau bentuk pengumpulan data lainnya. 4. H. Menentukan informasi yang dibutuhkan. Riset pemecahan masalah Digunakan dalam pembuatan keputusan untuk memecahkan masalah pemasaran spesifik. Perumusan masalah Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat. 5. deskriptif atau kausal).2. riset promosi. Riset pemecahan masalah meliputi : riset segmentasi. riset distribusi. Menetapkan proses sampling dan jumlah sample.

Up to date 5. Kriteria data yang baik : 1. Klasifikasi data menurut : 1. Panel e. Data Primer : dikumpulkan dan diolah sendiri langsung dari obyeknya. Menurut waktu pengumpulannya : data cross section & time series K. Survey pos c. Data Sekunder : diperoleh dalam bentuk sudah jadi (sudah dikumpulkan dan sudah diolah oleh pihak lain). Teknik wawancara kelompok .I. Representatif 3. Primer ± Kuesioner Metode kuesioner meliputi : a. Obyektif (sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya) 2. Sifatnya : data diskrit & data kontinyu 3. Jenisnya : data kualitatif & data kuantitatif 2. Terdiri dari : observasi. Cara memperolehnya : a. Sumbernya : data internal & data eksternal 4. eksperimen. 5. Telepon d. biasanya dalam bentuk publikasi. Wawancara pribadi b. b. Standard error harus kecil 4. & kuesioner. Relevan J.

.2.3.1. untuk mengetahui karesteristik dari pihak masyarakat pembeli memang sangat penting dan hanya bisa diperoleh kalu diadakan penyedikan terhadap msyarakat. baik mengenai teknik berproduksi maupun penyaluran kepasar-pasar.1. Data tentang konsumen. baik yang menyangkut data primer yang dikumpulkan oleh perusahaan sendiri maupun yang dikumpulkan oleh pihak lain sebagai data skunder. Contoh-Contoh Riset Pemasaran I.I. Data tentang konsumen Perubahan selera dari pihak masyarakat pembeli mengharuskan diadakanya perubahan jenis barang produksi. Riset tetang barang Produksi Perekonomian suatu Negara dikatakan berorentasi pada pembeli/langganan. atau bisa juga dalam bentuk persentase. I. Sehingga dengan demikian pihak produsen agar bertahan untuk hidup harus memprodusir mutu jenis barang yang memenuhi keingginan para langgananya sebagai anggota masyarakat. apabila para langganan mempunyai banyak elternatif barang produksi untuk dipilih/dibeli. Yang dimaksud dengan potensi pasar ialah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap barang produksi. Data-data itu adalah sebagai berikut : Data hasil penjualan Time series sales data yaitu data mengenai hasil penjualan yang terus-menerus atau dari waku-kewaktu dikumpulkan sangat penting bagi seorang pimpinan perusahaan. Analisa pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Macamm-macam data pemasaran dalam menetukan kebiajakan produksi Banyak sekali data tentang pemasaran yang diperlukan oleh pimpinan suatu perusahaan sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan di dalam bidang produksi. Analisa Pasar. I. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang.1.

.1.1. I.5. Riset Tentang Motivasi Tujuan utama dari riset motivasi ialah untuk membantu menentukan alas an-alasan mengapa para pembeli membeli suatu produk merk tertentu akan tetapibukan merk yang lain. Analisa Penjualan Arti analisa penjualan didalam pembahasan ini ialah analisa sungguhan dari hasil penjualan.4. jenis-jenis produk yang sangat menguntungkan dan kurang menguntungkan para pelanggan/nasabah yang mampu membeli dalam jumalah banyak. Tujuan analisa ialah untuk mencari daerah-daerah yang kuat dan yang lemah.I.

SOAL RISET PEMASARAN 1. Jelaskan pegertian tentang riset Pemasaran ? 2. Jalaskan arti dan keguanaan data dalam riset pemasaran ? 3. Sebutkan prosedur dalam riset pemasaran ? 4. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.