FUNGSI TUBUH ERROR AKIBAT TREMOR Bayangkan jika tangan yang vital bagi aktivitas kita sehari-hari

tiba-tiba gemetaran tidak karuan. Jangankan menulis, untuk memegang pena saja rasanya sulit. Itu bisa terjadi bila kita terserang tremor. Kalau tidak diatasi, penyakit yang menyerang saraf ini akan mengacaukan fungsi tubuh.

PROSES PENUAAN Tremor merupakan gerakan gemetar akibat kontraksi otot yang tidak terkontrol. Frekwensi getaran berkisar 4-12 kali per detik. Tremor dapat terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, misalnya di ujung lengan atau tungkai,pinggang, bagian wajah, bahkan pita suara. Meski demikian paling sering terjadi pada tangan. Gejala yang paling mudah dilihat, orang tangannya gemetaran saat memegang apa saja, contohnya mangkuk bakso/gelas minum. Biasanya tremor terjadi karena proses penuaan. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dialami oleh kalangan usia produktif. Meski tidak berakibat fatal, jika dibiarkan, tremor bisa bertambah parah dan menyebabkan hilangnya fungsi bagian tubuh yang terkena. UJI MOTORIK Untuk mendiagnosis tremor, dokter biasanya meminta pasien melakukan serangkaian tes seperti menggambar lingkaran. Tujuannya untuk menguji kemampuan sensorik dan motorik pasien. Pemeriksaan urin dan darah juga dapat membantu untuk menegakkan diagnosis, apakah ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya pengaruh obat-obatan atau penyakit tertentu.Pemeriksaan menggunakan teknologi Magnetic Resonance Imaging (MRI) ataupun elektromiogram juga dapat dilakukan sebagai penunjang. Tremor yang sudah parah dapat menurunkan kualitas hidup dan menyebabkan penderitanya tergantung terhadap orang lain. Bisa dibayangkan jika profesi seperti dokter bedah mengalami tremor, akan terjadi salah potong. Dokterpun terpaksa puasa bekerja sampai tremornya hilang. MERKURI KOSMETIK Melihat penyebabnya, tremor bisa timbul karena berbagai hal."Perasaan emosi yang berlebih dapat menimbulkan tremor. Orang yang sedang ketakutan atau gugup juga dapat gemetar. Ini termasuk jenis tremor fisiologis yang normal dialami manusia.Tremor ini akan hilang dengan sendirinya jika emosi sudah tenang. ucaap Dr. Jofizal Jannis, Sp.S,Spesialis saraf dari RSCM Jakarta. Ada tremor yang terjadi karena penyakit, seperti tremor pada pasien parkinson. Tremor yang diakibatkan oleh penyakit tidak bisa hilang jika penyebabnya tidak ditangani lebih dahulu. Tremor ini termasuk rest tremor, yaitu getaran terjadi hanya pada saat pasien tidak melakukan apapun. Sebaliknya jika pasien tengah beraktivitas, getaran tidak muncul. Jenis tremor yang lain adalah tremor iatrogenik. Tremor ini terjadi karena efek samping obat-

Jalan terakhir yang dapat ditempuh adalah tindakan bedah yang dikenal dengan nama talamotomi dilakukan dengan memutuskan lingkaran saraf di otak. Padahal penderita tremor jenis ini paling banyak jumlahnya. Contohnya keracunan merkuri yang berasal dari kosmetika. disarankan untuk selalu mendukung pasien. PALING BANYAK Yang belum diketahui penyebab pastinya adalah tremor esensial. Alasannya kafein dapat meningkatkan kadar adrenalin yang menyebabkan tremor bertambah parah. dapat membantu mengurangi gejala tremor. merkuri dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan gejala tremor. Jika betablocker tidak mempan. AWAS KECANDUAN Jika perubahan pola hidup tidak mengurangi gejala tremor. serta pasien gangguan organ jantung. bisa digunakan obat yang mengandung primidoneatau valium . yang dapat menyebabkan kecanduan. hingga kini para ahli medis masih mencari penyebab pasti tremor jenis ini.obatan. diabetes. Aktivitas fisik yang dianjurkan yaitu meguatkan tangan dan pergelangan tangan menggunakan beban seberat 0.Tindakan lain mengurangi gejala adalah menghindari kafein. Namun. dapat dilakukan terapi medikamentosa( obat-obatan). misalnya menambah waktu istirahat dan menghilangkan beban pikiran. Meskipun hanya dioleskan di wajah. HINDARI KAFEIN Banyak penderita tremor esensial ini tidak memerlukan pengobatan selama keluhannya tidak mengganggu kehidupan atau mengarah ke penyakit lebih berat. Yang pasti penggunaan obat-obatan ini harus mendapat pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping berbeda pada tiap orang. Terutama jenis obat yang mengandung valium. Alkohol dapat memicu adanya tremor. Untuk mengatasi masalah percaya diri pada pasien. Banyak yang mengatakan bahwa tremor esensial terjadi karena faktor genetik/ keturunan. Biasanya para terapis menyarankan penggunaan obat betablocker seperti Yang harus diingat obat ini tidak cocok bagi manula dan pengidap asma. Tremor ini termasuk Action Tremor artinya getaran akan muncul jika pasien melakukan kegiatan dan akan menghilang jika pasien dalam keadaan istirahat atau tidak melakukan aktivitas. Tremor esensial juga dapat menyebabkan masalah sosial yang cukup serius karena penderita merasa dirinya tidak berguna dan tersingkirkan dari kehidupan sosial. . Perubahan pola hidup.5-1 kg yang digerakkan seperti mengangkat barbel.

YAng harus diingat adalah efek samping yang dapat di timbulkan oleh obat-obatan tersebut. karena itu penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter. mengikat tali sepatu. Untuk kasus seperti ini umumnya tidak diperlukan pengobatan atau penanganan khusus. bahkan sudah bisa dibilang mencapai 0% KELEWAT SERING MAIN PLAY STATION Gangguan tremor juga bisa dialami anak-anak. dengan semakin majunya teknologi kedokteran saat ini. Cara paling mudah untuk mengobatinya adalah mengurangi kebiasaan buruk yang memperbesar resiko anak menderita tremor.Efek samping talamotomi yang dapat terjadi adalah kesulitan bicara dan terganggunya keseimbangan. Kondisi ini juga bisa dialami pengemudi mobil atau orang yang terbiasa menangani mesin-mesin yang bergetar. efek samping itu sudah bisa diminimalkan. hingga akhirnya dihilangkan ( jika mungkin) tremor pun akan cenderung menghilang. Bila sudah terkena tremor. Penyebabnya bisa karena refleks atau kebiasaan memencet tombol yang intens dan cepat tersebut. Tremor pada anak-anak juga bisa disebabkan oleh berbagai gangguan. atau mewarnai gambar yang biasanya menjadi aktivitas yang sangat disukai mereka. Namun. termasuk riwayat tremor esensial pada keluarga. Jika frekuensi bermain video games dikurangi. Semoga bermanfaat. Sejumlah obat dapat digunakan untuk mengurangi gejalanya. epilepsi atau gangguan gerak psikogenik. Terutama diderita anak-anak yang gemar bermain video games. play station. penanganan yang lebih serius harus dilakukan. atau game-game lain yang membutuhkan koordinasi gerakan tangan yang cepat. Orangtua tentu juga harus memegang peran penting atas terapi untuk si anak. . Meski demikian jika tremor sampai mengganggu anak saat memegang gelas/ menulis. Anak tidak lagi mampu mengancingkan baju. kualitas hidup anak bakal terganggu.

impotensi pada laki-laki). 3. Gunakan dengan hati-hati pada pasien bronchopasma. Pasien jangka panjang sebaiknya tidak berhenti dengan tiba-tiba. 2. Efek GI (N/V. sebanyak 2-3 kali sehari. konstipasi).Jakarta. pusing. Dosis boleh ditambah dengan jarak mingguan sesuai dengan respon pasien. Dosis maksimum: 480 mg/hari Pemberian lanjutan: 1. kedinginan. dan gangguan kecemasan. diare. sumbatan jantung. Indikasi: Digunakan untuk mengobati atau mencegah gangguan yang meliputi migrain. Dosis sebesar 20-40 mg diberikan melalui mulut (per oral). asma. 2. Obat ini adalah beta-blocker pertama yang sukses dikembangkan. Efek metabolik (bisa memproduksi hiper atau hipoglikemia. . perubahan dalam serum kolesterol & trigliserid.arrhythmias. 4. pasien dengan PVD. depresi. sebelumnya ada tingkatan AV block yang tinggi. Dosis: Pemberian reguler: 1. hipertensi. sebanyak 1 kali sehari. dan pasien yangmenggunakan insulin. atau penyakit sumbatan pernapasan. Instruksi Khusus: 1. gangguan tidur). 2. depresi. Dosis maksimum: 320 mg/hari Efek Samping: Efek CNS (kelelahan. Berkontra-indikasi dengan bradycardia. Beta-blocker mungkin menutupi gejala hipertiroid & hipoglikemia dan mungkin memperburukpsoriasis. menopause. sindrom sakit sinus dan kegagalan LV yang tak stabil. Deskripsi: Propranolol adalah tipe beta-blocker non-selektif yang umumnya digunakan dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Efek berturut-turut (bronchospasma pada pasien yang rentan & obat-obatan dengan beta1 harus digunakan secara selektif pada pasien ini). Efek CV (gagal jantung. Dosis sebesar 80 mg diberikan melalui mulut (per oral). Gunakan dengan hati-hati dengan tingkatan block pertama. kebingungan. harus berhenti secara bertahap selama 1-2 minggu. 3. angina pectoris.

Penyakit Parkinson pertama kali diuraikan dalam sebuah monograf oleh James Parkinson seorang dokter di London. kesulitan pada saat memulai pergerakan. James Parkinson mengatakan bahwa penyakit (yang akhirnya dinamakan sesuai dengan namanya) tersebut memiliki karakteristik yang khas yaknitremor. Muhammad Ali (mantan peninju terkenal A. pada tahun 1817. Keseluruhan sinyal tersebut diantarkan oleh bahan kimia neurotransmiter sebagaiimpuls listrik di sepanjang jalur saraf dan diantara sarafsaraf. kekakuan dan gangguan dalam cara berjalan (gait difficulty). Inggris. tremorpada saat istirahat.000 sampai satu juta.000 terdiagnosa baru setiap tahun.000 ke 60. Sementara sebuah sumber menyatakan bahwa Penyakit Parkinson menyerang sekitar 1 diantara 250 orang yang berusia diatas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia diatas 65 tahun. tetapi bisa lebih awal pada usia 40 tahun atau bahkan sebelumnya. Rata-rata usia mulai terkena penyakit Parkinson adalah 61 tahun. Ganglia basalis mengolah sinyal dan mengantarkan pesan ke talamus. (seorang bintang film Hollywood terkenal) yang kini aktif dengan Penyebab Penyakit Parkinson (Parkinson¶s Disease) Penyebab pasti Penyakit Parkinson masih belum diketahuii. ditandai dengan ketidakteraturan pergerakan (movement disorder). meskipun penelitian mengarah pada kombinasi faktor genetik dan lingkungan. yang akan menyampaikan informasi yang telah diolah kembali kekorteks serebri. Jauh di dalam otak ada sebuah daerah yang disebut ganglia basalis. dan kekakuan otot.Penyakit Parkinson adalah suatu penyakit degeneratif pada sistem saraf (neurodegenerative) yang bersifat progressive. Jumlah orang di Amerika Serikat dengan penyakit Parkinson¶s diperkirakan antara 500.). Di dalam tulisannya. sel-sel saraf pada ganglia basalis mengalami kemunduran sehingga pembentukan dopamin berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya juga lebih . Angka tersebut meningkat setiap tahun seiring dengan populasi umur penduduk Amerika. Chen Jingrun (ahli matematik terkenal China). Michael J FoxThe Michael J Fox Foundation For Parkinson¶s Research. Penyakit Parkinson bisa menyerang laki-laki dan perempuan.S. dengan sekitar 50. Neurotransmiter yang utama pada ganglia basalis adalah dopamin. Pada Penyakit Parkinson. Jika otak memerintahkan suatu aktivitas (misalnya mengangkat lengan). maka sel-sel saraf di dalam ganglia basalis akan membantu menghaluskan gerakan tersebut dan mengatur perubahan sikap tubuh. Beberapa orang ternama yang mengidap Penyakit Parkinson diantaranya adalah Bajin (sasterawan terkenal China).

Penyakit Parkinson dimulai secara samar-samar dan berkembang secara perlahan. penggunaan herbisida dan pestisida. rahang dan / atau muka) 2. karena Penyakit Parkinson umumnya dijumpai pada usia lanjut dan jarang timbul pada usia di bawah 30 tahun. etanol dan sianida). khususnya penderita Parkinson pada usia muda. 3. CO. methanol. dan 6. Menggeletar (pada jari. Neurodegenerative disorders lainnya termasuk Penyakit Alzheimer¶s.sedikit. Usia. Ras. Genetik. Kaku pada anggota badan (tangan. 5. meski peranannya masih belum jelas. meskipun penyakit ini cenderung diturunkan. Penyebab dari kemunduran sel saraf dan berkurangnya dopamin biasanya tidak diketahui. atau penyakit Lou Gehrig¶s serta banyak penyakit mental lainnya. 4. serta jangkitan. Toksin (seperti 1-methyl-4-phenyl-1. Pada banyak penderita.3. 2. CS2.Stress emosional atau kelelahan bisa memperberat tremor. Akan tetapi ada beberapa faktor risiko (multifaktorial) yang telah dikenalpasti dan mungkin menjadi penyebab penyakit parkinson yakni : 1.6-trihidroxypyridine (MPTP). Pada . Pergerakan badan yang perlahan (Bradykinesia) 4. pada mulanya Penyakit Parkinson muncul sebagai tremor (gemetar) tangan ketika sedang beristirahat. danamyotrophic lateral sclerosis. penyakit Huntington¶s. Masalah ketidakseimbangan postur dan koordinasi badan yang dapat mengakibatkan jatuh. tremor akan berkurang jika tangan digerakkan secara sengaja dan menghilang selama tidur. Diagnosa Gejala Penyakit Parkinson 4 Tanda-tanda dan gejala utama Penyakit Parkinson: 1. Cedera kranio serebral.2. kaki. di mana orang kulit putih lebih sering mendapat penyakit Parkinson daripada orang Asia dan Afrika. Tampaknya faktor genetik tidak memegang peran utama. yang juga dipercayai menjadi faktor risiko. Mn. factor genetik amat penting dengan penemuan pelbagai kecacatan pada gen tertentu yang terdapat pada penderita Penyakit Parkinson. tangan. kaki dan / atau tubuh badan ± Rigidity) 3. Mg. Tekanan emosional.

Langkahnya bertambah cepat sehingga mendorong mereka untuk berlari kecil supaya tidak terjatuh. akhirnya akan mengenai tangan lainnya. yang secara efektif dapat memperbaiki gejala-gejala pada Penyakit Parkinson (kajian oleh Barbeau 1962. suatu prekursor dopamin. Tremor juga akan mengenai rahang. Kekakuan dan imobilitas bisa menyebabkan sakit otot dan kelelahan. Kekakuan dan kesulitan dalam memulai suatu pergerakan bisa menyebabkan berbagai kesulitan. lidah. sehingga pekerjaan sehari -hari (misalnya mengancingkan baju dan mengikat tali sepatu) semakin sulit dilakukan. Kadang berkurangnya ekspresi wajah ini disalah artikan sebagai depresi. pada penderita lainnya tremor semakin berkurang sejalan dengan berkembangnya penyakit dan sisanya tidak pernah mengalami tremor.awalnya tremor terjadi pada satu tangan. tremor bukan merupakan gejala awal. Sebagian besar penderita memiliki intelektual yang normal. Otot-otot kecil di tangan seringkali mengalami gangguan. Wajah penderita Penyakit Parkinson menjadi kurang ekspresif karena otot-otot wajah untuk membentuk ekspresi tidak bergerak. Pandangan tampak kosong dengan mulut terbuka dan matanya jarang mengedip. Jika lengan bawah ditekuk ke belakang atau diluruskan oleh orang lain. tetapi obat-obat tersebut menyebabkan penderita lebih mudah melakukan suatu gerakan dan memperpanjang harapan hidup penderita . membawa dunia pengobatan kepada penemuan obat levodopa. Pada sepertiga penderita Penyakit Parkinson. Penderita Penyakit Parkinson mengalami kesulitan dalam memulai suatu pergerakan dan terjadi kekakuan otot. Sikap tubuhnya menjadi bungkuk dan sulit mempertahankan keseimbangan sehingga cenderung jatuh ke depan atau ke belakang. Jika penderita Penyakit Parkinson sudah mulai berjalan. walaupun memang banyak penderita Penyakit Parkinson yang akhirnya mengalami depresi. tetapi ada juga yang menjadi pikun Perawatan Penderita Penyakit Parkinson Pengobatan Penyakit Parkinson memiliki sejarah yang cukup panjang. Penderita Penyakit Parkinson berbicara sangat pelan dan tanpa aksen (monoton) dan menjadi gagap karena mengalami kesulitan dalam mengartikulasikan fikirannya. Penderita Penyakit Parkinson mengalami kesulitan dalam melangkah dan seringkali berjalan tertatih-tatih dimana lengannya tidak berayun sesuai dengan langkahnya. Fakta menunjukkan bahawa terdapat penurunan kadar dopamin pada Penyakit Parkinson di awal tahun 1960-an. serta Cotzias et al 1967). kening dan kelopak mata. Birkmayer & Hornikewicz 1962. Penderita Penyakit Parkinson seringkali ileran atau tersedak karena kekakuan pada otot wajah dan tenggorokan menyebabkan kesulitan menelan. mereka mengalami kesulitan untuk berhenti atau berbalik. Namun levodopa tersebut tidak menyembuhkan penyakit atau menghentikan perkembangan Penyakit Parkinson. lengan dan tungkai. maka gerakannya terasa kaku.

intervensi pembedahan juga memiliki sejarah panjang hingga wujudnya teknik-teknik seperti palidotomi. Kajian terakhir melaporkan bahwa Ernest Arenas dan rekannya telah mengenalpasti sumber baru untuk sel dopamin yang berasal dari neuron sel stem otak tengah bahagian ventral (Ventral Midbrain (VM) neuron stem cell). Sel stem dimunculkan sebagai tawaran menarik dalam terapi penggantian sel pada penyakit parkinson karena mempunyai kapasita yang besar untuk menghasilkan sel dopamin (Arenas. thalamotomi dan deep brain stimulation. Sumber : Wikipedia dan dari berbagai sumber . 2008). et al.Selain terapi farmakologi.