Adab Berpakaian dan Berhias

Etika Berpakaian dan Berhias
MediaMuslim.Info - Disunnatkan memakai pakaian baru, bagus dan bersih. Rasulullah Shallallaahu „alaihi wa sallam telah bersabda kepada salah seorang shahabatnya di saat beliau melihatnya mengenakan pakaian jelek : “Apabila Allah mengaruniakan kepadamu harta, maka tampakkanlah bekas ni`mat dan kemurahan-Nya itu pada dirimu.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Pakaian harus menutup aurat, yaitu longgar tidak membentuk lekuk tubuh dan tebal tidak memperlihatkan apa yang ada di baliknya. Pakaian laki-laki tidak boleh menyerupai pakaian perempuan atau sebaliknya. Karena hadits yang bersum-ber dari Ibnu Abbas Radhiallaahu „anhu ia menuturkan: “Rasulullah melaknat (mengutuk) kaum laki-laki yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” (HR. Al-Bukhari).

Tasyabbuh atau penyerupaan itu bisa dalam bentuk pakaian ataupun lainnya. Pakaian tidak merupakan pakaian show (untuk ketenaran), karena Rasulullah Radhiallaahu „anhu telah bersabda: “Barang siapa yang mengenakan pakaian ketenaran di dunia niscaya Allah akan mengenakan padanya pakaian kehinaan di hari Kiamat.” ( HR. Ahmad, dinilai hasan oleh AlAlbani).

Pakaian tidak boleh ada gambar makhluk yang bernyawa atau gambar salib, karena hadits yang bersumber dari Aisyah Radhiallaahu „anha menyatakan bahwasanya beliau berkata: Rasulullah Shallallaahu „alaihi wa sallam tidak pernah membiarkan pakaian yang ada gambar salibnya melainkan Nabi menghapusnya”. (HR. Al-Bukhari dan Ahmad).

Laki-laki tidak boleh memakai emas dan kain sutera kecuali dalam keadaan terpaksa. Karena hadits yang bersumber dari Ali Radhiallaahu „anhu mengatakan, Sesungguhnya Nabi Allah Subhaanahu wa Ta‟ala pernah membawa kain sutera di tangan kanannya dan emas di tangan kirinya, lalu beliau bersabda: Sesungguhnya dua jenis benda ini haram bagi kaum lelaki dariumatku”. (HR. Abu Daud dan dinilai shahih oleh Al-Albani). Pakaian laki-laki tidak boleh panjang melebihi kedua mata kaki. Karena Rasulullah Shallallaahu „alaihi wa sallam telah bersabda : “Apa yang berada di bawah kedua mata kaki dari kain itu di dalam neraka” (HR. Al-Bukhari).

Adapun perempuan, maka seharusnya pakaiannya menu-tup seluruh badannya, termasuk kedua kakinya.Adalah haram hukumnya orang yang menyeret (meng-gusur) pakaiannya karena sombong dan bangga diri. Sebab ada hadits yang menyatakan : “Allah tidak akan memperhatikan di hari Kiamat kelak kepada orang yang menyeret kainnya karena sombong”.

agar memakai pakaian yang panjang sampai menutupi aurat 4. menyisir rambut dan bersuci‟. Pakaian harus menutupi aurat. Ahmad dan dinilah shahih oleh Albani). oleh karena itu. menipiskan bulu alis. Disunnatkan memakai pakaian berwarna putih. karena larangannya shahih. memotong gigi supaya cantik dan menyambung rambut (bersanggul). (Muttafaq‟-alaih). atau jika ia berada di suatu tempat yang ada laki-laki asing (bukan mahramnya). http://www. wanita yang menipiskan bulu alisnya dan yang meminta ditipiskan dan wanita yang meruncingkan giginya supaya kelihatan cantik. Sedangkan wanita.(Muttafaq‟alaih). (mereka) mengubah ciptaan Allah”. Untuk laki-laki. atau jika perempuan itu sedang berihdad (berkabung) atas kematian suaminya.ajaranislammurni. Disunnatkan kepada orang yang mengenakan pakaian baru membaca :“Segala puji bagi Allah yang telah menutupi aku dengan pakaian ini dan mengaruniakannya kepada-ku tanpa daya dan kekuatan dariku”. kecuali bila keduanya dalam keadaan berihram untuk haji ataupun umrah. Pakaian harus bersih dan rapi 3.com/ Adab berpakaian adalah sebagai berikut : 1. Karena Rasulullah Shallallaahu „alaihi wa sallam di dalam haditsnya mengatakan: “Allah melaknat (mengutuk) wanita pemasang tato dan yang minta ditatoi. Haram bagi perempuan memasang tato. (Muttafaq‟alaih). Abu Daud dan dinilai hasan oleh Al-Albani). Disunnatkan mendahulukan bagian yang kanan di dalam berpakaian atau lainnya. Disunnatkan menggunakan farfum bagi laki-laki dan perempuan. ketika memakai sandal. Dan di dalam riwayat Imam Al-Bukhari disebutkan: “Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya”. katrena hadits mengatakan: “Pakaialah yang berwarna putih dari pakaianmu. Aisyah Radhiallaahu „anha di dalam haditsnya berkata: “Rasulullah Shallallaahu „alaihi wa sallam suka bertayammun (memulai dengan yang kanan) di dalam segala perihalnya. (HR. dilarang bagi lelaki muslim untuk menggunakan barang-barang diatas. haram hukumnya menggunakan sutra dan emas. Para lelaki muslim. harus menggunakan pakaian yang menutupi anggota tubuhnya keculai wajah dan kedua telapak tangan 5.blogspot. 2.sebagaimana sabda Rasulullah ber¬sabda: Sesungguhnya dua benda ini (emas dan sutera) haram atas lelaki . karena yang putih itu adalah yang terbaik dari pakaian kamu …” (HR.

(H. karena hal ini dapat menyebabkan "tassabuh" 7. Dalam islam tidak diperkenankan lelaki memakai pakaian wanita dan sebaliknya. 1. berpakaian adalah mengenakan pakaian untuk menutupi aurat. Lebih mengutamakan pakaian yang berwarna putih 10. mudah-mudahan mereka selalui ingat. jika tidak berpakaian seperti itu dianggap tidak mengikuti perkembangan mode.ummatku. Tidak diperkenankan memakai pakaian yang mewah 9.com/social-sciences/1821648-adab-berpakaian-dalamislam/#ixzz1fiH7okel ADAB DALAM BERPAKAIAN ADAB DALAM BERPAKAIAN 1.shvoong.Abu Daud) 6.R. Alasannya. bagaimana berpakaian menurut islam ? Menurut ajaran Islam. bahkan menjadi suatu kebanggaan bagi mereka. Al-A‟raf:26) ْ . Demikianlah sebagian tandatanda kekuasaan Allah. Mereka sudah tidak malu-malu lagi mempertontonkan auratnya. Dalam ajaran islam. Jika demikian.S. dan sekaligus perhiasan untuk memperindah jasmani seseorang. Sebagaimana ditegaskan Allah Swt. terutama dikalangan para remaja puteri tampaknya sudah jauh dari tuntunan Islam. Hendaklah berpakaian yang rapi dan sopan Sumber: http://id. dalam firman-ya: ْ ٙ٘‫ٝثَِْْْٜ~ْادًْقَداَّص ْىَْاعيَٞنٌْىِثَاثًاُٝ٘ازْٛ ْسْ٘ اذِنٌْٗزٝشاٗىِثَاضُ ْاىرَّق‬ ُْْ َ َ ْ ْ ََ َ ً ِْ َ ُْ َ ِ َ ُ َّ َّ َ ْ َ َْ ْ ﴾٦٢ْ:ْ‫ذىِلَ ْخٞسٌْطْذىِلٍَْْااٝدْهللاْىَعيٌَُّْٖٝركُزُْٗ َُ ْ﴿ْاألءاف‬ ِ ِْ Artinya: “Wahai anak Adam! Susungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagaimu tetpi takwa itulah yang lebih baik.” (Q. Pengertian adab dalam berpakaian Jika diperhatikan cara berpakaian seperti saat ini. hukumnya sunat memakai pakaian dengan diawali bagian kanan 8. Kita boleh saja mengikuti perkembangan mode tetapi jangan sampai mejgobral aurat.

Islam sangan menganjurkan kepada umatnya untuk selalu tanpil rapi dan bersih dalam kehidupan sehari-hari. tidak hanya sekedar mode atau trend yang mengikuti perkembangan zaman. Sabda Rasulullah saw. dan atau melambangkan pakaian kebesaran agama lain . bukan menggiurkan dibuatnya. baru kemudian sebelah kiri Tidak menyerupai pakaian wanita bagi laki-laki. indah dipandang dan nyaman digunakan. Menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. atau pakaian laki-laki bagi wanita e) Tidak meyerupai pakaian Pendeta Yahudi atau Nasrani. dan begitu seterusnya. Artinya. misalnya kemeja. Diantara adab berpakaian dalam pandangan Islam yaitu sebagai berikut: a) Harus memperhatikan syarat-syarat pakaian yang islami. Disamping itu. baik secara moral. Pada saat menghadiri pesta. Semakin tinggi imam seseorang maka dia akan semakin menjaga kebersihan dan kerapian tersebut.Ayat trsebut memberi acuan cara berpakaian sebagaimana dituntut oleh sifat takwa. 1. terutama wanita b) Pakailah pakaian yang bersih dan rapi. kita menggunakan pakaian yang cocok untuk berpesta. sehingga tanpak simpati dan berwibawa serta anggun dipandangnya. kita cukup menggunakan piyama. pada saat tidur. dari riwayat Abu Darda : ُِْ‫اَىَّْضأَْفَحٍَُِْ ْاالَٝا‬ َِْ ْ ِ Artinya : “Kebersihan merupakan bagian dari iman” Pakaiana yang kita kenakkan harus sesuai dengan tuntutan Islam dan sebaliknya disesuiakan dengan situasi dan kondisi. Karena kerapian dan kebersihan ini. sehingga menjadi serasi dan tidak menjadi bahan tertawaan orang lain. pemilihan model dan warna pakaian juga harus disesuaikan dengan badan kita. yaitu untuk menutup aurat dan berpakaian rapi. Islam mengajarkan tata car atau adab berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama. baju batik. yang akan berpengaruh terhadap pergaulan dengan sesame c) d) Hendaklah mendahulukan anggota badan yang sebelah kanan. Rasulullah saw. 2. Contoh adab dalam berpakaian Didalam ajaran Isalam. berpakaian tidak hanya sekedar kain penutup badan. yaitu yang dapat menutupi aurat. orang beriman akan selalu menjaga kerapian dan kebersihan kapan dan di mana dia berada. sehingga tidak terkesan kumal dan dekil.

sehingga akan mendapat dosa bagi yang meninggalkannya . pertahankan sampai akhir hayatmu. sesuai dengan ukuran tubuhnya. hendaklah terlebih dahulu untuk [erhatikan hal berikut ini : a) Tanamkan keimanan yang kuat dalam hati. ridak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan . pakaiannya harus menutupi aurat dan tidak berlebihan. untuk mebiasakan diri mempraktikkan adab berpakaian secara Islami. Bagi wanita. bahkan sebaliknya harus merasa bangga dan percaya diri terhadap apa yang kamu lakukan. Mempraktikkan adab berpakaian dalam kehidupan sehari-hari Sebagiana muslim yang beriman. sehingga terkesan berat dan rikuh menggunakannya. Begitu pula bagi seorang muslim. Selain itu. sehingga terkesan ingin memperlihatkan lekuk tubuhnya atau mempertontonkan kelembutan kulitnya g) Tidak terlalu berlebihan atau sengaja melebihkan lebar kainnya. hendaknya kamu berpakaian sesuai dengan ajaran Islam. Kamu tidask perlu merasa malu untuk mempraktekkan adab pakaian secara islami. Artinya.f) Tidak terlalu ketat dan transparan. seorang muslim juga harus menggunakan pakaian yang pantas dan menarik untuk dipandang. kecuali muka dan kedua telapak tangan. agar niat niat yang baik tidak tergoyahkan b) Yakinkan dalam hati bahwa menutup aurat bagi seorang muslim dan muslimah adalah wajib hukumnya. bagi yang belum. yaitu : َ ْ َ َ َُْ ‫اَ ْىحَدهللِْاىَرْْٛ ْمساِّْٜٕرااىثَّْ٘ بْٗزشقٍَِِْْْٜغْٞسحْ٘ ىٍــ‬ َ ِ َ ْ ِ ْ َ َ َ َ ِ ْ ْ ُ٘‫ٍِّْْٜٗالَق‬ ‫ِ ْ َ َّ ج‬ ٍ Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi pakaian dan rezeki kepadaku tanpa jerih payahku dan kekuatanku” 1. Bagi yang sudah melakukannya. seluruh tubuhnya harus tertutup oleh pakaian (busana). mulailah dari sekarang berpakaian secara Islam. hendaknya kamu yang mulai membiasakan diri berpakaian secara islami sesuai adab berpakaian dalam Islam. disamping bisa mengurangi nilai kepantasan dan keindahan pemakainya h) Sebelum memakai pakaian. Sebagi remaja mesjid. hendaklah berdoa terlebih dahulu. pakaiannya harus menutupi seluruh aurat. 3.

” (H. sebagai perwujudan keimanan yang kuat dri diri seorang muslim/muslimah e) Ayo. ْ ِْ ِْ‫ىَعََِ ْزسُْ٘ هُْهللاِْصيَّْٚهللاُْعيَْٞٔٗسيٌَّْاَىّسجأ َ ْىَرَشَاتَِِٖٞ ْتِاىِّْسـاء‬ َ َ َ ُ ‫َ ْ ِ َ َ َ ِ َ هْا‬ ْ ﴾ْٚ‫ٗاىِّْسـاءٗاىِّْسـاء ْاىَرَشَاتَِٖاخْتِاىسجاىِــ.c) Tanamkan keyakinan bahwa Islam tidak bermaksud memberatkan umatnya dalam berpakaian. serta tidak berlebihan dalam melakukannya. mulailah dari sekarang. Islam tidak umatnya berhias dengan cara apa pun. bahkan sebaliknya memberikan kebebasan dan perlindungan bagi harkat dan martabat umatnya. begitu pula dengan sebaliknya laki-laki tidak boleh berhias seperti layaknya wanita. mengutuk (membeci) laiki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki. Perhatikan sabda Rasullulah saw.ْ﴿زٗإاىداقـط‬ َ ِّ ِ ُ َ َ َ ِ َ َ Artinya : “Rasulullah saw. merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim.R. Daruquthni) . Pengertian adab berhias Berhias artinya berdandan atau merapikan diri baik fisiknya maupun pakiannya. Sebab yang demikian itu dilarang dalam ajaran Islam. Menghiasi diri agar tmpil menarik dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang memandangnya. Berhias dalam pandangan Islam adalah suatu kebaikan dan sunah untuk dilakukan. sepanjang tidak melanggar kaidai-kaidah agama atau melanggar kodrat kewanitaan dan kelaki-lakian. terutama bagi kaum wanita di hadapan suaminya. ADAB BERHIAS 1. dan kaum pria dihadapan istrinya. d) Tanamkan rasa bangga telah berpakaian sesuai ajaran Islam. 1. Wanita tidak boleh berhias dengan cara laki-laki. sepanjang untuk ibadah atau kebaikan. yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib.

dari riwayat Abdullah bin Abi Aufa: َّ ﴾‫اُِْهللاَْجَٞوٌُْٝحةُّ ْاىجَاىَــْ﴿زٗآْأحـَد‬ َ َ ْ ِ ِْ َ . Al-A‟raf:31) Islam tidak menyukai umatnya yang tidak pandai menghias diri. Contoh adab dalam berhias Agama Islam mengajarkan kepada kita agar senantiasa tampil rapid an menarik. ke sekolah atau tempat0tempat kebaikan.Dengan demikian. dan Dia menyukai keindahan. Perhatikan firman Allah Swt . setiap saat kita boleh berhias sekedar untuk membuat kenyamanan bagi diri sendiri dan oran lain yang memandangnya. juga mendapat nilai ibadah dari Allah Swt. kumal dan dekil. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”(Q. ‫َٝثَِْْٜاَدًْخرْٗ اشَْٝرَنٌْعْدموٍِّْسْجدٗميُْ٘ اٗاشستُْ٘ ا‬ َ ْ َ ُ َ ٍ ِ َ ُ َِْ ُْ ِْ ُ ُ ََ ْ ْ ِ ُْ ِ ْ ﴾١٣:ْ‫ٗالَذُسْسفُْ٘ اأَِّّْالَُٝحةُّ ْاىَسْسفَِِٞ . Misalnya. menyisisr atau memotong rambut dan merapikannya. Sungguh. Sehingga perbuatan menghiasi diri. Apabila. pakailah pakainmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid. dan sebagainya. berhias untuk melaksanakan shalat lima waktu. 1. Artinya. Sebab hal yang demikian itu tidak dapat mengangkat citra islam di mata orang lain. membersihkan pakaian dan menyetrikanya. 2. berhias menurut ajaran Islam harus sesuai dengan adab dan tata cara yang Islami.ْ﴿األعساف‬ َ ِ Artinya : “Wahai anak Adam. selain membuat penampilan menjadi indah dan menarik. Keindahan itu milik Allah. Misalnya. Perhatikan sabda Rasulullah saw. Islam sangat meyukai keindahan dan keserasian. makan dan minumlah tetapi janganlah berlebih-lebihan.S. maka berhiaslah agar kamu tanpak indah dipandang dan menarik diperhatikan. kalau berhias untuk tujuan ibadah kepada Allah swt. untuk pergi pengajian. sehingga penampilannya tanpak kumuh.

3. alcohol tinggi. bedak yang terlalu tebal. belajar. Paling sehabis mandi pagi. percantiklah aku dengan ilmu dan takwa. Oleh karena itu. ketika kita berhias atau berdandan maka hendaknya maka hendaknya menggunakan tata cara atau adab secara Islami. parfum yang berbau menyengat. dan sebagainya c) Mendhulukan anggota sebelah kanan. kita sering sekali menghias diri. baik kesekolah maupun ke tempat kerja. misalnya untuk melaksanakan salat. e) Membaca “Basmalah” setiap kali akan memualai berhias. dan hiasilah aku dengan hati yang lembut dan budi pekerti mulia” 1. hendaknya . menyabut suami tercinta.. alat-alat kecantikan tidak mengandung lemak babi. beu kemudian sebelah kiri d) Berhiaslah untuk tujuan ibadah atau kebaikan. dan tidak berlebihan. dan sebagainya. Mempraktikkan adab berhias dalam kehidupan sehari-hari Dalam kehidupan sehari hari. Misalnya. menggunakan lipstik melebihi garis bibir. benda-benda yang mengandung najis dan sebagainya b) Menggunkan alat-alat atau barang-barang hias sesuai kebutuhan dan kepantasan. mengaji. Misalnya. yaitu antara lain: a) Memakai perhiasan atau alat-alat untuk berhias yang halal dan tidak mengandung efek ketergantungan.” (H.R Ahmad) Namun demikian.Artinya: “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. ketika hendak berangkat pergi.‫اَىيَّـٌُْٖجَ ْيِْْٜتِاىع ْيٌْٗاىرَّقْ٘ٙٗشَ ِِّْْْْٜٝتِاىح ْيٌْٗ ْاالَخالَقْاىنسَٝح‬ ِ َِْ َ ْ ِ ْ َ ِ ِ ْ َ َ ْ َ ِ ِ ْ ْ ِّ َ َّ Artinya : “Ya Allah. agar mendapatkan berkah dan pahala f) Membaca doa setiap kali menghadap cermin untuk berhias .

com/sdsmpsma/adab-dalam-berpakaian/ . dan mengangkat citra agama. juga mendapat pahala dai Allah Swt.mulai membiasakan diri secara islami.wordpress. Untuk dapat mempraktikkan adab berhias secara Islami. d) Hindari berhias yang hanya untuk mengharapkan pujian dan sanjungan dari orang lain atau bermaksud menggoda orang lain agar tertarik padanya. sepanjang tidak dipakai maksiat. c) Tanamkan niat. yang suci bahwa berhias hanya untuk kebaikan semata. e) Mulailah mempraktikkan adab berhias secara islami dari sekarang. agar dalam berhias sehari-hari tidak tergoda oleh buju rayu setan yang selalu mengajak berlebihan b) Tanamkan keyakinan bahwa berhias termasuk ibadah mendapat pahala. hendaknya kamu perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut : a) Tanamkan keimanan yang kuat dalam hati. sesuai dengan adab dan tata cara menurut ajaran Islam. http://mahabesar. menambah kepaercayaan diri. agar kelak terbiasa menjadi seorang yang pandai berhias untuk ibadah dan kebaikan. agar selain dapat tampil rapid an indah dipandang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful