MAKALAH ESTETIKA

MAKALAH ESTETIKA SIFAT DASAR DAN FUNGSI SENI

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 8 1. AMIR JAYA 2. DEWA AYU KOM. FITRI 3. VITA DAMAYANTI ODE 4. SRI NUR ATIRAH

JURUSAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2010

sehingga timbul usaha untuk memunculkannya. Penulis .Kata Pengantar Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME. Terima kasih. karena rahmat dan taufiknya kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “SIFAT DASAR DAN FUNGSI SENI”. mohon saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan. demi perbaikan penulisan berikutnya. Dengan rasa rendah hati. dalam mata kuliah Estetika. karena bentuk penuliasan ini masih banyak kekurangannya. di harapkan materi ini dapat bermanfaat sedemikian rupa. Terima kasih juga kepada rekanrekan yang ikut serta di dalamnya. Terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah menuntun untuk menjelaskan tugas ini. Makalah ini kami susun semaksimal mungin juga menambah wawasan dan dapat di jadikan bahan diskusi.

pendidikan dan komunikatif.di mana-mana manusia butuh seni. Bagaimana sifat dasar seni yang di katakan kreatif. Dan kita ketahui bersama bahwa. Maka dari itu. Latar Belakang Dikatakan bahwa sifat dasar atau cciri pokok seni yaitu kreatif. kesemestaan di mana keseluruhannya adalah wujud yang paling sering kita alami. apakan di dalam lngkungan umum ataupun lingkungan khusus. Tak dapat di pungkiri bahwa manusia butuh seni karena. individual.BAB I PENDAHULUAN A. B. abadi. kesenangan. individual. ekspresif. C. Jelaskan 4 fungsi seni . Tujuan Tujuan yang ingin dicapai dalam penyusunan makalah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran rekan-rekan untuk dapat memahami makna sifat-sifat dasar dan fungsi seni dan mampu menerapkannya. namun dari hal tersebut kami dapat menyadari bahwa makalah ini akn berfungsi dengan baik jika benar-benar di pahami dan di perankan terutama pada fungsi seni itu sendiri seperti fungsi-fungsi kerohanian. Terwujudnya makalah ini dengan judul sifat dasar dan fungsi seni karena adanya tuntutan oleh dosen pembimbing. jika bicara seni pastinya berkaitan dengan perasaan yaitu keindahahn yang membuat senang. abadi dan kesemestaan 2. ekspresif. Rumusan Masalah 1. yang memiliki nilai terutama dalam lingkungan untuk bersosialisasi. kita perlu tahu sifat-sifat dasar dan juga fungsi seni itu sendiri.

. Berikan conttoh-contohsehinnga sifat dasar seni yaitu untik memahami bagaimana sifat dasar seni itu sebenarnya.3.

BAB II PEMBAHASAN A. untuk dapat menikmatisebuah karya harus menggunakan perasaan yang paling dalam. Individual Adalah bahwa suatu karya seni memiliki ciri perseorangan dari penciptanya. Demikian pula yang di getarkan oleh karya seni pada diri penikmat. Dengan demikian setiap karya seni haruslah merupakan hasil karya seseorang. sajak gubahan Chairil Anawar. misalnya lukisan karya Affandi. Ekspresif (mengangkat perasaan) Artinya dalam membuat karya seni selalu melibatkan emosi dan jiwa dari pengalaman hidupnya. 3. drama. Contoh lain juga seperti sjak. Ade. Sifat Dasar Seni 1. lagu ciptaan komponis Bethoven. Demikian pula penikmat / pemirsanya bersifat individual. kemudian di bawakan oleh . lagu ciptaan Iwan Fals yang berbeda dengan lagunya Ebiet G. 2. arsitektur. Kreatifitas Adalah kemampuan seseorang untuk mengubah sesuatu yang ada menjadi baru. yang masing-masing menunjukan sesuatu gaya yang khas. serta suara di ubah menjadi musik dan gerakan di ubah menjadi sebuah tarian. tanah liat menjadi keramik. Oleh sebab itu. misalnya: sebuah lagu yang diciptakan melalui perasaan seorang seniman. contoh: batu yang di ubah menjadi patung.kreatifitas ini pulalah yang menjadi perbedaan pokok antara seni dengan kerajinan. adalah emosi tertentu pula. film dsb.

Contohnya: suatu suku bangsa paling primitif di pelosok dunia walaupun mungkin tidak mengenal huruf. bahasa. Antaranya. hidup itu sementara. bangsa.R. Sejak jaman pra sejarah sampai jaman modern ini orang terus membuat karya seni dengan beragam fungsi di wujudnya sesuai perkembangan masyarakat. Seni tak dapat di paksa dari kehidupan masyarakat. pepatah Romawi kuno mengatakan “Ars longa vita brevis” dalam bahasa inggrisnya “art is long. 5. Supratman sampai saat ini tetap abadi dan karyakarya lukisan S. tidak memiliki agama. 4. tarian. karena manusia memiliki perasaan. . nyanyian bersama. life is short” yang artinya seni itu abadi. Contoh: lagu Indonesia Raya ciptaan W. tak mengenal batasan waktu. dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Kesemestaan Ini berarti seni berkembang di seluruh dunia dan di sepanjang waktu. Tampil dalam suara dan penampilan yang seirama maka pendengar lagu itu akan tergugah hatinya. sesungguhnya semua perbuatan manusia memiliki sifat demikian. sepanjang masa walaupun penciptanya sudah tak ada. suku dll. Semua itu jika ada kesungguahan dalam menggunakan indera rasa seperti yang di lakukan pencipta denagan penyanyinya. seni hias pada tubuh atau pada tubuh atau pada tombaknya ini menandakan bahwa seni bersifat universal (menyeluruh). tetapi tentu mempunayi dan mengembangkan suatu seni.seorang penyanyi yang menjiwai isi lagu. ini berarti penciptaan karya itu tidak dapat di batalkan. tidak bisa berhitung. Keindahan seni itulah yang melakukan komunikasi antara manusia dengan perasaan di samping dengan bahasa pergaulan sehari-hari. Contoh. Sudjojoko dan Affandi masih di apresiasi oleh masyarakat dan sangat di nikmati oleh para kolektor lukisan walaupun beliau telah wafat. Abadi Artinya seni dapat hidup langgeng. keabadian seni yaitu sebuah bangunan arsitektur di musnahkan atau karya sastra di bakar.

2. arsitektur Masjid dll. Pada senni yang berdaya guna dalam kehidupan mereka. Seorang seniaman akan akan terhibur ketika berkarya dn akan lebih merasa terhibur jika karyanya di nyatakan berhasil. Nilai dapat di bedakan atas dua macam yaitu nilai ekstrinsik dan nilai intrinsik. perkembangan seni semakin tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia.B. Fungsi Kerohanian (Spiritual) Seni di pandang memiliki funsi kerohanian (spiritual) karena banyak di manfaatkan sebagai media bagi manusia untuk mendekatkan diri denagn sang pencipta. lukisan yang menyentuh perasaan. kreatifitas. bahkan seni menduduki fungsi-fungsi tertentu dalam kehidupan manusia. Misalnya seperti membaca Al-Quran. Fungsi Kesenangan Seni di pandang memiliki fungsi kesenangan hanya untuk kesenangan yaitu hiburan. nyanyian rohani. Nilai ekstrinsik ialah nilai yang di kejar manusia demi sesuatu tujuan yang ada di luar kegiatananya. Fungsi Seni Di zaman modern. 3. Funsi Pendidikan Seni di pandang memiliki fungsi pendidikan karena dapat meningkat potensialitas manusia seperti keterampilan . 1. Beberapa seni lukis misalnya dapat meningkatkan keterampilan . ( peluapan emosi yang menyenangakan). film yang bagus. emosionalitas dan sensibilitas (kepekaan). keunggualn atau kebaikan yang terdapat pada seni itu sendiri. Demikian seseorang akan merasa terhibur jika mendengarkan musik. sedangakan nilai instrinsik yaitu nilai yang di kejar manusia dari nilai itu sendiri karena keberhargaan. kaligrafi. Fungsi ini tampaknya yang tertua dan pokok dari seni yang bercorak spiritual. Dan semuanya kembali kepada sejaauh mana apresiasi seseorang terhadap karya seni.

Fungsi Komunikatif Seni di pandang memiliki fungsi komunikatif karena dapat menghubungkan pikiran seseorang dengan orang lain. . Orang usia lanjut dan orang muda dapat bertemu melalui seni. lagu. 4. Sedangakan pendidikan nonformal dapat di lakukan oleh pemerintah melalui film. Pria dan wanita dapat berhubungan pada landasan yang sama berupa karya seni bahkan orang-orang (seniman) yang hidup berabad-abad yang lampau dan di tempat yang ribuan kilometerr jauhnya dapat berkomunikasi dengan orang-orang sekarang melalui karya seni yang di tinggalkan. serta penserapan panca inderanya lebih lengkap. daya khayal sehingga menjdi lebih kreatif. menyanyi dan bermain musik. sensibilitasnya meningkat.upaya pendidikan yang sudah umum di lakukan agar menyenangkan dalam seni contohnya seperti drama yang di aplikasikan dalam pelajaran sejarah. atau wayang. Peningkatan karya seni dapat mengasah perasaan sesseorang sehingga menjadi lebih sensitif.tangan ketajaman penglihatan.

keunggulan atau kebaikan yang timbul dari sesuatu kegiatan manusia atau melekat pada sesuatu hal. apakah di lingkungan kampus ataupun di luar kampus 3. pendidikan dan komunikatif. abadi dan kesemestaan. kesenagan. Dapat sekaligus mencerahkan fungsi-fungsi seni untuk bersosialisasi dengan penuh ekspresi. 2. 3. 4. Nilai adalah keberhargaan. B. Jangan meremehkan fungsi seni karena kita hidup pasti membutuhkan seni. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang apa dan bagimana sifat dasar dan funsi seni itu secara benar dan dapat di terima di kalangan umum.BAB III PENUTUP A. . ekspresif. individual. Kesimpulan 1. 2. Saran 1. Nilai di bedakan atas dua macam yaitu nilai ekstrinsik dan nilai instrinsik. Sifat dasar seni yaitu ada 5 yaitu: kreatif. Funsi seni terhadap kehidupan ada 4 yaitu: fungsi kerohanian (spiritual).

(2007).com/senirupa/id30.blogspot.DAFTAR PUSTAKA Sukarman. Estetika.blogspot.com/2008/05/fungsi-seni.com/bse/sifat-dasar-seni .html http://imajiku-diksi. Makassar: UNM http://members.htm http://imajiku-diksi.fortunecity.com/2008/05/sifat-sifat-dasar-seni.html http://gurumuda.

KEIMPULAN B. Fungsi pendidikan 4.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. RUMUSAN MASALAH BAB II PEMBAHASAN A. SIFAT-SIFAT DASAR SENI 1. Kesemestaan B. Fungsi kesenangan 3. Ekspresif 4. LATAR BELAKANG B. Fungsi komunikatif BAB III PENUTUP A. Individual 3. Abadi 5. Kreatif 2. SARAN DAFTAR PUSTAKA . FUNGSI SENI 1. Fungsi kerohanian 2. TUJUAN C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful