Rahasia Kembar Cermin: Sebuah Novel Misteri Dua Kehidupan Berbeda

FIKSI | 23 February 2012 | 19:08 116 0

Judul: Rahasia Kembar Cermin Penulis : Audrey Niffenegger Kategori : Novel terjemahan Penerbit: Esensi, Erlangga Group Cetakan : 2012 Tebal : 522 Harga : Rp70.000 Kau pernah membaca cerita tentang anak kembar, tentang konflik dan pertikaiaan yang sering terjadi? Mungkin itu sudah biasa. Namun, bagaimana kalau cerita yang dominan justru tentang kisah sendu keluarga dengan anak-anak kembar itu? Dan kau mungkin begitu suka teka-teki Cerita dalam sebuah novel. ”Rahasia Kembar Cermin” adalah jawabnya. Sebuah novel yang sulit sekali untuk diletakkan di atas meja sebelum selesai dibaca. Kita mulai kisahnya…

kembar cermin. Valentina selalu menjadi gadis yang digila-gilai teman-teman laki-laki mereka. Keidentikan ini mulai menjadi petaka ketika mereka jatuh cinta pada laki-laki yang sama. Hal yang lebih mengherankan. Dalam sebuah pemeriksaan organ dalam. .Elspeth dan Edwina adalah sepasang anak kembar dengan kemiripan yang mencengangkan. begitu pula sususan organ dalam lainnya. Cerita mulai menjalin konfliknya ketika si kembar datang ke London. Jantung Valentina terletak di sebelah kanan. Dalam surat wasiatnya. dan seperti biasanya. Di sisi lain. Elspeth juga menjelaskan bahwa Robert Fanshaw yang menjadi tetangga apartemen mereka akan mengurus beberapa hal yang mereka butuhkan di apartemen itu. Robert adalah kekasih Elspeth. bibi mereka juga mencantumkan sekian persyaratan sehingga mereka benar-benar bisa menerima warisan itu. tetap saja mereka sulit untuk dibedakan. mereka adalah kembar cermin. arwahnya yang ada di apartemen tidak sabar menunggu kedatangan si kembar cermin. Kabar yang mengejutkan mereka karena selama ini mereka tidak pernah bertemu dengan bibinya itu. Juliana dan Valentina. Meskipun orangtua mereka pada awalnya bersikap keras terhadap isi surat wasiat Elspeth. sidik jari keduanya pun saling berkebalikan. Sebenarnya. terlihat bahwa bagian dalam tubuh Juliana tersusun sebagaimana lazimnya manusia. Bagian-bagian dari tubuh mereka saling berkebalikan. Bahkan. Benar-benar layaknya cermin. Sang bibi ternyata belum benar-benar meninggal. ayah dan ibu mereka. Salah satu syarat yang tercantum membuat Edwina dan Jack. Valentina adalah yang paling rapuh dan tidak percaya diri. Juliana dan Valentina bukan sekadar kembar biasa. yang berarti mereka sama sekali tidak boleh mengunjungi anak-anak perempuannya. datanglah sepucuk surat yang mengabarkan bahwa Elspeth telah meninggal dunia. yang menemani Elspeth hingga nyawanya meregang. tidak ada yang bisa menghalangi keputusan mereka untuk pergi ke London dan menjalani hidup baru yang membuat mereka tidak sabar menunggu. petaka itu berlanjut hingga salah satu di antaranya melahirkan. Meskipun mereka sebenarnya memiliki karakter yang agak bertolak belakang. ia akhirnya bisa meyakinkan Valentina untuk tidak perlu khawatir berlebihan dan mulai mengajak kembarannya untuk membayangkan apa saja yang akan mereka lakukan sesampainya di London nanti. Bahkan. Hal yang membuat Julia terkadang cemburu. sedangkan bagian dalam tubuh Valentina justru kebalikannya. Di antara keduanya. Julianalah yang paling berkeras untuk pergi ke London. Ia sering kali hanya pasrah dan mengikuti kemauan Julia. persis seperti seseorang yang sedang menatap dirinya di dalam cermin. geram dan panik karena Elspeth dengan tegas mencantumkan bahwa ia tidak ingin saudara kembarnya dan suaminya menginjakkan kaki di dalam apartemennya. Bertahun-tahun setelahnya. dan mewariskan apartemennya yang ada di London kepada keponakan kembarnya. sepasang anak perempuan.

Caranya bercerita tentang relasi antara dua kehidupan yang berbeda ini terbilang tidak akan meremangkan bulu kuduk pembaca. Ternyata. Satu per satu rahasia terdalam keluarga kembar ini mulai terkuak. seorang laki-laki maniak kebersihan dan jarang berani meninggalkan apartemennya karena takut terkontaminasi hal-hal buruk yang ada di jalanan. Valentina lebih suka bergaul dengan Robert. Dengan teka-teki yang bertebaran di dalamnya. Masalah semakin rumit ketika Valentina mulai merasa jengah dengan saudara kembarnya. novel ini sulit sekali untuk diletakkan di atas meja sebelum selesai dibaca. Jika biasanya pembaca disuguhi oleh konflik antara sepasang anak kembar. Inggris. diam-diam hantu Elspeth merasa cemburu dengan kedekatan Robert dan Valentina. Audrey Niffenger sekali lagi mengambil tema tentang relasi antara dua kehidupan yang berbeda. dan tak jarang ia kepingin pergi jauh meninggalkan saudaranya itu. sebuah komplek pemakaman kuno bersejarah yang ada di London.Juliana dan Valentina mulai sering berselisih ketika tinggal di apartemen itu. (Muthia Esfand/Yons Achmad) . seperti yang pernah diangkatnya dalam novel larisnya yang terdahulu. Elspeth menafsirkan keinginan terpendam Valentina dengan cara benarbenar akan mengubah kehidupan mereka semua di kemudian hari. Ia menganggap yang ada dalam hati Robert adalah dirinya seorang. Sementara Juliana mulai sering mengunjungi Martin. yang kemungkinan besar dikarenakan aktivitas sehari-harinya sebagai pemandu Highgate Cemetery. tetapi malah semakin menguatkan latar sendu yang dominan dalam konflik keluarga ini. The Time Traveler’s Wife. yang dianggapnya tipe laki-laki menarik. kali ini pembaca akan dibuat bertanya-tanya dengan pertikaian yang terjadi di antara dua pasang anak kembar. Entah bagaimana. Ia mulai berupaya untuk bisa berkomunikasi secara visual dengan Robert dan kedua kembar cermin.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.