Nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi Nasional Pancasila menjadi ideologi nasional.

Nilai-nilai luhur Pancasila dijabarkan sebagai berikut : 1. Ketuhanan Yang Maha Esa

y

Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan YME, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

y

Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayan dan agama masing-masing

y

Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha esa kepada orang lain

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

y

Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia

y

Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa selira

y

Berani membela kebenaran dan keadilan

3. Persatuan Indonesia

y y y

Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

y y y

Tidak boleh memksakan kehendak kepada oranglain Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama Menghormati dan Menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

y

Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdikari

y y

Suka bekerja keras Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama

Ciri khas Ideologi Pancasila 1. Tuhan Yang Maha Esa, berarti pengakuan bangsa Indonesia akan eksistensi Tuhan sebagai Sang pencipta. 2. Penghargaan kepada sesama umat manusia tanpa membedakan SARA 3. Menjunjung tinggi persatuan, Maka kita tempatkan PERSATUAN diatas kepentingan sendiri 4. Bahwa kehidupan kita dalam kemusyawaratan berbasis dmokrasi PANCASILA 5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan dalam kemakmuran adalah cita-cita bangsa indonesia sejak dulu

Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila
A. PENGERTIAN NILAI

PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI Diterimanya pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok. bermutu. Artinya kita belum dapat menjabarkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila berisi lima sila yang pada hakikatnya berisi lima nilai dasar yang fundamental. Adanya dua macam nilai tersebut sejalan dengan penegasan pancasila sebagai ideologi terbuka. menunjukkan kualitas. Penjabaran itu sebagai arahan untuk kehidupan nyata. Nilai-nilai dasar dari pancasila tersebut adalah nilai Ketuhanan . Penjabaran itu kemudian dinamakan Nilai Instrumental. landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia. Perumusan pancasila sebagai dalam pembukaan UUD 1945. Nilai Instrumental harus tetap mengacu kepada nilai-nilai dasar yang dijabarkannya Penjabaran itu bisa dilakukan secara kreatif dan dinamis dalam bentuk-bentuk baru untuk mewujudkan semangat yang sama dan dalam batas-batas yang dimungkinkan oleh nilai dasar itu. dan berguna bagi manusia. sifatnya belum operasional. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.Nilai adalah sesuatu yang berharga. Nilai dasar tidak berubah dan tidak boleh diubah lagi. Betapapun pentingnya nilai dasar yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 itu. Penjabaran itu jelas tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai dasarnya. Alinea 4 dinyatakan sebagai nilai dasar dan penjabarannya sebagai nilai instrumental. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu memerlukan penjabaran lebih lanjut. Penjelasan UUD 1945 sendiri menunjuk adanya undang-undang sebagai pelaksanaan hukum dasar tertulis itu. B.

nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalan permusyawaratan/perwakilan. c.Yang Maha Esa. b. Nilai Kemanusiaan Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya. menghormati kemerdekaan beragama. dan nilai keadilan. tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antarumat beragama. nilai kemanusiaan. Nilai ketuhanan juga memilik arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama. Nilai Persatuan . Makna Nilai dalam Pancasila a. Nilai Ketuhanan Nilai ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta. dan nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Dengan pernyataan secara singkat bahwa nilai dasar Pancasila adalah nilai ketuhanan. nilai persatuan. Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. nilai kerakyatan. nilai Persatuan Indonesia.

dengan bersumber pada kelima nilai dasar diatas dapat dibuat dan dijabarkan nilai-nilai instrumental penyelenggaraan negara Indonesia. dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan. oleh rakyat. isinya belum dapat dioperasionalkan.Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Artinya. nilai-nilai tersebut menjadi sumber nilai. Nilai Keadilan Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan. Nilai Kerakyatan Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia. Karena sifatnya abstrak dan normatif.. Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit. e. d. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya. Sebagai nilai dasar. yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah atauun batiniah. KATA PENGANTAR .

Memang makalah ini masih jauh dari sempurna. serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia. Maret 2008 . Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan Pancasila. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu matakuliah Pancasila Drs. dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.Hum. sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ³Falsafah Pancasila Sebagai Dasar Falsafah Negara Indonesia´ ini dengan lancar. maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik. tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada pengajar matakuliah Pancasila atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini. Penulis harap. Purwokerto. khususnya bagi penulis.Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis. dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai Pancasila yang ditinjau dari aspek filsafat atau falsafah. Juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung sehingga dapat diselesaikannya makalah ini. Soewarno M.

63 tahun yang lalu disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenengaraan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia.Penulis BAB I PENDAHULUAN 1. Dua. Merekahnya matahari bulan Juni 1945. Pancasila telah ada dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia. serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia sehari-hari. Sebagai falsafah negara. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat . yaitu lahirnya Pancasila. Ketuhanan Yang Maha Esa. terkecuali bagi mereka yang tidak Pancasilais. Pancasila lahir 1 Juni 1945. ditetapkan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945. juga sebagai alat pemersatu dalam hidup kerukunan berbangsa. Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Allah SWT dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya. Bunyi dan ucapan Pancasila yang benar berdasarkan Inpres Nomor 12 tahun 1968 adalah satu. Persatuan Indonesia. Empat.1 Latar Belakang Sebagai dasar negara. dan yang jelas tadi telah diungkapkan sebagai dasar serta falsafah negara Republik Indonesia. baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan. Pancasila kembali diuji ketahanannya dalam era reformasi sekarang. Kemanusiaan yang adil dan beradab. tentu Pancasila ada yang merumuskannya. Tiga.

pasti akan ditolak oleh Pancasila. Kelonialisme juga ditolak oleh bangsa Indonesia yang cinta akan kemerdekaan. Dapat dikemukakan mengapa Pancasila itu sakti dan selalu dapat bertahan dari guncangan kisruh politik di negara ini. karena bangsa Indonesia berprikemanusiaan dan berusaha untuk berbudi luhur.kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. dan siapa yang menantang Pancasila berarti dia menentang toleransi. yaitu pertama ialah karena secara intrinsik dalam Pancasila itu mengandung toleransi. karena bangsa Indonesia yang sejati sangat cinta kepada Pancasila. Diktatorisme juga ditolak. Sebab yang keempat adalah. dan faham lain yang positif tersebut mempunyai keleluasaan yang cukup untuk memperkembangkan diri. dan Ir Soekarno. Dan kelima. Sejarah Indonesia telah mencatat bahwa di antara tokoh perumus Pancasila itu ialah. yakin bahwa Pancasila itu benar dan tidak bertentangan dengan keyakinan serta agamanya. Yang ketiga. Kedua. Mr Mohammad Yamin. . Dengan demikian bahwa falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia yang harus diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia agar menghormati. Pancasila merupakan wadah yang cukup fleksibel. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. karena silasila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia. dan nilai serta norma yang bertentangan. Prof Mr Soepomo. yang dapat mencakup fahamfaham positif yang dianut oleh bangsa Indonesia. menghargai. misalnya Atheisme dan segala bentuk kekafiran tak beragama akan ditolak oleh bangsa Indonesia yang bertuhan dan ber-agama.

1. Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pancasila.3 Tujuan Tujuan dari penyusunan makalah ini antara lain: 1.2 Perumusan Masalah Dengan memperhatikan latar belakang tersebut. Untuk menambah pengetahuan tentang Pancasila dari aspek filsafat. agar dalam penulisan ini penulis memperoleh hasil yang diinginkan. . Apakah bukti bahwa falsafah Pancasila dijadikan sebagai dasar falsafah negara Indonesia? 1. 2. maka penulis mengemukakan bebe-rapa rumusan masalah. Apakah landasan filosofis Pancasila? 2. Rumusan masalah itu adalah: 1. Apakah fungsi utama filsfat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia? 3. Sehingga baik golongan muda maupun tua tetap meyakini Pancasila sebagai dasar negara Indonesia tanpa adanya keraguan guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.menjaga dan menjalankan apa-apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan khususnya pahlawan proklamasi yang telah berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia ini.

Untuk mengetahui fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia. 1.4 Manfaat Manfaat yang didapat dari makalah ini adalah: 1. 5. Mahasiswa dapat mengetahui landasan filosofis Pancasila. Untuk mengetahui bukti bahwa falsafah Pancasila dijadikan sebagai dasar falsafah negara Indonesia. 1. 3. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan tentang Pancasila dari aspek filsafat. Mahasiswa dapat mengetahui bukti bahwa falsafah Pancasila dijadikan sebagai dasar falsafah negara Indonesia. Untuk mengetahui landasan filosofis Pancasila. 4. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia. 2. 4.5 Ruang Lingkup .3.

Berdasarkan beberapa masalah yang teridentifikasi tersebut. norma- .2 Dasar Pemilihan Objek Makalah ini membahas mengenai falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia. makalah ini difokuskan pada falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia. 2.Makalah ini membahas mengenai landasan filosofis Pancasila dan fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia. fungsi utama filsafat Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia. Dalam makalah ini dibahas mengenai landasan filosofis Pancasila. BAB II METODE PENULISAN 2.1 Objek Penulisan Objek penulisan makalah ini adalah mengenai falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia. dan bagaimana falsafah Pancasila dijadikan sebagai dasar falsafah negara Indonesia. Falsafah Pancasila adalah hasil berpikir/pemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap. Serta membahas mengenai bukti bahwa falsafah Pancasila dijadikan sebagai dasar falsafah negara Indonesia. dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu (kenyataan.

serta mencari alternatif pemecahan masalah BAB III ANALISIS PERMASALAHAN . Maka dari itu masyarakat perlu mengetahui bahwa falsafah Pancasila dijadikan sebagai falsafah negara Indonesia yang terdapat dalam beberapa dokumen historis dan di dalam perundang-undangan negara Indonesia. paling bijaksana.4 Metode Analisis Penyusunan makalah ini berdasarkan metode deskriptif analistis. menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lainnya. metode pengumpulan data yang digunakan adalah kaji pustaka terhadap bahan-bahan kepustakaan yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam makalah ini yaitu dengan tema wawasan kebangsaan. 2. 2. yaitu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan fakta dan data yanag ada. paling adil. nilai-nilai) yang paling benar. Sebagai referensi juga diperoleh dari situs web internet yang membahas mengenai falsafah Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia.3 Metode Pengumpulan Data Dalam pembuatan makalah ini.norma. paling baik dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia.

Pengetahuan bijaksana memberikan kebenaran. Berdasarkan makna kata tersebut maka mempelajari filsafat berarti merupakan upaya manusia untuk mencari kebijaksanaan hidup yang nantinya bisa menjadi konsep kebijakan hidup yang bermanfaat bagi peradaban manusia. yang mencintai pengetahuan bijaksana. Beberapa tokoh-tokoh filsafat menjelaskan pengertian filsafat adalah sebagai berikut: . Filsafat sebagai hasil berpikir sedalam-dalamnya diharapkan merupakan suatu yang paling bijaksana atau setidak-tidaknya mendekati kesempurnaan.1 Pengertian Filsafat Secara etimologis istilah ´filsafat³ atau dalam bahasa Inggrisnya ³philosophi´ adalah berasal dari bahsa Yunani ³philosophia´ yang secara lazim diterjemahkan sebagai ³cinta kearifan´ kata philosophia tersebut berakar pada kata ³philos´ (pilia.3. Hasil filsafat (berpikir sedalam-dalamnya) disebut filsafat atau falsafah.1 Landasan Filosofis Pancasila 3. cinta) dan ³sophia´ (kearifan). Seorang ahli pikir disebut filosof. Tentang mencintai kebenaran adalah karakteristik dari setiap filosof dari dahulu sampai sekarang. orang. Di dalam mencari kebijaksanaan itu.1. karena itu yang mencarinya adalah oreang yang mencintai kebenaran. kata ini mulamula dipakai oleh Herakleitos. filosof mempergunakan cara dengan berpikir sedalamdalamnya (merenung). Kata kearifan bisa juga berarti ³wisdom´ atau kebijaksanaan sehingga filsafat bisa juga berarti cinta kebijaksanaan. Berdasarkan pengertian bahasa tersebut filsafat berarti cinta kearifan.

‡ Socrates (469-399 s. Dalam pencarian dan menangkap pengetahuan mengenai ide yang abadi dan tak berubah. Jangan berhubungan kelamin/Dilarang berjinah . M. Jangan mengambil barang orang lain/Dilarang mencuri 3. Dalam konsepsi Plato filsafat merupakan pencarian yang bersifat spekulatif atau perekaan terhadap pandangan tentang seluruh kebenaran.) Filsafat adalah suatu bentuk peninjauan diri yang bersifat reflektif atau berupa perenungan terhadap azas-azas dari kehidupan yang adil dan bahgia. Filsafat Plato ini kemudan digolongkan sebagai filsafat spekulatif. 3. Jangan mencabut nyawa makhluk hidup/Dilarang membunuh.M. Berdasarkan pemikiran tersebut dapat dikembangkan bahwa manusia akan menemukan kebahagiaan dan keadilan jika mereka mampu dan mau melakukan peninajauan diri atau refleksi diri sehingga muncul koreksi terhadap diri secara obyektif ‡ Plato (472 ± 347 s. yaitu 1.1.2 Pengertian Pancasila Kata Pancasila berasal dari kata Sansakerta (Agama Buddha) yaitu untuk mencapai Nirwana diperlukan 5 Dasar/Ajaran.) Dalam karya tulisnya ³Republik´ Plato menegaskan bahwa para filsuf adalah pencinta pandangan tentang kebenaran (vision of truth). 2.

Jangan mjnum yang menghilangkan pikiran/Dilarang minuman keras. Diadaptasi oleh orang jawa menjadi 5 M = Madat/Mabok. Pengertian Pancasila Secara Etimologis Perkataan Pancasil mula-mula terdapat dalam perpustakaan Buddha yaitu dalam Kitab Tripitaka dimana dalam ajaran buddha tersebut terdapat suatu ajaran moral untuk mencapai nirwana/surga melalui Pancasila yang isinya 5 J [idem]. Soekarno berpidato tanpa teks mengenai rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara · Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan. Jangan berkata palsu/Dilarang berbohong/berdusta. Jadi walaupun pada Alinea 4 Pembukaan UUD 45 tidak termuat istilah Pancasila namun yang dimaksud dasar Negara RI adalah disebut istilah Pancasila hal ini didaarkan interprestasi (penjabaran) historis terutama dalam rangka pembentukan Rumusan Dasar Negara. 5. Mateni/Bunuh. Maen/Judi. Pengertian Pancasila Secara Termitologis . Maling/Nyuri. Sejak saat itulah Pancasila menjadi Bahasa Indonesia yang umum. kemudian keesokan harinya 18 Agustus 1945 disahkanlah UUD 1945 termasuk Pembukaannya dimana didalamnya terdapat rumusan 5 Prinsip sebagai Dasar Negara yang duberi nama Pancasila. Pengertian secara Historis · Pada tanggal 01 Juni 1945 Ir.4. Madon/Awewe.

. Hirarkis (berjenjang). 2. Priketuhanan. Kesejahteraan Rakyat B. 3. Pancasila menurut Mr. Prikemanusiaan. Nasionalisme/Kebangsaan Indonesia. Moh Yamin adalah yang disampaikan di dalam sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 isinya sebagai berikut: 1. Soekarno yang disampaikan pada tangal 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI. 4. sebagai berikut: 1.Proklamasi 17 Agustus 1945 telah melahirkan Negara RI untuk melengkapai alat2 Perlengkapan Negara PPKI mengadakan sidang pada tanggal 18 Agustus 1945 dan berhasil mengesahkan UUD 45 dimana didalam bagian Pembukaan yang terdiri dari 4 Alinea didalamnya tercantum rumusan Pancasila. Rumusan Pancasila tersebut secara Konstitusional sah dan benar sebagai dasar negara RI yang disahkan oleh PPKI yang mewakili seluruh Rakyat Indonesia Pancasila Berbentuk: 1. Pancasila menurut Ir. Prikebangsaan. Piramid. 2. Prikerakyatan. 5. A.

3. . 3. 3. Pancasila menurut Piagam Jakarta yang disahkan pada tanggal 22 Juni 1945 rumusannya sebagai berikut: 1. 4. Internasionalisme/Prikemanusiaan. Ketuhanan YME. Kesejahteraan Sosial. 4.2. Dan masih menurut Ir. Ketuhanan yang berkebudayaan. Sosio Demokrasi : Demokrasi dengan kesejahteraan rakyat. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Soekarno Trisila masih dapat diperas lagi menjadi Ekasila atau Satusila yang intinya adalah Gotong Royong. 2. Sosio Nasional : Nasionalisme dan Internasionalisme. 2. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan. Presiden Soekarno mengusulkan ke-5 Sila tersebut dapat diperas menjadi Trisila yaitu: 1. 5. C. Mufakat/Demokrasi. Persatuan Indonesia.

12 tanggal 13 April 1968 yang menegaskan bahwa pengucapan. Dalam kamus umum bahasa Indonesia. dsb). hal ini diperkuat dengan adanya ketetapan MPRS NO. Pengertian dasar negara Dasar negara adalah landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang keberadaannya wajib dimiliki oleh setiap negara dalam setiap detail kehidupannya. Sebagai suatu konsep norma hukum tertinggi atau sumber dari segala sumber hukum dalam suatu negara yang berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam sebagai fandemen yang . kata dasar berarti: 1) bagian yang terbawah. Dasar negara merupakan suatu norma dasar dalam penyelenggaraan bernegara. dan tujuan negara. maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara. Sedangkan kata Negara berarti: 1) persekutuan bangsa dalam satu daerah yang tentu batas-batasnya yang diperintah dan diurus oleh badan pemerintahan yang teratur. sehingga memudahkan munculnya kekacauan. 2) daerah dalam lingkungan satu pemerintah yang teratur. 3) asas. pokok atau pangkal (suatu pendapat atau aturan.A. fundamental. penulisan dan Rumusan Pancasila Dasar Negara RI yang sah dan benar adalah sebagai mana yang tercantum dalam Pembukaan Uud 1945.XXI/MPRS/1966 dan Inpres No. 1. Istilah dasar negara terbentuk dari dua kata yaitu dasar dan negara.5. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup norma bernegara. 2) alas. cita-cita negara. Kesimpulan dari bermacam-macam pengertian pancasila tersebut yang sah dan benar secara Konstitusional adalah pancasila yang tercantum dalam Pembukaan Uud 45. Dasar negara bagi suatu negara merupakan suatu dasar untuk mengatur semua penyelenggaraan yang terbentuk dalam sebuah negara. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Pandangan Hidup adalah Konsep atau cara pandang manusia yang bersifat mendasar tentang diri dan dirinya. 2. SH. pandangan hidup bukanlahtimbul seketika ataupun dalam waktu yang singkat. keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan suatu negara dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Pancasila sebagai dasar negara adalah merupakan sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. Oleh karena itu. Menurut Prof. 4.kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup serta cerminan dari peradaban. Lima sila yang berarti bangsa Indonesia. Dengan demikian. termasuk penyelenggara parati dan golongan fungsional. 3.B. Kedudukan pancasila sebagai sumber segala sumber hukum atau sebagai sumber tertib hukum dapat dijabarkannya suatu sistem dalam sturktur fungsi pancasila sebagai: 1. Notonegoro. arahan. Pancasila sebagi sumber semangat kebangsaan bagi UUD 1945. pedoman. 2. Pengertian pandangan hidup. Pancasila sebagai dasar negara. serta dapat diterima oleh akal dan diakui kebenarannya. lahirnya ideologi besar Pancasila. dan tidak berubah. dengan semangat kebangsaan yang tinggi dan luhur itu dilandaskanlah suatu konsep kebangsaan yang diberi nama Pancasila. melain dalam waktu yang lama dan prses terus menerus sehingga hasil pemikiran tersebut dapat di uji kenyataannya. 1. Dan atas dasr tersebut manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan. kebudayaan. Merekahnya matahari bulan Juni tahun 1945 disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenegaraan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. pedoman. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah berdasarkan waktu dan lingkungan hidupnya. 2. 5. Mewujudkan cita-cita sebagai dasar hukum yang tertulis maupun tidak tertulis. arahan. penyelenggara negara .A. . Pancasila mengandung norma yang mengharuskan UUD 1945 dengan isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara yang lain termasuk para penyelenggara partai dan golongan fungsional memegang teguh cita-cita rakyat yang bermoral luhur. Pancasila merupakan suatu norma hukum pokok atau pokok kaidah fundamental yang memiliki kedudukan tetap. Pancasila sebagai dasar negara yang berarti Pancasila berfungsi sebagai dasar yang mengatur pemerintahan suatu negara atau sebagai dasar aturan penyelenggaraan suatu Negara. Pandangan hidup berarti pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan. atau petunjuk yang dapat disebut sebagi pandangan hidup.B Pancasila sebagai pandangan hidup. Dr. kuat. pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia yang dalam pembukaan UUD 1945 dijabarkan dalam empat pokok pikiran. pelaksana pemerintah. petunjuk hidup didunia.

pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia juga harus berdasarkan pada Bhineka Tunggal Ika yang merupakan asas pemersatu bangsa sehingga tidak boleh mematikan keanekaragaman. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri) . maka Pancasila itu adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia. 2007 .Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas VI SD dan MI . disintesakan dalam suatu sintesa yang positif dalam suatu negara kebersamaan. ataupun aliran. budi pekerti. II/MPR/1979. nilai etika. terkandung pikiranpikiran yang terdalam dan gagasan suatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik. dan akhlak mulia. agama. Setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas arah serta tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan nilainilai luhur yang dijunjung sebagai pandangan/filsafat hidup. keadilan. mengingat bahwa semua warga negara wajib untuk mengamalkan agamanya. Hakekat Bhineka Tunggal Ika sebagai perumusan dalam salah satu penjabaran arti dan makna Pancasila menurut Notonegoro adalah bahwa perbedaan itu adalah kodrat bawaan manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa . Negara Persatuan Indonesia. pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar negara kita. Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: untuk lebih mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama.blogspot. Sumber : http://perjuanganku-elrazie. Dengan demikian. Sebagaimana yang ditujukan dalam ketetapan MPR No. Warsito . Dalam pergaulan hidup terkandung konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa. Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: untuk berlaku adil sesuai dengan aturan yang berlaku. Sila Persatuan Indonesia: untuk menjaga persatuan. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: untuk menghargai nilai kemanusiaan.com/ Sila Ketuhanan Yang Maha Esa: berlandaskan pada agama yang diyakininya. tanpa membedakan suku. namun perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan dan diperuncingkan melainkan perbedaan itu untuk dipersatukan. ras. Bhinneka Tunggal Ika! (Sumber: Adnan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful