P. 1
Makalah F1 Adhd

Makalah F1 Adhd

|Views: 483|Likes:
Published by Riyan Hariyadi

More info:

Published by: Riyan Hariyadi on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

MAKALAH FARMAKOTERAPI 1

Attention Deficit / Hyperactivity Disorder (ADHD)

Kelompok : 1 Rizki Rinanisa Utami Eki Triandika Riyan Haryadi Marsha Muthia Listyani Bintan Viky Syifaul Ummah KELAS C 06613072 08613212 09613011 09613165 09613199

JURUSAN FARMASI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA 2011

keluarganya dan komunitasnya(2).anak ini sering kali impulsif atau bertindak sebelum berpikir. baik anak laki-laki maupun anak perempuan.  ADHD adalah suatu gangguan perilaku kronis yang terjadi ketika anak-anak menunjukkan gejala hiperaktif. B. Anak laki-laki cenderung memiliki perilaku yang lebih mengganggu dibandingkan anak perempuan(9). Anak yang hiperaktif sering diartikan sebagai anak-anak yang nakal. Pemahaman seperti itu tidak benar (1). Namun. impulsif. A. setidaknya pada dua tempat dan suasana yang berbed(5). Semua orang mungkin tahu setidaknya anak dianggap hiperaktif dan anak ini kemungkinan besar adalah anak usia sekolah. Anak-anak berlari-lari dan melakukan banyak hal dengan cara mereka. itu terkait dengan factor biologis dan genetic. impulsif.  ADHD atau Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik pada jutaan anak-anak dan seringkali berlanjut sampai dewasa. Anak laki-laki sekitar tiga kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengalami ADHD di masa kecil dan masa remaja. Anak.Attention Deficit /Hyperactivity Disorder (ADHD) Belum diketahui apa penyebab pasti anak-anak menjadi hiperaktif. Kurang dapat memusatkan perhatian terutama pada masa kanak-kanak. Definisi  ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorders) adalah kelainan hiperaktivitas kurang perhatian sering tampak sebelum usia 4 tahun dan dikarakteristikan oleh ketidaktepatan perkembangan tidak perhatian. serta lingkungan. ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorders) adalah gangguan perilaku pada anak yang terjadi suatu peningkatan aktifitas motorik hingga pada tingkatan tertentu yang menyebabkan gangguan perilaku yang terjadi. Anak-anak hiperaktif terlalu sering bermasalah dengan temantemannya. pada gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorders (ADHD). anak memperlihatkan implusivitas tidak adanya perhatian. Banyak orang tua yang meyakini bahwa anak-anak mereka tidak memperhatikan mereka. yaitu kesulitan untuk memusatkan perhatian dan kebiasaan hiperaktif (perilaku yang tidak bisa diam) – impulsif (kesulitan untuk menunda respon / dorongan untuk melakukan / mengatakan sesuatu yang tidak sabar)(7). dan tidak bisa memusatkan perhatian (inatensi)(6). . Epidemiologi Kondisi umum dengan perkiraanberkisar antara 3 sampai5 %dari semua anak. Insidenlebih tinggi terjadi pada anak laki-laki yang mencapai 10%(8). dan hiperaktivitas yang dianggap tidak sesuai dengan tingkat perkembangan mereka(3). Ada dua aspek utama dalam ADHD. Berbagai studi epidemiologi menunjukkan bahwa hanya 1 sampai 7 % dari anak-anak mengalami ADHD. guru-gurunya. Mereka mengalami kesulitan fokus pada aktivitas tunggal dan sering berubah tak menentu dari satu tugas ke tugas lain tanpa menyelesaikan tugas yang mereka kerjakan. merupakan hal yang normal. dan hiperaktivitas(4). Namun menurut dunia kedokteran.

. depresi. Riwayat kehamilan dengan 2. dan beberapa jenisketidakmampuan belajardapat menyebabkangejala yang serupa(10). Orang tua dengan gangguan jiwa f. frekuensi. b.ADHDmempengaruhi antara3 sampai 5% darianak-anakusia sekolah. diagnosa sulit karena bergantung pada pendapat pengamat. Trauma lahir atau hipoksia yang berdampak injury pada lobus frontalis di otak. b. rumah dan sekolah). dan keparahan gejala. d. Seperti halnya dengan gangguan perkembangan lainnya 1. atau beberapaanak mudaAmerika dari dua jutasecara total. Sosial ekonomi keluarga yang tidak memadai. Suatu gangguan neurobiologis kronis yang ditandai dengan masalah-masalah pengaturan aktivitas 3. Faktor genetik Terdapat mutasi gen pengkode neurotransmiter dan reseptor dopamin (D2 dan D4). Gejala harus ada sedikitnya dua lingkungan yang berbeda (biasanya. Beberapa penelitian belum dapat menyimpulkan penyebab pasti dari ADHD. c. c. Tidak ada tes laboratorium bagi ADHD. Karena mempelajari kecacatan hal yang biasa. Pertanyaan tentang berbagai aspek prilaku bisa menolong dokter membuat diagnosa. Faktor lingkungan/Psikososial a. Konflik keluarga. Etiologi Menentukan apakah seorang anak memilikiADHD adalahprosesmultifaset.kecemasan. Anak yang diasuh di penitipan anak. Gangguan fungsi astrosit dalam pembentukan dan penyediaan laktat serta gangguan fungsi oligodendrosit. Pengurangan volumeserebrum. banyak anak menjalankan pemeriksaan psikologis baik untuk menolong memutuskan adanya ADHD maupun untuk mengetahui adanya ketidakmampuan belajar yang spesifik. Jumlah keluarga yang terlalu besar. C. g. Masalah biologisdan psikologisbanyak yang dapatberkontribusi terhadapgejala yang samadengan yangdipamerkanoleh anak-anakdengan ADHD. Diagnosa berdasarkan jumlah. Sebagai contoh. Seringkali. Gangguan otak dan metabolisme a. ADHDdidiagnosadua sampai sembilan kalilebih sering terjadi padaanak laki-lakidibandingkan anak perempuan(3). Orang tua terkena kasus e.

Tabel Neurotransmiter yang terkait pada otak: D. 2. Tipe predominan hiperaktif atau impulsif. Tipe kombinasi yang ditandai oleh tidak adanya perhatian dan hiperaktivitas impulsif tingkat tinggi(11). mmmmm . 3. Tipe predominan tidak adanya perhatian. Patofisiologi ADHD di bagi menjadi 3 tipe: 1.

 Tampak tidak memperhatikan apa yang dikatakan orang lain.  Tidak bisa mengikuti instruksi atau menyelesaikan tugas.  Tidak bisa menunggu giliran dalam antrian. dsb.  Menghindari pekerjaan atau aktivitas yang menuntut perhatian. tugas tugas). Tetapi tanda kurangnya perhatian selalu harus ada untuk diagnosa. rumah dan sekolah) dan harus mengganggu masalah sosial atau fungsi akademis(12). Impulsivitas  Sering berteriak di kelas.  Kesulitan mempertahankan perhatian di sekolah atau saat bermain. Secara umum ADHD disebabkan karena terjadi kesetimbangan kimiawi atau kekurangan zat kimia tertentu di otak yang berfungsi mengatur perhatian dan aktivitas. tetapi banyak penelitian yang menyebutkan faktor sosial dan lingkungan yang lebih berperan(12). mainan. Semua tanda yang terdapat di atas belum tentu seorang anak didiagnosis Attention Deficit / Hyperactivity Disorder (ADHD).  Meninggalkan kursi pada situasi belajar yang menuntut duduk tenang. Neurotransmitter yang paling konsistenterlibat dalamADHD adalah dopamin(9). permainan.  Mudah teralihkan perhatiannya. E.  Kesulitan mengatur pekerjaan dan aktivitas lain. buku. Gejala .Ciri ciri diagnostik dari ADHD Jenis masalah Pola perilaku khusus Kurangnya perhatian  Gagal memperhatikan detail atau melakukan kecerobohan dalam tugas sekolah dan lainnya. Hiperaktivitas  Tangan atau kaki bergerak gelisah atau menggeliat-geliat di kursi. Tanda harus ada di dua atau lebih tempat (misalnya.  Kesulitan untuk bermain dengan tenang.  Berlarian atau memanjat bendabenda secara terus menerus. pensil.  Sering lupa melakukan aktivitas sehari hari. beberapa penelitian menunjukkan adanya kecenderungan prediposisi herediter.  Kehilangan alat-alat sekolah (misalnya.

cair. bahan aktif adalah sama. dan belajar. long-acting. atau patch kulit. Obat memiliki efek samping yang merugikan. obat ADHD mengurangi hiperaktif. Perkembangan jiwa anakpunikut mempengaruhi munculnya perilaku adiktif. Satu anak mungkin memiliki efek samping dengan obat tertentu. sakit kepala. Dalam jangka panjangmenyebabkan kecanduan. atau varietas rilis diperpanjang.kecemasan. Banyak jenis obat stimulan yang tersedia. F. bergerak dan mengangkat-angkat tangan mereka. rumah dan sekolah). Obat juga dapat meningkatkan koordinasi fisik.ADHD terutama bermasalah pada perhatian terus-menerus. dan keparahan gejala. Kadang-kadang beberapa obat yang berbeda atau dosis harus dicoba sebelum menemukan satu yang bekerja untuk anak tertentu. sebenarnya memiliki efek menenangkan pada anak-anak dengan ADHD. frekuensi. lupa dengan mudah. Diagnosis Menentukan apakahseorang anak memilikiADHD adalahprosesmultifaset. Mereka mungkin tidak bisa diam dan menggeliat. Tata Laksana Terapi Penanggulangan kasus penderita ADHD adalah melalui terapi medikasi atau farmakologi.Namun. dan ketetapan tugas (kemampuan untuk menyelesaikan tugas). diagnosa sulit karena bergantung pada pendapat pengamat.nyeri perut. Mereka secara umum tidak agresif(12). nafsu makan berkurang atau sebaliknya sulit tidur. kapsul. seperti pil. Mereka mungkin tak sabar dan menjawab dengan kacau. Jenis yang paling umum dari obat yang digunakan untuk mengobati ADHD adalah disebut "stimulan. ketergantungan obat bahkan sampai ia dewasa. depresi. Seringkali. berbicara secara sembarangan.Namun para ahli umumnya tidak menyarankan obat-obatan sebagai terapi tunggal. cemas. Sebagai contoh. perasaan tidak nyaman. dan impulsif dan meningkatkan kemampuan mereka untuk fokus. G. dan beberapa jenisketidakmampuan belajardapat menyebabkangejala yang serupa(10). Obat stimulan datang dalam berbagai bentuk. Tidak ada tes laboratorium bagi ADHD. Dalam masing-masing varietas. Sebuah obat ADHD beberapa lainnya non-stimulan dan kerja yang berbeda dari stimulan." Meskipun mungkin terlihat aneh untuk mengobati ADHD dengan obat yang dianggap stimulan. Banyak anak prasekolah cemas. Pertanyaan tentang berbagai aspek prilaku bisa menolong dokter membuat diagnosa. konsentrasi. tic. namun dilepaskan berbeda dalam tubuh. Anak juga mungkin terlalu aktif dan gegabah. kreatvitas terhambat. Karena mempelajari kecacatan hal yang biasa. Gejala harus ada sedikitnyadua lingkungan yang berbeda (biasanya. Masalah biologisdan psikologisbanyak yang dapatberkontribusi terhadapgejala yang samadengan yangdipamerkanoleh anak-anakdengan ADHD. sementara anak lain mungkin tidak. dan mereka mungkin tidak teratur. Beberapa obat juga datang dalam bertindak pendek. dan bertingkah laku dengan kurang baik. Apa yang bekerja untuk satu anak mungkin tidak bekerja bagi orang lain. anak seperti itu mungkin menggerakkan kaki mereka dengan resah. Rilis longacting atau diperpanjang bentuk sering membiarkan anak untuk minum obat hanya . mempunyai masalah yang berhubungan dan saling mempengaruhi. Bagi banyak anak. Diagnosa berdasarkan jumlah. Selama masa kecil nanti. yaitu timbul kantuk. Setiap anak mengambil obat harus dimonitor dan hati-hati oleh perawat dan dokter. Mereka nampak tak penuh perhatian. satu-ukurancocok-semua pendekatan tidak berlaku untuk semua anak dengan ADHD. banyak anak menjalankan pemeriksaan psikologis baik untuk menolong memutuskan adanya ADHD maupun untuk mengetahuiadanya ketidakmampuan belajar yang spesifik. bekerja.

overaktivitas.Obat-obatan stimulan ini tidak hanya meningkatkan perhatian anak-anak ADHD tetapi juga mengurangi impulsivitas. Terapi Farmakologi Jenis stimulan berupa Ritalin (methylphenidate) atau Adderall. Obat-obatan stimulan memiliki efek paradoksikal yaitu menenangkan dan meningkatkan rentang perhatian anak-anak ADHD. serta perilaku mengganggu dan agresif. jenis stimulan ini dianggap lebih baik dan memberi pengaruh positif pada anak dengan gangguan atensi. Dexedrine (sejenis amphetamine). disamping itu efek dari obat tidak begitu buruk pada anak-anak. Jadi obat-obatan ini dapat membantu anak-anak ADHD untuk memfokuskan perhatian mereka dan menghindarkan perilaku impulsivitas(3). namun diduga obat-obatan ini bekerja pada sistem neurotransmiter di otak. Obat-obatan ini meningkatkan aktivitas dopamin pada otak bagian depan yaitu area yang mengatur perhatian dan kontrol terhadap perilaku impulsif. Penyebab efek paradoksikal dari stimulan dalam menenangkan efek ADHD belum diketahui secara pasti. Terapi yang digunakan untuk pengobatan ADHD di bagi 2. Orang tua dan dokter harus memutuskan bersama yang obat yang terbaik bagi anak dan apakah anak kebutuhan obat-obatan hanya untuk jam sekolah atau malam hari dan akhir pekan juga. yaitu : 1. antara lain: Nama Obat Adderall Adderall XR Concerta Cylert Daytrana Dexedrine Dextrostat Focalin Metadate ER Metadate CD Ritalin Strattera Vyvanse Nama Generik Amphetamine Methylphenidate Pemoline Methylphenidate Dextroamphetamine Dexmethylphenidate Methylphenidate Methylphenidate Atomextine Lisdexamfetamine Usia 3 > Tahun 6 > tahun 6 > tahun 6 > tahun 3 > Tahun 6 > tahun 6 > tahun 6 > tahun 6 > tahun 6 > tahun Beberapa dampak dari penggunaan obat-obatan ADHD : . Obat-obat ini aman dan efektif bila dimonitor dengan hati-hati. sehingga mereka tidak perlu melakukan perjalanan sehari ke perawat sekolah untuk dosis yang lain.Kehilangan gairah dan semangat .sekali sehari sebelum sekolah. Obat yang digunakan untuk gangguan ADHD pada anak-anak.sehingga anak-anak ADHD lebih tenang dan berkonsentrasi dalam belajar.

- Insomnia Meningkatkan kegelisahan dan kecemasan Sakit kepala ringan(3). .

105.Nyeri. Ampul : Seminggu 3 X 1 ampul IM atau IV. Indurasi dan Sakit.00 2. 500mcg x 10 x 10 Rp.000.000.00 -.00 Ampul 500mcg 1 ml x 10 Rp. Dosis : Kapsul : Sehari 3 X 250-500mcg. gangguan GI lain. Injeksi . mual. Prohiper 10 ( Mersifarma ) Isi : Metilfenidat HCL 10 Indikasi : Pada orang yang kurang perhatian / kelainan hyperactifitas dan narkolepsi. 120. Kemasn : Kapsul 250mcg x 10 x 10 Rp. diare. ESO : Kapsul .( National Institute of Mental Health) Obat – obatan ADHD yang beredar di indonesia 1. sindrom perilaku .000. berkeringat atau demam. Meconeuro ( novell pharma ) Isi : Mecobalamin Indikasi : Neuropati perifer Perhatian : Hentikan terapi jika tidak ada respons sesudah beberapa bulan. 85.Kehilangan nafsu makan.

hipertensi. Tablet SR : dapt digunakan bila menginginkan efeck jangka lam ( 8 jam ) melebihi masa kerja ritalin tablet biasa. hipertiroid. 253. Sakit kepala. dosis dapat disesuaikan sebesar 10mg dengan inerval tiap minggu.Dewasa : sehari 2-3 tablet terbagi dalam 2-3 dosis. 40mg x 30(15). demam. aritma. narkolepsi Perhatian : Memicu gangguan kepribadian dan pikirn pada pasaen spikosis. Tidak dianjurkan untuk pasien umur >6 tahun. takikardi. takikardi. palpitasi. berkuangnya nafsu makan . ESO : Gugup dan tidak bisa tidur.00 -. Tablet SR 20mg x 3 x 10 Rp. Kemasan : Tablet 10mg x 3 x 10 Rp. ketegangan. artralgia.Kontra indikasi: Hiersnsitifitas terhadap metilfenidat. mual. dan mulut kering. ESO : Cemas. Hatihati dalam mengemudi/menjalankan mesin. nyeri abdomen. Kapsul LA : Dewasa : sehari 1 x 20 – 40 mg. penggunaan lama menyebabkan tolerasnsi dan ketergantungan psikis.Anak 6 thn : awl : sehari 2 x ½ tablet dengan peningktan ½ . mengantuk. Tidak untuk depresi berat. kecemasan.00-. dianjurkan 30-40 menit sebelum makan. Hindari pada penggunaan wanita hamil dan menyusui. demam. ruam. perubahan TD dan denyut jantung. mulut kering. sakit kepala.240. insomnia. dan denyut jantung. gatal. diskinesia. nafsu makan berkurang. perubahan tekanan darah.biduran. gatal. Kontra indikasi: Ansietas dan ketegangan .1 tablet perminggu. 90. Dosis Kemasan : Anak-anak (>6 thn) : dosis awal 5mg 2 x sehari. angina pektoris berat. 161. agitasi. .925-. hipertiroidisme. : Dos 3x10 tablet Rp. Kemerahan . Dewasa 20-30 mg dalam 2-3 dosis terbagi. Dosis : Tablet : .745. 274. aritma jantung. 294. galukoma. pusing. muntah. monitor lab darah pda penggunaan jangka panjang.175. Perhatian : Anak > 6 tahun. muntah. Ritalin / Ritalin SR / Ritalin LA ( Novartis Indonesia ) Isi : Methylphenidat HCL Indikasi : Gangguan konsentrasi.00 -.000 3. mual. mengantuk. riwayat/menderita sindrom tourette.. agita.aritma jantung. Hati-hati pda hipertensi dan epilepsi. pusing dan gangguan gerakan yang di kehendaki. Maksimal sehari 6 tablet. urtikaria. Kapsul LA 20mg x 30 Rp.palpitasi aritma. rambut rontok. nyeri sendi dan kerontokan rambut kepala. Hyperactifitas. : . 30mg x 30 Rp. angina pektoris yang berat dan glaukoma.

kanak berkelakuan dengan lebih baik. Cara Pemberian Obat Medikasi stimulan Ada 2 bentuk stimulan: short.Carta Bintang (hyperlink) adalah satu cara yang bagus untuk membantu kanak. Tidak seperti antibiotik dan medikasi lain yang diberikan dalam jangka waktu yang pendek untuk menghilangkan infeksi. contoh: tunjukkan anda berasa gembira kerana mereka telah menyimpan permainan di tempat yang betul. Wujudkan satu sistem memberi hadiah untuk menggalakkan kelakuan yang baik. dokter akan memberi kombinasi stimulan long-acting dan shortacting.Medikasi Dapat Menyembuhkan ADHD Medikasi merupakan jalan yang paling efektif untuk menghilangkan gejala-gejala ADHD. 2. Bila gejala tidak membaik setelah pemakaian dosis terapeutik selama satu minggu atau lebih. Galakkan anak-anak untuk mengawal kata hatinya. dokter akan mempertimbangkan jenis obat lain atau menyesuaikan dosisnya. Untungnya. Efek yang positifakan muncul dalam waktu 30—90 menit setelah pemberian obat. kebanyakan anak dengan ADHD dapat berubah secara signifikan dengan kombinasi terapi medikasi dan terapi perilaku.5 jam. Cara ini akan menaikkan rasa harga dirinya. Metilfenidat lebih dari 50 tahun. Stimulan long-acting biasa diberikan 1 kali per hari. tiap – tiap dosis bekerja selama 4 . Stimulan short .kanak dapat menjangka apa yang berlaku setiap hari. Dosis yang diberikan biasanya dimulai dari dosis paling rendah dan dinaikkan secara bertahap setiap 1—3 minggu sampai gejala ADHD terkontrol.acting. Bila diperlukan. Tempatkan kedudukan kanak-kanak di bahagian barisan hadapan kelas.acting biasanya diberikan 2—3 kali per hari. Untuk menemukan jenis obat dan dosis yang tepat diperlukan waktu. Kekalkan kebiasaan aktiviti harian supaya kanak . Berikan pujian dengan spesifik / tepat. Bantu kanak-kanak mengatur aktiviti harian mereka dengan mennyediakan senarai semak untuk memastikan tugasnya disempurnakan. bekerja selama 7 . terbukti metilfenidat aman bila diresepkan pada pasien yang sehat dan digunakan di bawah supervisi dokter. Bila dosis terlalu rendah.       . Ini memerlukanwaktu beberapa bulan untuk mendapatkandosis stimulan yang tepat. Terapi non Farmakologi   Berikan arahan satu persatu dengan jelas dan pastikan bahawa kanak-kanak tersebut memberi perhatian dan memahaminya Beri pujian sekiranya mereka membuat sesuatu dengan baik. dan telah dilakukan ribuan penelitian. namun ia hanya akan efektif bila diberikan oleh dokter.12 jam. pada ADHD tidak ada medikasi yang ‘menyembuhkan kondisi ini.acting dan long . Bina semangat dan kelebihan yang ada pada kanak-kanak itu dan jangan menitik beratkan pada kelemahannya sahaja. gejala ADHD tidak akan hilang semuanya. umpamanya berfikir dulu sebelum mengeluarkan kata-kata.

Pengobatan secara non Farmakologi penting pula dilakukan selain menggunakan pengobatan Farmakologi yaitu dari segi psikologis. Pastikan anak Anda makan makanan sehat. Hal ini akan membentuk prilaku yang positif dan disiplin pada diri anak. perilaku dan pendidikan pasien. Minta bantuan guru untuk mencatitkan kerja kerja sekolah di dalam buku khas yang mana kanak-kanak ini boleh menunjukkannya kepada anda semasa di rumah nanti. berbicara dengan dokter anak Anda. Dan bersikap sensitif dan menujukkan kasih sayang pada anak adalah hal yang terbaik untuk terpai psikologis anak(13). jika seorang anak tidak bisa tidur. Ini akan memperbaiki pola sikap untuk menghadapi anak guna meningkatkan nilai akademis serta prilaku positif anak.  Saat di sekolah hendaknya guru menempatkan anak duduk di bagian yang tidak mudah diganggu teman sekelas misalnya dekat jendela. Menambahkan resep untuk dosis rendah obat antidepresi atau obat tekanan darah yang disebut clonidine kadang-kadang membantu dengan masalah tidur. Jika efek samping ini tidak pergi.  Orang tua atau guru tidak memberikan perintah yang kompleks terhadap anak. Dalam kasus ini pasien masih berusia sekolah. H. apabila anak berbuat kebaikan. Sedangkan apabila anak menunjukkan sikap yang tidak baik.  Alangkah baiknya guru dan orang tua memiliki komunikasi yang baik tentang laporan prilaku anak di sekolah maupun di rumah. pintu atau bagian belakang kelas. hendaknya pengobatan non farmakologi dilakukan di dua tempat yang penting untuk perkembangan psikologi anak yaitu rumah dan sekolah. Dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :  Membentuk sikap positif pada anak dengan cara memberlakukan adanya Hadiah atau Hukuman untuk masing-masing sikap yang ditunjukkan oleh anak. bisa berupa berdiam diri selama beberapa menit. masalah tidur. atau menghentikan dosis sore atau malam hari. kecemasan. orang tua atau guru dapat memberi hukuman yang mendidik. patuh atau segera merespon apa yang diperintahkan anak akan mendapat hadiah dari Orang Tua atau guru di sekolah. Efek Samping Efek samping yang paling sering dilaporkan mengalami penurunan nafsu makan.Masalah tidur. Beberapa anak juga melaporkan sakit perut ringan atau sakit kepala. Sebuah . Misalnya. dokter mungkin meresepkan dosis yang lebih rendah dari obat atau bentuk short acting. ini akan membuat anak merasa depresi karna trauma fisik. Juga berbicara dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kenaikan pertumbuhan atau berat badan anak Anda saat dia sedang minum obat ini. Dokter juga mungkin menyarankan memberikan obat pada hari sebelumnya. Hadiah bisa berupa hala apa saja yang disukai anak. Kebanyakan efek samping ringan dan menghilang dari waktu ke waktu atau jika tingkat dosis diturunkan. Hukuman sebaiknya bukan berupa hukuman fisik. dan lekas marah.

juga dapat membantu. .  Pengaruh ADHD terhadap perilaku :  Menuntut  Turut campur dengan orang lain  Mudah frustasi   tidak tenang/gelisah. Pengaruh ADHD  Pengaruh ADHD terhadap pendidikan:  Tidak dapat segera memulai suatu kegiatan  Prestasi kurang  Bekerja terlalu lmbat atau cepat  Melupakan instruksi atau penjelasan  Tidak melakukan tugas  Selalu meninggalkan benda-benda samapai menit terakhir  Selalu bingung  Menangguhkan pekerjaan  Motivasi yang kurang  Kesulitan mengerjakan tugas  Menghindari tman.  suka menjadi pemimpin. atau kegiatan yang tenang di lampu redup. mudah berubah pendiran.  mengganggu. berperilaku kacau. I. mengalami hari-hari baik dan buruk. dan  mudah bingung. musik lembut. cenderung untuk mendapat kecelakaan.rutinitas tidur yang konsisten yang mencakup unsur santai seperti susu hangat.  lebih banyak bicara.

 Pengaruh ADHD terhadap aspek sosial :          mementingkan diri sendiri. dan . tidak berfikir panjang. harga diri rendah. cemas. membuat keributan. tidak peka. sering brperilaku tanpa perasaan. kasar . egosentris. keras/tenang. tidak dewasa. tertekan. menarik diri dari kelompok.

maka pemberian obat ketika perut sudah terisi dengan makanan(14). Assesment Therapy DRP’s Reaksi efek samping karena penggunaan Methylphenidat.Orang tuanya pun mengakui bahwa di rumah pun Rida seperti itu. berdiri dan tidak fokus pada pekerjaan sekolah . BB : 24 kg . Rida diperiksakan ke Dokter Spesialis kejiwaan dan didiagnosa mengalami ADHD. sulit dikontrol. Parameter apa yang perlu dimonitoring ? Finding : .Di sekolah: sering jalan-jalan dikelas. Rida seringkali sulit dikontrol. Setelah 1 minggu penggunaan. ketika effect dosis rendah(14).Efek samping : setelah 1 minggu penggunaan : An. 120 cm.Usia 7 tahun. Obat yang di guanakan mempunyai efek samping  Nafsu makan berkurang  Sakit perut  Insomnia  Pusing 1 Resolusi Untuk menangani sakit perut pada pasien. Kasus Rida berusia 7 tahun.An.Kondisi seperti ini bisa mempengaruhi prestasinya di sekolah.Tinggi badan : 120 cm . Terapi yang diberikan adalah methylphenidat 5 mg. Misalnya. 2 X sehari. 24 kg.Terapi yang diberikan : methylphenidat 5 mg 2 x sehari . sering mengabaikan perintah mamanya. Sedangkan untuk menangani kehilangan nafsu makan.J. kelas 1 SD .Didiagnosa dokter : mengalami ADHD . Saat ini dia duduk di kelas 1 Sekolah Dasar. . Pertanyaan: 1. Medical problem Merasa tidak nyaman pada perut dan kehilangan nafsu makan seminggu setelah penggunaan obat Methylphenidat 5mg 2 kali sehari . Dia sering mengabaikan apa yang Mamanya perintahkan.Rida mengeluh perutnya terasa tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan.Di rumah : sering begrganti-ganti aktivitas dan tidak pernah sampai selesai.Rida ? 2. Seringkali Rida berganti-ganti aktivitas dan tidak pernah sampai selesai. Orang tuanya seringkali mendapatkan masukan dan laporan dari gurunya bahwa dia seringkali jalan-jalan di kelas. Rida mengeluh perutnya terasa tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan. Selanjutnya. Rida . Rida lebih banyak berdiri dan tidak fokus pada pekerjaan sekolahnya. Bagaimana penerapan asuhan kefarmasian pada An. bermain bongkar pasang dan selang beberapa menit kemudian sudah beralih pada permainan yang lain. pasien di berikan makan yang sedikit tapi yang mengandung kalori tinggi.

Anak lebih bisa tenang .Lebih mudah fokus dan di atur .Monitoring :  Efektifitas obat :   Interaksi obat : Efek samping : .Kekurangan nafsu makan .Bisa mendengarkan perkataan guru maupun orang tua .Rasa tidak nyaman pada perut .

upi. Inc.id/healthy-news/520-adhd-anak. Psikologi Abnormal. G.2008. inc. Abnormal Psychology. Susan. Jakarta. Gary. Jeffry.. Beverly greene.T. Revised Sixth Edition. Rudianto Sofwan. OROS Methylphenidate (Concerta) for the Treatment of Children and Adults with ADHD. Spencer A.. PT Bhuana ilmu populer. file. Erlangga. John Wiley & Sons. Ganie B De Hart. 2000. Penatalaksanaan Attention Deficit Hyperactive Disorders Pada Anak. New York... 2007. 1029-1035. Judarwanto. di akses pada 8 Desember 2011. 3. Washington DC. R. Anonim. hal : 342. Abnormal Psikology Ed.. 2009. Davison. Barbara. Gerald . United States of America.M. Alan. 2008.T. American Psychiatric Association.edu/. C. National Resource Center on AD/HD A program of CHADD.. Diagnosa Keperawatan pada Keperawatan psikiatri. L. 1 2 3 Penyakit dan Gangguan pada Anak. DSM-IV-TR: Diagnostic and statistical manual of mental disorders.. 1996.pdf. EGC. Robert G Cooper. Landover. J. Rathus. Attention Deficit and Hyperactivity Disorder: Controversies of Diagnosis and Safety of Pharmacological and Nonpharmacological Treatment. Anonim. text revision. (15) Anonim.html. Robert. Nolen. Nevid. Mc Graw-Hill. Jakarta. Sroufe.W. Managing Medication for Children and Adolescents with AD/HD. Ed 4th.A/Analisa_Definisi_dan_Teori_ADHDx. 2008. Gary. ISO Indonesia V ol 43 – 2008. 2006. Jakarta. 2010.Y.kibm. S.M. Mc Graw Hill Medical. Pharmacotherapy: A Pathophysiologic Approach. Edisi kelima jilid 2. Dipiro. Jakarta Indonesia. John M. Oswari. Hoeksema. Benner-Davis and Heaton. Child Development its nature and course. Anonim. Neale. L. Ed. 2000. Posey. Widodo. Seventh (11) (12) (13) (14) . Mary C Townsend.. Hanifah. penerbit ikatan sarjana farmasi indonesia. L. C. United States of America. 1996. 1995. 4. http://www.. USA. edition. 2008.or.. Anonim. di akses 9 Desember 2011.Daftar Pustaka : (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) Chrisae. Make graw-Hill International Edition.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->