Skala Guttman, yang dikembangkan oleh Louis Guttman, merupakan skala pengukuran kumulatif yang hanya mengukur satu

dimensi dari suatu variabel yang multi dimensi (bersifat undimensional). Skala ini menghasilkan jawaban tegas yaitu ”ya – tidak”, ”benar – salah”, ”positif – negatif” dan lain-lain. Output dari skala Guttman dapat berupa data interval atau rasio. Menurut Skala Guttman, suatu atribut universal mempunyai dimensi satu jika atribut ini menghasilkan respon yang sama seperti pola pada gambar 1. Jika terdapat beberapa kelainan pada pola respon yang didpat, maka kelainan tersebut dianggap sebagai error.

Gambar 1. Pola Respon Skala Guttman Skala Guttman memiliki 2 indikator untuk menentukan apakah skala tersebut dapat digunakan atau tidak, yaitu: a. Koefisien Reprodusibilitas, Koefisien reprodusibilitas digunakan untuk mengukur derajat ketepatan pertanyaan yang telah dibuat. Nilai koefisien reprodusibilitas pada skala Guttman diharapkan lebih besar dari 0.9. Untuk menghitungnya, digunakan rumus:

Keterangan: n e = total kemungkinan jawaban (jumlah pertanyaan dikali jumlah responden) = jumlah error

Kr = koefisien reprodusibilitas b. Koefisien Skalabilitas Koefisien Skalabilitas digunakan untuk mengukur apakah penyimpangan pada skala reprodusibilitas masih dalam batas yang dapat ditolerir. Nilai koefisien skalabilitas pada skala Guttman diharapkan lebih besar dari 0.6. Untuk menghitungnya, digunakan

Skala Guttman memiliki beberapa kelemahan. Jawaban yang ekstrim adalah jawaban yang disetujui atau tidak disetujui oleh lebih dari 80% responden. Cara membuat Skala Guttman adalah sebagai berikut: 1. Hitunglah koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas. Susunlah jawaban pada tabel Guttman.rumus: Keterangan: e p = jumlah error = jumlah kesalahan yang diharapkan. buang jawaban-jawabam ekstrim. Ks = koefisien skalabilitas. 3. Lakukan penelitiaan permulaan pada sejumlah sampel dari populasi yang akan diteliti. 2. Sampel yang diteliti minimal sebanyak 50 satuan. Analisalah jawaban yang diperoleh. Susun sejumlah pertanyaan sesuai dengan masalah yang ingin diteliti. Skala Guttman mungkin saja tidak dapat digunakan sebagai dasar yang efektif untuk mengukur sikap terhadap objek yang kompleks ataupun untuk membuat prediksi tentang perilaku objek tersebut karena skala Guttman hanya dapat mengukur satu dimensi dari objek tersebut. 2. . 4. ataupun berdimensi tunggal untuk satu waktu dan mempunyai dimensi ganda untuk waktu yang lain. yaitu: 1. Satu skala bisa saja mempunyai dimensi tunggal untuk satu kelompok tetapi ganda untuk kelompok lain. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful