P. 1
gas alam

gas alam

|Views: 14|Likes:
Published by Donny Saputra

More info:

Published by: Donny Saputra on Mar 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

PROSES TERJADINYA GAS ALAM DAN NILAI EKONOMISNYA

Gas alam
Teori Pembentukan Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak bumi, gas alam, dan batu bara berasal dari pelapukan sisa-sisa makhluk hidup, sehingga disebut bahan bakar fosil. Proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat lama sehingga termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi sering disebut dengan emas cair karena nilainya yang sangat tinggi dalam peradaban modern. Pertanian, industri, transportasi, dan sistem-sistem komunikasi sangat bergantung pada bahan bakar ini, sehingga berpengaruh pada seluruh kegiatan kehidupan suatu bangsa. Minyak bumi dan gas alam merupakan sumber utama energi dunia, yaitu mencapai 65,5%, selanjutnya batubara 23,5%, tenaga air 6%, serta sumber energi lainnya seperti panas bumi (geothermal), kayu bakar, cahaya matahari, dan energi nuklir. Negara yang mempunyai banyak cadangan minyak mentah (crude oil), menempati posisi menguntungkan, karena memiliki banyak persediaan energi untuk keperluan industri dan transportasi, disamping pemasukan devisa negara melalui ekspor minyak. Minyak bumi disebut juga petroleum (bahasa Latin: petrus = batu; oleum = minyak) adalah zat cair licin, mudah terbakar dan sebagian besar terdiri atas hidrokarbon. Kandungan hidrokarbon dalam minyak bumi berkisar antara 50% sampai 98%. Sisanya terdiri atas senyawa organik yang mengandung oksigen, nitrogen, dan belerang. Ada tiga macam teori yang menjelaskan proses terbentuknya minyak dan gas bumi, yaitu: (1) Teori Biogenetik (Teori Organik)

Selanjutnya minyak dan gas ini akan bermigrasi menuju tempat yang bertekanan lebih rendah dan akhirnya terakumulasi di tempat tertentu yang disebut dengan perangkap (Trap). (2) minyak dan air. belerang. disebutkan bahwa minyak bumi dan gas alam terbentuk akibat aktivitas bakteri. maka binatang serta tumbuh-tumbuhan yang mati tersebut berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak atau gas. maka gas selalu berada di atas. gas. dan air di bagian bawah. (3) gas dan air. Akibat pengaruh waktu. Karena perbedaan berat jenis. Dalam suatu perangkap (Trap) dapat mengandung (1) minyak. temperatur tinggi. disebutkan bahwa minyak bumi dan gas alam terbentuk dari beraneka ragam binatang dan tumbuh-tumbuhan yang mati dan tertimbun di bawah endapan Lumpur. temperatur. maka minyak bumi digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable) Gas alam telah banyak digunakan sebagai bahan bakar maupun bahan baku industri sejak tahun 1930-an. dan tekanan. Teori Duplex yang banyak diterima oleh kalangan luas. dan tekanan lapisan batuan di atasnya. Sejak tahun 1940-an kebutuhan gas alam sebagai sumber energi mulai melonjak dan hal tersebut berlangsung hingga sekarang. Penyebab meningkatnya pemanfaatan gas alam diawali sejak harga minyak bumi mengalami kenaikan yang sangat dratis pada sekitar tahun 1973. Endapan Lumpur ini kemudian dihanyutkan oleh arus sungai menuju laut. Jika gas terdapat bersama-sama dengan minyak bumi disebut dengan Associated Gas. Batuan lunak yang berasal dari Lumpur yang mengandung bintik-bintik minyak dikenal sebagai batuan induk (Source Rock). akhirnya mengendap di dasar lautan dan tertutup Lumpur dalam jangka waktu yang lama. (2) Teori Anorganik Menurut Teori Anorganik. . minyak di tengah. oleh karena itu produksi dan distribusi gas alam telah terjadi bagian yang penting dalam menunjang kegiatan industri dewasa ini. (3) Teori Duplex Teori Duplex merupakan perpaduan dari Teori Biogenetik dan Teori Anorganik.Menurut Teori Biogenitik (Organik). ribuan dan bahkan jutaan tahun. Sedangkan jika gas terdapat sendiri dalam suatu perangkap disebut Non Associated Gas. dan air. Unsur-unsur oksigen. menjelaskan bahwa minyak dan gas bumi berasal dari berbagai jenis organisme laut baik hewani maupun nabati. Akibat pengaruh waktu. Karena proses pembentukan minyak bumi memerlukan waktu yang lama. maka endapan Lumpur berubah menjadi batuan sedimen. Diperkirakan bahwa minyak bumi berasal dari materi hewani dan gas bumi berasal dari materi nabati. dan nitrogen dari zat-zat organik yang terkubur akibat adanya aktivitas bakteri berubah menjadi zat seperti minyak yang berisi hidrokarbon.

hydrogen. 2. Di bawah daerah yang ditempati oleh gas alam. hanya gas yang banyak mengandung gas alam yang dikatakan sebagai gas alam. khususnya clay. maka beberapa metoda rekayasa telah dikembangkan dalam perancangan fasilitas untuk memproduksi gas alam dari perut bumi. Di samping hidrokarbon ringan yang dalam keadaan jenuh. proses pemurnian. Sebagai contoh. Gas yang berasosiasi seperti ini merupakan gas yang terlarut di dalam lapisan minyak. Di samping itu. Degradasi berlangsung melalui mekanisme seperti berikut: 1. Gas hidrokarbon yang dibentuk apakah dari kerogen melalui perengkahan berdasarkan panas ataukah melalui perengkahan kedua dari minyak yang terbentuk dalam tahapan sebelumnya. Gas tersebut terperangkap di dalam sebuah reservoir (cadangan) yang terbentuk secara alami dari batu-batuan berpori yang tersegmentasi di bawah kubah batu-batuan (caprock) seperti terlihat dalam gambar. Pada saat tertentu jumlah gas cenderung bertambah dibanding jumlah minyak dengan bertambahnya kedalaman. Dalam prakteknya. Gas panas yang dibentuk melalui pendegradasian zat-zat organik disebut kerogen dan gas panas yang dihasilkan tersebut terakumulasi di dalam sedimen pasir halus. helium dan argon. jumlahnya tidak begitu banyak dibanding dengan gas yang diambil pada kedalaman yang lebih dalam lagi. Komposisi gas alam Dari dalam perut bumi gas alam diperoleh dengan berbagai macam kandungan zat. misalnya: gas methane yang dihasilkan pada kedalaman tertentu. Biokimia telah dibentuk sesuai dengan aktivitas bakteri terhadap bahan organic yang terakumulasi di dalam sedimen. hydrogen sulfide. batu-batuan sedimen biasanya terisi air. . minyak juga dapat bersama-sama dengan gas alam. gas-gas lain yang terkandung misalnya karbon dioksida. Gas alam terbentuk di dalam perut bumi melalui proses degradasi zat-zat organik yang menumpuk dalam jutaan tahun. nitrogen.Berbarengan dengan kemajuan teknologi yang ada. Degradasi tersebut terjadi karena pengaruh suhu dan tekanan. untuk memisahkan kondesat yang terikut. transportasinya dan lain sebagainya.

• Memperkecil kemungkinan terjadinya foaming di sistem pemurnian gas alam. Amalgam dengan H2O membentuk oksida yang dapat menyumbat tube.148 0. § Mengganggu dalam proses pencairan.574 180.744 3. Reaksi yang terjadi : 2Al + 3H2O è Al2O3 + 3H2 . Jenis impurities dalam gas alam Arun adalah: Hidrokarbon berat.211 0.334 0.9° C) pada tekanan 100 psig (7.212 21. Merkuri dihilangkan dalam gas alam karena: • Untuk mencegah terbentuknya amalgam Al dan Mg.03 kg/cm² g). Merkuri.162 0.716 1. karena larut dalam Hg. Hidrokarbon berat dihilangkan dalam gas alam karena : • Mengurangi effisiensi larutan yang digunakan untuk menyerap CO2 dan H2 S. misalnya gas yang mengandung hidrokarbon berat sebesar 1.218 0.71971.000 120.7% menjadi beku pada suhu -200° F (-129. masih mengandung gas-gas atau materi lain yang tidak diinginkan tersebut disebut impurities atau zat pengotor.000 %-mol%mol %-mol %-mol %-mol %-mol %-mol %-mol %-mol %-mol ppm ppm µg/ NM3 Impurities Telah diketahui bahwa pada umumnya gas yang diperoleh dari lapangan atau dari perut bumi.Contoh Komposisi gas alam Komponen N2 CH4 C2H6 C3H8 i-C4H10 n-C4H10 i-C5H12 n-C5H12 C6H14 CO2 H5S H2O Hg Komposisi Gas umpan 0.

serta penampungan kotoran manusiadan hewan.Mg + H2O è MgO + H2 • Sebagai pollutan dan impurities menganggu proses. tempat pembuangan akhir sampah. Hidrogen Sulfida (H2S) Tujuan dari penghilangan H2S dalam gas alam karena: • Hidrogen sulfida merupakan gas racun yang sangat korosif terhadap peralatan di kilang proses. Gas alam juga mengandung molekul-molekul hidrokarbon yang lebih berat seperti etana (C2H6). Karbondioksida (CO2). adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4). Komposisi kimia Komponen utama dalam gas alam adalah metana (CH4). Tujuan dari penghilangan CO2 dalam gas alam karena: • • Karbondioksida akan membeku pada suhu yang sangat menyumbatkan pada peralatan dan perpipaan unit pencairan. ladang gas bumi dan juga tambang batu bara. Sumber biogas dapat ditemukan dirawa-rawa. Disamping itu. maka ia disebut biogas. Gas alam juga merupakan sumber utama untuk sumber gas helium. warna coklat adalah produksi terbesar. sehingga Karbondioksida tidak mempunyai nilai bakar. Ketika gas yang kaya dengan metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil. selain juga gas-gas yang mengandung sulfur (belerang). yang merupakan molekul hidrokarbon rantai terpendek dan teringan. Produksi gas alam dunia. rendah. . jadi keberadaannya dalam gas alam akan menurunkan nilai bakar atau heating value gas alam. merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. propana (C3H8) dan butana (C4H10). diikuti warna merah Gas alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa. Ia dapat ditemukan diladang minyak.

Gas dengan jumlah pengotor sulfur yang signifikan dinamakan sour gas dan sering disebut juga sebagai "acid gas (gas asam)". sebelum gas tersebut didistribusikan ke pengguna akhir. metana di atmosfer bereaksi dengan ozon. umumnya tidak mengkhawatirkan karena sifatnya yang lebih ringan. sehingga cenderung mudah tersebar di atmosfer. Kandungan metana yang berbahaya di udara adalah antara 5% hingga 15%. Peyimpanan dan transportasi gas alam . Sumber metana yang berasal dari makhluk hidup kebanyakan berasal dari rayap. Meskipun begitu. Campuran organosulfur dan hidrogen sulfida adalah kontaminan (pengotor) utama dari gas yang harus dipisahkan . dapat menyebabkan ledakan yang dapat menghancurkan bangunan. Gas alam dapat berbahaya karena sifatnya yang sangat mudah terbakar dan menimbulkan ledakan. Akan tetapi. sehingga efek rumah kaca dari metana yang terlepas ke udara relatif hanya berlangsung sesaat. Komponen Metana (CH4) Etana (C2H6) % 80-95 5-15 Propana (C3H8) and Butane (C4H10) < 5 Nitrogen. hidrogen sulfida (H2S). dan umumnya dianggap sebagai polutan ketimbang sumber energi yang berguna. Ledakan untuk gas alam terkompresi di kendaraan. Akan tetapi bila ia berada dalam ruang tertutup. Gas alam yang telah diproses dan akan dijual bersifat tidak berasa dan tidak berbau. [sunting]Kandungan energi Pembakaran satu meter kubik gas alam komersial menghasilkan 38 MJ (10. Merkuri dapat juga terkandung dalam jumlah kecil. biasanya gas tersebut diberi bau dengan menambahkan thiol. Komposisi gas alam bervariasi sesuai dengan sumber ladang gasnya. helium. yang jika tersulut api. dan air dapat juga terkandung di dalam gas alam. karbon dioksida (CO2). agar dapat terdeteksi bila terjadi kebocoran gas. Gas alam lebih ringan dari udara.Metana adalah gas rumah kaca yang dapat menciptakan pemanasan global ketika terlepas ke atmosfer. memproduksikarbon dioksida dan air. Gas alam yang telah diproses itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya.15% yang dapat menimbulkan ledakan. seperti dalam rumah. konsentrasi gas dapat mencapai titik campuran yang mudah meledak. dan konsentrasi yang di luar rentang 5 .6 kWh). akan tetapi gas alam tanpa proses dapat menyebabkan tercekiknya pernafasan karena ia dapat mengurangi kandungan oksigen di udara pada level yang dapat membahayakan. ternak (mamalia) dan pertanian (diperkirakan kadar emisinya sekitar 15. 75 dan 100 juta ton per tahun secara berturut-turut).

Polyethylene gas main being laid in a trench. Bagi perusahaan (operator) penyedia gas alam. untuk jarak dekat dan menengah (antar pulau). Pada musim panas saat pemakaian gas untuk pemanas jauh berkurang (low demand). gas alam yang disimpan di dalam kubah bawah tanah dikeluarkan untuk disalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Transportasi dalam bentuk Liquefied Natural Gas (LNG) dengan kapal tanker LNG untuk pengangkutan jarak jauh. Metode penyimpanan gas alam dilakukan dengan "Natural Gas Underground Storage". dimana terjadi kebutuhan yang sangat signifikan. baik di daratan dengan road tanker maupun dengan kapal tanker CNG di laut. Pada musim dingin. Hal ini sangat tepat untuk negeri 4 musim.  Transportasi dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG). Pada dasarnya sistem transportasi gas alam meliputi :   Transportasi melalui pipa salur. Dalam waktu yang tidak lama lagi sistem jaringan pipa gas alam akan membentang sambung menyambung dari Nang roe Aceh Darussalam-Sumatera Utara-Sumatera TengahSumatera Selatan-Jawa-Sulawesi dan Kalimantan. cara ini sangat membantu untuk menjaga stabilitas operasional pasokan gas alam melalui jaringan pipa gas alam. Di Indonesia. yakni suatu ruangan raksasa di bawah tanah yang lazim disebut sebagai "salt dome" yakni kubah-kubah di bawah tanah yang terjadi dari reservoir sumber-sumber gas alam yang telah depleted. Saat ini jaringan pipa gas di Indonesia dimiliki oleh . Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Hilir Migas) telah menyusun Master Plan "Sistem Jaringan Induk Transmisi Gas Nasional Terpadu". gas alam diinjeksikan melalui kompresor-kompresor gas kedalam kubah di dalam tanah tersebut.

HDPE = high density polyethylen. misalnya di Sumatera Utara. dimana PERTAMINA mulai memasok gas alam melalui pipa gas dari ladang gas alam di Prabumulih. PT Pupuk Sriwidjaja di Palembang. PERTAMINA juga memasok gas alam melalui pipa gas dari ladang gas alam di lepas pantai (off shore) laut . Pusri III dan Pusri IV di Palembang. sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga hotel. restoran dan sebagainya.PERTAMINA dan PGN dan masih terlokalisir terpisah-pisah pada daerah-daerah tertentu. Sumatera Tengah. PVC=poly vinyl chloride. Jawa Barat. bahan baku plastik (LDPE = low density polyethylene. 1974. bahan bakar industri ringan. PE= poly ethylene. danpenggasan atau dekompresi di titik pengguna-akhir atau ke jalur pipa. LLDPE = linear low density polyethylene. Carrier LNG dapat digunakan untuk mentransportasi gas alam cair (liquefied natural gas. antara lain sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap. Gas alam di Indonesia Pemanfaatan gas alam di Indonesia dimulai pada tahun 1960-an dimana produksi gas alam dari ladang gas alam PT Stanvac Indonesia di Pendopo. Pemanfaatan Gas Alam Secara garis besar pemanfaatan gas alam dibagi atas 3 kelompok yaitu :  Gas alam sebagai bahan bakar. Teknologi mutakhir juga telah dapat memanfaatkan gas alam untuk air conditioner (AC=penyejuk udara). sedangkan truk tangki dapat membawa gasa alam cair atau gas alam terkompresi (compressed natural gas. menengah dan berat. pada tahun 1993 Pusri IA ditutup. C3 dan C4-nya untuk LPG.  Gas alam sebagai komoditas energi untuk ekspor. Perkembangan pemanfaatan gas alam di Indonesia meningkat pesat sejak tahun 1974. LNG) menyebrangi samudra. petrokimia. Thailand dan beberapa bangunan gedung perguruan tinggi di Australia. Sumatera Selatan. seperti yang digunakan di bandara Bangkok. metanol.dan digantikan oleh Pusri IB yang dibangun oleh putera-puteri bangsa Indonesia sendiri. yakni Liquefied Natural Gas (LNG. karena menggunakan teknologi tinggi. Di Jawa Barat. CNG) dalam jarak dekat.  Gas alam sebagai bahan baku. Mereka dapat mentransportasi gas alam secara langsung ke penggunaakhir atau ke titik distribusi. dry ice pengawet makanan. Hal ini masih membutuhkan biaya yang besar untuk fasilitas tambahan untuk pencairan gas atau kompresi di titik produksi. seperti jalur pipa untuk transportasi lebih lanjut. pengelasan dan bahan pemadam api ringan. Karena sudah terlalu tua dan tidak efisien. Sumatera Selatan ke pabrik pupuk Pusri II. CO2-nya untuk soft drink. Jawa Timur dan Kalimantan Timur. industri besi tuang. bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV). pada waktu yang bersamaan. antara lain bahan baku pabrik pupuk. Pada masa itu Pusri IB merupakan pabrik pupuk paling modern di kawasan Asia. Sumatera Selatan dikirim melalui pipa gas ke pabrik pupuk Pusri IA. hujan buatan.

4. gas alam di Indonesia juga di ekspor dalam bentuk LNG (Liquefied Natural Gas) Salah satu daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia adalah Nanggröe Aceh Darussalam. dengan bahan baku dari gas alam. Daftar 20 besar negara dengan cadangan gas terbesar dalam satuan triliun kaki persegi (trillion cu ft) adalah:[1] 1.112 triliun kaki persegi.Jawa dan kawasan Cirebon untuk pabrik pupuk dan industri menengah dan berat di kawasan Jawa Barat dan Cilegon Banten. Banten memasok gas alam antara lain ke pabrik semen. Indonesia =98 12. Turkmenistan =71 15. Uzbekistan =66 . Selain itu di Krueng Geukuh. 6. 7. 2.680 Iran =971 Qatar =911 Arab Saudi =241 United Arab Emirates =214 Amerika Serikat =193 Nigeria =185 Aljazair =161 Venezuela =151 10. 5. pabrik keramik. Malaysia =75 14. ]Cadangan gas dunia Total cadangan dunia (yang sudah dikonfirmasi) adalah 6. 9. Irak =112 11. Norwegia =84 13. Pipa gas alam yang membentang dari kawasan Cirebon menuju Cilegon. Rusia =1. pabrik pupuk. 3. Gas alam telah diproduksikan sejak tahun 1979 dan diekspor keJepang dan Korea Selatan. Selain untuk kebutuhan dalam negeri. Nanggröe Aceh Barôh (kabupaten Aceh Utara) juga terdapat PT Pupuk Iskandar Muda pabrik pupuk urea. 8. Sumber gas alam yang terdapat di daerah Kota Lhokseumawe dikelola oleh PT Arun NGL Company. pabrik baja dan pembangkit listrik tenaga gas dan uap.

Belanda =62 18. Kazakhstan (1800) Slochteren (1500) Troll (1325) Greater Gorgon (1100) Shah Deniz gas field (800) Tangguh gas field . South Pars Gas Field (10000 . 3.510 triliun kaki persegi dan total cadangan negara-negara di luar 20 besar di atas adalah 602 triliun kaki persegi. 6. 8. Indonesia (500) 10.900) . Kanada =57 20.15000) Urengoy gas field (10000) Shtokman field (3200) Karachaganak field. Kuwait =56 Total cadangan 20 negara di atas adalah 5. Kazakhstan =65 17. Mesir =59 19. Snøhvit (140) 14. 2. 9. Barnett Shale (60 . 4. Sakhalin-I (485) 11. 7. Daftar ladang gas terbesar dalam satuan (*109 m³): 1. Jonah Field (300) 13.16. 5. Ormen Lange (400) 12. Asalouyeh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->