MAKALAH TENTANG PERMASALAHAN SENI BUDAYA DI INDONESIA

I PENDAHULUAN Indonesia adalah Negara kepulauan. Negara ini mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dari ribuan pulau tersebut terdapat berbagai macam suku, ras, adat, dan budaya serta alam lainnya. Berbicara masalah budaya, Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras dan tiap-tiap suku dan ras mempunyai kebudayaannya sendiri. Dengan demikian, Indonesia kaya akan budaya. Namun seiring berkembangnya zaman, kebudayaan di Indonesia mulai luntur. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang mempunyai dampak negatif terhadap kebudayaan Indonesia. Dengan banyaknya media elektronik kebudayaan barat mulai mengubah pola pikir masyarakat Indonesia. Karena pola pikir masyarakat Indonesia yang masih rendah, mereka dengan mudah mengikuti budaya barat tanpa adanya filtrasi. Sehingga mereka cenderung melupakan kebudayaanya sendiri. Selain itu, pemerintah terkesan asal- asalan mengurusi budaya. Sehingga dengan mudahnya Negara lain mengakui kebudayaan Indonesia sebagai miliknya. Apabila hal ini terus berlangsung maka kebudayaan Indonesia akan mati. II RUMUSAN MASALAH Dari uraian di atas, maka rumusan masalah yang diajukan adalah ³ Apa yang dimaksud dengan seni dan budaya?, permasalahan apa yang ada dalam seni budaya yang menimpa Indonesia? III PEMBAHASAN 1. Definisi Seni dan Budaya Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu

1

dan art (Inggris). dan artista. yang berasal dari akar kata yang lain walaupun dengan pengertian yang sama. gagasan. untuk menyampaikan baik kepercayaan. banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu. (Bahasa Jerman juga mengenal istilah die Art. Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu. atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. orang Jerman menyebut seni dengan die Kunst dan orang Belanda dengan Kunst. elarte (Spanyol). jalan. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa. yang berarti cara. bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya. masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Sekalipun demikian. Yunani yang dipandang sebagai sumber kebudayaan Eropa walaupun sejak awal sejarahnya sudah mengenal filsafat dan juga fisafat 2 . Ars adalah teknik atau craftsmanship. yang juga dapat dikembalikan kepada asal mula pengertian dan kegiatan seni. dan bersamaan dengan itu isinyapun berkembangan sedikit demi sedikit kearah pengertiannya yang sekarang. dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu. l¶art (Perancis). Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan. artes. adapun artes berarti kelompok orang-orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran. Tetapi di Eropa ada juga istilah-istilah yang lain. Ars inilah yang kemudian berkembang menjadi l¶arte (Italia). ada terdapat istilahistilah ars. namun demikian die Kunst-lah yang diangkat untuk istilah kegiatan itu). sensasi. atau modus. yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu.yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta). dan artista adalah anggota yang ada di dalam kelompok-kelompok itu.

walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. warna yang ini Artefak/bukti mengingatkan kita pada lukisan moderen yang penuh ekspresi. Semua bentuk kesenian paa jaman dahulu selalu ditandai dengan kesadaran magis. Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni. Kalau manusia purba membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya adalah semat-mata hanya untuk kepentingan Sosioreligi. ternyata tidak juga memiliki kata yang dapat disejajarkan dengan pengertian kita sekarang tentang seni. namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. biarlah orang memilih yang mana terserah mereka. Hal ini dapat kita lihat dari kebebaan mengubah bentuk.seni. Seni Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya. Dengan kata lain manusia moderen adalah figure yang ingin menemukan hal-hal yang baru dan mempunyai cakrawala berfikir yang lebih luas.000 tahun yang lampau. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Sedangkan manusia moderen membuat karya seni/penanda kebudayaan pada massanya digunakan untuk kepuasan pribadinya dan menggambarkan kondisi lingkungannya "mungkin". Bukti ini terdapat pada dindingdinding gua di Prancis Selatan. karena memang demikian 3 . Buktinya berupa lukisan yang berupa torehan-torehan pada dinding dengan menggambarkan kehidupan manusia menggunakan purba. atau manusia purba adalah figure yang masih terkungkung oleh kekuatan-kekuatan di sekitarnya. Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada + sejak 60. Satu hal yang membedakan antara karya seni manusia Purba dengan manusia Moderen adalah terletak pada tujuan penciptaannya. karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini.

Romawi. menyenangkan dan dapat menggerakan jiwa manusia. Kalupun toh ada penjelasan tertentu pada artefak tersebut hanya penjelasan yang menyatakan benda/bangunan tersebut di buat untuk siapa". atau bahkan di Indonesia sendiri. yaitu mengolah atau mengerjakan. Byzantium. Pada awalnya seni diciptakan untuk kepentingan bersama/milik bersama. seni dapat di definisikan yaitu: 1. Bisa diartikan juga sebagai 4 . Herbert Read mendefinisikan Seni merupakan Aktivitas menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. 3. Hadjar Dewantara mendefinisikan Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah. Demikian pula peninggalan-peninggalan dari masa lalu seperti bangunan atau artefak di mesir kuno. kebudayaan disebut culture. yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dari kehidupan yang sederhana yang memuja alam sampai pada kesadaran terhadap keberadaan alam. Arti budaya Budaya atau kebudayaan berasal dari bahsa sangsakerta yaitu buddhayah.karya seni yang ditinggalkan pada masa pra-sejarah diguagua tidak pernah menunjukan identitas pembuatnya. yang berasal dari kata latin Colere. Ini pun hanya ada pada setelah jaman. Menurut kaca mata para ahli. Kita bisa menyimpulkan kesenian pada jaman sebelum moderen kesenian tidak beraspek individulistis. Dalam bahasa Inggris.awal kebudayaan manusia. Ahdiat Karta Miharja mendefinisikan Seni ialah Kegiatan rohani yang merefleksi pada jasmani. India. katanya para ahli arkiologi sich saya sendiri tidak tahu pasti. dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa orang lain. 2.karya.

rasa. kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. hukum. kesenian. kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks. kebudayaan adalah sarana hasil karya. moral. organisasi sosial. ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial. dan cipta masyarakat. yang di dalamnya terkandung pengetahuan. bahasa. tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat. kepercayaan. misalnya pola-pola perilaku. seni. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai ³kultur´ dalam bahasa Indonesia. Menurut Andreas Eppink. dan lain-lain. religi. norma. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.mengolah tanah atau bertani. dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. kebudayaan itu bersifat abstrak. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya. dan lain-lain. Dr. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi. Menurut Sir Edward Burnett Tylor (1832-1917). berupa perilaku dan bendabenda yang bersifat nyata. peralatan hidup. Melville Jean Herskovits (1895 ± 1963) dan Bronis aw Kasper Malinowski (18841942) mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. sehingga dalam kehidupan sehari-hari. nilai. dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia. adat istiadat. yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. religius. Dari berbagai definisi tersebut. yang kemudian disebut sebagai superorganic. 5 . Sedangkan menurut Kanjeng Pangeran Haryo Prof.

Legitimasi istana yang bersemboyan kawula gusti kini diinjak-injak oleh semangan individualisme. Tata sosial kerajaan digantikan oleh nasionalisme. Sehingga mereka cenderung melupakan kebudayaanya sendiri. Selain itu. Budaya global semakin lama telah menggusur budaya lokal Indonesia. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras dan tiap-tiap suku dan ras mempunyai kebudayaannya sendiri. Sehingga dengan mudahnya Negara lain mengakui kebudayaan Indonesia sebagai miliknya. Kesenian dapat menjadi wadah untuk mempertahankan identitas budaya Indonesia. Namun seiring berkembangnya zaman. mereka dengan mudah mengikuti budaya barat tanpa adanya filtrasi. Hal ini semakin 6 . sekarang ini identitas budaya Indonesia sudah mulai memudar karena arus global. Kedudukan bangsawan dikudeta oleh kaum pedagang dengan senjata teknologi dan uang. dan kemanusiaan. kebudayaan di Indonesia mulai luntur. berantakanlah kondisi kerja dan pola produksi seni-budaya istana. Akibat runtuhnya kerajaan yang mengayomi seniman-cendekiawan istana. Mitos dan agama digeser sekularisme dan rasionalitas. Karena pola pikir masyarakat Indonesia yang masih rendah. Faktanya. Apabila hal ini terus berlangsung maka kebudayaan Indonesia akan mati.2. Contoh untuk hal ini dapat kita lihat pada masyarakat keraton Indonesia. Masalah kebudayaan di Indonesia Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan. Dalam dua abad terakhir tata masyarakat kerajaan mulai memudar. pemerintah terkesan asalasalan mengurusi budaya. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang mempunyai dampak negatif terhadap kebudayaan Indonesia. hak asasi. Kesenian dan kebudayaan merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Sehingga kondisi yang mengkhawatirkan ini perlu segera diselamatkan. Dengan banyaknya media elektronik kebudayaan barat mulai mengubah pola pikir masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil nilai yang baik dan meninggalkan nilai yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Namun ketika kebudayaan itu diakui oleh bangsa lain. Kalau bukan kita lalu siapa lagi yang akan menjaga dan meletarikannya. indonesia bingung. Hal ini disebabkan oleh kurang pedulinya bangsa indonesia terhadap budayanya. dengan cara sosialisasi nilai budaya yang ditanamkan kepada anak sejak usia prasekolah. Hal ini ditujukan untuk mengangkat kembali identitas bangsa Indonesia 7 . Dan jika perlu pemerintah harus mematenkan budaya-budaya yang ada di Indonesia agar budaya-budaya bangsa tidak jatuh ke tangan bangsa lain. Masalah yang sedang marak baru-baru ini adalah diakuinya lagu daerah ³Rasa Sayang-sayange´ yang berasal dari Maluku. Begitu juga halnya dengan pemerintah. pemerintah harus tegas dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan indonesia dengan cara membuat peraturan perundangan yang bertujuan untuk melindungi budaya bangsa.diperparah dengan diakuinya budaya indonesia oleh bangsa lain. serta meningkatkan kebudayaan nasional dengan cara menyaring kebudayaan itu. Berita terbaru menyebutkan bahwa kesenian ³angklung´ dari Jawa Barat juga mau dipatenkan oleh negara tersebut. Seharusnya sebagai warga negara indonesia patut bangga dengan mempunyai kekayaan budaya. Sebagai warga negara kita hendaknya menanggapi dengan arif pengaruh nilai-nilai budaya barat untuk mengembangkan dan memperkaya. Lalu dimanakah peran masyarakat dan pemerintah dalam hal ini? Kebudayaan nasional adalah kebudayan kita bersama yakni kebudayaan yang mempunyai makna bagi kita bangsa indonesia. Pemerintah harus membangun sumber daya manusia dan meningkatkanan daya saing bangsa dapat dilakukan dengan menanamkan norma dan nilai luhur budaya Indonesia sejak dini. Hal ini sebenarnya akan menimbulkan rasa tanggung jawab untuk melestarikan kebudayaan tersebut. serta ³Reog Ponorogo´ dari Jawa Timur oleh Malaysia.

menjadi daya tarik para wisatawan. dan sering ditampilkan pada acara-acara tertentu. bahkan permainan Congklak. Informasi yang berkembang tak hanya reog yang diklaim negeri jiran tetangga itu. seperti pernikahan. Kini Reog ramai dibicarakan. demikian mereka menyebut. harmonisasi hubungan kedua negara menjadi taruhannya. Dalihnya. mereka. Konflik dengan Malaysia. Segmen 1 Inilah kesenian Reog. Kuda Kepang. bukan kali ini terjadi. Belum reda masalah-masalah sebelumnya. Beberapa produk seni budaya bangsa Indonesia. kesenian warisan leluhur ini. memicu protes dari banyak kalangan di tanah air. hubungan dua negara tetangga memang terus mengalami pasang 8 . sebagai milik mereka. Dalam perkembangannya.Sesungguhnya hubungan kedua negara mencatat sejarah panjang dan mengalami pasang surut.my. dan seperti biasa. khitanan dan hari-hari besar nasional. Semua dikemas sedemikian rupa dan diganti namanya. terutama mereka yang selama ini berkecimpung dalam kesenian Reog. Masyarakat di tanah air sudah sangat mengenalnya sebagai kesenian khas daerah Ponorogo Jawa Timur. www dot herytage dot gov. seni tari barongan. konon diakui sebagai milik Malaysia. jenis kesenian melayu dan harus dilindungi. mendatangi kantor Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. sebagaimana disebut dalam Website Kantor Kementerian Kebudayaan. negara tetangga. tapi juga Tari Piring. salah satunya Reog Ponorogo. keruan saja. Beberapa hari lalu. khususnya wisatawan mancanegara. Reaksi protes langsung bermunculan di tanah air. Kesenian Warisan Malaysia. kini silang sengketa masuk ke wilayah budaya. Malaysia. sekedar beda dengan aslinya. mengatasnamakan Paguyuban Reog se Indonesia. Sejarah panjang mencatat. mengklaim kesenian tradisional yang telah mengakar dalam masyarakat kita ini. Klaim sepihak ini. menyampaikan protes mereka.

sampai kemudian terjalin lagi beberapa tahun setelahnya. Ambil contoh masalah TKI di sana. bagaimana kelompok separatis asal Aceh. kisruh urusan caplok mencaplok seni budaya oleh Malaysia ini. kedua negara terlibat konfrontasi. Berbagai peristiwa mewarnai panas dinginnya hubungan itu. memang hal baru dalam konteks perselisihan Indonesia dan Malaysia. Serawak. dianggap telah sengaja memantik api dan membuka lagi luka-luka lama. Tak heran. Rebutan Pulau Sipadan Ligitan. Presiden Soekarno geram dan memutuskan hubungan negara Malaysia. konflik kebanyakan dipicu sang tetangga. Malaysia. termasuk melihat sikap kompromis pemimpin kita selama ini. juga masih menjadi luka bangsa. Karena itu. penangkapan. apalagi jika membicarakan nasib tenaga kerja kita di sana.surut. Kemarahan masih belum reda saat Donald Pieters Luther Kolopita. Ya. seorang wasit karate asal Indonesia. batas wilayah dan ketenagakerjaan. kita jadi geram sendiri. Sejarah bahkan mencatat di tahun 1963. Singapura bahkan Brunai. memang seperti memasuki babak baru. Banyak kalangan masih ingat. kadang. Langkah Departemen Pariwisata Malaysia memasukkan lagu Rasa Sayange sebagai jingle promosi 9 . Dalam banyak masalah. dianiaya 4 anggota Polisi Diraja Malaysia dalam sebuah razia. Segmen 2 Silang sengketa Indonesia dan malaysia kali ini. apa sebenarnya maunya Malaysia. Karena itu wajar. kalau masyarakat kalangan di tanah air bertanya. yang lebih banyak karena masalah politik. pelecehan sampai pemerkosaan. Berbeda dengan sebelumnya. justru menumbuhkan tanda tanya bagi bangsa ini. apa sebenarnya maksud negeri jiran tetangga satu ini?. ingin membentuk negara federasi yang konon akan meliputi meliputi Babah. mendapat suaka di negeri itu. Buntutnya. dalam persoalan seni budaya. Sengketa di bidang budaya. saat negeri tetangga ini mengobarkan ambisi bernama proyek Malaysia. tak terhitung kasus penganiayaan.

Segmen 3 Menghadapi situasi seperti ini. seperti angklung. Seni wayang golek tak ketinggalan. tapi esensi batik Malaysia memiliki ada kemiripan dengan batik Indonesia. membuka lagi berbagai luka lama yang mengarah pada sikap anti pati pada negara tetangga ini. ikut pula diakui Malaysia. yang sebenarnya sudah lama. Dari sinilah. Karena itu bisa dipahami. tapi juga beberapa seni budaya lainnya. bukan hanya lagu Rasa Sayange yang diklaim Malaysia. menetap bahkan telah berganti warga negara. Banyak warga Indonesia. dianggap telah mencederai nilai-nilai persahabatan sebagai dua negara bertetangga. seperti terlihat di salah satu hotel di Kuala Lumpur. jauh sebelum negara itu memproklamirkan kemerdekaannya 50 tahun silam. apa maunya negara tetangga kita ini. seni batik yang jelas-jelas tumbuh dan berkembang di tanah Jawa sejak zaman nenek moyang. Adalah masyarakat Maluku pula yang pertama bereaksi. Apalagi belakangan terungkap.pariwisata. memunculkan pertanyaan. kalau masyarakat menyikapinya dengan agak emosional. Seni batik yang merupakan warisan budaya bangsa kita juga menjadi sasaran Malaysia. sampai akhirnya menjalar ke sejumlah daerah. Kendati sedikit berbeda motif dan corak. prinsip saling membutuhkan antar kedua pihak tetap harus lebih dikedepankan. bahkan dijadikan logo promosi dalam brosur. dan ujung-ujungnya. Malaysia. karena bagaimanapun. bersama keragaman seni budaya Indonesia lain sebagai aset budaya mereka. tak lepas dari sejarah panjang kehadiran warga negara Indonesia di Malaysia. dan lahir dari rumpun yang sama. 10 . Melayu. terutama dari Suku Bugis. klaim sepihak Malaysia atas berbagai karya seni budaya leluhur bangsa Indonesia ini. muncul pemahaman masyarakat di tanah air. Membicarakan kebudayaan Malaysia. kearifan langkah pimpinan kedua negara memang sangat diperlukan. Minang dan Jawa.

Karena itu. Tapi. angklung dan beberapa jenis seni budaya lain. dalam perkembangannya banyak menangani warga negara asing. hal-hal seperti ini diharapkan menjadi pelajaran bagi semua pihak terkait. kini justru menjadi pusat pertikaian. dalam banyak kesempatan.Apalagi di tahun 1971 pemerintah Malaysia menetapkan kebijakan ekonomi baru. bahkan keluarga diplomat. Kampung Baru. itu cerita lama. tidak lepas dari kesalahan kita sendiri. yang kurang memahami pentingnya perlindungan atas karya cipta yang kita miliki sebagai bangsa. bahwa sesuai Undang-undang Hak Cipta. menciptakan pembauran budaya. Pada aspek lain. setiap hari seliweran berkeliling memburu orang Indonesia yang mereka anggap sebagai pendatang haram. Muhaimin Iskandar melihat. kisruh seperti ini. Praktek di lapangan mereka tak hanya terlibat penangkapan. Bukit Bintang Selatan atau Kampung Pandan dan Kajang. legalitas kepemilikannya dibatasi waktu. Bersama warga serumpun Melayu. untuk kepentingan pariwisata mereka. kehadiran warga Indonesia di Malaysia. Wakil Ketua DPR RI yang membidangi masalah ini. Malaysia bahu membahu menghalaunya. negara itu telah mencaplok kebudayaan asli Indonesia. membuka lebar lapangan kerja bagi warga Indonesia. Mereka yang datang membawa aneka ragam seni tradisional daerah asal. terkait dengan menguatnya pengaruh komunis ketika itu. sebuah karya cipta seni. ketika Malaysia. Inilah yang memunculkan tudingan. Banyak yang belum paham. tapi juga penganiayaan sampai pemerkosaan. Masalah muncul. Pasukan Sukarelawan Malaysia yang disebut ³Rela´. tapi juga mahasiswa. termasuk pemerintah 11 . Pasukan Rela yang awalnya bertugas membantu polisi dan imigrasi. termasuk Reog. terutama warga negara Indonesia yang mereka anggap masuk ke Malaysia dengan status pendatang haram. menggunakan seni budaya asal Indonesia ini. Kerja serampangan tak hanya mengenai TKI. walau belakangan klaim itu mereka bantah. Beberapa kawasan kini dikenal menjadi pusat pemukiman warga Indon dan menjadi simbol harmonisnya hubungan kedua negara seperti di Kampung Chow Kit.

Tari Pendet dari Bali oleh Pemerintah Malaysia 12 . Musik Indang Sungai Garinggiang dari Sumatera Barat oleh Malaysia 18. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia 14. tak kecuali mereka yang mendengung-dengungkan saudara serumpun. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia 2. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia 4. Lagu Jali-Jali oleh Pemerintah Malaysia 21. Alat Musik Angklung oleh Pemerintah Malaysia 20. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia 13. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia 9.Indonesia. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia 3. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia 8. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia 12. Ada pun beberapa budaya dan kuliner Indonesia yang di klaim oleh Malaysia selain yang disebutkan diatas yaitu: 1. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia 6. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia 10. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia 7. agar kedaulatan kita sebagai bangsa tidak bisa semena-mena diganggu bangsa lain. Kain Ulos oleh Malaysia 19. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia 17. Alat Musik Gamelan dari Jawa oleh Pemerintah Malaysia 11. Pemerintah harus pro aktif mengambil langkah. Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara oleh Pemerintah Malaysia 15. (Firdaus Masrun/Sup). Motif Batik Parang dari Yogyakarta oleh Pemerintah Malaysia 16. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia 5.

13 .

14 . Sedangkan pemerintah harus melindungi kebudayaan itu agar tetap utuh dan tidak jatuh ke tangan negara lain. Ada tiga alasan mengapa bangsa Indonesia lemah dalam menjaga dan melestarian kearifan budaya lokal. Sebagai warga negara tanggung jawab kita adalah menjaga serta melestarikan kebudayaan kita agar tidak punah. Meski demikian. Padahal. Pertama. terutama pemerintah dan masyarakat. informasi terkait kearifan budaya lokal belumlah menyebar luas. untuk bekerja sama. pihaknya memiliki peran untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Saran Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tiga alasan inilah yang perlu jadi introspeksi masyarakat Indonesia. Kedua." ujarnya. "Ini tugas semua pihak. peran semua pihak. Terakhir. Dengan demikian. Kalau mau memperjuangkan sesuatu harus tahu asal usulnya. masyarakat Indonesia dapat mempertahankan apa yang menjadi miliknya.IV PENUTUP Simpulan Klaim yang dilakukan pihak asing tidak terlepas dari kelemahan masyarakat Indonesia dalam menjaga dan melestarikan kearifan budaya lokal. Tanpa keterlibatan semua pihak. tentu beda kasusnya. sudah dipastikan hasilnya tidak akan baik. "Misalnya saja semur.". rasa ingin tahu yang kurang. kita ini hanya sekedar makan. masyarakat Indonesia belum menjadikan usaha menjaga dan melestarikan sebagai sebuah kebutuhan. tapi tidak tahu asal muasal dari semur. sebagai penggiat komunitas Kuliner Nusantara. Karena itu. masyarakat akan teredukasi dengan baik soal kekayaan budaya yang dimiliki. Kalau tahu. hanya dengan cara demikian. kelangsungan kebudayaan indonesia sangat bergantung pada masyarakat dan pemerintah.

co._cabangcabang_seni._sifat_dasar_seni_secara_umum_7.diwarta.com/2009/06/pengertian-seni-istilah-seni-pada.net/ 15 .1 ƒ http://www.com/1160/pengertian-dan-arti-seni-menurut-beberapa-ahli/ ƒ http://rheartlova.org/wiki/Seni\ ƒ http://endonesa.html ƒ http://duniabaca.com/2009/08/24/daftar-kebudayaan-indonesia-ygdiklaim-malaysia/ ƒ http://kayabudaya.republika.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=6&artid=11 6 ƒ http://www.DAFTAR PUSTAKA ƒ http://www.org/mw/Pengertian_seni_._unsur -unsur_seni.html#definisi ƒ http://kojingtechnolog.id/berita/senggang/seni-budaya/11/10/27/ltpyki-tigaalasan-kekayaan-budaya-indonesia-mudah-diklaim ƒ http://paijomania.com/2009/10/kebudayaan-indonesia-vs-malaysia.crayonpedia.net/mod.blogspot.blogdetik. html ƒ http://senirupa.com/2011/09/04/pengertian-kebudayaan/ ƒ http://id.wordpress.com/definisi-budaya-pengertian-kebudayaan.wikipedia.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful