Modul  Kegiatan PPM  Pelatihan Penyusunan Soal Matematika dengan Menggunakan  Perangkat Lunak Bantu Hot Potatoes bagi Guru Sekolah  Menengah di DIY 

   

Membuat Kuis Interaktif Sederhana

     
            Oleh : 
Nur Hadi Waryanto, S.Si 

Laboratorium Komputer  Jurusan Pendidikan Matematika  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Negeri Yogyakarta  2005 

Gambar 86. Beri tanda contreng pada Show Developer tab in the ribbon di top options for working with PowerPoint dan klik OK Gambar 85. Untuk mengaktifkan aplikasi Visual Basic pada PowerPoint. Menu Developer A. langkahnya adalah : 1. Mengaktifkan Lembar Kerja VBA untuk MS PowerPoint 1. Muncul kotak dialog PowerPoint Options 4. menu Developer sudah aktif di menu bar. Klik PowerPoint Options 3. Klik menu Developer *)Makalah disampaikan dalam Kegiatan PPM Pelatihan Penyusunan Soal Matematika dengan  Menggunakan Perangkat Lunak Bantu Hot Potatoes bagi Guru Sekolah Menengah di DIY yang  diselenggarakan Jurdik Matematika FMIPA UNY tanggal 17 November 2005   . Klik Office Button 2. Tab yang terdapat pada ribbon PowerPoint tidak satupun menunjukkan nuansa teknis pemrograman. Fitur pemrograman VBA yang dimiliki PowerPoint memiliki jendela aplikasi tersendiri.Membuat Kuis Interaktif Sederhana *) Oleh : Nur Hadi Waryanto Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Microsoft PowerPoint secara sepintas tidak tampak dilengkapi dengan fitur pemrograman. Klik Popular 5. Periksa menu bar. PowerPoint Options 6.

menutup. Dim nilai As Integer Dim konfirmasi As String Sub mulai() nilai = 0 ActivePresentation.bas. Bukalah program notepad lalu ketik bahasa program VBA dibawah ini lalu simpan dengan ekstensi . dan bekerja dengan bahasa pemrograman Visual Basic. yang terpisah dengan halaman kerja PowerPoint akan tetapi tetap satu bagian yang tidak terpisahkan 4.View. menyimpan.Next End Sub Sub benar()     . Gambar 87. Membuat Kuis Interaktif Berikut langkah membuat kuis interaktif PowerPoint dengan VBA : 1.SlideShowWindow. Sampai di sini trik mengaktifkan VBA untuk PowerPoint . selanjutnya kita akan bahas VBA PowerPoint: membuka.2. dan mendesain soal pilihan ganda interaktif pada pembahasan-pembahasan berikutnya. Anda akan dibukakan halaman kerja Microsoft Visual Basic-Presentation1. Jendela Microsoft Visual Basic PowerPoint B. Pilih dan Klik Visual Basic (Sub menu Developer) 3.

Next End If End Sub Sub salah() konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?".Next tampilkan End Sub Sub tampilkan() With ActivePresentation.SlideShowWindow.Slides(108) .TextFrame. " Cek Jawaban!") If konfirmasi = vbYes Then ActivePresentation.View.     .TextRange.SlideShowWindow.bas simpan difolderpresentasi yang telah kita buat. " Cek Jawaban!") If konfirmasi = vbYes Then nilai = nilai + 5 ActivePresentation.konfirmasi = MsgBox("Yakin dengan jawaban anda?".Text = nilai End With End Sub Simpan ketikan pada notepad dengan ekstensi bas dengan cara : klik toolbar file >save as >save as type ganti dengan all files>file name diisi dengan nama file SCRIPT.SlideShowWindow.Next End If End Sub Sub jawab() ActivePresentation.Shapes(2).View.View. vbYesNo. vbYesNo.

Buka file presentasi yang telah dibuat. Buat soal pilihan ganda. Akan muncul VBA Project. Modul Source Code Microsoft Visual Basic 4. tampilkan toolbar developer dengan cara klik office>PowerPoint option>Show developer Tab in The Ribbon. Buka program PowerPoint yang telah dibuat. misal seperti contoh dibawah ini     . 3.bas yang telah dibuat.2.klik modules>klik 2x Module 1 lalu akan mucul bahasa pemprograman VBA seperti gambar dibawah ini : Gambar 88. klik Developer>view code>lalu akan muncul tampilan Microsoft Visual Basic>klik File>kImport file>pilih file SCRIPT.

Tombol Cek Nilai bol LAI sert >action n>atur actio setting on 7. Buat satu s . Buat to ombol MULA aktifkan AI mengkliknya dengan m lalu klik tombol ins sert pada toolbar sta andar>klik Action tom mbol akan muncul tex box sepe diatas k xt erti klik run ma acro >pilih mulai 5. s al at lide untuk 6. lalu k insert >a bol klik action>atur action settin dengan ng klik run ma acro>pilih be enar jika jaw waban tsb benar atau pilih salah jik jawaban ka tsb salah. Buat soal pilihan ganda.Gamba 89. bua satu sl menampilk keterang cek nilai kan gan i Gambar 90. Buat tomb CEK NIL ANDA. Setelah selesai membuat soa pilihan ganda. perhatikan c p contoh beriku ut 8. lalu klik ins dengan klik run macro o>pilih jawab b slide lagi untuk menamp pilkan nilai. Action Setting ar Awal kuis buatlah pe etunjuk pen ngerjaan kuis. p n ap u Buat tomb pilihan ganda. lakukan hal serupa untu soal-soal berikutnya s uk sampai seles sai. usahakan untuk setia slide satu soal.

Buka window VBA seperti cara no. Ubah juga angka ( sesuai ur pil (2) rutan tombol yang Anda buat. ngka (108) s sesuai no slide terakhir yang tamp ini. D. An atur nimation trig gger adalah suatu fitur di dalam Microsoft PowerPoint yang mem m mungkinkan s satu atau leb animasi bih ilakukan klik terhadap suatu objek tertentu ( k (yang menja triggeradi dilakukan saat di Animation tri igger bergun untuk me na engontrol an nimasi-anima yang dib asi buat. S G Source Code VBA e mation C. karen masingna masing berfungsi sebagai tom mbol dan objek yang dian nimasikan. dalam sebuah slide harus te as m erdapat lebih darisatu o objek. Untuk nya).Gambar 91. Teks Nil lai 9. maka ahrus dilakukan beri s denga mengklik objek terten yang dija an ntu adikan sebag navigasi Untuk men gai i. a Pada kode terakhir se e eperti dibawa ubah an ah. Buat tomb untuk m bol menampilkan nilai.A menja alankan efek animasi pa suatu ob k ada bjek yang dib trigger. Tuliskan so dengan fasilitas kota teks .3. nggunakan fasilita ini. M Membuat Soal Pilihan Ganda deng Menggu G gan unakan Trigger Untuk me embuat soa pilihan g al ganda pada program presentasi Microsoft a Power rPoint dengan menggun nakan trigge langkah-la er. angkahnya a adalah seba agai berikut : oal f ak 1. a Gambar 92. Trigger Anim Trigger ad dalah sebua fasilitas d ah dalam effect options ya t ang termasu navigasi uk karana berguna u a untuk menga animasi pada objek tertentu.

Silahkan cari kotak teks jawaban A. B. dan D) masing-masing menggunakan kotak teks. Berikan efek animasi kotak teks "Jawaban salah" dengan animasi masuk (entrance) dan pilih appear (buatlah efek animasi entrance-appear sebanyak 3. (A adalah jawaban yang salah) dan akhiri dengan klik Ok 11. Lanjutkan dengan memberikan fungsi tombol (trigger).. silahkan klik trigger dan klik lingkaran ke dua "Start effect on click of" 10. 7. Selesai. dan D) 4. silahkan pilih "Timing" 9. Tuliskan jawaban (A. C. Perhatikan pada kotak dialog efek animasi di situ terdapat 4 efek animasi entrance-appear 8. dan C) dan benar adalah D. misalkan jawaban A. untuk membuatkan tombol trigger lakukan hal yang sama (langkah 8-10) dengan memilih tombol jawaban D. B. Muncul kotak dialog. 3. C. B. . dan C adalah jawaban yang salah dan jawaban D adalah jawaban yang benar. 13. silahkan uji coba dulu dengan menekan F5 dan silahkan klik jawabanjawabannya dan perhatikan apakah teks "Jawaban salah" muncul jika diklik     .. Tulikan teks "Jawaban benar" dengan menggunakan kotak teks lalu berikan efek animasi entrance-appear (cukup satu saja) 6. tentukan terlebih dahulu mana jawaban yang benar dan mana jawaban yang salah. B.2. . Misal jawabanjawaban yang salah (A. Tuliskan teks "Jawaban salah" dengan menggunakan kotak teks (aturlah posisi di bawah pilihan jawaban A. Pilihlah efek animasi teks "Jawaban salah" yang pertama lalu klik tanda panah samping lalu muncul pilihan. dan akhir klik Ok.. Ulangi langkah 8-10 untuk membuat tombol trigger pada jawaban B dan C dengan efek animasi "Jawaban salah" sehingga muncul 3 pilihan tombol "Jawaban salah" 12. ingat bahwa soal pilihan ganda hanya ada satu jawaban yang benar) 5. Tersisa 1 efek animasi entrance-appear dari teks "Jawaban benar"..

dan C). Tutorial Komputer Multimedia. lalu bagi-bagi efek animai ini pada tombol trigger Jawaban yang salah (A. untuk menghilangkan teguran "Jawaban salah" jika sudah menemukan yang benar sehingga hanya respon "Jawaban benar" yang tampil. Yaya S Kusumah. Makalah. Pilihlah kotak teks "Jawaban salah" lalu berikan efek animasi Exit-Disapper dan tempatkan efek animasi ini pada trigger "Jawaban benar" posisinya di atas efek animasi dari teks "Jawaban benar" 2. Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Makalah. semua respon jawaban muncul sehingga membingungkan mana jawaban yang benar atau salah. Purwanto. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas     . Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Disampaikan dalam Lokakarya Pembelajaran Matematika. posisinya di atas masing-masing efek animasi Entrance-Appear. Masalahnya.jawaban yang salah atau muncul teks "Jawaban benar" jika diklik jawaban yang benar. Desain Pengembangan Coursware Matematika Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa. FMIPA UNY. Bandung: Pendidikan Indonesia. B. 2004. 3. Tambahkan efek animasi dari kotak teks "Jawaban benar" dengan efek ExitDisapper sebanyak 3 kali. Ubahlah semua efek animasi star dengan With Previous Catatan: • • • • Efek animasi Entrance memberikan efek masuk sesuai fungsi trigger Efek animasi Exit keluar sesuai perintah Susunan efek animasi pada fungsi trigger berjalan sistematis Efek animasi exit (with previous) pada posisi teratas bertujuan tidak menampilkan teguran jawaban Daftar Pustaka Nur Hadi W (2004). sebaiknya ditambahkan efek animasi keluar (Exit-Disapper) dengan cara berikut ini: 1. 2004. Tambahkan efek animasi Exit-Disapper dari teks "Jawaban salah" dan "Jawaban benar" dan posisinya jangan digeser 4.

flashkit.babaflash.com) Home Page Situs Flash (www.macromedia.com).       .com) Home Page Baba (www.Home Page Macromedia (www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful