RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMK Muhammadiyah Kartasura : Al-Qur’an

: XI/11 : 1 Jam Pelajaran (45 menit)

Standar Kompetensi Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan Kompetensi Dasar 1.1. Membaca Q.S. Al-Fatir:32 1.2. Menjelaskan arti Q.S. Al-Fatir:32 1.3. Menampilkan perilaku kompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al-Fatir:32 Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat membaca Q.S. Al-Fatir:32 dengan baik dan benar. Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menjelaskan arti Q.S. Al-Fatir:32 dengan baik dan benar. Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menampilkan perilaku kompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al-Fatir:32 Materi Pembelajaran Keuntungan orang yang lebih dahulu berbuat kebaikan: Q.S. Al-Fatir:32 Isi kandungan Q.S. Al-Fatir:32 Metode Pembelajaran Ceramah interaktif Diskusi Tanya jawab

S. Penutup Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran Penilaian Refleksi : Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari perilaku kompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q. disiplin). (Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: tanggung jawab. Kegiatan inti Guru meminta siswa untuk membaca materi pembelajaran Guru menjelaskan kepada siswa tentang menampilkan perilaku kompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q. percaya diri. Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin). saling menghargai pendapat. Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli. Al-Fatir:32 Guru mempersilahkan siswa menanyakan hal-hal yang belum difahami Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah disampaikan.S. empati).2 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa). Motivasi: Cerita tentang pentingnya berbuat kebaikan Guru menginformasikan tujuan pembelajaran. Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa). Al-Fatir:32 (contoh nilai yang ditanamkan: antisipatif). adil). Ke luar kelas dengan tertib pada waktunya (contoh nilai yang ditanamkan: tertib. 2 .

Sumber dan Media Pembelajaran Al-Qur’an Terjemah Buku Pelajaran (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan kelas XI semester 1) Buku penunjang lainnya yang relevan Penilaian SOAL Tulislah surat Al-Fatir ayat 32 dengan benar! Apa yang dimaksud dengan orang-orang yang terpilih dalam Al-Fatir ayat 32 Sebutkan tiga golongan umat Nabi Muhammad dalam menerima Al-Qur’an! Jekaskan yang dimaksud dengan golongan zalimun linafsihi! Apa yang dimaksud dengna golongan muqtasid? Jelaskan! JAWABAN NèO $uZøOu‘÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZø‘xÿsÜô¹$# ô`ÏB§ $tRϑ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ӑÅÁtFø)‘B öNåk÷]ÏBur 7. lalu di antara mereka ada yang Menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaika dengan izin Allah. Al-Fatir 32) Nabi muhammad dan umatnya 1. kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami. yang demikian itu adalah karunia yang Amat besar. Golongan zalimun linafsihi Golongan muqtasid Golongan sabiqun bilkhairat Golongan linahsihi adalah orang-orang yang lebih banyak berbuat kesalahan dari pada berbuat kebaikan .Î/$y‘ ÏNºu‘ö‘y‘ø9$$Î/ Èbø‘Î*Î/ «!$# 4 ‘‘Ï9ºs‘ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 瑑Î7x6ø9$# ÇÌËÈ Artinya.(QS.

Suhariyanto Khoirul Imron 4 .4 Golongan muqtasid adalah orang-arang yang kebaikanya sama dengna keburukan yang dilakukannya Sukoharjo. Kepala SMK Muhamdiyah Kartasura Guru Mata Pelajaran. 12 September 2011 Mengetahui. Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful