makalah tahu

MAKALAH KIMIA ANALITIK

ANALISA KANDUNGAN ZAT PEWARNA DALAM TAHU KUNING DENGAN METODE GRAVIMETRI

Anggota Kelompok:

Siu Lie (2010620001) Ashianti Stenny Winata (2010620031) Dewi Gloriana (2010620083) Farandy Arlian (2010620135)

JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKLUTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN Bandung 2012

b ) P encu ci a n en da p a n. Unsur atau senyawa yang ditentukan harus terendapkan secara sempurna. Mengetahui jenis zat pewarna kuning yang terdapat dalam tahu kuning. Gra vi met r i mer ui pa kan s alah sat u met ode a nalisis kua nt itat if uns ur ata u s enya wa ya ng ber das ar pa da bobot s enya wa yang lalu akan dianalisi dan diawali dengan pengendapan diikuti d e n g a n p e m i s a h a n d a n pemanasan endapan serta diakhiri dengan penimbangan. Mengetahui kandungan zat pewarna yang digunakan pada tahu kuning. 3. Dalam analisis gravimetri meliputi beberapa tahap sebagai berikut . den ga n cara men yi ra m e n da pa n d i d a l a m p e n y a r i n g d e n g a n larutan tertentu. 1. d) Penimbangan endapan e) Perhitungan. . 3. a) Pelarutan sampel (untuk sampel padat).Tahap analisa gravimetri paling penting. Bentuk endapan yang ditimbang harus diketahui dengan pasti rumus molekulnya. yaitu: a) Penyaringan endapan. m a k a h a r u s memperhatikan tiga hal berikut . Unt u k memp er ol eh k eb er has i la n pa da a na li s is s ecar a gr a vi met r i. Mengetahui kadar zat pewarna kuning yang terdapat pada tahu kuning. Endapan yang diperoleh harus murni dan mudah ditimbang. 2. b) Pembentukan endapan dengan menambahkan pereaksi pengendap secara berlebih agar s e m u a unsur/senyawa diendapkan ol eh per eaksi.TUJUAN PENELITIAN 1. PRINSIP PERCOBAAN Umtuk menganalisis kadar zat warna pada tahu kuning digunakan metode gravimetri. P e n g e n d a p a n d i l a k u k a n p a d a s u h u tertentu dan pH tertentu yang merupakan kondisi optimum reaksi pengendapan. 2. c) Pengeringan endapan sampai mencapai berat konstan.

com/kandungan-gizi-dan-manfaat-tahu/ Dalam pembuatan tahu.wordpress. menjaga kualitas tahu. kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Tahu Bandung berbentuk persegi (kotak). Tahu ini enak dimakan dengan lalap cabai rawit. 2. riboflavin.blogspot. yaitu sisa sari pati kedelai yang direbus yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk masakan. . Berikut ini adalah jenis-jenis tahu : 1. karbohidrat. Adapun hal penting tersebut antara lain kebersihan lingkungan kerja. warnanya kuning karena sebelumnya telah direndam air kunyit. Hasil sampingan dari tahu ini salah satunya adalah kulit kedelai dan ampas tahu untuk campuran makanan ternak. Selain itu juga terdapat kembang tahu.com/2006/01/tahu-makanan-favorit-yang-keamanannya. Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi. vitamin B12. Tahu putih ini disimpan dalam wadah yang telah berisi air. terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar tahu yang dihasilkan sesuai dengan harapan.LATAR BELAKANG Tahu merupakan salah satu makanan yang menyehatkan karena kandungan proteinnya yang tinggi serta mutunya setara dengan mutu protein hewani. Selain itu dari proses produksi tahu ini terdapat hasil sampingan berupa limbah yang dapat menjadi produk turunan dari tahu. tekstur agak keras dan kenyal. Tahu Sumedang disebut juga tahu pong alias tahu kulit. serta memilih peralatan yang cocok dan tepat. Tahu digoreng dengan mengoleskan sedikit minyak di wajan. seperti protein. Tahu ini merupakan lembaranlembaran tahu putih setebal sekitar 3 (tiga) cm dengan tekstur yang lunak dan kenyal. yaitu sekitar 65 persen. fosfor. vitamin E. Hal ini bisa dilihat dari nilai NPU ( net protein utility) tahu yang mencerminkan banyaknya protein yang dapat dimanfaatkan tubuh.html http://tautauenak. di samping mempunyai daya cerna tinggi sekitar 85% sampai 98%. sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol. http://tipsehat. vitamin B-kompleks seperti thiamin. lemak. Dan paling penting. kalori dan mineral.

Kalau dipijit.3. Ukurannya sekitar 12 cm x 12 cm x 8 cm. Penggumpalan sari kedelai menggunakan asam cuka. Tahu kuning mirip tahu Cina. Setelah digoreng. 4. Baik atau tidaknya cara pencampuran atau pengolahan ditandai dengan adanya warna yang seragam dan merata.pdf?sequence=5 Pewarna Makanan Suatu bahan makanan yang dinilai bergizi. halus dan kenyal dibandingkan tahu biasa. http://repository. Bentuknya tipis dan lebar. Warna kuning dikarenakan sepuhan atau larutan sari kunyit. 5. Namun. Dulu. enak. tahu ini mudah sekali rusak sehingga harus segera diolah. 7. . sekarang proses pembuataanya lebih modern sehingga produknya lebih tahan lama. Oleh karenanya. perbedaannya meski digoreng kering bagian dalamnya tidak kepong dan tetap lembut. Ukuran dan bobot tahu relatif seragam. Tahu Kuningan adalah tahu putih yang dijual dalam bentuk mentah atau digoreng. Tahu sutera banyak dijual pasar swalayan. Tahu yang berasal dari Jepang ini biasanya dikonsumsi sebagai makan penutup (dessert) dan disajikan bersama sirup jahe agar cita rasanya lebih lezat. tahunya terasa padat. Dalam pembuatannya. Tahu takwa merupakan tahu khas Kediri.id/bitstream/handle/123456789/46740/BAB%20II%20Tinjauan%20Pustak a_%202011nnu. Jawa Timur. tahu sutera sekarang disebut long life tofu. Sebelum dipasarkan.ac. Tahu ini sangat lembut dan lunak. tahu takwa dimasak atau dicelup beberapa menit dalam air kunyit mendidih sehingga warnanya menjadi kuning 6. Tahu Cina berupa tahu putih. digunakan sioko (kalsium sulfat) sebagai bahan penggumpal protein sari kedelainya. Bahan bakunya dipilih kedelai lokal yang berbiji kecil-kecil.ipb. dan teksturnya sangat baik tidak akan dimakan apabila memiliki warna yang tidak sedap dipandang atau memberi kesan menyimpang dari warna seharusnya. tahu Kuningan mirip dengan tahu Sumedang. Warna dapat menjadi indikator kesegaran atau kematangan suatu bahan makanan. teksturnya lebih padat. karena proses pembuatannya dicetak dan dipres dengan mesin. Tahu ini banyak digunakan dalam masakan Cina.

Oleh karena itu.Terdapat dua macam zat pewarna berdasarkan undang-undang. sehingga lake digunakan dalam produk-produk yang tidak boleh terkena air (lemak dan minyak). terutama dalam bahan makanan diatur oleh peraturan-peraturan pemerintah. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan RI telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang jenis pewarna alami dan sintetik yg diijinkan serta dilarang digunakan dalam makanan pada tanggal 19 Juni 1979 No. Lapisan alumina ini tidak larut dalam air tetapi larut dalam sebagian besar pelarut lain. Dan terakhir dikeluarkan pula Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. dapat juga berfungsi sebagai bahan pengawet. Kunyit selain dapat memberi warna pada tahu. Dye Adalah zat pewarna yang pada umumnya larut dalam air dan larutannya dapat mewarnai. Certified color i.239/Menkes/Per/V/85. ii. . Pewarna kuning tahu dapat dihasilkan dari pewarna alami atau pewarna buatan/sintetik makanan yang diizinkan penggunaannya. µ B.235/Menkes/Per/VI/79. gliserin atau alkohol.722/Menkes/Per/88. yang berisikan jenis pewarna yang dilarang. Pelarut yang digunakan selain air adalah propilenglikol. Pewarna pada Tahu Produk tahu biasanya berwarna kuning. sebagaimana halnya dengan penambahan garam. yaitu A. penggunaan zat pewarna sintetik. yang mengatur batas penggunaan maksimum dari pewarna yang diijinkan untuk makanan. Pewarna alami tahu biasanya menggunakan ekstrak kunyit. Uncertified color (pewarna sintetik) Tidak dapat digunakan secara sembarangan karena terdiri dari bahan-bahan kimia yang dapat beracun bagi tubuh jika terkonsumsi pada jumlah tertentu. Kemudian disusul dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI tanggal 1 Mei 1985 No. Lake Merupakan gabungan zat warna (dye) dengan radikal bebas (Al atau Ca) yang dilapisi dengan hidrat alumina atau Al(OH)3.

Beberapa hal yang dapat memberi dampak negatif tersebut terjadi bila : 1. namun dapat memberi dampak negatif terhadap kesehatan manusia. 4. http://repository.pdf Proses-proses pembuatan tahu adalah sebagai berikut: 1. Kedelai dibagi-bagi dan diletakkan di dalam ebleg. atau bubuk batu tahu (sulfat kapur). Kedelai dicuci lagi selama setengah jam.id/bitstream/123456789/14730/1/08E01571. Butir kedelai langsung direbus sampai mendidih di dalam wajan berukuran besar. Bahan pewarna sintetis dimakan dalam jangka waktu lama. Kelompok masyarakat luas dengan daya tahan yang berbeda-beda. Air saringan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih dicampur dengan asam cuka agar menggumpal. di antaranya dapat membuat suatu pangan lebih menarik. dan alasan lainnya.Tahu yang diberi pewarna alami biasanya cukup mudah dikenali karena pada permukaannya terdapat gumpalan-gumpalan dan beraroma khas kunyit. Berbagai lapisan masyarakat yang mungkin menggunakan bahan pewarna sintetis berlebihan. 4. 5. Kedelai ditampi untuk dipilih biji yang besar. 2. 7.usu. Bubur kedelai lalu dipindahkan dari wajan ke bak atau tong untuk disaring dengan kain belacu atau kain mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambu.ac. 2. 3. meratakan warna pangan dan mengembalikan warna dari bahan dasar yang hilang atau berubah selama pengolahan. Namun. melainkan pewarna cat atau kain yang bisa membahayakan kesehatan. 6. Pemakaian bahan pewarna pangan sintetis dalam pangan walaupun mempunyai dampak positif bagi produsen dan konsumen. Kedelai dicuci. Bahan pewarna sintetis ini dimakan dalam jumlah kecil. 8. Selain asam cuka. 3. jenis kelamin. lalu direndam dalam air besar selama enam jam. Kedelai digiling sampai halus. mutu pangan sehari-hari dan keaaan fisik. dapat juga ditambahkan air kelapa. atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah dieramkan. dan butir kedele mengalir ke dalam tong penampung. Para pembuat tahu biasanya lebih suka menggunakan pewarna sintetik daripada pewarna alami karena lebih mudah penggunaannya dan warna tahu lebih cerah. pewarna sintetik yang digunakan kadang kala bukan pewarna makanan. yaitu tergantung pada umur. namun berulang. . berat badan. yang terbuat dari bambu atau plastik.

misalnya dengan ukuran 6 x 4 cm2.org/wiki/Resep:Tahu . sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. sebab masih dapat digunakan lagi.wikibooks. http://id. Gumpalan atau jonjot tahu yang mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran misalnya 50 x 60 cm2 dan dialasi kain belacu. Adonan tahu berbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong. Adonan tahu kotak dikempa selama satu menit. Air asam dipisahkan dari gumpalan atau jonjot putih dan disimpan. Tahu pun siap dijual.9.

unsur atau senyawa yang dianalisis dipisa hka n dari s ejumlah ba han ya ng dia nalisis da n bagian terbesar darianalisis gravimetri ini menyangkut perubahan unsur atau gugus dari senyawa yang dianalisis menjadi senyawa lain yang murni dan mantap sehingga diketahui berat tetapnya. b. endapan yang dihasilkan stabil dan sukar larut.id/filenya/Handout%20Kuliah/Inorganic%20Pharmaceutical%20 Analysis%202008/Versi%20Bhs. P e n g e n d a p a n. Serta cara-cara fisis lainnya.%20Analisis%20Gravimetri. Metode pengendapan: isolasi endapan sukar larut dari suatu komposisi yang tidak diketahui. Metode penguapan: larutan yang mengandung analit diuapkan. Dan kekura nga nnya adala h membut uhkan wakt u yang lama http://www. Komponen yang ditentukan harus dapat mengendap secara sempurna (sisa analit yang tertinggal dalam larutan harus cukup kecil.itb.PENDAHULUAN Analisis gravimetri adala h cara analisis kuantitatif berdasarka n berat konstannya. Pengenda pan melal ui listrik .com/Djapra%20dirja/d/18223608-Gravimetri Penentuan kadar zar berdasarkan pengukuran berat analit atau senyawa yang mengandung analit dapat dilakukan dengan: 1. antara lain : a . P e m i s a h a n u n s u r mu r n i y a n g terdapat dalam senyawa berlangsung melalui beberapa cara.%20Indonesia/03a. sehingga dapat diabaikan). . ditimbang dan kehilangan berat dihitung.ac.scribd. 2. sehingga bila diper luka n da pat dila kuka n pembet ula n. Endapan yang terbentuk harus dapat dipisahkan dengan mudah dari larutan ( dengan penyaringan). c.fa. Penguapa n atau pengeringan. Kelebiha n cara gravi metri adala h ba hwa penyusun ya ng dicari dapat diketahui pengot or nya. jika persyaratan berikut dapat terpenuhi : 1.pdf Analisis gravimetri dapat berlangsung baik.d. 2. http://download. Dalam analisis ini.

com/2009/01/04/gravimetri/ Dalam percobaan ini bahan yang akan dianalisis adalah tahu kuning dengan metode gravimetri penguapan. Tahu sekarang banyak mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan tubuh. tahu kuning tersebut diperiksa apakah tahu tersebut memiliki zat pewarna yang memenuhi standar peraturan dari Menkes. keracunan. dan usus.pdf . http://annisanfushie. Metanil yellow merupakan pewarna golongan azo. 1990). mata.eprints.3.id/1528/1/K100040194. hidung. Endapan yang ditimbang harus mempunyai susunan stoikiometrik tertentu (dapat diubah menjadi sistem senyawa tertentu) dan harus bersifat murni atau dapat dimurnikan lebih lanjut (Vogel.wordpress. iritasi paruparu. Metanil yellow dengan warna kuning dibuat dari asam metanilat dan difenilamin. Salah satunya adalah zat pewarna tekstil yang digunakan secara berlebihan dalam tahu. metanil yellow bisa menyebabkan kanker. Zat pewarna tekstil yang sering digunakan dalam pembuatan tahu kuning adalah methanyl yellow. Melalui percobaan ini. http://etd.ac. dimana dalam strukturnya terdapat ikatan N=N.ums. tenggorokan.

Sampel diambil 30 mg.Penangas . Kemudian dalam larutan dimasukkan benang wol bebas lemak atau steril yang telah terlebih dahulu ditimbang lalu dipanaskan kurang lebih 25 menit sampai zat warna terikat pada benang wol. Alat dan Bahan a.Tahu kuning .Batang Pengaduk . . Benang wol yang telah berwarna dibilas sebanyak 3 kali dengan aquadest panas dan disaring. massa benang wol ditimbang.Oven . c.Eksakator .Cawan Porselen b. diencerkan dengan aquadest sebanyak 20 ml dan ditambahkan 10 ml KHSO4 10% kemudian diaduk hingga rata.Beaker Glass .Erlenmeyer .PROSEDUR KERJA 1.Pipet tetes . Cara Kerja a. dimasukkan ke dalam Erlenmeyer.Corong .Gelas ukur . Dimasukkan cawan porselen yang berisi benang wol kemudian dimasukkan ke dalam eksikator selama 10 menit dan setelah dingin.Benang wol warna putih 2. Alat . dikeringkan kurang lebih selama 45 menit dengan suhu 105oC d.Gegep kayu .Kalium Hidrosulfat (KHSO4 ) 10% . b. Benang wol dimasukkan ke dalam cawan porselen.Aquadest . Bahan .Neraca halus .

8124 = 4.6969-11.9769 Kadar zat pewarna dalam 1 kg sampel : Massa = berat jenis x volume = 0.6969 Berat larutan = (Berat piknometer+larutan)-Berat piknometer = 16.HASIL PENGAMATAN DAN PERHITUNGAN Kadar =           Massa = berat jenis ( ) x volume larutan (L) Contoh perhitungan: Kadar zat pewarna kuning sampel A (Tahu kuning) = 0.0005 mg/0.8845 gr =   = =0.9769 x 1 = 0.0005 mg/l = 0.9769 kg Sampel A = 0.8124 gr Berat piknometer+larutan= 16.9769 kg sampel .0005 mg/l Vsampel = 5 ml Berat piknometer =11.

9769 1. Densitas Larutan yang Mengandung Pewarna No. Kode Sampel Kadar Zat Standard menurut Pewarna Kuning Permenkes (mg/l) (mg/kg) 1 2 3 4 A B C G 0.0008 2.0002 0.DATA PERCOBAAN 1.1157 0. Kode Sampel 1 A 2 B 3 C 4 G Nama Pewarna Methanyl Yellow Methanyl Yellow Methanyl Yellow Methanyl Yellow 0.0028 0.0008 0 0 0 0 Kadar Zat Pewarna Kuning (mg/kg) 0.0005 0.0002 0. Hasil Pemeriksaan Kadar Zat Pewarna Kuning Pada Tahu Kuning No.0028 0.0005 0.9747 1.1236 .

Tahu yang menggunakan pewarna buatan dapat ditandai dengan cara melihat penampakannya.0002 mg/kg. Penyaringan dan pencucian endapan 5. Pelarutan sampel 2.0028 mg/kg. KHSO4 digunakam untuk memisahkan zat warna dengan pelarutnya. seperti methanil yellow ini didominasi oleh proses industri kecil dan dilakukan sudah sejak lama sampai saat ini dan merupakan praktek pelanggaran yang paling membahayakan kesehatan konsumen. Dalam metode ini. . Penggunaan bahan tambahan ilegal. Metode analisa gravimetri ini meliputi : 1. warnanya sangat homogen/seragam dan mengilap. bahan tambahan makanan ilegal tersebut harganya lebih murah. Pemanasan untuk memperoleh endapan kering 6. yaitu sebesar 0.PEMBAHASAN Percobaan ini menggunakan metode gravimetri untuk uji kuantitatif dalam menentukan kadar zat pewarna pada tahu kuning. warnanya cenderung tidak cerah serta tidak homogen hingga ke bagian dalam tahu. sedangkan yang terendah terdapat pada sampel tahu yang berasal dari Pasar Sei Sikambing. Jika tahu menggunakan pewarna buatan. Pembentukan endapan 4. Sedangkan bahan tambahan makanan yang legal hanya dijual di toko-toko kimia di kota-kota besar. Pendinginan dan penimbangan Berdasarkan pemeriksaan kuantitatif ditentukan kadar pewarna kuning yang bervariasi pada keempat sampel. yaitu sebesar 0. Sementara. Pengaturan keadaan larutan 3. Selain itu. Kadar tertinggi terdapat dalam sampel tahu yang berasal dari Pasar Kampung Lalang.0002-0. Dari sampel yang ada kadar penggunaan methanyl yellow berkisar antara 0. 239/Menkes/Per/V/1985. jika menggunakan pewarna kunyit. Pelanggaran ini juga diperparah dengan ketersediaannya di berbagai tempat dan dapat dibeli secara bebas.0029 mg/kg dan tidak memenuhi syarat kesehatan menurut Permenkes RI No.

Pasar /Sukaramai. Kadar methanil yellow yang diperoleh pada tahu kuning. dan Pasar Kampung Keling mengandung pewarna alami.0007 mg/kg diperoleh dari Pasar Simpang Limun 3. Kepada Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) agar mengadakan pemantauan. 0. Perlu dikembangkan upaya pendidikan bagi konsumen atau masyarakat melalui iklaniklan atau program-program media massa mengenai keamanan pangan.0005 mg/kg diperoleh dari pasar Simpang Melati. 0. 3. 0. Pasar Seui Sikambing. dan Pasar Simpang Limun mengandung pewarna sintetik methanil yellow. yaitu Pasar S impang Melati. Pasar Kampung Lalang.0002 mg/kg diperoleh dari Pasar Sei Sikambing. Kepada pihak produsen yang memproduksi tahu kuning agar tetap memperhatikan pewarna yang digunakan pada tahu kuning sehingga tidak melanggar peratuyran yang berlaku. 4. Saran 1. . Pasar Sambas. Enam sampel tahu kuning yang diperiksa. sehingga dapat dilakukan tindak pencegahannya. 2. Perlu dilakukan tindakan tegas bagi pelaku pelanggaran. yaitu : 0.0029 mg/kg diperoleh dari Pasar Kampung Lalang. Pengaturan hendaknya dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. 2. sedangkan sampel dari empat pasar lainnya. pengawasan.KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan 1. yaitu yang berasal dari Pasar Petisah. Metode yang digunakan dalam pemeriksaan pewarna pada tahu kuning yaitu dengan metode gravimetri untuk menentukan kadar pewarna pada tahu kuning. dan evaluasi secara berkala untuk mengetahui pemakaian pewarna kuning pada tahu secara teratur di seluruh pasar di Medan. Pasar Rame. Pasar Perguruan.

dimasukkan ke dalam Erlenmeyer diencerkan dengan aquadest sebanyak 20 ml ditambahkan 10 ml KHSO4 10% kemudian diaduk hingga rata. dalam larutan dimasukkan benang wol bebas lemak atau steril yang telah terlebih dahulu ditimbang dipanaskan kurang lebih 25 menit sampai zat warna terikat pada benang wol.LAMPIRAN Bagan Prosedur Sampel diambil 30 mg. dikeringkan kurang lebih selama 45 menit dengan suhu 105oC Dimasukkan cawan porselen yang berisi benang wol Dimasukkan ke dalam eksikator selama 10 menit massa benang wol ditimbang . Benang wol yang telah berwarna dibilas sebanyak 3 kali dengan aquadest panas dan disaring Benang wol dimasukkan ke dalam cawan porselen.

Daftar Bahan Pewarna yang dilarang 2. Bahan Pewarna Sintetis yang diijinkan di Indonesia Pewarna Amaran Biru berlian Hijau FCF Hijau S Indigotin Ponceau 4R Kuning Kuinelin Kuning FCF Riboflavina Tartrazine Nomor Indeks Warna (CINo) 16185 42090 42053 44090 73015 16255 74005 15980 19140 .Tabel 1.

id/bitstream/123456789/14730/1/08E01571.itb.org/wiki/Resep:Tahu http://www.com/ http://digilib.ipb.com/2009/01/04/gravimetri/ http://apertiwi.id/files/disk1/113/jtptunimus-gdl-merlindara-5650-2-babii.id/bitstream/handle/123456789/46740/BAB%20II%20Tinjauan%20Pustak a_%202011nnu.pdf http://repository.wordpress.com/Djapra%20dirja/d/18223608-Gravimetri http://download.pdf http://annisanfushie.ac.usu.scribd.%20Indonesia/03a.com/kandungan-gizi-dan-manfaat-tahu/ http://id.blogspot.html http://tautauenak.pdf?sequence=5 http://tipsehat.com/2006/01/tahu-makanan-favorit-yang-keamanannya.blogspot.ac.fa.ac.pdf .id/filenya/Handout%20Kuliah/Inorganic%20Pharmaceutical%20Ana lysis%202008/Versi%20Bhs.ac.%20Analisis%20Gravimetri.wordpress.DAFTAR PUSTAKA http://repository.unimus.wikibooks.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful