P. 1
TUJUAN PEMASARAN

TUJUAN PEMASARAN

5.0

|Views: 7,725|Likes:

More info:

Published by: Abdul Mufid Geography on Mar 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

TUJUAN PEMASARAN Adapun tujuan pemasaran dalam perilaku konsumen, yaitu: a.

Memberi informasi (promosi) Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Tujuan promosi antara lain: o o o o o o Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial; Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit; Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan; Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar; Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing; Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Promosi adalah kegiatan perusahaan mengkomunikasikan produknya. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan cara sales promotion, personal selling, direct selling, public relation dan advertising. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat komunikasi terhadap publik adalah pesan yang jelas, konsisten, dan berpengaruuh kuat terhadap organiasi dan produk serta merknya. 1. Sales Promotion (Promosi Penjualan) Promosi penjualan merupakan kegiatan promosi selain periklanan, personal selling, maupun publisitas. Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi penjualan antara lain: Peragaan , pertunjukan pameran, demontrasi dan sebagainya. Biasanya kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan kegiatan promosi lain dan biayanya relatif lebih murah dibandingkan periklanan dan personal selling. Selain itu promosi penjualan juga lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap saat dengan biaya yang tersedia dan dimana saja.

menegosiasi ketentuan penjualan. tempat lain di luar lokasi pengecer (Majalah WartaBisnis. Proses penjualan yang professional adalah sebagai berikut : prospecting. serta mendapat komisi atau basis lain. Party Plan. dan Multilevel Marketing (MLM). presentatioan. Komunikasi yang dilakukan kedua belah pihak bersifat individual dan dua arah. Penyampaian berita atau percakapan yang mereka lakukan sangat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan situasi yang ada. account executive. dalam sistem ini seorang penjual. Barangbarang yang cocok dijual oleh tenaga penjual adalah barang-barang yang harganya mahal. dll). dan para agen asuransi (Prudential. Atau. preapproach. . menentukan dan merekomendasikan produk yang tepat. orang yang menunggu pelanggan di toko. Peran sales person yaitu menyelidiki masalah yang dimiliki konsumen. Cara ini sering digunakan oleh para member broker/marketing associate suatu agen properti (ERA. Ada dua jenis tipe penjual order to take. Pendapatan mereka dapat juga diperoleh dari selisih harga pembelian ke supplier dan penjualan ke konsumen. approach. Dalam personal selling terjadi interaksi secara langsung. Sequis Life. Jiwasraya. 3. membangun hubungan. saling bertemu muka antara pembeli dan penjual. sales engineers. yaitu One on One. sales representatif. Mereka menawarkan produk.2. yaitu secara temu muka. Hooker. Personal Selling Personal Selling adalah presentasi personal oleh tenaga penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. dan agen. Ada tiga tipe dasar direct selling. Temu muka ini umumnya berlangsung di rumah pelanggan atau di rumah teman. dll). dealing with objections. sehingga penjual dapat langsung memperoleh tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan kesukaan pembeli. closing the sale. follow up. dan merupakan alat promosi yang mahal. yang merupakan agen/anggota/kontraktor yang mandiri atau lepas. dan membangun hubungan personal jangka panjang. Edisi 30/II/September 2004). Cara ini melihatkan interaksi personal antar dua orang atau lebih. Lj. Langsung. Orang-orang yang mengerjakannya disebut dengan macam-macam nama: sales person. menarik konsumen yang berpotensi di area khusus berdasarkan pendekatan orang ke orang. Direct selling Direct selling atau penjualan langsung adalah cara memasarkan produk maupun jasa langsung kepada pelanggan. Coldwell Banker. One on One.

umur maupun pengalaman. dan penjualan downline tidak langsung (yang levelnya berada dua tingkat atau lebih di bawahnya). distributor bisa menerima potongan harga atas dasar jumlah produk/jasa yang dibeli oleh anggota kelompok bisnis untuk penjualan atau pemakaian. Multilevel Marketing (MLM) atau System Networking. Kekuatan dari sistem direct selling adalah tradisi kemandiriannya layanan ke konsumen dan komitmen untuk pertumbuhan kewirausahaan dalam sistem pasar bebas. jenis kelamin. Imawi Benjaya. upline juga mendapatkan reward dari besarnya penjualan downline yang berada di bawahnya langsung. bonus dan reward lainnya. menjual atau menyuplai produk/jasa melalui individu yang ditunjuk sebagai agen atau distributor. Dalam sistem MLM. Khusus untuk model pemasaran MLM ini. serta terbukti menjadi salah satu industri yang turut menjadi pilar perekonomian yang patut diperhitungkan. sedangkan yang direkrut disebut downline. Atau dalam arti lain. karyawan lepas atau tetap. di dalam menerapkan metode penjualan ini. Sistem ini menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan bekerja paruh waktu maupun penuh waktu. Kedua. penjualan produk langsung ke konsumen. MLM atau Network Marketing adalah kegiatan mendistribusikan. peluang direct selling ini berkembang menjadi suatu µkarir¶ yang memuaskan bagi mereka yang mencapai kesuksesan dan memilih untuk bekerja secara full time. Sistem direct selling menawarkan peluang usaha kepada mereka yang mencari alternatif untuk mendapatkan penghasilan tampa melihat suku. dan nutrisi kesehatan. . adalah penjualan secara bertingkat dari distributor mandiri yang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dalam dua cara. tingkat pendidikan. merupakan beberapa nama yang banyak dikenal oleh masyarakat. diskon. bertugas mencari atau menjadi tuan rumah yang mengundang sekelompok orang di rumahnya dalam rangka sales party untuk mendemonstrasikan produk. Nama-nama MLM seperti Tianshi. minuman kesehatan. Perekrut disebut upline. berdasarkan jumlah penjualan dan kemampuannya merekrut agen. merupakan salah satu dari perusahaan yang sukses dan cukup terkenal di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Forever Young. Si tuan rumah biasanya diberikan hadiah sebagai tanda terima kasih sesuai dengan nilai penjualan tertentu. Model ini sering digunakan oleh distributor peralatan rumah tangga. CNI. dan rata-rata mereka berusia di bawah 40 tahun. Sophie Martin. Terbukti banyak pemasar yang sukses di bidang ini memulai dari nol. Penghasilan si penjual juga atas dasar selisih harga eceran. Amway.Party Plan. PT. pada metode seorang penjual. termasuk jumlah penjualan pribadi. Dalam banyak kasus. kosmetika. Agen ini dibayar dalam bentuk komisi. yang mengusung merek Tupperware dengan produk kemasan plastik. Pertama. di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat dahsyat.

dan penjual dapat membina hubungan jangka panjang dengan pelanggannya. memperoleh pelatihan gratis dari perusahaan/sponsor. serta kegagalan memotivasi para distributor. kebebasan dalam menentukan keuntungan.Metode ini mempunyai kelebihan antara lain operasinya lebih fleksibel karena penjual dapat mengamati reaksi pelanggan dan menyesuaikan pendekatannya. Manajemen yang buruk karena kurangnya pengalaman serta komitmen yang diperlukan. yang sangat dibutuhkan di era persaingan pasar bebas. dan memperbolehkan orang berbisnis dengan produk atau jasa yang unik dan inovatif. Kurangnya komunikasi secara efektif dengan para distributor. Public Relation Public Relation digunakan untuk membangun hubungan baik dengan publik untuk mendapatkan publisitas yang menguntungkan. mengganggu pivacy orang lain. Mereka akan mendapatkan penjelasan akan produk sejelas-jelasnya. terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan kegagalan MLM dan jenis direct selling lainnya. citra yang baik. Selain itu. dan kadangkala terjadi pula ada beberapa penjual yang memanfaatkan atau mengeksploitasi pembeli impulsif atau pembeli yang kurang mengerti teknologi. Meskipun demikian. Selain itu. dan relationship marketing. keuntungan lain dari sistem ini yaitu penjual dapat menikmati kebebasan waktu. pelanggan yang berminat biasanya langsung membeli. negotiating. Di dalamnya terkandung praktik salesmanship. can dramatize a company or product. dan mereka juga bisa langsung menanyakan ketidakjelasannya ketika penjual sedang mempresentasikan produk yang dijualnya. usaha yang sia-sia dapat diminimalkan. planned use can be effective . biasanya penjual akan mendatangi langsung si calon pelanggan. timbulnya citra buruk bagi industri bila ada salah satu penjual yang menipu pelanggannya. Di sisi pelanggan. membawa mereka ke pasar tanpa mengeluarkan biaya iklan dan media massa yang sangat besar. tends to be used ads an afterthought. dan meluruskan rumor yang kurang baik. Produk-produk yang dijual mutunya rendah atau pasarnya terbatas. 4. sistem MLM dan direct selling juga menghadapi masalah-masalah seperti orang yang terganggu karena penjualan yang agresif. Public Relation raches people who avoid sales people and advertising. sehingga mereka tidak perlu repot-repot keluar rumah. dan tanpa harus bersaing di toko-toko pengecer.

jasa atau ide. Namun. tv. Media-media tersebut yaitu koran. dan pidato. iklan di luar ruangan seperti spanduk/baligho. Komunikasi persuasif ini ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan. Orang yang imejnya digunakan untuk promosi macam ini disebut endorser. Periklanan merupakan salah satu dari empat alat penting yang digunakan suatu perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap pembeli dan masyarakat. radio. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan tujuan periklanan adalah untuk meningkatkan penjualan yang menguntungkan. dan bagaimana dampaknya terhadap konsumen adalah beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum mengambil keputusan tentang media apa yang akan dipilih. Medianya adalah humas. bukannya majalah remaja. atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu. barang. Personality symbol adalah imej orang yang digunakan untuk menggambarkan imej perusahaan. sponsorship. surat langsung. berapa kali iklan akan tayang.and economical. Adanya kegiatan periklanan sering mengakibatkan terjadinya penjualan dengan segera. Jumlah konsumen yang hendak dijangkau. majalah. Metode ini tidak hanya iklan tapi juga menjadi memberitahukan visi misi perusahaan. Tujuan periklanan yang terutama adalah menjual atau meningkatkan penjualan barang. meskipun banyak pula penjualan yang baru terjadi pada waktu mendatang. Tiap media memiliki kemampuan yang berbeda dalam mempengaruhi dan menjangkau konsumen baik dari segi jumlah maupun karakteristik. Advertising Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi bukan pribadi menenai gagasan. . dan internet. perusahaan tersebut tentu akan menggunakan majalah untuk kalangan atas. 5. Langkah selanjutnya adalah menentukan tempat media secara spesifik. Contoh sederhana jika perusahaan menjual berlian. imej orang tersebut tidak menggantikan imej perusahaan maupun produknya. yang tampak dari harganya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->