P. 1
Proses Pembuahan

Proses Pembuahan

|Views: 127|Likes:
Published by NadIhsana

More info:

Published by: NadIhsana on Mar 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2012

pdf

text

original

Proses Pembuahan http://menjadiibu.blogspot.com/2011/02/proses-pembuahan.

html
Berikut ini gambaran detil proses pembuahan :

      

Sel telur dikeluarkan dari permukaan ovarium sekitar hari ke 14 dari siklus haid. Sel telur ini ditangkap oleh tuba fallopi yang berbentuk corong, kemudian berjalan di dalam tuba karena adanya kontraksi otot. Fertilisasi atau pembuahan oleh satu sperma umumnya terjadi pada sepertiga dari panjang saluran telur. Sel yang sudah dibuahi akan membelah diri dalam 24 jam. Pembelahan berulang-ulang akan membentuk bola sel yang disebut zigot. Zigot terus membelah diri selama berjalan di dalam saluran. Di dalam bola sel terbentuk rongga kecil berisi cairan yang disebut blastosit. Blastosit sampai di rongga rahim. Implantasi terjadi sekitar hari ke 7, biasanya bagian atas rahim di sisi ovarium mengeluarkan sel telur. Pada hari ke 10, embrio sudah tertanam erat. Masa embrionik ini dimulai sejak momen ini sampai minggu ke 8. Setelah minggu ke 8, embrio disebut sebagai janin.

mulut dan lidah mulai terbentuk. Periode Embrio (Minggu 3 – 8 ) Proses dimana sistem syaraf pusat. Telur yang sudah dibuahi sperma bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium).3 cm dengan kepala yang besar C. Proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Periode Fetus (Minggu 9 – 12) Periode dimana semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkaitan dan aktivitas otak sangat tinggi.com/education/proses-kehamilan-dan-perkembangan-janin-dalamkandungan/ July 31st. organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk seperti mata. Periode Germinal (Minggu 0 – 3) Proses pembuahan telur oleh sperma yang terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir.  Trimester Pertama (Minggu 0 – 12) Dalam fase ini ada tiga periode penting pertumbuhan mulai dari periode germinal sampai periode terbentuknya fetus. proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi.Proses Kehamilan dan Perkembangan Janin Dalam Kandungan http://sweetspearls. karena dihitung mulai dari tanggal konsepsi (tanggal bersatunya sperma dengan telur). Usia kehamilan sendiri adalah 38 minggu. B. Masing-masing fase tersebut disebut trimester. sedangkan hati mulai memproduksi sel darah. Dalam dunia kedokteran.  Trimester kedua (Minggu 12 – 24) . 2010 | 9 Comments Proses kehamilan adalah proses dimana bertemunya sel telur dengan sel sperma hingga terjadi pembuahan. Janin mulai berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran 1. A. yang terjadi dua minggu setelahnya.

Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3. posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21. Pada bulan ke-9 ini . Pada minggu ke-18 kita bisa melakukan pemeriksaan dengan ultrasongrafi (USG) untuk mengecek kesempurnaan janin. Untuk lebih jelasnya lihat Perkembangan bayi dalam kandungan (Sumber: Majalah Kesehatan). Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna.5 kg dengan panjang 50 cm. Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi seperti menendang atau menonjok serta dia sudah memiliki periode tidur dan bangun. Jaringan kuku.Pada trimester kedua ini terjadi peningkatan perkembangan janin.  Trimester ketiga (24 -40) Dalam trimester ini semua organ tubuh tumbuh dengan sempurna. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun. Indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi. janin mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->