DI SUSUN OLEH

Muh. Firdaus Anjas Asmara A. Nurul Ana Fahrunnisa Nur Faiizah A.F

bertujuan untuk memupuk pengetahuan mengenai Haji dan Umrah sehingga diharapkan kita mengetahui pengertian Haji dan Umrah. hukum haji dan umrah dan lainlain. Kini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini terutama guru kami yang telah tulus memberikan dorongan dan bantuan kepada kami. Amin. Akhirnya kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat positif guna penyempurnaan makalah ini. Makalah agama ini... Pangkajene. Salawat dan salam semoga tercurahkan kepada baginda Rasullulah SAW yang menjadi rahmat bagi alam semesta. 16 April 2010 Kelompok II . tata cara.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan dapat memberikan manfaat baagi pembacanya.

Sama halnya dengan umrah dapat dilakukan pada bulan-bulan lain selain bulan zulhijah. banyak hikmah yang dapat diambil. Dalam ibadah haji. dapat menumbuhkan perasaan dan pengalaman khusus dalam meyakini keagunan Allah SWT serta timbulnya persaudaraan antarumat islam khususnya. rukun haji. serta sunnah haji dan umrah ? Bagaimana ketentuan hukum penyelenggara haji? Lembaga apakah yang bertugas dalam penyelenggaraan haji dan umrah? Hal-hal penting apakah yang harus dipahami dan dilakukan sepulang haji dan umrah ? Bagaimana perilaku cerminan hikmah haji dan umrah? .BAB 1 (PENDAHULUAN) Latar belakang Rukun islam yang terakhir adalah pergi haji kebaitullah. Rumusan masalah • • • • • • • Apakah yangdimaksud dengan Haji dan umrah ? Bagaimanakah hukum haji dan umrah ? Apasajakah syarat haji. berbuat kebajikan dengan kerelaan haji. melaksanakan perintah Allah serta mewujudkan pertemuan besar dengan umat islam diseluruh dunia. yaitu mempunyai bekal yang cukup untuk pergi dan bekal bagi keluarga yang ditinggalkannya. Ibadah haji diwajibkan kepada muslim yang mampu. rukun. Maksudnya berkunjung ke tanah suci untuk melaksanakan serangkaian amal ibadah sesuai dengan syarat. ungkapan rasa syukur. Pengertian mampu atau kuasa. Misalnya. Berwukuf dipadang arafah. dan waktu yang telah ditentukan. Haji dan umrah adalah suatu kegiatan rohaniyang didalamnya terdapat pengorbanan. wajib haji.

dan wukuf dipadang arafah serta melaksanakan semua ketentuanketentuan haji di bulan zulhijah. melakukan tawaf. Umrah-Pengertian umrah menurut bahasa(etimologi) adalah diambil umrah artinya berkunjung kebaitullah (masjidil haram) dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dengan memenuhi syarat tertentu yang waktunya tidak ditentukan seperti halnya haji. Pengertian haji secara istilah (terminologi) adalah pergi beribadah ketanah suci (mekah). Haji-Pengertian haji menurut bahasa(etimologi) adalah pergi ke baitullah (kabbah) untuk melaksanakan ibadah yang telah ditetapkan atau ditentukan Allah SWT. . Jadi haji bukanlah sekedar status dan kita pun bisa mengambil hikmahnya meskipun kita belum kesana. sa’I.BAB II (PEMBAHASAN) PENGERTIAN HAJI DAN UMRAH Ibadah haji dan umrah yang bernilai mabrur adalah adanya perubahan yang lebih baik pada diri orang yang berhaji atau berumrah.

dan sunahnya agar ibadah haji tersebut dapat terlaksana dengan tertib. SYARAT. yakni batas yang telah ditentukan berdasarkan waktu. ada bekal. WAJIB. islam. SERTA SUNAH HAJI DAN UMRAH Haji dan umrah memiliki beberapa ketentuan yang berupa rukun. merdeka. Mulai bulan syawal sampai terbit fajar tanggal 10 zulhijah. Hadis Nabi Muhammad SAW. Ibadah ini dimulai setelah sampai di miqat(batas-batas yang telah ditetapkan). Maksudnya. SYARAT HAJI Syarat wajib haji adalah mampu(kuasa). artinya baik untuk dilakukan dan tidak diwajibkan. hanya pada masa itulah ibadah haji bias dilaksanakan. dan aman dalam perjalanan. Menyatakan pada hadis riwayat ibnu Majah yang artinya : “haji adalah jihad. balig. RUKUN HAJI Rukun haji adalah sebagai berikut. berakal. tetapi baik dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan melakukannya lebih utama daripada meninggalkannya karena tatawwu mempunyai ganjaran pahala. RUKUN. . syarat.sedangkan umrah adalah tatawwu” Tatawwu maksudnya ialah tidak diwajibkan. Miqat ini dibagi dua yaitu : a) Miqat zamani. IHRAM Ihram yaitu berniat untuk mulai mengerjakan ibadah haji dengan memakai kain putih yang tidak dijahit.HUKUM HAJI DAN UMRAH Sebagian ulama berpendapat bahwa umrah hukumnya mutahabah.

2) Bagi orang yang berasal dari madinah dan sekitarnya. 1) Suci dari hadas dan najis. 2) Menutup aurat 3) Kabbah berada disebelah kiri orang yang mengelilinginya. ihram dimulai detelah mereka sampai di bukit qarnul Manazil 5) Bagi orang india. . Tawaf ifadah adalah mengelilingi kabbah sebanyak 7 kali dengan syarat-syarat berikut. 4) Bagi orang yang datang dari yaman dan hijaz.b) Miqat makani. dan arah barat. ihram dimulai dari Dzatu Irqin. dan Negara yang searah memulai ihram setelah mereka berada dibukit yalamlam. TAWAF Macam-macam tawaf itu sendiri ada lima macam. yaitu seperti berikut ini a) Tawaf qudum adalah tawaf yang dilakukan ketika baru sampai dimekah. niat ihram dihitung sejak keluar dari mekah. 6) Bagi orang yang dating dari arah irak dan yang searah dengannya. memulai ihram mereka ketika sampai di juhfah. baik badan maupun pakaian. WUKUF Wukuf yang dilaksanakan di Arafah adalah berhenti di padang arafah sejak tergelincirnya matahari tanggal 9 zulhijah sampai terbit fajar pada 10 zulhijah. b) Tawaf ifadah adalah tawaf yang menjadi rukun haji. niat ihram dimulai sejak mereka sampai diDzulhulaifah(Bir Ali) 3) Bagi orang dari syam. mesir. Indonesia. yakni batas yang telah ditetapkan berdasarkan tempat. Miqat makani dibagi ke dalam beberapa tempat yaitu sebagai berikut 1) Bagi orang yang bermukmim dimekah.

1) Ihram mulai dari miqat 2) Bermalam di Muzdalifah pada malam hari raya haji 3) Melempar jumratul aqabah 4) Melempar tiga jumrah. 12. WAJIB HAJI Wajib haji ada 7 macam. TERTIB Tertib maksudnya adalah menjalankan rukun haji secara berurutan. Syarat-syarat sa’I adalah sebagai berikut a) Dimulai dari bukit safa dan berakhir dibukit marwa b) Dilakukan sebanyak tujuh kali c) Melakukan sa’I setelah tawaf qudum. 5) Bermalam di mina 6) Tawaf wada . yakni jumrah ula. Melempar jumrah ini dilakukan setiap hari pada tanggal 11. jumrah aqabah. Pihak yang mengatakan bercukur sebagai rukun haji beralasan karena tidak dapat diganti dengan penyembelihan. d) Tawaf nazar adalah tawaf yang dilakukan secara nazar. da 13 bulan zulhijah dan waktunya setelah tergelincir matahari.4) Memulai tawaf dari arah Hajar Aswad(batu hitam) yang terletak disalah satu pojok diluar tawaf c) Tawaf sunah adalah tawaf yang dilakukan sematamata mencari rida Allah. SA’I Sa’I adalah lari-lari kecil atau jalan cepat antara safa dan marwa. e) Tawaf wada adalah tawaf yang dilakukan sebelum meninggalkan kota mekah. jumrah wusta. yakni sebagai berikut. Masing-masing jumrah dilempar sebanyak 7 kali dengan batu kecil. TAHALUL Tahalul adalah mencukur atau menggunting rambut sedikitnya tiga helai.

dan bercukur atau memotong rambut. Terdapat tiga macam sunah mengerjakan haji dan umrah. yakni sebagai berikut. yakni dibolehkan melanggar larangan dari poin a. sampai e. Memotong rambut atau bulu badan yang lain. SUNAH HAJI Adapun sunah haji ada enam perkara. Mengadakan akad nikah (kawin atau mengawinkan).7) Menjauhkan diri dari larangan atau perbuatan yang diharamkan dalam ihram dan umrah. kemudian baru umrah b. Bacaan talbiyah itu seperti yang artinya . 1) Cara mengerjakan haji dan umrah. h. bagi jemaah haji yang telah mengerjakan satu perkara (kewajiban haji)lagi. Qiran : ibadah haji dan umrah dilakukan secara bersama-sama 2) Membaca talbiyah selama dalam ihram sampai melempar jumrah aqabah pada hari raya haji(idul adha). a. Ifrad : melakukan haji lebih dahulu. Menutup kepala bagi pria dan menutup muka bagi wanita c. Memakai wangi-wangian f. yaitu sebagai berikut. Membunuh hewan buruan e. yaitu sebagai berikut. Hubungan suami istri (bersetubuh) g. yaitu menghalalkan larangan yang pertama. Bagi pria dilarang memakai pakaian berjahit b. Tamattu : mendahulukan umrah. Memotong kuku d. serta tawaf yang diiringi sa’I. kemudian haji c. maka ia mendapatkan tahalul pertama. Bagi jemaah yang telah melakukan melempar jumrah aqabah. maka ia mendapatkan tahalul kedua yaitu menghalalkan larangan yang kedua. yakni dibolehkan melakukan seemua larangan diatas dari poin a sampai dengan poin h. a.

bimbingan. pemerintah telah menetapkan UU No. Sa’I lari-lari kecil antara safa dan marwa d. Ihram disertai niat b. Miqat zamani (batas waktu) yakni dapat dilakukan sewaktu-waktu II. tidak ada sekutu bagimu. KETENTUAN HUKUM PENYELENGGARA HAJI Dasar Penyusunan Undang-Undang Penyelenggaraan Haji Untuk meningkatkan profesionalisme pendaftaran. dan pemberangkatan jemaah haji. Menjaga diri dan larangan-larangan ihram yang jumlahnya sama dengan larangan haji. I. tidak ada sekutu bagimu” 3) Berdoa setelah membaca talbiyah 4) Berzikir sewaktu tawaf 5) Salat Dua rakaat sesudah tawaf 6) Masuk ke kakbah (baitullah) RUKUN DAN WAJIB UMRAH Adapun rukun dan wajib umrah lebih sedikit daripada haji.“aku datang menyambut panggilan-Mu. Miqat makani(batas mulai ihram) seperti halnya haji b. yakni sebagai berikut. . Aku sambut panggilan-Mu dan hanya Engkaulah yang memiliki kerajaan. Ihram dari miqat yang terbagi menjadi dua macam yaitu sebagai berikut. 17 Thn 1999 tentang penyelenggaraan haji. Penetapan UU tsb dilatarbelakangi hal-hal berikut : • Bahwa negara RI menjamin kemerdekaan warga negaranya untuk beribadah menurut agamanya masin-masing. 1) Rukun Umrah a. Tawaf atau mengelilingi kakbah c. ya Allah. Bercukur atau memotong rambut minimal tiga helai 2) Wajib umrah a.

yaitu: 1).17 Thn.3. Pasal 5 ayat (1).tambahan lembaran negara No.3474) 5). . Adapun tentang umrah dibahas pada pasal 25 dan 26.danpasal 29 UUD 1945. Dalam upaya peningkatan penyelenggaraan ibadah haji bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan khusus dapat diselenggarakan pelayanan ibadah haji khusus. LEMBAGA PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH Pemerintah telah mengesahkan UU No. • Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada butir 1.14 tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (lembaran negara tahun 1992No. UU No. • Bahwa upaya penyempurnaan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji perlu terus ditingkatkan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan aman. Ketetapan Majelis Permusyarawatan Rakyat No.38.49. Pembahasan mengenai penyelenggaraan haji terdapat dalam pasal 23 dan 24. Dalam pelaksanaannya diatur melalui keputusan presiden. • Pasal 23 1). 1999 tentang penyelenggaraan ibadah haji.5 Thn 1974 tentang pokok-pokok pemerintahan di daerah (lembaran negara thn 1974No.3480). UU No. Adapun yang menjadi dasar pembentukan UU tersebut. UU No.33. perlu dibentuk UU tentang penyelenggaraan ibadah haji.X/MPR/1998 tentang Pokok-Pokok Reformasi Pembangunan dalam rangka penyelamatan dan normalisasi kehidupan nasional sebagai haluan negara. pasal 21 ayat (1).2.9 Thn 1992 tentang keimigrasian (lembaran negara Thn 1992 No. tertib. lancar sesuai dengan tuntutan agama.• Bahwa ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam yang mampu menunaikannya. 3).tambahan lembaran negara No.3037) 4). 2). tambahan lembaran nagara No.

pemerintah menerbitkan keputusan presiden No. a. mulai dari simulasi sampai bimbingan ke tanah suci. Biro tsb. Penyelenggara haji oleh pemerintah Dalam penyelenggaraan haji. pemerintah juga menerbitkan keputusan presiden (kepres). Penyelenggaran ibadah haji khusus ditetapkan oleh menteri.2).biro tsb melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan bimbingan manasik haji yang dikelola lembaga-lembaga non-pemerintah. diantaranya berfungsi memberi pelayanan dan bimbingan manasik haji. Dalam pelaksanaannya. selain memberlakukan UU. Nabi Allah. Selain itu. sebagaimana diketahui banyak sekali perusahaan penyelenggaraan haji baik yang memiliki tiket biasa maupun ONH plus.pemerintah membentuk biro urusan haji dan umrah pada departemen agama. Inti sari tersebut antara lain sebagai berikut. Hal ini harus menjadi acuan muslim yang telah melaksanakan ibadah haji dan umrah sehingga dapat digolongkan sebagai haji yang mabrur. Ibrahim a.Misalnya. Penyelenggara haji oleh swasta Adapun pihak swasta memiliki kesempatan untuk menyelenggarakan bimbingan manasik haji.49 Thn 2004 tentang biaya penyelenggaraan haji thn 2005 untuk menentukan besarnya biaya haji tahun tsb begitu pula untuk tahun berikutnya.s membawa agama Allah dan diajarkan kepada umat manusia yaitu agama islam yang berfungsi sebagai tatanan kehidupan manusia untuk mencapai tujuan . Hal penting untuk Dipahami dan Dilakukan sepulang haji dan Umrah Ada beberapa inti sari ajaran islam yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji da umrah.

.”(HR bukhari). Al A’raf: 56. 215. mendengki. 74. Senantiasa menggunakan akal atau berfikir secara matang sebelum melakukan sesuatu perbuatan.. “Ingatlah Allah dimana saja kamu berada. e. merusak. dan Ali Imran: 92. 184. d. dan At talaq: 7) b. dan yunus:25) Agama Ibrahim a. 85.) dari segi akhlak. 102). Hadis Nabi Muhammad SAW.. Bersabar dalam kesempitan. c. 184. sejahtera. Al Maidah:91. Meningkatkan kualitas untuk selalu mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati (QS Al baqarah:158. 158. baik didunia maupun diakhirat (QS AL-Baqarah:132.136. dan damai(islam). dan kekurangan. Berlaku adil terhadap sesame manusia g. f. puasa.s:85. Menafkankan harta kepada siapa saja yang membutuhkan. 133-134) Bersabar dan bersyukur (QS Al Baqarah. Al Baqarah: 83. penderitaan. Mampu memaafkan kesalahan orang lain dan segera meminta maaf bila melakukan kesalahan. hidup manusia yakni selamat. 215.s tersebut adalah agama yang mengajarkan agar kita selalu mengingat Allah dan bertakwa kepada-Nya melalui proses komitmen terhadap pelaksanaan syariah islam dan tidak boleh saling berselisih. d. hud: 155. Al hajj:78.16. diantaranya sebagai berikut. Perilaku haji yang mabrur (haji yang diridiai Allah SWT. insya Allah kamu adalah orang-orang yang beruntung.b. Berwasiat yang baik sebelum kematian h.90. Memenuhi janji apabila berjanji e. dan selalu menggunakan akal (QS Al isra: 53. dan mempraktekkan ketakwaannya dalam kehidupan seharihari. dan Al Maidah. 85. Mampu menahan nafsu amarah c. khususnya untuk fakir miskin (QS Ali Imran: 133. Ibrahim a. 134. yunus: 100. 92. bermusuhan. 177. membenci.100) Jangan mati dalam keadaan tidak islam (QS Ali Imran:84. zakat. a. dan Ibrahim: 7) Senantiasa mengingat Allah dan bertakwa setiap saat melalui perilaku gemar melaksanakan salat. f.

dipelajari. Mempelajari serta memahami ibadah haji dan umrah b.i. a. dilaksanakan. Selain menabung. juga meningkatkan kualitas takwa untuk bekal melaksanakan ibadah haji e. Memotivasi diri untuk mempelajari sirah nabawiah dan ayatayat Allah i. Haji mabrur adalah haji yang berkualitas takwa. khususnya Ibrahim a. h. bekerja. . dipahami. PERILAKU CERMINAN HIKMAH HAJI DAN UMRAH Sikap dan perilaku yang mencerminkan hikmah haji dan umrah antara lain sebagai berikut. dan mempersiapkan diri menunaikan ibadah haji atau umrah j. c. Melatih kesabaran dan berbuat baik disertai komitmen melaksanakan rukun islam dengan ikhlas.s dan ismail karena berkaitan dengan ibadah haji. Mengerjakan segala kebajikan dengan kerelaan hati disertai bersabar dan bersyukur f. Mempelajari manasik haji dan memahami doa-doa yang berkaitan dengan haji dan umrah g. Menghayati ajaran para nabi yang pada intinya mengajarkan ketakwaan hanya kepada Allah swt. dan disyiarkan dalam kehidupannya sehari-hari sesuai dengan kemampuan. Memahami sejarah-sejarah nabi. Manusia yang bertakwa harus berpedoman kepada alqur’an dan hadis yang selalu dibaca. Sepulang haji atau umrah senatiasa memelihara ketakwaan dan mengamalkan perintah serta menjauhi larangan Allah swt. d. Rajin menabung.

BAB II KESIMPULAN DAN SARAN .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.