Tes Masuk ODP BNI Post kali ini saya buat karena banyak sekali yang menanyakan kepada

saya "ta kamu keterima ODP BNI ya gimana sih tesnya?" "tita kasi tau gue dong kisi-kisi tes BNI" "ta tes BNI ada berapa tahap dan apa aja?" dan bahkan ada yang bertanya dengan tatapan tidak percaya "ta kamu kok bisa lolos tes BNI ya?" bah #abaikan dan yang paling parah my monster sister said: "alhamdulillah ta ada juga perusahaan yang mau nerima lo ya ampun gue bersyukur banget deh" bah siapa yang mau kakak perempuan? silahkan bawa pulang my monster sister. Tidak dipungut biaya. Okay diawali dengan membahas, "apa sih ODP itu?" ODP (Officer Development Program) ya mirip-mirip MT (Management Trainee) gitu. #tidakmenjawabpertanyaan Untuk teman teman yang ingin mengikuti ODP BNI info-info job fair-nya dapat dilihat di account facebook BNI silahkan di cek link-nya Facebook BNI Setelah teman-teman mendaftar dan lolos TES ADMINISTRASI (99% lolos deh kalo tes administrasi) maka selanjutnya akan ada sederet tes-tes lagi yang harus anda hadapi. FYI, saya waktu itu ikut tes ODP BNI yang dari jobfair UNAIR, Surabaya karena saya kuliah di UNIBRAW, Malang dan jarak dari Malang ke Surabaya sangatlah tidak jauh. Saya daftar hari Jum'at tanggal 15 April 2011 dan pengumuman lolos tes administrasinya Sabtu 16 April 2011 berikut adalah tahapan tes setelah TES ADMINISTRASI. 1. Tes Tahap Pertama (Tes TOEIC) Minggu, 17 April 2011 Ada yang nanya sama saya "ta, soal-nya kayak apa?" saya jawab "ya kayak tes TOEIC" ya soal tes TOEIC begitulah menurut saya sih lebih mudah dari TOEFL. Atau kalian bisa belajar dari buku-buku tes TOEIC yang di jual di pasaran atau belajar dari bulu grammar biasa aja. Saya suka belajar Bahasa Inggris memakai buku "Fundamental of English Grammar" karangan Betty Schrampfer Azar. Saya tes TOEIC ini minggu pagi dam malamnya sekitar jam 8 malam langsung ada pengumumannya yg lolos di account facebook BNI 2. Tes Tahap Kedua (Tes Asesmen Tertulis) Senin, 18 April 2011 Ini semacam tes psikotes gitu sahabat saya Devi hari ini dia tes tahap ini dan dia chatting sama saya kemarin malam dia berisik banget kayak tokek maksa saya

Huahahahaha. Jadi di tes ini ya kalian belajar dari buku psikotes saja terus nanti ada tes yang menghitung penjumlahan sederhana secara vertikal itu tapi kertasnya besaaaar banget lebih besar dari buku gambar yang paling besar dan bolak-balik pula. "macem-macem banget sih macem otak gue kalkulator casio aja" Dan saat soal itu saya kerjakan. Mungkin biarpun saya lama ngerjainnya tapi saya konsisten dan mungkin mengalami peningkatan. I love my gummy brain! dan ini semua tidak lain tidak bukan sudah diatur yang diatas :) . Ketika saya tes mba-mba yang ngarahinnya bilang begini "Kalau waktunya masih ada kalian bisa minta tambah kertas ya karena ada sebagian orang-orang yang sanggup mengerjakan lebih dari satu kertas bolak-balik.mengingat semua soal-soal di tes asesmen ini dia kira otak saya semacam hard disc 4 tera apa. Saya lupa dikasih waktu berapa lama buat ngerjain soal-soal itu tapi seingat saya ketika saya sudah hampir menyerah dan otak saya sudah mengeluarkan asap hitam tebal dan berbau #eh badan saya sudah lemas seperti agar-agar dalam hati saya berkata "cepet kek waktunya abis udahan kek ahhh ngga lolos biarin deh gue pusing mau makan gue mau minum susu coklat dingin" terus sambil terus ngerjain dengan pose kepala diatas meja saya pun ngelirik orang-orang disekitar saya dan banyak yang minta tambah kertas! dalam hati saya "orang-orang pada ngga normal semua ya? gue doang kayaknya yang normal" *ceritanya hari kebalikan* bah #dikeroyok #satukampung dan ketika waktu habis dalam hati saya "HORE AKU BAHAGIA" dan saya pun melirik Sofi teman disebelah saya dia sudah mengerjakan satu kertas tapi bolak-balik dan full sementara saya? satu halaman pun tak penuh tapi yang penting siksaan terhadap otak saya ini sudah berakhir." dalam hati saya. Dan pengumuman tes ini sudah ada keesokan harinya dan teman saya Sofi mengirim sms ke saya bilang saya dan dia lolos whoa ALHAMDULILLAH banget ternyata usut punya usut tes yang penjumlahan vertikal itu tidak tergantung seberapa banyak kalian bisa mengerjakan tapi seberapa konsistennya kalian mengerjakan jadi gini ketika dalam pengerjaan soal setiap kurang lebih 5 menit kita disuruh ngasi tanda ditempat terakhir kita jawab soal jadi kan keliatan di setiap interval waktu kita konsisten apa tidak menjawab soalnya yang salah kan kalo diawal kita bisa ngerjain banyak tapi pada saat terakhir malah kerja kita menurun cuma bisa jawab soal lebih dikit dari pada diawal. MUNGKIN. teman saya Sofi duduk disamping saya.

Nasabah mengeluh kan pelayanan dari front liner yang kurang ramah. Mengadakan pelatihan. Dan ada list beberapa perusahaan yang mau mengajak kerja sama membuat pelatihan beserta keterangan dan biayanya. Soalnya sebenarnya lebih ribet (ada 4 lembar) tapi saya lupa sumpah deh. Dan pada waktu itu saya baru tau ternyata FGD itu sepertinya ajang rebutan berbicara dalam hati saya "buset deh ni orang pada nyerocos aja kapan gue ngomomgnya?" baru dibuka aja forumnya udah ada yang nyamber ngomong "ya teman-teman saya buka diskusi ini bla bla bla bla" saya pun langsung keselek. pada wawancara ini saya ditanya dengan beberapa pertanyaan seperti: -Anda kuliah jurusan apa? -Apa relevansi jurusan anda dengan perbankan? -Apa yang anda ketahui tentang perbankan? -Organisasi apa yang anda ikuti saat kuliah? posisi anda apa di dalam organisasi tersebut? .3. Kemudian wawancara psikolog. Selasa. Dari kelompok yang terdiri dari lima orang itu saya orang urutan ke 4 yang berbicara bayangkan jadi selama 3 orang sebelum saya "berkicau" saya cuma bengong sambil baca ulang soalnya. Kemudian saat saya dapat giliran bicara saya cuma bilang "budget bank ini cuma 148 juta sedangkan biaya latihan sekian sekian jadi budget kita tidak cukup jadi mesti di analisa lagi semuanya atau tidak semua karyawan diikutkan pelatihan bla bla bla" karena sepanjang menunggu dapat kesempatan berbicara saya sampe bisa ngitung-ngitung angka-angka yang ada pada soal tersebut sementara yang lain hanya terus berbicara dari segi teknisnya saja #hiraukan #sayahanyasoktahu tapi saya dapat informasi dari teman saya kalo FGD itu yang paling penting starting point (memulai) dan closing serta memberi kesimpulan. Ketika itu masalah yang saya dapat seperti ini seingat saya: Bank x memiliki beberapa cabang dan cabang Y kinerjanya kurang baik. Tes tahap Asesmen Kompetensi yang terdiri dari FGD (Forum Group Discussion) dan wawancara sama Psikolog. (kalo ngga salah) menutup cabang B. 19 April 2011 Ditahap ini agak susah banyak orang yang gagal pada tahap ini. Pelayanan front liner yang kuang ramah disebabkan peralatan di cabang itu sudah kuno jadi apa yang harus dilakukan? (ada optionnya) A. Pada udah tau kan FGD kayak apa kalo belum tahu saya beri penjelasan yang agak ngga jelas :p jadi disini kita dibuat perkelompok (satu kelompok lima orang) dan diberi suatu masalah dan disuruh memecahakan.

Kebayoran Baru.-Mengapa anda memilih bank BNI? -Pada saat ini banyak penyimpangan yang terjadi pada dunia perbankan. kalian akan WAWANCARA USER di Jakarta.. Tes Tahap Wawancara User. Jakarta Selatan Pada tes kali saya ditemani oleh Ibu dan Bapak saya hehe karena tes-tes sebelumnya kan diadakan di Surabaya jadi saya sendirian terus sedih deh #ambiltisu Nah pada wawancara user ini kalian akan di wawancarai oleh dua orang bapak-bapak yang sepertinya jabatannya tinggi #eh mungkin direktur bagian personalia gitu deh . Ketika pengumuman hasil tes asesmen kompetensi. Selasa 10 Mei 2011 Tes ini berlokasi di BNI Assesment Center. 59. boleh kegiatan apa aja dan jangan lupa diberi nama dan umur orang yang kalian gambar. Dimanapun kalian ikut job fair wawancara usernya selalu di Jakarta. kenapa? karena jika kalian lolos tes asesmen kompetensi. Jl. apa saja yang anda ketahui? -Jika anda menghadapi sebuah keadaan dimana terjadi sebuah penyimpangan apa yang anda lakukan? -Sebutkan bank-bank besar di Indonesia? -Apa kekurangan anda? -Apa kelebihan anda? -Hobi anda apa? Terus nanti kalian akan disuruh gambar orang yang sedang melakukan kegiatan. Pada saat pengumuman saya sudah pindahan dari kosan saya di Malang ke rumah saya di Jakarta jadi saya tidak repot lagi. Sebagai gambaran saya tes asesmen kompetensi ini tanggal 19 April 2011 dan pengumumannya tanggal 6 Mei 2011. Nah dari jarak dari tes FGD ke pengumumannya ini agak lama mohon kesabaran kalian ya teman-teman. Mataram No. seperti biasa saya tidak tahu apa-apa teman saya Sofi yang sms saya kalau saya lolos ketika itu saya lagi di pinggir jalan habis dari 7eleven membeli Tao Kae Noi rasa Tom Yam kesukaan saya dan ketika saya baca sms dari Sofi saya pun langsung mengucapkan ALHAMDULILLAH :)) beruntung saya asal Jakarta karena teman-teman lain yang mengikuti Job fair dari UNAIR hampir semua berasal dari Jawa Timur sehingga mereka perlu mengeluarkan uang lebih untuk ke Jakarta :p 4.

Dan tentu saja saya ikut tes kesehatan yang di Jakarta #yaiyalahta nah usut punya usut tes kesehatan di Prodia Jakarta BERBEDA dengan Prodia Surabaya.#ngasal saya awalnya rada nervous tapi ternyata ngga se-horor itu kok pertanyaan yang diajukan hampir sama seperti yang ditanyakan psikolog pada saat tes ASESMEN KOMPETENSI. . Tapi ada beberapa pertanyaan tambahan seperti: -ODP -Target -Apa -Apa pertanyaan kamu yang untuk saja anda jadi itu seorang pemimpin ketahui macam berapa dari tentang tahun produk-produk apa? lagi? BNI? kredit? ini) -Makanan kesukaan anda apa? kalo tempat rekreasi favorit? (serius deh saya ditanya Pada saat awal wawancara saya ditanya kuliah dimana saya jawab di Uiversitas Brawijaya Malang dan salah satu interviewer bertanya "kosan anda di daerah mana?" ya saya jawab aja tanpa curiga eh taunya di akhir wawancara interviewer tersebut menunjukkan bolpoin-nya sambil bilang "saya ini ni" pada bolpoin tersebut bertuliskan IKATAN ALUMNI BRAWIJAYA haha saya langsung bilang "kita sama dong pak" hampir saya ajak high five itu bapak untung saya masih waras dikit ya sedikit. Disitulah saya yakin saya bakal lolos wawancara user ini baru tes tahap ini saya yakin lolos tes lainnya? ya yakin juga sih #maksudloapasihta *ya maksud gue jadi orang harus punya keyakinan* #eh dan ALHAMDULILLAH lolos juga wawancara user. Tes Kesehatan. 13 Mei 2011 Nah tes kesehatan ini boleh milih mau di Lab Prodia Jakarta atau Surabaya (karena ini dari job fair unair) kalo anda misalnya dari jobfair ITB ya boleh milih mau tes di Prodia Jakarta atau Bandung. 5. Nah pengumuman hasil wawancara user ini juga cepet tanggal 12 Mei sudah pengumuman dan keesokan harinya tanggal 13 Mei langsung tes kesehatan. Kemudian interviewer yang satunya bilang begini "semoga mimpi-mimpi anda terwujud ya" sambil menjabat tangan saya dan tersenyum. Prodia Jakarta LEBIH HOROR jadi lebih baik kalo anda orang Jakarta dan emang niat pengen keterima anda lebih baik JANGAN tes kesehatan di Jakarta.

ASIK! . terus tes jantung yang dada-nya ditempelin kabel-kabel itu loh entah apa namanya. Pas gigi gue diperiksa dokternya bilang "ini giginya masih ada yang bolong ya mbak" dalam hati saya. MUSEUM BANK MANDIRI. "Kalo gigi bolong dikit ngga keterima kali?! demi apaaan?!" terus selanjutnya yang diperiksa bermacam-macamlah dari tenggorokan perut sampai diperiksa ada bejolan di payudara (breast cancer) apa ngga. Asik betul HVSHAGHAGFRZKCH! Dan ada kabar GEMBIRA tempat pendidikan saya (pusdiklat) berada di Jalan Lada no 1 bersebelahan dengan stasiun Kota nah kabar gembiranya pusdiklat saya itu DEKAT dengan MUSEUM BANK INDONESIA. ALHAMDULILLAH. nonton The Big Bang Theory. rontgen. Terus belum selesai sampai disitu ada pemeriksaan alat kelamin dan anus juga dalam hati saya ngomel. Nah jarak dari tes kesehatan ke pengumuman ini yang LAMA-nya ngga sopan banget satu bulan lebih mannn saya sampai berjamur nungguinnya dari tes kesehatan tanggal 13 Mei 2011 dikabarin kalau lolosnya tanggal 20 Juni 2011 dan tanda tangan kontrak tanggal 23 Juni mulai Pendidikannya tanggal 11 Juli jadi sekarang saya masih merdeka di rumah baca komik. tes darah.Jadi gini nih tes kesehatan di prodia Jakarta dan Surabaya pada dasarnya sama yaitu ada. makan beng-beng. minum susu. tes mata. tes urine. dan MUSEUM FATAHILLAH! cool ye yeah jadi pulang pendidikan saya bisa ngelayap ke berbagai macam museum. "takut gue bukan cewek beneran kali?" #tersinggung ya begitulah pemeriksaannya dan sementara anak-anak yang di Prodia Surabaya ngga digituin "INI TIDAK ADIL TIDAAAKKKK" #diguyurairgot pada saat nunggu pengumuman tes kesehatan ini jantung saya loncat-loncat juga soalnya kalo ngga lolos berarti saya penyakitan donggg tidakkk saya anak sehat dan kuat #pamerotot #ehsalahlemak tapi kata sahabat saya Devi begini: "tenang aja nyong lo pasti lolos deh kan yang diperiksa fisik lo bukan otak lo" sumpah itu anak mintaaa #disundutrokok #satubungkus tapi ALHAMDULILLAH saya LOLOS TES KESEHATAN yang artinya saya sehat secara jasmani hehe lagi-lagi ini berkat pertolongan yang maha kuasa saya diberikan kesehatan padahal saya. Tapi kalo di Prodia Jakarta ada tes tambahan yaitu diperiksa sama dokter diperiksanya SEMUANYA ya SEMUANYA mulai dari ujung kaki sampe ujung rambut.

Semoga kalian semua keterima dan jadi teman saya hehe jangan lupa BELAJAR dan BERDOA dan paling penting minta DOA ORANG TUA sebelum tes kerja apapun. Oia ada informasi penting kalau kamu ikut tes ODP dana gagal SELAIN pada tes Asesmen Tertulis kamu bisa iku tes ODP BNI lagi dalam waktu dekat tapi kalau kamu gagal pada tes Asesmen Tertulis kamu harus menunggu satu tahun buat bisa ikut tes ODP BNI lagi.Akhir kata pesan saya adalah yang mau daftar ODP BNI siapkan kesabaran karena prosesnya agak lama. Saya juga menemukan artikel ini di kaskus semoga berguna All About ODP BNI Untukteman-teman yang masih banyak pertanyaan seperti: "ta pas diwawancara psikolog sama user lo jawab apaan?" "tita kamu pas disuruh gambar orang gambarnya gimana?" atau "ta kamu pakek baju model apa pas rangkaian tes itu?" dan pertanyaan seaneh apapun sebisanya akan saya jawab kirim aja ke email saya titapradiptia(at)gmail(dot)com SEMOGA SUKSES! saya bisa kalian juga pasti bisa :)) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful