P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 10|Likes:
Published by Rahmad Ragiel

More info:

Published by: Rahmad Ragiel on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2012

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Tujuan diadakannya observasi ini adalah untuk mengetahui dasar manajemen suatu perusaaan seperti Organisasi, Sistem SDM, Perencanaan dan penegendalian produksi, Manajemen resiko, dan system SMK3. Pendidikan Perguruan Tinggi memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia yang mengarah pada peningkatan intelektual dan profesional. Guna memenuhi tututan Perguruan Tinggi tersebut, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (FT. UNIMED) melaksanakan program mata kuliah Manajemen Industri kepada Mahasiswanya agar dapat membedakan teori tentang mata kuliah manajemen industri dengan hasil observasi pada suatu perusaahaan. Oleh karenanya dalam melaksanakan observasi perlu adanya kerja sama antara perusahaan dengan Dunia Pendidikan (UNIMED), dimana Mahasiswa ditutut lebih bersungguh-sungguh mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam perkuliahan dan melaksanakannya dalam mengobservasi suatu perusahaan. Sebagai hasilnya, diharapkan Mahasiswa dapat menerangkan dan mempertanggungjawabkan hasil observasi dalam bentuk makalah.

Mahasiswa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam manajemen suatu perusahaan. lay out perusahaan. 1.2. c.3. Memahami dan mengetahui manajemen perusahaan seperti . dll. Tujuan khusus kegiatan observasi perusahaan ini adalah : a. Tujuan Observasi Perusahaan Adapun tujuan umum dari kegiatan Observasi perusahaan ini adalah : a. 1. Dapat mempraktekkan teori yang diperoleh dari perkuliahan di dalam melekukan observasi pada perusahaan tersebut. Manfaat Bagi Mahasiswa a. Bagi Perusahaan atau Industri. struktur organisasi perusahaan. c. yaitu meliputi struktur organisasi perusahaan. 1. c. Mahasiswa dapat memahami proses manajemen pada perusahaan tersebut.1. b. mandiri serta bertanggung jawab atas observasi yang telah dilakukan. tugas dan fungsinya.2.3.1. Manfaat Observasi Perusahaan 1.3. Mahasiswa dapat membandingkan teori yang di dapat dalam perkuliahan dengan observasi pada perusahaan b. Memahami dan mengetahui proses produksi dan tata letak perusahaan. tugas dan tanggung jawab setiap bagian. Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan dalam melakukan observasi pada suatu perusahaan. Melaksanakan proses observasi perusahaan sehingga dapat memperoleh kesempatan untuk melatih kemampuan mahasiswa bersosialisasi. Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam rangka memajukan atau meningkatkan produktivitas perusahaan tersebut . b. Memahami dan mengetahui model manajemen industri di Perusahaan.

Perbaikan mesin mobil ( Over haul. 3. Bengkel Baristo Service di pimpin oleh bapak Ir. Body Repair 3. bengkel ini bergerak di bidang jasa perbaikan. Untuk menampung tenaga kerja sehingga dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran. Tune up. 27 Medan. perusahan ini dapat mengerjakan berbagai permintaan atau orderan perbaikan dan pengecatan mobil. Untuk memperluas usaha dengan cara mengadakan sarana dan prasarana yang mendukung sehingga omset dari perusahaan semakin meningkat. Perkembangan bengkel ini tergolong baik. 2.BAB II TINJAUAN UMUM 2. AC Adapun tujuan pendirian Bengkel Baristo Service antara lain : 1. dll) 2. Menjalin hubungan kerja sama dengan bengkel lain. Sejarah Singkat Bengkel Baristo Service Perusahaan Bengkel Baristo Service merupakan perusahaan yang sudah berdiri selama 15 tahun. Balancing. Bengkel ini bergerak di bidang : 1. spooring. Tahun 1996 merupakan awal berdirinya Bengkel Baristo Service. yang terletak di jalan STM no.1.Zulkarnain. dengan bermodalkan peralatan seadanya dan dengan jumlah karyawan 12 orang. Hrp. .

Gambar Bentuk Bengkel Baristo Service Dilihat dari Depan .

Tipe tata letak perusahaan adalah dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian Perbaikan mesin mobil. sehingga memiliki resiko suara bising akan membuat penduduk sekitar terganggu. dll. Seluruh kegiatan. pipa evaporator . 3. 27 Medan. 2. baik administrasi maupun jasa perbaikan terpusat pada lokasi ini. Body repair dan AC. pengecatan dan penghalusan cat dengan rabin. Tata Letak Bengkel Baristo Service Perusahaan bengkel Baristo Service berlokasi di Jalan STM No. Disekitar lokasi tersedia tenaga kerja yang cukup dan memiliki kertampilan untuk dilibatkan langsung dalam kegiatan jasa perbaikan. Ketok yaitu kegiatan Pengelupasan cat yang korosi. transportasi dan komunikasi cukup menunjang untuk mempermudah konsumen menjangkau bengkel tersebut. 3. dan pengelasan body.2. Balancing. Painting merupakan bagian pendempulan. kondensor. Bagian-bagian yang terdapat di perusahaan meliputi bagian service yaitu : 1. perbaikan dan pengecatan serta kegiatan administrasi lainnya. b. dll. AC meliputi perbaikan kompresor. 2. dapat disimpulkan antara lain : 1. Dari hasil peninjauan di lokasi.2. Perbaikan body.evaporator. Body Repair a. Perbaikan mesin mobil meliputi Over haul. Perusahaan terletak di daerah pemukiman penduduk dan lalu lintas padat. Lokasi Bengkel Baristo Service Bengkel Baristo Service berlokasi di Jalan STM No. Keadaan sarana jalan. Tune up. penggosokkan body yang telah didempul dengan menggunakan kertas amplas. spooring. .3. 2. Mulai dari penerimaan order dari konsumen. 27 Medan.

tahun sekaligus membuat neraca laba rugi bengkel Baristo Service. sesuai periodik sesuai laporan bulanan. c. Antara pimpinan dan karyawannya saling mengenal dan dapat berhubungan setiap hari kerja. c.2. b. a. yaitu bentuk organisasinya berskala kecil (sederhana). Mengawasi langsung semua pekerjaan. Tugas. Kepala Mekanik dan Body Repair (dibawah direktur) Membuat program kerja mingguan dan bulanan. Tugas pokok : produktivitas pekerjaan. Bertanggungjawab kepada direktur utama dalam semua kegiatan yang dibuat Membuat laporan tahunan atas kegiatan bengkel Baristo Service selama satu Mengawasi penerimaan barang dan pemasukan barang pada bengkel. Tugas pokok : Wewenang : Memberikan wewenang dan persetujuan atas : a.4 Struktur Organisasi Bengkel Baristo Service Struktur organisasi yang digunakan oleh bengkel Baristo Service bila ditinjau dari jumlah pimpinan puncak adalah organisasi yang memiliki puncak satu orang (perusahaan perorangan). Menetapkan kebijakan yang sifatnya positif guna peningkatan efisiensi dan Mengkoordinir bidang administrasi (keuangan) dan personalia. sedangkan ditinjau berdasarkan hubungan-hubungan dan wewenangnya adalah sistem Organisasi ini. b. f. Pimpinan pucuk adalah pemilik perusahaan bengkel Baristo Service dan alat-alat yang digunakan tidak beraneka ragam. wewenang dan tanggung jawab untuk masing-masing bagian pada bengkel Baristo Service adalah sebagai berikut : 1. b. dengan sedikit jumlah karyawan. Direktur Mengelola perusahaan secara keseluruhan. g. 2. Mengkoordinir serta mengontrol kealihan teknis. . e. Surat-surat ekstern dan intern. a. d. Pesanan-pesanan pembelian dan pekerjaan. Penerimaan dan pengeluaran keuangan.

h. Toolman dibantu oleh beberapa staf/karyawan. 3.alat di gudang baik secara fisik maupun administrasinya serta menjaga dan mengontrol keluar dan masuknya barang/alat . Mencatat semua hasil peminjaman barang/alat . Bertanggung jawab penuh akan hasil proses perbaikan barang atau mesin.alat ke gudang. Wewenang : Membuat keputusan harian sehubungan dengan penggawasan pekerjaan di bagian perbaikan. 4 . Staf/Karyawan Karyawan adalah para pekerja yang bertugas memperbaiki mobil konsumen di bengkel. Toolman Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan barang/alat .alat secara admninistrasif. Tugas pokok : 1. . 2. Menyimpan barang/alat . 4. 3. Menyiapkan kebutuhan dan keperluan materil secara menyeluruh untuk kebutuhan proses perbaikan. dimana masing-masing pekerja mempunyai tugas-tugas dan pekerjaan tersendiri. j. i.alat yang disimpan didalam gudang penyimpanan.alat baik jumlah. jenis. Membuat dan mengawasi proses pengerjaan perbaikan. spesifikasi dan dibukukan. Mengecek barang/alat . Meperkirakan dan menetapkan ongkos produksi dari perbaikan.

7.00 WIB – 17. pekerja diberi waktu satu jam untuk makan. . karyawan hanya membersihkan diri dengan air saja dan sebagian karyawan membawa sabun (soap) untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri saat menjelang makan atau hendak pulang. yaitu melalui seleksi berdasarkan keahlian dibidangnya masing-masing. Kantin Perusahaan ada tetapi tidak beroperasi dengan baik. yaitu Hari Senin-Sabtu.00 WIB – 12.00 WIB – 13. dua minggu sekali dan sekali dalam sebulan (tergantung permintaan staff/karyawan). 2.1. Perusahaan hanya menyediakan air PAM buat kegiatan produksi dan karyawan.Penggajian Sistem penggajian bagi staff ataupun karyawan yaitu sistem bagi hasil dengan perincian 35% untuk pemilik usaha dan 65% untuk pekerja/karyawan. Sebagian karyawan membawa bekal dari rumah untuk disantap saat istirahat.6. Saat jam istirahat. tapi berjangka dalam waktu mingguan. karyawan kontak langsung dengan lingkungan kerja dan sangat beresiko bagi karyawan yang lalai. Saat kegiatan produksi berlangsung.8.1.Sistem Penerimaan Tenaga Kerja Sistem penerimaan karyawan Bengkel Baristo Service adalah :  Seleksi karyawan melalui penerimaan berkas Surat Lamaran. 2.Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja (karyawan) kurang diperhatikan karena tidak adanya jamsostek.00 WIB 2.Jam Kerja Jam kerja karyawan bengkel Baristo Service adalah Enam hari dalam satu minggu.  Promosi calon karyawan oleh staff/karyawan Bengkel Baristo Service pada bagiannya. sholat dan istirahat sejenak.. Air minum karyawan yang disediakan perusahaan adalah air mineral isi ulang Aqua.00 WIB : pukul 12.00 WIB : pukul 13. Biasanya staff dan karyawan gajian ada yang seminggu sekali. dengan rincian waktu sebagai berikut : Masuk 1 Istirahat Masuk 2 : pukul 08. Setiap bel berbunyi istirahat.

Karena masing – masing sudah tertata menurut bagiannya seperti Bagian perbaikan mesin mobil. . Ini merupakan salah satu cara untuk menarik pelanggan sehingga pelanggan tidak komplain atas kinerja para pekerja.9. Sistem Perbaikan Mesin Mobil Untuk menjaga kepuasan para pelanggan atau konsumen maka pihak bengkel memberikan garansi perbaikan mesin selama 2 minggu. 2.Pengaturan tata letak dari setiap mesin di bengkel ini sudah menerapkan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3).masing. Body repair Serta AC sudah terletak pada bagiannya masing .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->