PENGOLAHAN DATA CITRA DENGAN ERMAPPER

Disusun oleh : 1. Sukroni Nur Shobah (7404.040.064) 2. Rochmatur Rodji’in (7404.040.065) 3. Usamah (7404.040.066) 4. Andri Permana (7404.040.067) 5. Dirga Mubarak (7404.040.068)

Pendahuluan
Teknologi penginderaan jauh adalah suatu kegiatan pengamatan obyek atau suatu daerah tanpa melalui kontak langsung dengan obyek tersebut. Penginderaan jauh sudah semakin berkembang hari demi hari serta semakin dibutuhkan untuk kepentingan yang lebih luas. Guna mendapatkan hasil dari data penginderaan jauh yang sesuai dengan yang diharapkan, tentu kita harus mengetahui pula cara menggunakan software (piranti lunak) untuk memproses data tersebut. Software yang ada saat ini cukup banyak dan beragam, diantaranya adalah Idrisi, Erdas Imagine, PCI, ER Mapper dan lain-lain. Masing-masing software bersaing menawarkan kemudahan penggunaan (user friendly) dan keunggulan lainnya, serta juga bersaing dalam penawaran harga.

Definisi ER Mapper ER Mapper adalah salah satu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengolah data citra atau satelit. . ER Mapper dapat dijalankan pada workstation dengan sistem operasi UNIX dan komputer PCs (Personal Computers) dengan sistem operasi Windows 95/98 dan Windows NT.

Aplikasi-aplikasi yang dapat diterapkan melalui pengolahan data citra antara lain:  pemantauan lingkungan  manajemen dan perencanaan kota dan daerah urban  manajemen sumber daya hutan  eksplorasi mineral  pertanian dan perkebunan  manajemen sumber daya air  manajemen sumber daya pesisir dan lautan  oseanografi fisik  eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi .Pengolahan Citra Pengolahan data citra adalah bagian penting untuk dapat menganalisa informasi kebumian melalui data satelit penginderaan jauh.

serta dapat memecahkan masalah. sampai menjadi suatu keluaran yang diharapkan. Tujuan dari pengolahan citra adalah mempertajam data geografis dalam bentuk digital menjadi suatu tampilan yang lebih berarti bagi pengguna. . Adapun cara pengolahan data citra itu sendiri melalui beberapa tahapan. dapat memberikan informasi kuantitatif suatu obyek.Con’t Pengolahan data citra merupakan suatu cara memanipulasi data citra atau mengolah suatu data citra menjadi suatu keluaran (output) yang sesuai dengan yang kita harapkan.

Proses Algoritma Formula. filters. ER Mapper memberikan kemudahan dalam pengolahan data sehingga kita dapat mengkombinasikan berbagai operasi pengolahan citra dan hasilnya dapat langsung terlihat tanpa menunggu komputer menuliskannya menjadi file yang baru. dimana kita dapat langsung melihat hasil dari setiap perlakuan terhadap citra pada monitor komputer. brightness. Cara pengolahan ini dalam ER Mapper disebut Algoritma.Metode ER Mapper ER Mapper mengembangkan metode pengolahan citra terbaru dengan pendekatan yang interaktif. contrast. File monitor Gambar Pengolahan Citra Menggunakan ER Mapper . dll…….

Hal ini membuat waktu pengolahan menjadi lebih cepat. Beberapa kekhususan lain yang dimiliki ER Mapper adalah:  didukung dengan 130 format pengimpor data  didukung dengan 250 format pencetakan data keluaran  visualisasi tiga dimensi .Keunggulan ER Mapper Keunggulan utama ER Mapper adalah kemampuannya untuk menghemat tempat pada hard disk komputer serta metode pengolahan data yang interaktif dimana setiap hasil proses dapat langsung dilihat tampilannya pada monitor.

.Prosedur Pengolahan Data Citra Prosedur pengolahan data citra diawali dengan mengimport data sampai dengan hasil akhir dalam bentuk cetakan (printing).

.Import Data Langkah pertama dalam pengolahan citra adalah mengimport data satelit yang akan digunakan ke dalam format ER Mapper. Dua bentuk utama data yang diimport ke dalam ER Mapper adalah data raster dan vektor.

Hue-SaturationIntensity (HIS) . cara menampilkan citra disebut Color Mode. Di dalam ER Mapper. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dari data yang digunakan. selanjutnya adalah menampilkan citra tersebut.Menampilkan Citra Setelah proses mengimpor data. Ada beberapa cara untuk menampilkan citra: Pseudocolor Displays. Red-Green-Blue (RGB).

kemudian setelah itu melakukan proses rektifikasi.Rektifikasi Data     Rektifikasi merupakan koreksi geometrik antara citra dengan peta. Map to map transformation. Image rotation. Dalam ER Mapper sendiri terdapat empat tipe pengoperasian rektifikasi: Image to map rectification. Image to image rectification. . memutar citra menjadi beberapa derajat. Urutan dalam proses rektifikasi. serta mengevaluasi hasil rektifikasi. pertama adalah menentukan titik kontrol (GCP). yaitu mentrasformasikan data yang terkoreksi menjadi datum/map projection yang baru.

. kecuali bila kita ingin menyimpannya menjadi file tersendiri. Dalam ER Mapper proses ini dapat dilakukan tanpa membuat suatu file yang besar.Mosaik Citra Mosaik citra adalah proses menggabungkan/menempelkan dua atau lebih citra yang tumpang tindih (overlapping) sehingga menghasilkan citra yang representatif dan kontinyu.

Penajaman Citra Proses penajaman citra dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam menginterpretasikan obyekobyek yang ada pada tampilan citra. ER Mapper mempermudah pengguna melakukan berbagai macam proses penajaman citra tanpa perlu membuat file-file baru yang hanya akan membuat penuh disk komputer. .

serta standar file format seperti DXF. .Dynamic Links Penghubung dinamik adalah fasilitas khusus ER Mapper yang membuat pengguna dapat langsung menampilkan data file eksternal pada citra tanpa perlu mengimportnya terlebih dahulu. DGN dll. Data-data yang dapat dihubungkan termasuk kedalam format file yang populer seperti ARC/INFO. Oracle.

panah arah utara. legenda. . bar skala. legenda klasifikasi.Komposisi Peta Komposisi peta memungkinkan pengguna untuk mempresentasikan citracitra secara profesional dan penuh arti. Kualitas kartografik peta pada ER Mapper dapat membuat grid. logo perusahaan.

. Pilihan pencetakan membutuhkan suatu algoritma yang mendefinisikan semua data dan pengolahannya dengan catatan hanya algoritma yang telah disimpan yang dapat dicetak. Pastikan kita telah menyimpan algoritma kita sebelum mencetaknya. film. printer hitam putih dan format grafik.Pencetakan Pengguna dapat menghasilkan keluaran suatu citra dengan menggunakan peralatan pencetakan atau printer yang meliputi printer berwarna.

Menu utama ini mempunyai dua komponen utama yaitu menu bar dan tombol toolbar (toolbar buttons) (gambar 3). .Menu Utama ER Mapper Menu utama ER Mapper muncul langsung setelah kita membuka ER Mapper.

untuk menjalankannya hanya klik pada tombol perintah yang diinginkan. klik nama pada menu bar. tempat menampilkan pilihan perintah umum secara cepat. untuk memilih perintah pada menu bar. kemudian pilih perintah yang akan dijalankan. tempat pilihan perintah yang akan digunakan pada pengolahan citra. letakkan pointer di atas tombol yang ingin diketahui.. kemudian akan muncul kalimat (tool tips) yang memberitahukan fungsi tombol tersebut . Tombol toolbars.Con’t    Menu bar. untuk mengetahui fungsi tombol tersebut. Tool tips.

sering muncul kotak dialog yang mengharuskan kita untuk mengisi pada kotak kosong atau memilih file. atau memilih option yang disediakan ER Mapper dengan meng-klik Scroll bar (panah geser).Kotak Dialog ER Mapper Pada saat memilih suatu perintah atau menekan tombol pada toolbar. .

.Kotak Dialog Memilih File Ketika kita memilih untuk membuka atau menyimpan dataset. ER Mapper akan menampilkan kotak dialog pemilihan file. algoritma atau file lain. Jendela utama menampilkan daftar direktori atau file-file pada direktori aktif.

Untuk mengakses ke disk drive.  Special Menu. merubah direktory aktif. . atau untuk menandakan atau tidak direktori. memiliki fungsi:  History Menu. berurutan dari yang baru dibuka paling atas dan yang lama sebelah bawah.  Directories Menu. Mengurutkan isi direkori berdasarkan nama. berisi daftar direktori yang telah dibuka. tanggal dirubah atau tanggal dibuat.  Volumes Menu.  View Menu. untuk merubah direktori awal (home direktori).Con’t Pada menu kotak dialog pemilihan file diatas. Untuk merubah direktori yang dibuat sistem manager komputer.

KESIMPULAN   ER Mapper adalah salah satu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengolah data citra atau satelit. ER Mapper mengembangkan metode pengolahan citra terbaru dengan pendekatan yang interaktif. dimana kita dapat mengkombinasikan berbagai operasi pengolahan citra dan hasilnya dapat langsung terlihat tanpa menunggu komputer menuliskannya menjadi file yang baru. .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful