P. 1
Struktur Dan Fungsi Tumbuhan

Struktur Dan Fungsi Tumbuhan

|Views: 96|Likes:
Published by Geulis Nizza

More info:

Published by: Geulis Nizza on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2012

pdf

text

original

STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN

.

Bagianbagian tersebut adalah inti akar. Oleh karena itu. dan tudung akar . umumnya akar berada di dalam tanah.A. akar memiliki beberapa bagian utama. rambut akar. Bentuk runcing memudahkan akar menembus tanah. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Secara umum. Akar merupan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Akar biasanya berwarna keputihputihan atau kekuning-kuningan. Struktur Akar dan Fungsinya Salah satu bagian penting tumbuhan adalah akar.

Bagian ini melindungi akar saat menembus tanah. Hal inilah yang menyebabkan akar dapat menembus masuk ke dalam tanah. Tudung akar terletak di ujung akar. Selain itu. Rambut akar terletak di dinding luar akar.‡ Inti Akar. yaitu akar serabut dan akar tunggang. ‡ Tudung Akar. rambut akar juga berfungsi menyerap air dari dalam tanah. embuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. ‡ Rambut Akar. Rambut akar atau bulubulu akar berbentuk serabut halus. . Fungsi rambut akar adalah mencari jalan di antara butiran tanah. Akar dikelompokkan menjadi dua. Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis.

korteks. Epidermis Korteks Buluh akar Endodermis Empulur Pembuluh angkut .Susunan Anatomis Akar Epidermis ( di bagian luar terdapat buluh akar) . endodermis. pembuluh angkut dan empulur.

Fungsi Jaringan Pada Akar : Melindungi jaringan lain yang ada di bawahnya. . Menyimpan zat makanan. Sebagai pembatas korteks dengan stele ( gabungan antara empulur dengan pembuluh angkut).

Mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju ke daun. .Mengangkut zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Memperluas bidang penyerapan air dan mineral.

1. Misalnya kelapa. mangga. jeruk. akar tunjang. Misalnya. Akar Serabut Akar serabut berbentuk seperti serabut. padi. dan tumbuhan hasil mencangkok 2. contohnya akar benalu. jagung. akar lekat. contohnya akar pohon kayu api. contohnya akar pandan. . tumbuh di pangkal batang. Akar Tunggang Akar tunggang adalah akar yang terdiri atas satu akar besar yang merupakan kelanjutan batang. Ada beberapa akar khusus yang hanya terdapat pada tumbuhan tertentu. kedelai. akar isap. antara lain. dan melinjo. sedangkan akar-akar yang lain merupakan cabang dari akar utama. akar napas. akar gantung. dan besarnya hampir sama. contohnya akar sirih. Perbedaan antara akar utama dan akar cabang sangat nyata. rumput. Jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil). Ukuran akar serabut relatif kecil. contohnya akar pohon beringin. Akar semacam ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil).

3) Sistem perakaran adventif. . Sistem perakaran 1) Sistem perakaran tunggang. terdiri atas sejumlah akar kecil. ramping yang ke semuanya memiliki ukuran sama. terdiri atas sebuah akar besar dengan beberapa cabang dan ranting akar. Misalnya akar yang keluar dari umbi batang. merupakan akar yang tumbuh dari setiap bagian tubuh tanaman dan bukan akar primer. 2) Sistem perakaran serabut.b. akar yang keluar dari batang (cangkokan).

3. 5) Tempat melekatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau substrat tempatnya . 2) Memperkokoh berdirinya batang. 4) Alat perkembangbiakan vegetatif. Fungsi Akar ) Menyerap air dan hara tanah. 3) Menyimpan cadangan makanan.

perikardium.B. sedangkan warna batang yang telah tua adalah kecokelatcokelatan. Struktur Batang Struktur batang terdiri atas epidermis. Silinder pusat pada batang ini terdiri atas beberapa jaringan yaitu empulur. endodermis. Bagi tumbuhan. dan hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian tumbuhan 2) Alat perkembangbiakan vegetatif 3) Menyimpan cadangan makanan 4) Tempat tumbuhnya daun. cabang dan bunga . dan berkas pengangkut yaitu xilem dan floem. batang rumput. Batang tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis. korteks. dan silinder pusat (stele). Struktur Batang dan Fungsinya 1. batang memiliki beberapa kegunaan. dan batang basah 2. warna batang muda adalah hijau muda. yaitu batang berkayu.Fungsi Batang Umumnya. antara lain: 1) Alat transportasi zat makanan dari akar ke daun.

Batang Susunan anatomis: epidermis. floem Epidermis Pembuluh angkut Korteks kambium xilem Penampang melintang batang dikokotil xilem Penampang melintang batang monokotil floem .b.berkas pembuluih angkut dan korteks.

ada pula daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun saja. ada daun yang hanya terdiri atas tangkai dan helai daun saja. antara lain daun pisang dan daun bambu. dan pelepah daun. Urat daun tersebut bercabang-cabang hingga menjadi percabangan kecil dan membentuk susunan seperti jaring atau jala. kebanyakan tumbuhan memiliki daun yang tidak lengkap. daun juga memiliki urat. Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan. Selain itu. Tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar. helai daun. Contoh daun yang memiliki bagianbagian lengkap. contohnya daun mangga. Struktur Daun Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang daun. tangkai daun. Di alam. Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun. Struktur Daun dan Fungsinya 1. . Misalnya. contohnya daun padi dan jagung.C.

. Pernapasan. dan sejajar Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun di setiap tangkainya. pada tumbuhan monokotil melengkung. antara lain: Pada tumbuhan dikotil:menyirip. Penguapan. Daun majemuk adalah daun yang 2. b. c. Pembuatan makanan.Bentuk tulang daun juga bermacam-macam. Fungsi Daun a. dan menjari.

mesofil (palisade dan jaringan spons) dan jaringan pembuluh. Epidermis Palisade Jaringan pengangkut Jaringan spons stomata .Susunan anatomis: epidermis atas dan bawah.

kelopak. maka disebut bunga jantan. 5. benang sari. mahkota. 2. Mahkota. Putik sebagai alat kelamin betina. 3. dasar bunga. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit. umumnya berwarna hijau dan berfungsi menutup bunga di saat masih kuncup. Kelopak. dan putik disebut bunga sempurna. Bunga yang memiliki tangkai. 4. merupakan bagian bunga yang indah dan berwarnawarni. Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan. Struktur Bunga dan Fungsinya Struktur Bunga 1. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari. Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga. maka disebut bunga betina. .D. Jika memiliki semua bagian kecuali putik.

Bagian bunga yang paling menarik adalah mahkota. pembuahan yang terjadi didahului dengan penyerbukan. . Akibatnya. dan lebah. Perkembangbiakan generatif merupakan perkembangbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya kepala serbuk sari ke kepala putik. bunga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan. perlengkapan upacara adat. seperti kupukupu.2. dan bahan rempah-rempah. tanpa disadari proses penyerbukan terjadi. Mahkota yang indah dan berbau menyengat menarik perhatian serangga. kumbang. Fungsi Bunga Fungsi bunga yang utama adalah sebagai alat perkembangbiakan generatif. Sedangkan bagi manusia.

Perbedaan Anatomi Pembuluh Angkut Tumbuhan Monokotil dan Dikotil Dikotil Letak berkas pembuluh Keberadaan kambium Terletak beraturan Antara xilem dan floem terdapat kambium Monokotil Tersebar merata Antara xilem dan floem tidak terdapat kambium .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->