P. 1
Perubahan Fisika Dan Kimia Power Point

Perubahan Fisika Dan Kimia Power Point

1.0

|Views: 3,611|Likes:
Published by Khairuni Cesario
education/pendidikkan
education/pendidikkan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Khairuni Cesario on Mar 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2015

pdf

text

original

PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA

NAMA KELAS :KHAIRUNI CESARIO : IX-5

PERUBAHAN FISIKA

• Perubahan fisika merupakan perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat jenis baru.

Contoh - contoh perubahan fisika :

1. Peristiwa perubahan wujud zat, seperti: menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, mengkristal

2. Proses pelarutan , contoh: gula yang dilarutkan dalam air. Sifat gula tidak hilang, air gula tetap terasa manis.

Terdapat beberapa ciri pada perubahan fisika, yaitu: tidak terbentuk zat jenis baru, zat yang berubah dapat kembali ke bentuk semula, hanya diikuti perubahan sifat fisika saja. Perubahan sifat fisika yang tampak adalah perubahan bentuk, ukuran, wujud, dan warna.

1. Perubahan Wujud
Air yang mempunyai rumus kimia H2O terdapat dalam tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Air dalam wujud padat disebut es (ice), air dalam wujud cair disebur air (water), dan air dalam wujud gas disebut uap (steam). Perubahan wujud dari padat menjadi cair atau gas dan sebaliknya termasuk perubahan fisika, karena tidak terbentuk zat jenis baru. Es, air, dan uap air molekul penyusunnya sama yaitu H2O.

2. Proses Pelarutan
Gula yang dilarutkan ke dalam air, sifat gula masih ada yaitu air gula terasa manis. Pada pelarutan gula ini tidak muncul jenis zat baru, maka termasuk perubahan fisika. Perubahan fisika juga dapat digunakan untuk memisahkan suatu campuran. Misalnya, jika air gula dalam gelas dibiarkan selama seminggu, akan ditemukan bahwa air telah menguap, sehingga yang tertinggal hanya kristal gula.

PERUBAHAN KIMIA
Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat baru. sifat-sifat zat baru yang dihasilkan berbeda dari zat sebelumnya.

Contoh – contoh perubahan kimia :
1. Pembakaran kertas. Kertas yang dibakar akan menghasilkan zat baru yaitu abu, abu hasil pembakaran sama sekali berbeda dengan kertas semula. Abu hasil dari pembakaran kertas ini tidak dapat berubah kembali menjadi kertas.

2. Perkaratan besi. Besi yang mengalami perkaratan menghasilkan zat baru yaitu karat, zat pada karat besi sama sekali berbeda dengan zat besi semula. Karat besi hasil dari besi yang mengalami perkaratan ini tidak dapat berubah kembali menjadi besi. Besi dapat mengalami perkaratan karena besi bereaksi dengan oksigen, yaitu oksigen yang berada di udara atau oksigen yang ada di air. Agar besi tidak mengalami perkaratan besi dilapisi dengan anti karat.

Perubahan kimia atau yang sering disebut reaksi kimia dapat diketahui dari perubahan yang diakibatkan oleh reaksi tersebut. Dalam suatu reaksi kimia sering diikuti perubahanperubahan, misalnya terbentuknya endapan, terjadi perubahan warna, dan terbentuknya gas dan adanya perubahan suhu.

THANK YOU

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->