SOAL-SOAL BIOLOGI SEL HARAP

:
1. DIKERJAKAN, 2. DIHAFALKAN, 3. DIPAHAMI.

MATERI UAS BIOLOGI SEL (BU LAELA): RIBOSOM DAN SINTESIS PROTEIN. BENTUK SOAL: PILIHAN GANDA.

CONTOH SOAL BIOLOGI SEL 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. SOAL
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Jelaskan apa yg dimaksud dengan sel, gambarkan dengan menunjukkan organelleorganella yang ada! Jelaskan fungsi masing-masing organelle dari sel! Apa yang dimaksud dengan gen? gambarkan penjelasan Sdr. Apa yang dimaksud dengan kromosom? gambarkan penjelasan Sdr. Jelaskan antara DNA, gen, dan kromosom dalam satu kesatuan! Gambarkan penjelasan Sdr. Bagaimana posisi DNA, gen, dan protein yang dihasilkan dalam morfologi sel yg Sdr gambarkan? Jelaskan perbedaan antara purin dan pirimidin! Basa apa yang termasuk purin dan apa yang termasuk pirimidin?

Apa yang dimaksud dengan dengan DNA Apa yang dimaksud dengan gen? Apa yang dimaksud dengan m-RNA, dan t RNA? Bagaimana protein diekspresikan? Apa yang Sdr ketahui tentang kanker? Apa yang Sdr ketahui tentang siklus sel? Enzim apa saja yang berperan dalam biosintesis obat maupun makanan? Apa yang dimaksud dengan mutasi? Apa yang dimaksud dengan polimorfism? Sebutkan dogma sentral biologi molekuler!

9. Gambarkan struktur basa G, S, T, dan A! 10. Jelaskan bagaimana cara sintesis protein dari DNA sampai diperoleh protein.

CONTOH SOAL PILIHAN GANDA 1. Antikodon berada pada A. DNA D. mRNA B. rRNA E. tRNA C. Ribosom. 2. Bagian mRNA eukariot yang dibuang adalah fragmen yang disebut A. Sistron D. Ekson

Pembuatan tudung B. Hilangnya intron C. UGA 4 E. AUG C. AGU Transkripsi menjadi terhambat dengan adanya: A. UAG B. Start kodon adalah A. melekat pada promotor dengan konformasi tepat. kofaktor 7. protein. UAS D. Splicing adalah salah satu proses pada Transkripsi Eukariot yaitu proses : A. mRNA D. enzim B. Operon. repressor D. sRNA Petunjuk B. asam amino. bila nomor 1. Pembuatan polisistronik A.B. bila hanya satu nomor yang benar E. dilanjutkan dengan elongasi . Kromatin D. UAS adalah activator pada transkripsi yang merupakan A.Hilangnya ekson D. UAS C. rRNA D. Jawablah. 3. kromatid 10. RNA C. 2 dan 3 benar B. Hormon E. mengenali urutan basa DNA yang khas dari promotor b. mRNA B. bila nomor 2 dan 4 yang benar D. Intron D. bila semua benar atau semua salah. tRNA C. represor melekat pada operator E. A.Operator C. bila nomor 1 dan 3 yang benar C. Nukleosom C. Unit DNA Eukariot yang melingkupi beberapa Histon disebut : A. 11. Polisom B. Pembuatan PoliA 8. 9. adanya enhancer 5. RNA yang membawa kodon adalah : A. GAU E. E. tRNA C. DNA 6. Protein yang apabila aktif selalu menjadi penyebab tidak terekspresinya suatu gen adalah : A. enhancer E. apoinducer B. adanya induser B. rRNA B. kromosom E. . mutasi pada gen struktural C. nRNA E. protein D. Sifat RNA polimerase adalah a. Fragmen cDNA dibuat dari : E.

dapat melakukan editing b. Sub unit sigma melanjutkan elongasi. UAS 4.d 20 pasang basa 18.spacer. Pada trsanslasi melibatkan : 1. RNA 3. Ribosom. Protein Petunjuk C.DNA kembali menjadi d. 3. Pada mRNA terdapat 1.c. alasan salah D: bila pernyataan salah. B : bila pernyataan benar. tRNA 3. Yang mempengaruhi ekspresi suatu gen : 1. Jawablah. Ribosom terdiri dari 1. induser. dapat mencegah s. mRNA A: bila pernyataan benar. holoenzim melekat pada Pribnow Box d. Transfer RNA membawa : 1. Enzim yang membuat Primer adalah 1. Ligase 3. enhancer 3. dapat menyambung fragmen Okazaki c. panjang antara 1 s. RNA polimerase 4. alasan benar E: bila pernyataan dan alasan salah . UAS 3.basa pseudo 23.antikodon 3. RNA 3. pada ujung 5’mRNA eukariot terjadi pemanjangan basa dengan U 3. DNA 2. alasan benar .DNA. DNA 2.operator 4. 12. Enzim 20. mRNA 2. Transkripsi DNA pada eukariot meningkat bila terdapat 1. alasan benar. DNA polimerase 17. UAG 2. Enzim DNA Pol I mempunyai sifat a. 13. ada hubungan. tRNA 19. tidak ada hubungan C: bila pernyataan benar. 15. terjadi modifikasi basa pada mRNA eukariot ditempat tertentu 14. Stop Codon anticodon 4. mRNA eukariot muda mengandung intron 2. Primer adalah : 1. 4. Primase 2. Ribosomal RNA 2. Start codon 2. UAA 4. aktivator 2. Transfer RNA 3. dapat mengubah primer menjadi DNA d. 16.s. Inducer 4.AUG 22. Asam amino 2. UGA 3. Coding region 4.s. Perbedaan mRNA eukariot dan prokariot adalah 1. 21. Ribosom 4. repressor 2. Kodon yang termasuk Stop Kodon adalah : 1. Panjang lebih dari 20 pasang basa 4. Dalam inti sel dari Eukariot terdapat : 1. pada ujung 3’ mRNA eukariot terdapat pemanjangan basa dengan A 4.

24. sebab bila DNA berubah maka akan dapat mengubah informasi genetik. sebab. Telah terjadi peristiwa dimana protein disintesis lebih panjang daripada yang seharusnya. Pada translasi dikenal hanya 20 asam amino walaupun terdapat 64 kodon. sebab terjadi mutasi pada antikodon di tRNA sehingga dapat berpasangan dengan stop kodon 27. 26. Intron pada DNA Eukariot harus dapat dibuang. 25. sebab pada translasi satu asam amino dapat dikode oleh lebih dari satu kodon. ***Selamat bekerja*** . dengan adanya Intron yang tetap pada mRNA tidak akan terjadi proses translasi. Ketepatan dalam replikasi DNA adalah sangat penting.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.