ActionScript Macromedia Flash

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang di pakai oleh software Flash untuk mengendalikan object-object ataupun movie yang terdapat dalam Flash. Sebenarnya Flash juga bisa tidak menggunakan ActionScript dalam pemakaiannya, tapi kalau menginginkan adanya interaktifitas yang lebih komplek maka ActiosScript ini dibutuhkan. ActionScript mungkin akan sangat terasa familiar bagi kamu yang udah pernah memakai bahasa pemrograman Java-Script karna ActionScript memakai basic yang sama dengan Java-Script.

Kegunaan ActionScript
ActionsScirpt mempunyai banyak kegunaan, untuk contohnya ActionScript bisa dipakai untuk:
• • • • • • • •

Membuat Web Interaktif Membuat CD interaktif Membuat presentasi yang bagus Membuat Game interaktif Membuat Game Online Membuat Simulasi dan animasi dalam pembelajaran ActionScript juga bisa berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan ColdFusion dan masih banyak juga yang lainnya..

Object dan Frame Actions
Struktur dasar dari sebuah aksi adalah: saatSesuatuTerjadi(input) { lakukanAksi } Ada dua macam Action yang terdapat dalam ActionScript: object actions dan frame actions.

Object Actions - MovieClips

Object actions adalah sebuah actions dari ActionScript yang di tempatkan didalam object. Jalakan Movie tersebut : Control > testMovie 3. dan (this) adalah instance atau object yang akan melakukan aksi. jadi onClipEvent ini adalah sebuah fungsi yang akan terus mengawasi apa yang sedang dilakukan oleh user. Buka file object actions .Button Object actions yang disisipkan didalam button mempunyai structure yang sama bedanya hanya dalam event handler dimana kalau didalam movieClip adalah . Script ini akan terus berfungsi selama MovieClip yang diberikan script ini masih ada. maka kotak yang ada disebelah kiri akan bergeser. MovieClip dan Button bisa diberikan Actions sedangakan Graphic tidak. untuk melihat script bukan panel action di flash: Window > Actions dan klik MovieClip kotak yang disebelah kiri. Didalam script tersebut terdapat dua buah function onClipEvent. 1. beberapa event yang terdapat dalam movieClip: · · · · · · · · · load unload enterFrame mouseMove mouseDown mouseUp keyDown keyUp data Object Actions . keadaan dimana sesuatu telah terjadi. tekan mouse dan gerakan.object action menempati instance dari sebuah symbol. symbol yang sudah didalam stage (bukan dalam library) mempunyai properties dan method masing masing.MovieClip. didalam flash ada 3 macam symbol: MovieClip. mouseDown adalah saat user menekan mouse dan mouseUp adalah saat user berhenti menekan mouse.fla dengan menggunakan software flash(Macromedia Flash 8 atau versi yang terbaru) 2. dan tidak tergantung kepada frame. starDrag aksi yang dilakukan setalah user memberi inputan sesuai dengan fungsi. mouseDown dan mouseUp adalah input variabel yang akan di lakukan user.(this) ini juga bisa merupakan nama dari instance kalo nama instance dari kotak tersebut adalah kotakkiri maka script tersebut menjadi starDrag(kotakkiri) . onClipEvent ialah sebuah event Handler (bingung di bahasa indonesiain gimana. Button dan Graphic. bukan symbol itu sendiri. tetapi tidak dengan kotak yang disebelah kanan. yang didalam flash dikenal dengan symbol baik itu MovieClip ataupun Button. MovieClip yang berbentuk kotak yang disebelah kiri telah disisipi object action sedangkan movieClip yang berbentuk kotak disbelah kanan tidak.

lingkaran _root disini adalah dasar dari sebuah flash movi.lingakan. klik di frame tersebut. coba jalankan file tersebut dengan control > test Movie kotak akan bergerak dari kiri ke kanan.· · · · · · · · onClipEvent sedanangkan pada button adalah on. 4.kotak. di frame tersebut action disisipkan. dan pada saat telah berada di kanan dimana frame movie berada pada frame 36 makan script akan di eksekusi. Dot Syntax ActionScript sama dengan JavaScript keduanya menggunakan apa yang disebut dengan dot syntax. untuk contohnya apabila kamu mempunyai sebuah MovieClip di stage yang diberinama instance kotak dan didalam MovieClip tersebut terdapat sebuah MovieClip yang diberi nama instance lingkaran.kotak. dan berfungsi untuk menghentikan jalannya animasi dan di frame tersebut berhenti. kalo object action adalah ActionScript yang disisipkan pada sebuah object sedangkan Frame Action adalah ActionScript yang disisipkan pada frame di movie flash. jika kamu ingin mencari titik x di stage maka yang digunakan adalah xPosisition = _root. dan script ini akan berjalan apabila movie berada pada frame yang telah disisipi oleh script. _x adalah property yang menyatakan posisi horizontal dari sebuah object. dan script akan berjalan atau dieksekusi apabila movie telah berada pada frame tersebut. beberapa event yang terdapat dalam button: press release releaseOutside rollOver rollOut dragOver dragOut keyPress Frame Actions Frame Actions dalam penggunaanya hampir sama dengan object action. buka action panel. script yang disisipkan disini adalah stop(). u 1. 2. perhatikan pada frame 36 di layer 1. frame 36 di layer 1 adalah tempat dimana frame tersebut disisipkan. dalam penempatannya klik terlebih dahulu frame yang akan di sisipi script dan tuliskan actionsctipr didalam panel action._x. Buka file frame action. 3. .fla. maka untuk mengakses MovieClip longkaran adalah dengan _root. .

200 apa bila kita menginginkan lebar kotak adalah 100 apa bila kita menginginkan tinggi kotak adalah Hampir semua properties dalam ActionScript dimulai dengan undersocre (_)._width. setiap object di flash memiliki properties.kotak.kotak._width. gotoAndStop(frametujuan). gotoAndPlay(frametujuan). untuk pergi ke frame tertentu dan mulai . _root. untuk contohnya.untukMenghentikan MovieClip yang sedang berjalan. Beberapa contoh dari protperti di flash adalah: • • • • • • • Beerapa lebar sebuah object (_widht) Dimana letak object tersebut (_x untuk posisi horizontal dan _y untuk posisi vertical) Di frame manakah sebuah MovieClip sedang berjalan (_currentframe) Nilai transparant (_alpha) Nama dari object(_name) Bisa dilihat atau tidak (_visible) Bisa dipergunakan atau tidak (_enabled) Properties bisa di ketahui atau bahkan di ganti._width = 100. Apabila kita ingin mengganti lebar dan tinngi dari MovieClip kotak tersebut dengan tinggi dan lebar sesuai dengan keinginan kita maka digunakan script: _root. untuk pergi ke frame tertentu dan mulai menjalankan MovieClip di frame tersebut. apabila kita ingin mendapatkan lebar dan tinggi dari sebuah MovieClip yang mempunyai instance name "kotak": lebarKotak = _root. Methods Method adalah apa yang bisa di lakukan oleh sebuah object atau apa yang bisa kamu lakukan untuk sebuah object.Properties Properties adalah ciri ciri dari sebuah object. beberapa contoh method yang bisa dilakukan dalam flash adalah: • • • Stop().kotak.kotak. tinggiKotak = _root._height = 200.

untuk menghilangkan cursor.kotak_mc. gerak_btn. • Mouse.play() } berhenti_btn. } contoh pada button berinstance "berhenti_btn" untuk menjalankan MovieClip berinstance "kotak_mc": on(release) { _root. untuk contoh apabila kita ingin sebuah MovieClip yang bernama instance "kotak" berhenti di frame 10. Events and Event Handlers Ada dua cara dalam penyisipan actionScript seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu object actions dan frame actions dalam penggunaannya.kotak_mc.stop().stop() Pengenalan Macromedia Flash MX . contoh pada button berinstance "gerak_btn" untuk menghentikan MovieClip berinstance "kotak_mc": on(release) { _root.onRelease } = function () { _root. } dan apabila kita menyisipkan pada frame maka kita harus mengidentifikasikan terlebih dahulu object yang akan melakukan event.play().menghentikan MovieClip di frame tersebut.hide().kotak_mc.kotak. maka digunakan script: _root. apabila kita menggunakan object action maka script ditempatkan pada objectnya.gotoAndStop(10).onRelease = function () { _root.kotak_mc.

kemudian Flash akan mengerjakan animasi frame-by-frame yang ada di antara posisi awal dan posisi akhir (frames in between). stage. Debug Movie.Macromedia Flash MX merupakan standar professional yang digunakan untuk membuat animasi di web. Agar dapat menggunakan Macromedia Flash MX ada beberapa konsep dasar yang harus diketahui. Sound. Flash diawali sebagai perangkat lunak untuk membuat animasi sel bernama Future Splash. Movie. Animasi dengan menggunakan Tool Animasi dengan menggunakan tool dinamakan juga dengan animasi secara manual. Untuk membuat animasi sederhana cukup menggunakan layer. Tes Movie. Frame-by-frame animation menggunakan gambar yang berbeda di setiap frame sedangkan untuk tweened animation kita tinggal menentukan posisi frame awal dan akhir. Play head. Motion. Modify. Stop. Loop Playback. kemudian Flash akan mengerjakan animasi frame-by-frame yang ada di antara posisi awal dan posisi akhir (frames in between). Framerate dan Scene. Frame. Fungsi action scripting dirancang menggunakan sintaks JavaScript. Toolbox. Step Backward. timeline. Timeline. yaitu Stage. Tes Scene. Keyframe. Frame-by-frame animation menggunakan gambar yang berbeda di setiap frame sedangkan untuk tweened animation kita tinggal menentukan posisi frame awal dan akhir. frame-byframe animation dan tweened animation. Dengan perangkat ini dimungkinkan untuk membuat animasi dengan ukuran kecil untuk didistribusikan melalui internet. Memasukkan Suara. Panel. Tansform. Motion Guide. Cool Edit Pro. Tweening. Animasi dengan Flash dapat dilakukan dalam dua bentuk. Macromedia Flash MX mendukung adanya fungsi scripting yang memberikan kemungkinan sangat luas. Layer. Shape Tweening. Launcher Bar. scene. Play. hal itu dapat dilakukan dengan cara. Step Forward. 1. . yaitu frame-by-frame animation dan tweened animation. Play All Scene. bahasa pemrograman yang merupakan standar industri di web. Mengingat kemampuan Future Splash dan dengan kemampuan Macromedia di bidang multimedia. Scala dan Rotate. Impor Suara. Flash dikembangkan menjadi perangkat pembuatan multimedia interaktif.

Membuat layer baru Ketika kita membuat layer movie baru atau membuka Macromedia Flash MX. Kita dapat memberi nama tiap layer dengan nama yang unik agar kita mudah mengenali dan melakukan revisi terhadap isi layer tersebut.toolbox. insert guide layer. . Kita dapat menambah layer sesuai dengan kebutuhan animasi di stage. maka akan muncul hanya satu layer saja. layer terdiri dari beberapa lapis. Pada bagian bawah layer terdapat menu pilihan insert layer. dan lain-lain. Kita dapat meliha layer tambahan persis di atas layer yang sedang aktif. Cara menambah layer adalah sebagai berikut : 1. Pada layer ada beberapa informasi yang diperlukan. penambahan layer tidak menambah ukuran file. Kita dapat menggambar dan mengedit objek dalam satu layer tanpa mempengaruhi gambar pada layer lainnya. a. Jumlah layer tak terbatas bergantung pada memori komputer yang digunakan. Icon “mata” untuk menampilkan dan menyembunyikan semua objek yang ada di stage pada layer tersebut . memasukkan suara dan informasi lain yang diperlukan untuk semua animasi. Tiap layer terdiri dari scene-scene dan tiap scene terdiri dari frame-frame. atau klik symbol “Insert Layer”. Bila digabungkan akan menghasilkan suatu animasi yang lengkap. Layer Layer bisa diibaratkan seperti sebuah buku yang terdiri dari lembaran kertas yang siap digunakan untuk menulis teks. melukis gambar. insert layer folder. tools. Untuk itu. yaitu : 1. b. dan delete layer. Pilih menu Insert → Layer 2.

Sedangkan untuk menduplikasi layer. Icon “kotak” untuk menampilkan objek di stage dalam gambaran secara outline. Dalam penggunaan guide layer harus hati-hati. Klik nama layer yang baru tersebut kemudian pilih menu Edit → Paste Frames. 2. c. Untuk mengubah nama layer.2. caranya sebagai berikut : 1. caranya dengan mengklik nama layer 2x. Pilih menu Edit → Copy Frames 3. . Mengedit Layer 1. 2. Klik nama layer untuk mengaktifkan layer. Klik kanan nama layer yang ingin dijadikan guide. Cara menggunakan guide layer adalah sebagai berikut : 1. 4. terutama bila kita telah menggunakan beberapa guide layer. caranya adalah sebagai berikut : 1. maka layer akan berpindah. kemudian ketik nama yang diinginkan. Sorot nama layer tersebut ke posisi urutan yang diinginkan. Blok oval tool (benda yang akan digerakkan) yang dibuat dengan menggunakan arrow tool. Guide Layer Guide layer adalah bagian dari layer yang berfungsi untuk mengarahkan gerak objek. 3. Muncul menu dan pilih guide (lihat gambar 1). Oleh sebab itu. bukan dalam keadaan gambar yang sebenarnya. disarankan untuk mengunci guide layer yang sudah ada saat meminta guide layer berikutnya. karena sering kali guide layer tidak muncul saat dipanggil. Klik nama layer yang ingin diduplikasikan 2. Buat layer baru dengan mengetik symbol “Insert Layer”. Untuk membuat guide layer. Icon “kunci” untuk membuka dan mengunci objek yang ada di stage pada layer tersebut agar tidak dapat diedit secara tidak sengaja .

2. 9. oval tool. c. Sorot array tool dan gunakan untuk mengatur lintasan yang diinginkan. Timeline Timeline merupakan bagian yang mengatur semua objek. maka skala timelinenya harus dikecilkan dan sebaliknya. 3. 3. Tekan enter untuk menguji lintasan yang ditempuh objek. pen tool. 6. Toolbox Toolbox merupakan tempat alat-alat kerja yang diperlukan dalam Flash. di antaranya arrow tool. Create motion tween proses pembuatan gambar di titik awal gerakan. aktifkan key frame sebagai titik acuan benda. 8. 4. 5. Key frame tool yang digunakan untuk menempatkan gambar ada posisi akhir. Scene . Path merupakan lintasan yang akan ditempuh oleh objek. Sorot array tool dan blok oval (benda) yang dibuat serta gerakkan dari frame awal ke frame akhir. rectangle tool. 2. 1. dan lain-lain. Sorot layer frame (misal 15) di timeline dan klik kanan mouse. c. Sorot line tool sebagai alat pembuat path dari frame awal ke frame akhir. pencil tool. Atau dapat dilakukan dengan pilih menu Control→ Play d. kapan dimunculkan dan kapan tidak dimunculkan. Klik menu insert dan aktifkan creative motion tween sebagai titik awal benda yang akan digerakkan. Klik guide layer yang berfungsi untuk membimbing gerakan objek. 7. dapat juga digunakan untuk menentukan atau mengatur gerak suatu objek.

Stage dapat digerakkan ke kiri maupun ke kanan. Animasi dengan menggunakan Bahasa Pemrograman ActionScript ActionScript adalah bahasa pemrograman di Flash yang berisikan event seperti halnya JavaScript. ActionScript belum mendukung set karakter Unicode. Saat ini ActionScript masih sederhana. 2. c. animasi dengan bahasa pemrograman ActionScript mempunyai . dan foto. misalnya panel warna dapat dipergunakan untuk melakukan perubahan warna sesuai dengan yang diinginkan. Bila kita bekerja pada movie di salah satu scene maka movie yang ada di scene lain dalam file yang sama tidak akan muncul. Dibandingkan dengan animasi yang menggunakan tool (secara manual). Panel Panel berfungsi untuk menampilkan dan mengubah informasi suatu objek yang ada di stage. namun bahasa pemrograman ActionScript terus berevolusi. gambar yang dibuat tidak boleh keluar dari kotak putih karena gambar tersebut tidak akan kelihatan di movie saat dieksekusi. gambar. pernyataan switch belum ada serta eval-nya juga terbatas. Stage Stage berbentuk kotak putih. tulisan.Bagian ini dapat digunakan untuk membagi cerita yang panjang menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar mudah melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan. c. Bahasa Pemrograman ActionScript dibuat mengikuti JavaScript. tempat semua objek yang diperlukan. Pemunculan movie pada scene yang lain atau yang diperlukan dapat diatur dengan menggunakan botton.

Mudah untuk direvisi. Sedangkan keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman pada umumnya adalah tidak memerlukan waktu kompilasi karena bahasa pemrograman ActionScript merupakan bahasa interpreter. terkadang diperlukan berbagai pariasi-pariasi tampilan. Tombol naik saat kursor berada di atas tombol Langkah pembuatan : . 1. saya akan mencoba memberikan tips trik bagaimana membuat sebuah tombol menu yang animatif. 3. kaku. ini tidak salah. Tombol menu animatif dengan Flash Dalam membuat sebuah program aplikasi berupa media pembelajaran berbasis komputer. Ada mungkin orang yang mementingkan isi materi daripada tampilan. misalnya untuk menambah atau mengurangi kecepatan cukup dengan mengubah variabelnya. semua itu memberikan daya tarik tersendiri bagi pengguna media pembelajaran ini. gambar. sehingga tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini tidak tercapai.keuntungan diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Tingkat akurasi animasi lebih tinggi. Untuk pembahasan kali ini. terutama untuk animasi yang berulang (loop). namun kelemahannya adalah belum tersedia fasilitas yang dapat meminta input dari pengguna. tetapi akan melayani pengguna dalam menelusuri data yang ada. 2. A. Ukuran bytes movie lebih kecil. apakah dari segi background warna. tapi alangkah baiknya isi materi yang bagus plus tampilan program yang wah. animasi-animasi baik animasi pada tulisan maupun animasi pada tombol. Sehingga pengguna media pembelajaran tidak merasa bosan dikarenakan pemandangan yang ditampilkan monoton.

3. dan seterusnya pada kotak yang dibuat. Masuk ke area symbol button. pilih frame ‘Over’. 15. juga akan keluar tulisan berisi keterangan dari menu ini. 11. ketik tulisan . kemudian rubah menjadi symbol button. Ulangi cara yang sama untuk tombol menu 2. pilih kotak tersebut dengan menu ‘selection tools’. kemudian tekan panah atas 10x 13. menu 2. 9. dengan menekan F8. Copy kotak yang telah dibuat dengan cara. Insert keyframe pada frame ‘over’. Ulangi proses drag ini sampai didapatkan beberapa buah tombol sesuai kebutuhan. 6. Kembali ke frame ‘Over’ 12. 4. pilih tombol ‘Text Tool’(tombol dengan tulisan A). Buka program Macromedia Flash 2. menu 3. 4. caranya klik kanan pada frame ‘over’. Ulangi langkah yang sama untuk insert keyframe pada frame ‘Down’ dan ‘Hit’. Kita juga bisa kreasikan tombol ini. Pilih 1 kotak menu yang dibuat. 8. Klik menu Flash Document. pilih Insert Keyframe 10. pilih type ‘Button’. Anda sekarang telah berada di area kosong Macromedia Flash. Coba lihat hasilnya dengan menekan ‘Ctrl+Enter’ 14. tekan dan tahan tombol ‘ctrl’ lalu geret (drag) kotak tersebut ke kanan. Setelah itu pilih kotak menu 1. 3. 5. Ketik menu 1.1. pada ‘Name’ ketik menu 1 (atau apa sajalah terserah anda). 16. Buat kotak (dengan rectangle tool) untuk menu di stage. 7. dst…. disamping tombol naik. apabila kursor berada di atas tombol. Untuk langkah 15 caranya.

atau memerintah aksi yang akan terjadi pada program yang dibuat. Pada frame 1.3. B. pilih insert frame. Ulangi langkah yang sama untuk membuat tombol sub menu pada tomboltombol menu lainnya. untuk kreasi selanjutnya. Pindah frame 1 ke layer 2. dengan cara klik tanda titik hitam pada frame 1. 3. dan 5 berikan action script stop() (ditandai dengan huruf a di atas titik frame.“Ini tombol menu 1” (Tulisan terserah anda) di pojok kanan tombol. Insert layer. 4. Pada frame 2 layer 2 buat kotak menu di bawah tombol menu 1. Pada frame 5 layer 1 insert frame. 5. dengan cara klik kanan pada frame 5 layer 1. 7. maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini . Oh ya…lupa dijelaskan action script itu adalah bahasa pemrograman pada Macromedia Flash. kemudian drag ke frame 1 layer 2. 3. 4.1. Untuk menampilkan area action script tekan tombol F9.2. 6. dan sub menu 1. yang digunakan untuk mengontrol. 1. sub menu 1. dengan tulisan sub menu 1. Saat tombol menu diklik akan muncul sub menu lainGunakan tomboltombol menu yang sudah dibuat tadi. dengan mengklik tombol insert layer (seperti gambar di bawah) 2. 2.

angka 2 di dalam kurang bisa dirubah sesuai keinginan. Tekan F9 untuk membuka area actionscript 11. Ingat yang dirubah hanya . untuk tombol menu gotoAndPlay(4). atau frame berapa saja. akan terjadi suatu aksi atau kejadian.8. frame 4. sub menu 1. apa maksudnya ? Maksudnya supaya saat diklik. } Kalau diterjemahkan dalam bahasa kita. 12. atau saat kursor berada di atas tombol. Sekarang tiba saatnya untuk memberikan actionscript pada tombol.2.3 sebagaimana yang telah dibuat seperti pada langkah 5. Misalnya untuk tombol menu 2 berikan perintah actionscript gotoAndPlay(3).1. maka program memerintahkan pergi ke frame 2 dan akan muncul sub menu 1. Pilih tombol menu 1 10. untuk tombol menu 4 3 berikan perintah actionscript berikan perintah actionscript gotoAndPlay(5). apakah mau pergi ke frame 3. Keterangan : perintah gotoAndPlay(2). arti dari script di atas adalah ketika tombol diklik (misal : menu 1). Ketikkan script berikut (jangan ditambah atau dikurangi) : on (release) { gotoAndPlay(2). sub menu 1. 9.

untuk dicoba bagaimana cara pembuatannya sesuai dengan logika berfikir kita.gotoAndPlay bukan on (release) atau tanda kurung kurawal. Itu dulu trik dari saya.com/?Tutorial:Tombol_menu_animatif_dengan_Flash . untuk selanjutnya anda bisa berkreasi sendiri dengan banyak latihan-latihan dengan mencontoh beberapa kreasi orang lain. Selamat berkarya. 13. Hasil boleh sama tapi cara pembuatan bisa saja berbeda. sukses buat anda semua !!! http://bilarik. Kalau semua sudah selesai coba sekarang lihat hasilnya dengan menekan Ctrl+Enter.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful