P. 1
Arti Loyalitas Dan Implement as in Ya Dalam Suatu Organisasi Hal

Arti Loyalitas Dan Implement as in Ya Dalam Suatu Organisasi Hal

|Views: 42|Likes:
Published by August Juniarta

More info:

Published by: August Juniarta on Mar 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2012

pdf

text

original

Arti loyalitas dan implementasinya dalam suatu organisasi hal

Sebelum membahas hal tersebut kita sebaiknya tahu dulu apa arti dari kata loyalitas dan implementasi yang mungkin jarang didengar oleh orang. Loyalitas berasal dari kata dasar “loyal” yang berarti setia atau patuh, loyalitas berarti mengikuti dengan patuh dan setia terhadap seseorang atau system/peraturan. Istilah loyalitas ini sering didefinisikan bahwa seseorang akan disebut loyal atau memiliki loyalitas yang tinggi jika mau mengikuti apa yang diperintahkan. Dalam konteks profesi atau dalam suatu rganisasi, loyalitas lebih dekat pada Kesetiaan, karena memang kata Kestiaan lebih tepat kalau dipadupadankan dengan kata profesi atau dalam ruang linkup organisasi. Jadi makna yang terkandung dalam “Loyalitas” adalah kesetiaan pengabdian pada profesi, penuh tanggung jawab dan siap berkorban demi pengabdian pada profesi. Sedangkan implementasi bisa diartikan pelaksanaan atau penerapan. Adanya pelaksanaan, aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem. Ungkapan mekanisme mengandung arti bahwa implementasi bukan sekadar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan secara sungguh-sungguh berdasarkan acuan norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan. Arti loyalitas dan implementasinya dalam suatu organisasi. Organisasi merupakan tempat kita berkumpul dan teroganisisir oleh seorang pemimpin atau ketua. Loyalitas dan implementasinya dalam suatu organisasi sangat diperlukan demi keberlangsungan organisasi tersebut. Setia pada sesuatu dengan rasa cinta, sehingga dengan rasa loyalitas yang tinggi sesorang merasa tidak perlu untuk mendapatkan imbalan dalam melakukan sesuatu untuk orang lain/ perusahaan tempat dia meletakan loyalitasnya. Meskipun sulit mencari orang yang memiliki rasa loyalitas pada suatu organisasi di jaman sekarang. Banyak jenis loyalitas dan implementasinya. Salah satu contoh loyalitas yang mungkin sering terjadi di sekitar kita adalah loyalitas pada profesi atau organisasi atau perusahaan. Sejatinya orang yang profesional adalah orang yang memiliki loyalitas pada organisasinya, tanpa loyalitas tidak bisa disebut profesional. implementasi dari loyalitas yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan unutk memanfaatkan karyawan semaksimal mungkin tanpa memperhatikan kebutuhan karyawan. Dalam hal ini perusahaan atau pengusaha mengganggap hubungannya dengan karyawan tidak sebagai partner tetapi sebagai majikan dan pegawai, yang memberi upah dan yang meminta upah. Perusahaan pun akan mudah memberi label tidak loyal kepada karyawannya jika karyawannya tersebut tidak mengikuti apa yang diperintahkan oleh perusahaan. Misalnya tidak mau kerja lembur atau tidak mau melakukan kegiatan yang diminta oleh perusahaan meski perkerjaan atau kergiatan tersebut diluar jam kerja atau diluar tanggung jawab karyawan tersebut.

Selain karena agar tidak disebut tidak loyal karyawan tersebut tidak menolak perintah perusahaan atau organisasi agar dapat mempertahankan posisinya dalam organisasi atau perusahaan tersebut. Agar dia tidak disebut tidak loyal karyawan mau melakukan yang diperintahkan perusahaan. Dengan penjelasan tersebut akhirnya perusahaannya dapat mengerti alasan kenapa dia menolak dan selanjutnya dia lebih di hormati dan dihargai sebagai seorang yang konsisten juga setia pada profesi. loyalitas pada profesi akan memberikan manfaar. Sikap inilah yang senantiasa dia pertahankan dan bentuk dari implementasi loyalitasnya terhadap profesi nya. baik pada kelangsungan profesi maupun eksistensi profesi itu. pekerjaan pada kontrak cukup jelas itu semua dia lakukan karena dia berusaha loyal pada profesidan posisinya. Ada seseorang yang berkerja pada sebuah perusahaan. Maka dengan sendirinya rasa loyal tersebut akan tumbuh. Karena karyawan yang menjadi penentu kemajuan atau kemunduran suatu perusahaan. Suatu ketika dia di suruh melakukan pekerjaan. Sebenarnya organisasilah yang harus lebih loyalitas kepada karyawan. Salah satu bentuk loyalitas dan implementasinya pada sebuah organisasi atau perusahaan . dia bekerja secara kontrak. Loyalitas adalah suatu bentuk karakter seseorang. . Karyawan atau anggota sebuah organisasi dituntut selalu harus memiliki loyalitas terhadap organisasinya. karena dengan keadaan atau posisi yang terpaksa pekerjaan tersebut tidak menghasilkan suatu hasil yang cukup maksimal. Mungkin tidak seperti zaman dahulu dimana banyak orang yang seetia pada kerajaan atau negaranya hingga rela mengorbankan nyawa. Dengan begitu dia akan menjadi berterima kasih dan cinta pada perusahaan atau organisasinya. Lalu dia menjelaskan pada pemiliki perusahaan bahwa sebenarnya ia bukannya tidak loyal terhadap perushaan kalau tidak mau mengerjakan suatu pekerjaan yang diluar tanggung jawabnya. Rasa nyaman itu sendiri akan menumbuhkan kedekatan dan rasa saling memiliki. dia menolaknya karena pekerjaan tersebut tidak sesuai kontrak. Pada perkembangaannya karyawan hanya akan loyal terhadap perusahaan atau organisasinya jika menemukan kenyamanan dan dihormati. Tentu saja informasi tersebut harus dijaga agar tidak jatuh atau terdengar oleh orang lain baik sengaja atau tidak sengaja. dia dihormati oleh rekan kerja tau pun atasanya dan mungkin juga bawahannya. itu dia lakukan karena berusaha unutk profesional. Dan zaman seseorang loyalitas adalah sebuah pilihan. Itu karena karyawanlah yang mengetahui apa yang terjadi setiap saat dalam perusahaan tersebut atau pun informasi perusahaan yang hanya salah satu karyawannya yang mengtahui. Dia merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya.Terkadang itulah yang menyebabkan karyawan tidak bekerja secara maksimal. jika dia seorang petinggi. Itulah bentuk loyalitas dan implementasinya yang saya ketahui. Lalu perusahaan tersebut mengganggapnya tidak loyal.

Tanpa loyalitas dari anggotanya. Mungkin tidak masalah jika informasi yang tersebar adalah kehebatan atau kesuksesan organisasi tersebut tapi jika yang yang tersebar adalah kelemahan organisasi tersebut maka tamatlah sudah. Sebuah organisasi tanpa loyalitas dan penerapah atau implemsitas dari anggotanya maka organisasi tersebut akan hancur.Jadi menurut saya loyalitas dan implementasinya pada sebuah organisasi sangat lah penting. rahasia organisasi tersebut akan tersebar dimana. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->