SISTEM INFORMASI PENJUALAN

Disusun Oleh : 1. SUPRAPTO 2. TRY MADYARINI 3. DWI SETYANIK 4. WISNU DIAN PRANATA 5. BRIAN SANI KURNIAWAN 6. HERI MARDIYONO 7. AHMAD IRKHAMNI 8. EDI SUSANTO Prodi Teknik Perangkat Lunak Kelas 2007 A

UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
Jl. Manunggal 61, Tuban (0356) 322233 2010

Untuk itu segala kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan guna kesempurnaan dalam penulisan makalah berikutnya. MT. Seluruh anggota kelompok yang memberikan sumbangsih baik tenaga. Semua pihak yang telah membantu sehingga program ini dapat selesai tepat waktu Dalam penulisan makalah ini tentunya masih memiliki banyak kekurangan. SE.. 18 Mei 2010 Penulis. selaku pembimbing dalam pembuatan program Sistem Informasi Penjualan 2. fikiran. Tuban. . Bapak Nanang Wicaksono. Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kami haturkan kepada : 1. materi dan waktu untuk mendapatkan hasil program yang sesuai dengan harapan 3.KATA PENGANTAR Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Enterprise Resource Planning (ERP) dengan judul Sistem Informasi Penjualan.

yang ditandai dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi komunikasi serta transportasi. Pengolahan data .BAB I PENDAHULUAN 1. akurat. Mencatat order penjualan dengan cepat dan akurat 2 3 Untuk memposting penjualan dan penerimaan kas ke rekening Untuk menjaga keamanan produk piutang . Hal ini tentunya akan mengakibatkan meningkatnya permintaan konsumen akan keberadaan alat transportasi (khususnya sepeda motor). 1. relevan. karena sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak diminati oleh konsumen di Negara Indonesia. efisien dan dapat dipercaya. berdampak pada kebutuhan alat transportasi yang akan meningkat. Peningkatan kualitas struktur teknologi informasi dalam suatu negara. Acces akan menghasilkan suatu sistem informasi transaksi pembelian dan penjualan sepeda motor yang cepat. akan menghasilkan informasi yang lebih akurat dan dapat dipercaya dengan waktu yang lebih cepat dari pengolahan data secara manual. Perkembangan teknologi informasi.0 yang berbasis database Ms. sebagai tuntutan kemajuan zaman. yang telah diproses dalam suatu sistem informasi berbasis komputer dengan menggunakan suatu database yang terstruktur.1 Latar Belakang Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat semakin mendorong manusia untuk meningkatkan bahkan menciptakan suatu teknologi baru yang lebih bermanfaat bagi umat manusia.data transaksi penjualan dan pembelian sepeda motor. Sistem informasi dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.2 Tujuan Adapun tujuan dalam pembuatan Sistem Informasi Penjualan ini adalah sebagai berikut : 1. membuat setiap lembaga/ instansi dituntut memiliki infrastruktur teknologi informasi.

Memberikan kemudahan dalam pengolahan data yang sebelumnya dilakukan secara manual. khususnya pada pengelolaan data transaksi penjualannya.4 Batasan Masalah Permasalahan dibatasi pada pembuatan sistem informasi penjualan sepeda motor. Mengubah pengelolaan data penjualan barang yang masih dikelola dengan menggunakan tulisan tangan menjadi terkomputerisasi . 1.4 Menyediakan interface yang dapat mempermudah user dalam mengolah data penjualan sepeda motor dan memperoleh informasi yang berkaitan dengan kegiatan penjualan tersebut 5 Menyediakan sarana untuk admin dalam proses pengolahan dan penampilan data sepeda motor.3 Manfaat Manfaat dari pembuatan sistem informasi ini adalah : 1. sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam memasukkan data-data yang diperlukan 2. . 3. Dan penyediaan fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat mempermudah pengelolaan transaksi penjualan dan mempermudah dalam pembuatan laporannya. 1. Dimana pada satu nomor nota hanya dapat memuat satu jumlah barang. Sebagai sarana untuk mempermudah pengelolaan data penjualan sepeda motor pada dealer X. tidak dapat memuat lebih dari satu jumlah barang. supplier dan transaksi penjualan barang dari basis data.

5 Data Flow Diagram Data Pelanggan Customer other SI Penjuala n Data Barang Data Pelanggan Pelanggan Stock Barang Penjualan Nota Data Penjualan Penjualan SI Pembelian Stock Barang Barang Data Barang Penjualan Data Penjualan Terima Pembayaran Nota Penjualan Mencatat Retur Penjualan Data Retur Penjualan Retur Penjualan SIA Dealer .1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful