Istilah perkembangan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman

. perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk Berbagai orang

memungkinkan

menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana ia hidup. Dalam perkembangan anak, ada beberapa periode yaitu periode pranatal, periode neonatal, masa bayi, awal masa kanak-kanak, akhir masa kanak-kanak, masa puber, masa remaja. Periode pranatal adalah saat di mana sifat bawaan dan jenis kelamin individu ditentukan, di mana kondisi-kondisi dalam tubuh ibu dapat mendorong atau mengganggu pola perkembangan pranatal; di mana terdapat bahaya baik fisik maupun psikologis; dan saat di mana orang-orang yang berarti membentuk sikap kepada individu yang baru tercipta. Perkembangan dan pertumbuhan yang normal lebih banyak terjadi selama periode pranatal dibandingkan pada periode-periode lain dalam seluruh kehidupan individu. Selama sembilan bulan sebelum kelahiran, individu tumbuh dari sel kecil yang tampak dari mikroskop menjadi bayi yang tampak dari mikroskop menjadi bayi yang panjangnya sekitar dua puluh inci dan beratnya rata-rata 7pon. Periode ini juga merupakan saat di mana orang-orang yang berkepentingan membentuk sikap-sikap pada diri individu yang baru diciptakan. Masa neonatal merupakan masa yang tersingkat dari semua periode perkembangan. Masa ini dimulai dari kelahiran dan berakhir pada saat bayi menjelang dua minggu. Ini adalah saat di mana janin harus menyesuaikan dengan kehidupan di luar rahim ibu, di mana ia telah hidup kurang lebih sembilan bulan. Masa bayi adalah masa dasar yang sesungguhnya karena pada masa inilah banyak terbentuk pola perilaku, sikap dan pola ekspresi emosi. Yaitu dari minggu kedua hingga dua tahun. Pada masa ini semua bayi diharapkan dapat berjalan, memakan makanan padat, sedikit mengendalikan alat-alat pembuangan, mencapai stabilitas fisiologis yang baik (terutama dalam irama lapar dan tidur), mempelajari dasar-dasar berbicara, dan berhubungan secara emosional dengan orang tua dan saudara-saudara kandung sampai derajat tertentu. Pertumbuhan dan

belajar memakan makanan padat. dan mempelajari berbagai keterampilan penting tertentu. Masa bayi dan awal masa kanak-kanak memiliki tugas-tugas perkembangan yang sama diantaranya. Pada masa kanak-kanak terjadi perkembangan fisik mulai dari tinggi. lemak. masa di mana anak-anak mempelajari dasar-dasar perilaku sosial yang lebih tinggi. mempersiapkan diri untuk membaca. suatu masa di mana anak tidak mau lagi menuruti perintah dan di mana ia lebih banyak dipengaruhi oleh teman-teman sebaya daripada oleh orang tua dan anggota keluarga lainnya. belajar mengendalikan pembuangan kotoran tubuh. Pada usia ini ahli psikologi juga menyebut periode ini sebagai usia . Awal masa kanak-kanak merupakan masa di mana sebagian besar orang tua menganggap sebagai usia yang mengundang masalah atau usia sulit yaitu usia dua tahun sampai enam tahun. Masa ini sering terjadi masalah perilaku yang lebih menyulitkan. Sementara pera pendidik menyebut tahun-tahun awal masa kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakannya dari saat di mana anak dianggap cukup tua. Akhir masa kanak-kanak dipandang sebagai usia yang menyulitkan oleh orang tua. sedangkan perkembangan fungsi fisiologis terjadi secara pesat. tulang dan otot. postur tubuh.perkembangan fisik berlangsung secara berangsur-angsur sepanjang masa bayi. belajar berjalan. Sementara para pendidik menganggap usia ini merupakan usia sekolah dasar. dan mulai mengembangkan hati nurani. perbandingan tubuh. berat. Sebutan yang banyak digunakan adalah usia kelompok. mempelajari perbedaan seks dan tata caranya. Pada usia tersebut anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk keberhasilan penyesuaian diri pada kehidupan dewasa. serta gigi. Para ahli psikologi menggunakan sejumlah sebutan yang berbeda untuk menguraikan ciriciri yang menonjol dari perkembangan psikologis anak selama tahun-tahun awal masa kanak-kanak. belajar membedakan benar dan salah. untuk menghadapi tugas-tugas pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal. baik secara fisik dan mental. belajar berbicara.

berkelompok di mana perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok. menulis. Dalam tahap ini ciri-ciri seks sekunder mulai tampak tetapi organ-organ reproduksi belum sepenuhnya berkembang. Masa puber adalah priode tumpang tindih karena mencakup tahuntahun akhir masa kanak-kanak dan tahun-tahun awal masa remaja di mana anak matang secara seksual. dan tata dan tingkatan nilai. Anak perempuan cenderung lebih cepat matang daripada laki-laki. Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembagalembaga serta mencapai kebebasan pribadi. Kegagalan dalam pelaksanaannya akan mengakibatkan pola perilaku yang tidak matang. Mengembangkan hati nurani. pengertian moral. Tugas-tugas perkembangan pada akhir masa kanak-kanak diantaranya. mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum. tahap puber dan tahap pascapuber. anak yang lebih besar harus menyelesaikan berbagai tugas dalam perkembangan. Untuk memperoleh tempat di dalam kelompok sosial. Tahap prapuber merupakan tahap yang bertumpang tindih dengan satu atau dua tahun terakhir masa kanak-kanak pada saat anak dianggap sebagai prapuber yaitu bukan lagi seorang anak tetapi belum juga seorang remaja. Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya. Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan seharihari. Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita yang tepat. dan berhitung. sehingga sulit diterima oleh kelompok teman-temannya dan tidak mampu menyamai teman-teman sebaya yang sudah mampu menguasai tugas perkembangan tersebut. Tahap puber terjadi pada garis pembagi antara . Masa ini dialami anak selama dua sampai empat tahun. Mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar untuk membaca. terutama kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya. Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh. Masa puber dibagi dalam tahap-tahap yaitu tahap prapuber. Anak diharapkan menguasai tugas-tugas tersebut pada saat ini.

Selama tahap remaja ciri-ciri seks sekunder terus berkembang dan sel-sel diproduksi dalam organ-organ seks. ciri-ciri seks sekunder telah berkembang baik dan organ-organ seks mulai berfungsi secara matang. Perkembangan fisik. saat di mana kriteria kematangan seksual muncul haid pada anak perempuan dan pengalaman akan basah pertama kali di malam hari pada anak laki-laki. perubahan perilaku dan sikap juga berlangsung pesat dan begitupula sebaliknya. Memberikan reaksi yang ber . remaja bukan lagi seorang anak dan juga bukan orang dewasa. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dna orang-orang dewasa lainnya. menahan kepala. duduk. Masa remaja juga merupakan periode perubahan. ketika perubahan fisik terjadi dengan pesat. Masa remaja juga merupakan masa mencari identitas. berguling. Selama tahap ini. Memperoleh perangkat nilai dan sistem etis sebagai pegangan untuk berperilaku mengembangkan ideologi. mencapai hubungan baru dan yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita. Mempersiapkan karier ekonomi. urat otot sudah ada pada waktu lahir. motorik dan psikososial anak Fisik Bayi (2 minggu ± 2 tahun) Pertambahan tinggi dan berat. Sementara tahap pascapuber. jumlah tulang meningkat. Masa remaja merupakan periode peralihan di mana status individu tidaklah jelas dan terdapat keraguan akan peran yang harus dilakukan. Mempersiapkan perkawinan dan keluarga. dapat tersenyum. Menerima keadaan fisiknya dan menggunakan tubuhnya secara efektif. tahap ini bertumpang tindih dengan tahun pertama atau kedua masa remaja.masa kanak-kanak dan masa remaja. Kognitif Belajar berbicara. Mencapai peran sosial pria dan wanita. Tugas-tugas perkembangan pada masa remaja antara lain. Pada masa ini. kognitif. selama awal masa remaja. Psikososial Bayi ingin digendong oleh siapa saja yang mendekatinya. Mengharapkan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggungjawab. berhubungan emosional dengan orangtua dan saudara saudara kanduMotorik Terjadi pengendalian mata.

sedih. akrab dengan teman tertentu. badan memanjang dada melebar. serta perkembangan organ perasa. hidung membesar. mandi sendiri. Timbulnya rasa amarah. Meniru teman. mencapai stabilitas fisiologi terutama dalam irama lapar dan tidur. baik dalam pengucapan. bibir semakin berisi. mampu menolong orang lain. Masa puber Masa remaja . mengikat tali sepatu. berpakaian sendiri. takut. Akhir masa Kanakkanak (6 tahun ± 12 tahun) Bertambah tinggi 2-3 inci/tahun. beda kepada wajah-wajah yang tersenyum suara yg ramah & suara yg menunjukkan amarah. dahi melebar & merata.tumbuh gigi. kerja sama. gembira. banyak bicara. berlari. simpati & empati terhadap teman. Menyisir rambut. wajah tetap kecil tapi dagu tampak lebih jelas dan leher lebih memanjang. berat ± 7 kali berat cemburu. berat bertambah 3-5 pon/tahun. Penambahan kosakata. kemajuan dalam pengertian. Awal masa Kanakkanak (2 tahun ± 6 tahun) Bertambah tinggi rata-rata 3inci. tahu. ingin pada waktu lahir. mampu menolong diri sendiri. bertambah besar nya mulut dan rahang. ng. kasih sayang. bersaing. memanjat. melompat. iri hati. gigi geraham muncul.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.