Tips Mengenali Makanan dan Minuman Yang Berbahaya

Tips Mengenali Makanan dan Minuman Yang Berbahaya

Tips kali ini sepertinya harus diterapkan karena menyangkut makanan dan minuman. Tips ini berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus meneruskan keberlangsungan hidup. Namun, makanan dan minuman yang diolah secara tidak benar justru dapat menjadi pembunuh nomor wahid lantaran mengandung zat racun bagi tubuh. Tips mengenali makanan dan minuman yang berbahaya dan yang aman itu penting terutama menjelang hari raya, hal ini dikarenakan tingkat konsumsi meningkat dan biasanya ada oknum pedagang yang sengaja mencari keuntungan lebih... Metode pengenalan paling mudah dari berbagai sudut yakni warna, kandungan boraks, kandungan formalin, daging gelonggongan, ayam basi, ikan basi, makanan kaleng, bahaya snack, dan bahaya kemasan plastik.

1. Kalau ada makanan yang warnanya mencolok dan menarik justru harus dicurigai, misalnya saos yang warnanya membekas di tangan memungkinkan pewarna yang digunakan adalah pewarna tekstil yang dapat menyebabkan kanker. 2. Untuk boraks, dapat diamati dari bakso. Kalau kenyal atau mudah dipantulkan seperti memantulkan bola karet di tanah, maka berarti banyak mengandung boraks. Bisa juga dari tandatanda gigitan yang kembali ke bentuk semula setelah digigit. 3. Sebaiknya tahu putih yang terlalu keras justru patut diduga mengandung formalin. Karena tahu putih yang tidak lembek dapat diduga ada kandungan formalin di dalamnya. 4. Untuk Tahu kuning bila meragukan apakah tahu tersebut menggunakan pewarna teknil atau pewarna alami secara sederhana bisa digunakan dengan menggunakan sabun. Mungkin disini kita

8. Satu lagi bahaya yang sering tak disadari adalah kemasan dari plastik. katanya. Kalau ditekan justru lembek. 6. Bahkan ada pula daging ayam yang direndam formalin agar awet. Kalau warna-warnanya mencolok atau tanggal produk-nya kadaluarsa justru berbahaya. warna insang tampak merah tua. Tentang daging gelonggong (daging yang diisi air). . pilih saja daging yang digantung. Paling mudah ya beli saja ikan yang masih ada tanda-tanda hidup. styrofoam. soto panas. karena kaleng penyok dapat mengandung racun akibat adanya kandungan botulimun (bahan dasar kosmetik). daging seperti itu dapat dikenali dari air yang menetes bila digantung. Selain itu pula harga yang tidak wajar juga merupakan pertanda (lebih murah). Biasanya. kalau warnanya putih bersih justru dimungkinkan dari bekas ayam mati." katanya. Cara lain mengenali dari warna daging yang asli masih merah segar dan serat-serat di dalam daging juga tidak menggelembung. makanan yang mencurigakan itu direndam dengan air panas sekitar 30 menit atau dipanaskan dengan oven bersuhu 121 derajat tiga menit. Kalau keluar lendir atau air berarti pernah direndam dengan formalin. justru perlu dilihat komposisi zat warna-nya dan nomor registrasi. Bila warna nya berubah menjadi orange berarti menggunakan pewarna alami (kunyit). Kalau mau aman ya dipanaskan seperti ikan atau dibakar agar racunnya mati. Kaleng yang penyok akan mengubah konsentrasi di dalam kemasan. Jangan membeli makanan kaleng yang kemasan kalengnya sudah penyok. Mengenali daging ayam berformalin dengan menekan atau mendorongnya dengan jari telunjuk. 10. Daging ayam yang masih segar itu berwarna agak kekuning-kuningan. Jadi. Kalau ada air yang menetes berarti daging gelonggongan. dan makanan atau minuman serba panas akan dapat menyebabkan kanker. maka cirinya ikan itu basi atau diberi formalin. Cara mengenali ikan basi. apalagi kalau ada warna biru seperti bekas memar serta bau sangat amis. 9. teh panas. Kalau kemasan itu diisi dengan bakso panas. atau mata ikan justru terlihat bening. tetapi bisa dikurangi kadarnya "Salah satu Caranya.harus mengorbankan sedikit tahu lalu lumuri dengan sabun. supermarket justru memberi diskon. 5. Untuk snack (makanan ringan) yang banyak disukai anak-anak. Kalau ikan dapat direndam dengan air cuka 5 persen selama 15 menit atau direndam air garam selama 30 menit untuk ikan asin" 7. "Formalin dalam makanan tidak dapat dihilangkan karena bersifat permanen. Sebab kunyit adalah indikator alami yang dalam suasana basa berubah warna menjadi orange. dan melamin.

dan tanpa pertolongan. -Giovanni Boccaccio .alat. Memang anggapan itu tak salah. mayat2 yg tertimbun ratusan jumlahnya di parit yg sangat luas.11. masyarakat banyak yang beranggapan bahwa segala makanan yang dihinggapi oleh lalat berarti makanan itu sudah tercemar. Justru daging yang jarang dihinggapi oleh lalat itulah yang malahan patut dicurigai. Banyak orang awam yang tak mau membeli daging mentah di pasar karena dagingnya dipenuhi dengan lalat . Selama ini. kondisi orangorang ini mengundang belas kasihan. Padahal daging mentah yang dipenuhi lalat itu justru adalah daging segar Lalat secara naluriah akan memilih daging yang segar untuk dihinggapi. dan pada malam hari itu juga. bagaikan bahan makanan dalam sebuah kapal. sehingga jarang sekali lalat mau hinggap pada daging mentah yang sudah diberi formalin atau pengawet buatan lainya Betapa banyaknya pria yg gagah berani. karena memang lalat yang hinggap terkadang membawa kuman yang sering terbawa pada makanan yang dihinggapinya Namun anggapan ini kurang tepat bila diaplikasikan pada daging mentah. yg diketahui melaului bau amis tubuh mereka yg membusuk. betapa banyaknya wanita cantik telah bersantappagi bersama keluarganya. dan terbungkus oleh bumi. Banyak diantaranya yg tewas di jalanan terbuka. yg lain sekarat di rumah2 mereka. Lalat sangat benci dengan aroma bahan kimia. Mereka sakit2an bersama ribuan orang tiap harinya. karena aromanya sangat menarik bagi lalat. meninggal tanpa didampingi. karena bisa jadi daging itu sudah diberi pengawet buatan atau formalin. Untuk daging mentah. Halaman gereja yg telah disucikan tidak cukup utk menampung makam mayat2 yg bertumpuk-tumpuk banyaknya. santap malam bersama nenek moyang mereka di dunia berikutnya! Bila disaksikan.

. adalah suatu pandemi hebat yang pertama kali melanda Eropa pada pertengahan hingga akhir abad ke-14 (1347 – 1351) dan membunuh sepertiga hingga dua pertiga populasi Eropa. yang menunjukkan bahwa peristiwa di Eropa sebenarnya merupakan bagian dari pandemi multi-regional. Ketidakpastian untuk tetap bertahan hidup menciptakan suatu kecenderungan yang tak sehat pada masyarakat untuk hidup hanya untuk hari ini. Kejadian awal di Eropa awalnya disebut sebagai "Mortalitas Besar" (Great Mortality) oleh para penulis kontemporer. serta penderita lepra. Jika termasuk Timur Tengah. Wabah Besar Wina (1679). institusi keagamaan paling berpengaruh pada saat itu. Kematian Hitam menimbulkan akibat drastis terhadap populasi Eropa. Kematian Hitam telah merenggut sedikitnya 75 juta nyawa. di mana kulit penderita menjadi menghitam karena pendarahan subdermal. disebut juga Wabah Hitam. Wabah ini memberi pukulan serius terhadap Gereja ka****k Roma. Catatan sejarah telah membuat sebagian besar ilmuwan meyakini bahwa Kematian Hitam adalah suatu serangan wabah bubonik yang disebabkan bakteri Yersinia pestis dan disebarkan oleh lalat dengan bantuan hewan seperti tikus hitam (Rattus rattus). dan Tiongkok. seperti digambarkan oleh Giovanni Boccaccio pada The Decameron (1353).Kematian Hitam. Penyakit yang sama diduga kembali melanda Eropa pada setiap generasi dengan perbedaan intensitas dan tingkat fatalitas yang berbeda hingga dasawarsa 1700-an. serta wabah pada tahun 1771 di Moskwa. terjadi pula epidemi pada sebagian besar Asia dan Timur Tengah. yang disebut acral necrosis. Muslim. Madagaskar. walaupun ada juga kalangan yang menyangsikan kebenaran hal ini. pendatang. Penyakit ini berhasil dimusnahkan di Eropa pada awal abad ke-19. Nama "Kematian Hitam" umumnya dianggap berasal dari gejala khas dari penyakit ini. tapi masih berlanjut pada bagian lain dunia (Afrika Tengah dan Oriental. Wabah Besar Marseille (1720 – 1722). pengemis. India. beberapa bagian Amerika Selatan). serta mengakibatkan perburuan dan pembunuhan terhadap kaum minoritas seperti Yahudi. Pada saat yang hampir bersamaan. Beberapa wabah penting yang muncul kemudian antara lain Wabah Italia (1629 – 1631). serta merubah struktur sosial Eropa. Wabah Besar London (1665 – 1666). Asia.

and septicemic...ada 3 form dari wabah balck death yaitu bubonic. pneumonic. Xenopsylla Cheopis Kingdom: Animalia Phylum: Arthropoda Class: Insecta Family: Pulicidae . Tiap2 form ini membunuh manusia dgn cara2 yg berbedan dan semuanya dsebabkan oleh bakteri bernama Yersinia pestis Penyebab Munculnya Black Death ini adalah.

..Order: Siphonaptera Genus: Xenopsylla Species: cheopis *kutu penghisap darah yg menyebarkan parasit melalui darah yg kemudian dibawa oleh tikus2 pengerat dari africa yg kemudian menyebar ke kawasan eropa. sebab beberapa binatang mamalia memiliki antibodi yg lebih kuat dari manusia... knp tikus yg menyebarkan parasit ini tidak terkena dampaknya.seperti babi dan juga tikus.