PERILAKU TERCELA

1. Dosa Besar Terhadap Allah SWT ●Syirik Dalam istilah ilmu tauhid,syirik adalah menyekutukan Allah AWT dengan sesuatu selainnya baik dalam zat nya, sifat nya, af-al nya (perbuatannya), maupun dalam hal ketaatan yang seharusnya ditujukan hanya kepadanya. Orang yang berlaku syirik disebut musyrik. Syirik merupakan dosa yang paling berat, sehingga pelakunya tidak akan memperoleh pengampunan dari allah SWT, apabila sebelum meninggal dunia dia tidak bertobat dengan sungguh-sungguh. ●Kufur Yaitu mengingkari adanya allah SWT dan segala ajarannya yang disampakan oleh nabi/rasulnya. Orang yang berlaku ingkar disebut kafir. Termasik kufur adalah mengingkari atau tidak mensyukuri nikmat yang dikaruniakan allah SWT. ●Nifak Yaitu menampakan sikap, ucapan dan perbuatan yang sesungguhnya bertentangan dengan apa yang tersembunyi dalam hatinya, seperti berpura-pura memeluk agama islam, padahal dalam hatinya kufur (mengingkari). ●Fasik Yaitu melupakan allah SWT. Orang yang fasik akan meninggalkan kewajiban agamanya, bahkan bisa sampai berbuat riddah yaitu keluar dari agama islam yang ditunjukan dengan sikap mental,ucapan dan perbuatan. 2. Dosa Besar Terhadap Diri Sendiri Yaitu perbuatan dosa yang objek atau sasarannya adalah diri sendiri, seperti bunuh diri perbuatan itu sendiri haram hukumnya karena yang berhak menghidupkan dan mematikan seseorang hanyalah allah SWT.

Contoh-cintoh perbuatan yang termasuk durhaka terhadap kedua orang tua: a. b. c. Anak menjauhi orang tuanya dan tidak mau menjenguk mereka. padahal anaknya hidup berkecukupan. Qazaf termasuk kedalam perbuatan keji dan hukumnya haram karena menuduh zina akan mendatangkan kerugian dan bencana. e. menelantarkan kedua orang tua yang berada pada kemiskinan. melakukan penganiayaan terhadap fisik kedua orang tua b. 4. Dosa Besar Dalam Makan dan Minum a. 5. melontarkan caci-maki atau kata-kata yang menykitan hati kedua orang tua c. tanpa adanya saksi-saksi yang dibenarkan oleh syara. Dosa Besar Yang Berkaitan Dengan Pemenuhan Kebutuhan Seksual a.3. Dosa Besar Dalam Keluarga Salah satu contohnya adalah duhaka kepada kedua orang tua. Homoseksual yang dalam ilmu fikih disebut al-liwat merupakan perbuatan haram dan dosa besar karena perbuatan tersebut bertentangan dengan fitrah manusia serta bertentangan pula norma susila agama. Homoseksual (gay dan lesbian) Homoseks adalah pemuasan atau penyaluran nafsu seks antar sesama jenis. Allah SWT mengharamkan zina dan memasukan zina ke dalam dosa besar. menuduh zina (qazaf) Qazaf ialah menuduh orang lain melakukan zina. zina Zina adalah persetubuhan antara laki-laki dan wanita tanpa ikatan pernikahan yang sah. karena akibat nuruk yang ditimbulkan oleh zina sungguh besar. Sedangkan pezina muhsan (sudah menikah) hukumannya adalah dirajam sampai mati. mengancam orang tua agar memberikan sejumlah uang atau sesuatu yang lain d. Menurut hukum islam para pelaku zina yang termasuk gairu muhsan (belum menikah) hukumnya di dera (di cambuk) sebanyak 100 kali dan di asingkan selama setahun. Makana .

Dan diharankan bagimu hewan yang disembelih untuk berhala. Meminum Khamar Khamar berarti tertutup. yang dipukul. Dosa Besar Dalam Kehidupan Bermasyarakat a. Apabila dalam suatu masyarakat banyak terjadi perampasan dan perampokan.Makanan-makanan yang diharamkan karena zatnya telah di jelaskan secara rinci dalam al-quran surah al-ma’idah. Khamar mencakup segala yang memabukan. Kata khamar digunakan sebagai sebutan bagi setiap yang memabukan dan menutup atau menghalangi akal sehat peminumnya dari mengerjakan perintah-perintah allah dan rasulnya. ancaman dan bahkan pembunuhan emrupakan perilaku yang sangat menggelisahkan dan mengerikan. yang tercekik. baik berupa cairan.dimakan dihisap atau di injeksikan kedalam tubuh.terhalang atau tersembunyi.” (QS Al Maidah : 33) lihat al-Qur’an . yang jatuh. 5:3 Allah SWT berfirman yang artinya: “diharamkan bagimu (memakan)bangkai. tetap sekali penegasan Allah SWT dan rasulnya.darah (darah yang dikeluarkan oleh tubuh). maupun zat padat baik denga cara di minum. b.Merampok Merampas atau merampok harta orang lain yang kadang disertai dengan kekerasan. Orang-orang yang memerangi Allah dan rasul Nya disebutkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut. hanyalah mereka dibunuh atau disalib atau dipotong tangan dan mereka dengan bertimbal balik atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya) dengan demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia dan diakhirat mereka beroleh siksaan yang besar. daging babi (daging hewan) yang di sembelih atas nama selain allah. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. Itu termasuk perbuatan haram dam merupakan dosa besar yang wajib dijauhi oleh setiap individu. Oleh karena itu. yang ditanduk dan yang diterkam binatang buas. Mereka dianggap perang terhadap Allah dan rasulnya karena yang mereka lakukan merupakan perbuatan melawan hukum Allah SWT dan mengganggu masyarakat yang dilindungi oleh hukum. Artinya : “sesungguhyna pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan rasulnya dan membuat kerusakan di bumi. warga masyarakat yang ada di lingkungan tersebut akan mengalami keresahan. 6.

melainkan dengan suatu alasan yang benar. Membunuh Hak-hak yang paling utama bagi setiap manusia yang dijamin pula oleh Islam adalah hak hidup. Firman Allah SWT. maka balasannya adalah jahanam.” (QS Al Maidah : 38) lihat al-Qur’an online di Goole. Selain pengertian tangannya yang dipotong.yamg artinya : “Tidaklah seorang pencuri ketika mencuri itu ia beriman. Diantara hak-hak tersebut. Perbuatan mencuri. baik terhadap diri sendiri maupun terhadapa orang lain atau masyarakat. Allah SWT berfirman. (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah dan Allah maha perkasa dan maha bijaksana.online di Goole. Ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutuknyaserta menyediakan azab yang pedih baginya. dan hak menuntut ilmu pengetahuan.”(QS An Nisa : 93) lihat al- . hak kemerdekaan. dipenjarakan kemudian dibimbing sehingga sifat tercela tersebut dapat hilang. Rasulullah SAW pernah bersabda. bahkan sedikit demi sedikit keimanan dan keislamannya akan terlepas dari dirinya. hak yang paling penting dan mendapat perhatian adalah hak hidup.” (QS Al Isra : 33) lihat alQur’an online di Goole. hak pemeliharaan kehormatan. potonglah tangan keduanya. Terhadap dirinya sendiri dapat berakibat antara lain kehidupan si pelaku pasti tidak akan merasa tenang. hak pemilikan. Artinya : “Laki-laki dan perempuan yang mencuri.” (HR Bukhari) b. Islam memberikan perhatian terhadap perlindungan jiwa dan Allah mengancam orang yang merampas hal tersebut dengan hukuman berat. Firman Allah yang lain perihal pencurian yang dapat dihukum dengan potong tangan adalah sebagai berikut. Artinya :“Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja. Pengertian hukum potong tangan dapat beraneka macam pendapat. hak persamaan. Jiwanya akan merasa dikejar-kejar oleh bayangan dosa. Artinya : “Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya). merampok dan merampas jelas sangat berbahaya.

Memakan makanan yang halal dan thayyib . Hadis nabi Muhammad SAW.artinya :“Barang siapa membunuh dirinya dengan sesuatu maka kelak ia akan disiksa di hari kiamat nanti dengan barang tersebut.Qur’an online di Goole. pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja yaitu merencanakan pembunuhan dalam keadaan jiwa sehat dan penuh kesadaran. 1. 1. 2. misalnya kecelakaan. baik terhadap diri pribadi maupun terhadap lingkuang atau masyarakat. kecuali dimaafkan oleh pihak keluarga korban dan kepadanya dituntutdenda. Suka menolong 7. Meneguhkan hati untuk mengikuti jalan yang lurus 10. dengki. Hal-hal di bawah ini dapat melatih diri kita untuk membentengi diri dari perilaku tercela. Pembunuhan yang terjadi tanpa disengaja dengan alat yang tidak mematikan. iri hati atau cemburu. Memperbanyak berbuat kebajikan 6. Hukumannya adalah penjara atau denda yang cukup berat 3. Membiasakan bersilaturahmi 2. pembunuhan karena kesalahan atau kekhilafan semata-mata tanpa direncanakan dan tidak ada maksud sama sekali.” (HRMuslim) Pembunuhan dapat terjadi akibat berselisih pendapat. Mampu memaafkan kesalahan 4. Hal ini merupakan akibat tipu daya setan agar manusia senantiasa bertikai dan saling membunuh. khusunya perbuatan membunuh. Pembunuhan semacam ini dapat dihukum qisas artinya dihukum mati. Berbuat adil 5. Meninggalkan hal-hal yang menyangkut riba 9. Hukuman tersangka penjara atau denda ringan Untuk memperkecil peluang terjadinya ha-hal buruk tersebut. Bersikap lemah lembut 8. kita selalu memupuk perilaku terpuji. dendam. Jenis-jenis pembunuhan dan hukumannya berdasarkan Al Qur’an dan hadis dijelaskan sebagaiberikut. Mampu menahan amarah 3.

terutama remaja. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka.11. Firman Allah SWT Artinya : “katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman. 1. Hadis Nabi Muhammad SAW menyatakan sebagai berikut. Senantiasa berdoa kepada Allah SWT 12. Islam dengan Al Qur’an dan sunah telah memasang bingkai bagi kehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah an bersih dari kerusakan moral.” (QS An Nur : 30) lihat al-Qur’an online di Goole. hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. namun juga yang bersifat perilaku ibadah ghairu mahadah (umum) seperti hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan. Didalam Al Qur’an terdapat bebeapa ayat yang memuat informasi dan pengetahuan tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan. Tidak pelit atau kikir C.yang artinya : “Maka bertakwalah kepada Allah dalam hal wanita. tinggi dan rendahnya spiritualitas (rohani) pada sebuah masyarakat berkaitan erat dengan segala perilakunya. Berlaku lurus terhadap manusia 13. khususnya remaja yang kondisinya berada pada masa puberitas dan pencarian jati diri sehingga mereka rentan terhadap pengaruh tersebut. bukan saja tata perilaku yang bersifat ibadah mahdah (khusus) seperti salat dan puasa. Menurut pandangan Islam. Sebab kalian telah mengambil mereka dengan dasar amanah Allah dan telah kalian halalkan kemaluan mereka dengan kalimah Allah. . Sesungguhyna Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Asusila Asusila adalah perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma atau kaidah kesopanan yangsaat ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat. Faktor lingkungan atau masyarakat yang cukup besar memberikan pengaruh terhadap tingkah laku sesorang.” (HR Muslim) Ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu munculnya perilaku asusila di dalam suatu masyarakat tersebut.

serta pembeda antara kebenaran dan kesalahan (lihat QS Al Baqarah : 185) . 4. Kurangnya keteladanan yang diberikan oleh pihak yang seharusnya memberi atau menjadi teladan. orang lapar harus diberi makan. 3. Keteladanan ini mutlak diperlukan. Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Masalah hak asasi manusia menjadi salah satu pusat perhatian manusia sedunia sejak pertengahan abad lalu. hak-hak dasar atau pokok bagi manusia sejak dilahirkan yang merupakan anugerah dari Allah yang Mahakuasa hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Allah yang tidak bisa dilanggar oleh siapapun juga. diantaranya larangan menindas wanita. baik laki-laki maupun perempuan harus dihormati dalam segala keadaan. kehormatan dan kesucian.2. khusunya oleh remaja karena contoh atau teladan memberikan kemudahan untuk proses pembiasaan perilaku pada kehidupan sehari-hari mereka. Islam selalu mendorong umatnya untuk mendorong umatnya untuk menemukan hal-hal yang baru dan mencari pemecahanpemecahan baru demi kemajuan umat Islam. atau hak dan kewajiban dasar manusia. 3. Kaum muslim di seluruh dunia juga mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh terhadap isu global ini. D. orang-orang sakit atau orang cidera. bahkan musuh sekalipun (lihat QS Al Maidah) Islam pada dasarnya adalah ajaran yang komprehensif karena Al Qur’an adalah kitab yang berfungsi memberi petunjuk. Ada beberapa pengertian dari hak asasi manusia antara lain : 1. anak-anak. orang telanjang diberi pakaian dan orang-orang sakit atau terluka di tolong tanpa memperdulikan apakah ia seorang muslim atau bukan. 2. Kurangnya sikap konsisten dari pihak yang seharusnya memiliki tugas tersebut. Darah manusia tidak boleh ditumpahkan tanpa alasan yang benar. Sikap tidak konsisten terkadang membuat seseorang tidak memiliki patokan yang jelas mengenai hal-hal mana yang boleh dan mana yang tidak. bahkan umat manusia di seluruh di dunia. penjelasanatas petunjuk. Hukum Islam pun telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. orang tua.

menjual dan memanfaatkan sesuatu (Properti Right) Perlakuan sama dalam hukum dan pemerintahan (Right of legal Equality) Ikut serta dalam pemerintahan. 8. Membela pengkhianat 15. Ajaran Islam membimbing pemeluknya menjadi umat yang mampu meberikan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia di dunia Ada beberapa contoh perilaku yang merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia. e. menyuruh atau mendukung kemungkaran dan melarang atau mencegah kebaikan 11. d. Mencuri 4. 16. khususnya kaum muslimmempunyai tugas dan kewajiban untuk membuktikan bahwa Islam cinta damai dan menghormati hak asasi manusia. Menipu dan merusak hakim 14. Berzina 5. Membunuh manusia 2. dan bergerak (Personal Right) Hak memiliki. Mengkhianati amanah dan menipu 13.Berikut ini adalah isi yang terkandung dalam hak asasi manusia yang disepakati hampir di seluruh dunia a. Membunuh anak-anak meskipun karena takut miskin 3. Melakukan riba 7. memberi. beragama. Kebebasan berpendapat. Melakukan judi atau maasyir. c. Menipu atau berlaku curang 6. Memakan harta anak yatim yang bukan hak 10. b. mengambil sesuatu yang bukan hak milik tidak halal 9. Berkata-kata palsu dan memberi kesaksian palsu. f. Menyembunyikan kebenaran . 1. Perilaku yang harus di jauhi tersebut adalah sebagai berikut. Menganiaya 12. hak pilih dan dipilih (Political Right) Hak untuk memilih pendidikan dan pengembangan kebudayaan (Social Culture Right) Perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (Prosedur Right) Bangsa Indonesia.

Selalu mendukung. Berkata buruk 18. Menganggap rendah orang lain atau sombong 23. turut serta membantu. Mematai-matai orang atau mencari kesalahan orang lain. Mereka telah bersumpah untuk menyesatkan manusia sepanjang masa. Menyisihkan harta atau rezeki yang digunakan untuk membantu orang-orang yang memerlukan bantuan atau terkena musibah 3. Kikir atau bakhil 25. dan gemar melakukan amal saleh seperti aksi bakti sosial. terutama yang berkaitan dengan ibadah rukun Islam secara konsisten. kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT dari segala godaan setan yang terkutuk. 21. Bermaksud jahat atau menuduh wanita yang baik berzina. Menghina 29. Mengumpat 19. sedangkan semua makhluk Nya derada didalm kekuasaan Nya. Oleh karena itu. Memperlakukan anak yatim dan orang miskin dengan buruk 22. Oleh karena itu. kita harus berusaha semaksimal mungkin agar tidak terjebak atau tergoda rayuan iblis atau setan. melaksanakan segala perintah Allah. Memaksakan kehendak. 2. Membenci 27. atau aktif mengikuti kegiatan yanng bersifat syiar atau dakwah . Kita meyakini bahwa Allah SWT adalah tuhan semesta alam yang Mahakuasa serta maha berkehendak. 24. Iblis atau setan senantiasa berusaha menggoda manusia untuk melakukan perbuatan tercela. mengingat Allah dan sifat-sifatnya setiap saat. selalu mengembalikan sesuatu baik ide atau niat apapun juga didalam hati kepada Allah sebelum berbuat atau melakukan niat tersebut. Mengejek atau mengolok-olok 20. Merusak 28. Beberapa sikap yang menjadi perwujudan kita membenci sifatsifat tercela tersebut antara lain sebagai berikut. Merugikan atau mengambil hak orang lain 26.17. 1.

HASUD Hasud atau DENGKI merupakan sikap bathin keadaan hati. Termasuk mengolok-olok. fakir miskin dan lain sebagainya agar mereka turut merasakan kegembiraan dan perhatian dari saudaranya sesama muslim."cukuplah kejelekan seseorang jika ia menghina orang muslim" (HR Muslim). Menggembirakan kaum dhuafa seperti anak yatim piatu. MENGHINA Sifat ini biasanya kita lakukan tanpa di sadari. . benci dan antipati terhadap orang lain yang mendapatkan kesenangan. memiliki . mengutuk. nikmat. 2."barang siapa mengejek saudaranya lantaran satu dosa."mukmin itu bukanlah pencela dan bukan pelaknat dan bukan yang jelek perangi dan bukan yang kotor lidah" (HR Ibnu mas'ud). Selain hal itu. Biasanya. mencela. tidak ia mati melainkan melakukan dosa itu" (HR Tirmidzi). tetapi sangat susah melihat kesalahan sendiri. Perilaku tercela ini sangat dibenci Allah. 4.4. memakai. BERBURUK SANGKA BURUK SANGKA adalah menuduh atau menyangka atau memandang orang lain dari satu segi. . Menghina mengandung pengertian bahwa mengeluarkan kata-kata yang merendahkan dan menyakiti hati orang lain. seseorang sangat pandai melihat kesalahan orang lain. dalam buruk sangka. Sabda rasulullah: . mengapa sikap ini perlu kita hindari? Rasulullah bersabda: "jauhilah buruk sangka karena sesungguhnya perasangka itu sedusta-dusta omongan" (HR Muttafaq 'Alaih). orang yang sedang sakit. Berikut ini adalah beberapa sikap atau perilaku yang tergolong tercela: 1. Nah. . dan mengejek. atau rasa tidak senang."memaki sesama muslim itu kedurhakaan" (HR Muttafaq 'Alaih). seseorang sering menyembunyikan kebaikan orang yang dilihatnya dan membesarkan keburukan orang tersebut.

khianat. DUSTA Sikap ini merupakan sikap yang mengarah pada kemunafikan.kelebihan darinya. pastilah ia akan mencari yang ketiganya sebagai tambahan dari dua lembah yang sudah ada itu" (HR. firman allah: "jika kamu memperoleh kebaikan. hadist menyebutkan: "jauhilah kedustaan karena sesungguhnya kedustaan itu memimpin kepada kedurhakaan dan kedurhakaan membawa ke neraka" (HR Muttapaq 'alaih).(Q. mereka bergembira karenanya.. Hasud juga dapat mendorong seseorang mencela. 4. Mengapa demikian? Sikap berdusta merupakan ciri kaum munafik. niscaya mereka bersedih hati. rasulullah bersabda "jika seseorang sudah memiliki dua lembah emas. menjelek-jelekan. tanpa menghiraukan cara halal atau haram. Mengapa demikian? Seseorang yang dengki terhadap orang lain akan merasa senang jika orang lain mendapatkan kemalangan atau kesengsaraan. SOMBONG . dan ingkar janji.. Sikap ini sebaiknya kita hindari sebab dapat mendatangkan bencana yang sangat dahsyat. dan mencari-cari kelemahan atau kesalahan orang lain dan menimbulkan prasangka buruk. Ali-imran/3 : 120). Sikap hasud ini berbahaya karena dapat merusak nilai persaudaraan atau menumbuhkan rasa permusuhan secara diam-diam. yaitu dusta. SERAKAH ATAU TAMAK serakah atau tamak merupakan sikap tidak puas dengan yang menjadi hak atau miliknya sehingga berupaya meraih yang bukan haknya. tetapi jika kamu tertimpa bencana.Bukhari dan muslim). 5.S. Sikap serakah dapat mendorong oran mencari harta sebanyak-banyaknya dan jabatan setinggi-tingginya. etis atau tidak etis. hal ini sesuai dengan Sabda rasulullah: "bahwa terdapat tiga sikap yang termasuk pada munafik. 6.

"ada tiga golongan tidak termasuk menggunjing jika menyebut aib mereka. 7. benarbenar terjadi alias sesuai dengan kenyataan. al-a'raf/7 : 146). . Menghindari Perbuatan Dosa Besar Cara menghindari dosa besar antara lain: 1. allah berfirman: "Akan aku palingkan dari tanda-tanda (kekuasaan-ku) orang-orang yang menyombongkan diri dibumi tanpa alasan yang benar" (QS. orang-orang beriman dimanapun dan kapanpun dia berada tentu tidak akan melakukan dosa besar. BERGUNJING (GIBAH) Bergunjing merupakan sebuah sikap yang selalu membicarakan kejelekan atau aib orang lain.Sombong atau takabur. atau menyebut masalah orang lain yang tidak disukainya. Allah mengidentikan gibah dengan memakan daging mayat saudaranya sendiri. yakni merasa bangga pada diri sendiri. umat islam hendaknya menyadari bahwa melakukan dosa besar akibat buruknya terutama akan menimpa pelaku itu sendiri. dan merasa paling benar sehingga menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. Al-hujurat) meskipun kejelekan atau kekurangan orang lain itu faktual.S. tetap saja itu gibah. Meskipun demikian. 3. C. mereka akan dikejar-kejar rasa bersalah. Memperingatkan sesama muslim atas kejahatan seseorang pun termasuk gibah yang dibolehkan. merasa paling baik atau paling hebat. yaitu orang yang mengikuti hawa nafsu. 2. takut kalau perbuatan dosanya diketahui orang lain. senantiasa mengingat firman Allah SWT yang mewajibkan setiap umat manusia untuk menghindari dosa besar atau tidak melakukannya. tidak selamanya gibah itu dilarang. baik di dunia maupun di akhirat. orang fasik yang melakukan kefasikan secara terang-terangan dan pemimpin yang menyeleweng". firman allah: "apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya? Tentu kamu merasa jijik" (Q. AL-HASAN sebagaimana dikutip imam AlGHAJALI menyebutkan. Karena mereka tahu apabila mereka melakukan dosa besar tentu akan mengalami kegelisahan batin dan ketidak tentraman jiwa.

bijaksana. tentu akan mampu mengendalikan diri dari melakukan perbuatan keji dan munkar.rela berkorban. Akhlak adalah kata jamak dari khuluk yang kalau dihubungkan dengan manusia.Acuhannya adalah Al-Qur’an dan Hadist serta berlaku universal.4. karena mereka meyakini setiap amal baik dan perbuatan jahat dicatat oleh kedua malaikat Raqib dan Atid. Berinisiatif adalah perilaku yang terpuji karena sifat tersebut berarti mampu berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta menhindarkan sikap terburu-buru bertindak kedalam situasi sulit. Gigih atau kerja keras serta optimis termasuk diantara akhlak mulia yakni percaya akan hasil positif dalam segala usaha.Macam-macam akhlak terpuji Akhlakul karimah(sifat-sifat terpuji) ini banyak macamnya.Dimana dengan gambaran itulah manusia dibangkitkan disaat hakikat segala sesuatu tampak dihari kiamat nanti.ridho. Perilaku dan tabiat manusia baik yang terpuji maupun yang tercela disebut dengan akhlak.berinisiatif.Akhlak adalah sifat-sifat dan perangai yang diumpamakan pada manusia sebagai gambaran batin yang bersifat maknawi dan rohani.bertindak dengan kesadaran sendiri tanpa menunggu .tawakal. Segala macam perilaku atau perbuatan baik yang tampak dalam kehidupan sehari-hari disebut akhlakul kharimah atau akhlakul mahmudah.diantaranya adalah husnuzzan.sabar.adil.qona’ah. A.gigih.Akhlak merupakan etika perilaku manusia terhadap manusia lain.perilaku manusia dengan Allah SWT maupun perilaku manusia terhadap lingkungan hidup.Pengertian akhlak Diterjemah dari kitab Is’af thalibi Ridhol Khllaq bibayani Makarimil Akhlaq.kata khuluk lawan kata dari kholq. B.amal shaleh.tata karma terhadap makhluk Allah. orang-orang beriman akan berusaha agar senantiasa beramal sholeh dan mengendalikan diri untuk tidak berbuat dosa besar.percaya diri. Husnuzzan adalah berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. 5.dan masih banyak lagi. apabila kalau ditambah dengan melaksanakan sholat sunah. muslim/muslimah yang disiplin mengerjakan sholat fardu.Lawan dari kata ini adalah su’uzzan yang artinya berprasangka buruk ataup negative thinking.

Taubat secara bahasa berarti kembali pada kebenaran. Amal Shaleh adalah perbuatan lahir maupun batin yang berakibat pada hal positif atau bermanfaat.Semua ini apabila dengan maksud atau dilandasi niat dan tujuan yang baik. Qona’ah adalah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan.keturunan.salah atau dosa dengan penuh penyesalan dan berniat serta berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang serupa.rela. Tata karma terhadap sesama makhluk Allah SWT ini sangat dianjurkan kepada makhluk Allah karena ini adalah salah satu anjuran Allah kepada kaumnya..dan senang.Konsep ridho kepada Allah mengajarkan manusia untuk menerima secara suka rela terhadap sesuatu yang terjadi pada diri kita.baik itu terjadi pada dirinya sendiri ataupun pada orang lain.perbuatan atau pendirian yang baik dan benar serta menyesali perbuatan dosa yang sudah terlanjur dikerjakan. Percaya diri adalah keadaan yang memastikan akan kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan karena ia merasa memiliki kelebihan baik itu kelebihan postur tubuh.dan selalu menggunakan nalar ketika bertindak di dalam berbagai situasi guna kepentingan masyarakat. Bijaksana adalah suatu sikap dan perbuatan seseorang yang dilakukan dengan cara hatihati dan penuh kearifan terhadap suatu permasalahan yang terjadi. Sabar adalah tahan terdapat setiap penderitaan atau yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Akhlak kepada Pencipta Salah satu perilaku atau tindakan yang mendasari akhlak kepada Pencipta adalah Taubat.Al-‘adl adalah keadilan yang ukurannya didasarkan kalbu atau rasio.Dengan kata lain.sedangkan al-‘idl adalah keadilan yang dapat diukur secara fisik dan dapat dirasakan oleh pancaindera seperti hitungan atau timbangan. Rela berkorban artinya rela mengorbankan apa yang kita miliki demi sesuatu atau demi seseorang. Ridho adalah suka.taubat mengandung arti kembali kepada sikap. 1). .status social.perintah. Tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari suatu pekerjaan. Adil dalam bahasa arab dikelompokkan menjadi dua yaitu kata al-‘adl dan al-‘idl.Secara istilah adalah meninggalkan sifat dan kelakuan yang tidak baik.pekerjaan ataupun pendidikan.

menyantuni yang fakir karena hal itu merupakan cirriciri akhlak yang baik dan terpuji.# Menurut Ibnu Katsir Taubat adalah Tobat adalah menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan menyesali atas dosa yang pernah dilakukan pada masa lalu serta yakin tidak akan melakukan kesalahan yang sama pada masa mendatang.Yang dimaksud akhlak yang mulia adalah akhlak yang terbentuk dari hati manusia yang mempunyai nilai ibadah setelah menerima rangsangan dari keadaan social.Contoh lain yang merupakan akhlak terpuji antar sesame muslim adalah menjaga lisan dalam perkataan agar tidak membuat orang lain disekitar kita tersinggung bahkan lebih menyakitkan lagi ketika kita berbicara hanya dengan melalui bisikan halus ditalinga teman dihadapan teman-teman yang lain. # Menurut A.Kehidupan adalah saling berketergantungan antara sesama makhluk dan dalam kehidupan pula kita tidak terlepas dari aturan-aturan hidup baik bersumber dari norma kesepakatan ataupun norma-norma agama.maka kewajiban kita juga harus menghargai orang lain. Sebagai umat pengikut Rasullulah tentunya jejak langkah beliau merupakan guru besar umat Islam yang harus diketahui dan patut ditiru.Jurjani Tobat adalah kembali pada Allah dengan melepaskan segala keterikatan hati dari perbuatan dosa dan melaksanakan segala kewajiban kepada Tuhan.menyayangi yang lebih muda. 2).karena dengan norma hidup kita akan jauh lebih mewmahami apa itu akhlak dalam hal ini adalah akhlak antara sesama manusia dan makhluk lainnya.Contohnya:ketika kita ingin di hargai oleh orang lain. # Menurut Hamka Tobat adalah kembali ke jalan yang benar setelah menempuh jalan yang sangat sesat dan tidak tentu ujungnya. : .Masalah dan tujuan hidup adalah mempertahankan hidup untuk kehidupan selanjutnya dan jalan mempertahankan hidup hanya dengan mengatasi masalah hidup.Kehidupan sendiri tidak pernah membatasi hak ataupun kemerdekaan seseorang untuk bebas berekspresi.karena itu merupakan etika yang tidak sopan bahkan diharamkan dalam islam.karena kata rasululah yang di nukilkan dalam sebuah hadist yang artinya “sesungguhnya aku di utus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”. Dalam aklak terhadap sesama dibedakan mnjadi dua macam @ Akhlak kepada sesama muslim.menghormati orang yang lebih tua.berkarya.Karena kondisi realitas social yang membentuk hadirnya karakter seseorang untuk menggapai sebuah keadaan. Akhlak terhadap Sesama Setelah mencermati kondisi realitas social tentunya tidak terlepas berbicara masalah kehidupan.

Contohnya bagaimana kita menghargai apa yang menjadi keyakinan mereka.apakah membentuk karakternya dengan akal atau dengan hati karena keduanya adalah sumber.mereka hidup dalam minoritas sekalipun.inipun diajarkan dalam agama karena siapapun mereka.Dengan demikian berbuat adil adalah memerlukan hak dan kewajiban secara seimbang tidak memihak dan tidak merugikan pihak manapun.kita tidak terlepas dari apa yang sudak ada dalam diri kita sebagai manusia termasuk salah satunya adalah akhlak.merupakan ukuran baik dan tidaknya seseorang baik di dunia ini atau di akhirat nanti.Jadi kesimpulan akhlak antar sesama yaitu sangat dianjurkan selama apa yang dilakukan punya nilai ibadah .dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan demikian orang yang berakal dan beriman wajib untuk mengerahkan segala kemampuannya untuk meluruskan akhlaknya dan berperilaku dengan perilaku yang dicintai Allah SWT. ADIL Pengertian adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya.apalagi masalah keyakinan yang terpenting adalah kita lebih jauh memaknai kehidupan social karena dalam kehidupan ada namanya etika social.Karena akhlak adalah salah satu predikat tang disandang oleh manusia akhlak akan berjalan setelah manusia itu sendiri berada dalam alam social.Serta melaksanakan maksud dan tujuan dari terutusnya baginda Rasullulah SAW yang bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan Akhlak” Dari penjelasan ini menunjukkan bahwa: kesempurnaan akhlak yang hanya untuk itu Rasullulah diutus.mereka adalah makhluk Tuhan yang punya prinsip hidup dengan nilai-nilai kemanusiaan.Baik kepada dirinya.Memberi bantuan bila mereka terkena musibah atau lagi membutuhkan karena hal ini akhlak yang baik dalam kehidupan non muslim.Karena hal ini tidak terlepas dari etika social sebagai makhluk yang hidup social. @ Kesimpulan Akhlak Kepada Sesama Setelah menelaah dan memahami akhlak kepada sesama sebagai kesimpulannya adalah sesungguhnya dalam kehidupan.Berbicara masalah etika social adalah tidak terlepas dari karakter kita dalam pergaulan hidup.@ Akhlak kepada sesama non muslim Akhlak antara sesama non muslim.Oleh karena itu wajib bagi setiap kaum muslimin agar budi pekertinya.Adil juga berarti tidak berat sebelah. 3).keluarga.berkarya hidup dan lain-lain.Baik dan buruknya akhlak kepada sesama tergantung dari orang menjalani hidup.Namun sayangnya terkadang kita salah menafsirkan bahkan memvonis siapa serta keberadaan mereka ini adalah kesalahan yang harus dirubah mumpung ada waktu untuk perubahan diri.Berbicara masalah keyakinan adalah persoalan nurani yang mempunyai asasi kemerdekaan yang tidak bias dicampur adukkan hak asasi kita dengan hak merdeka orang lain.Sebagai contoh seseorang yang adil akan melaksanakan tugas sesuai fungsi dan .tidak memihak.ketika upacara keagamaan sedang berlangsung .

Oleh karena itu hukum harus diterapkan secara adil kepada semua masyarakat. Dalam ayat tersebut Allah SWT memerintahkan kepada hambanya yang beriman supaya menjadi orang yang benar-benar menegakkan keadilan ditengah masyarakat. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. mendorong kamu untuk berlaku tidak adil.orang tua dan kerabat. Berlaku adil harus diterapkan kapada siapa saja tanpa membedakan suku. memberi kepada kaum kerabat. menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. kemungkaran dan permusuhan.agama atau status sosial. Dan bertakwalah kepada Allah. menjadi saksi dengan adil.karena sekali ada pihak yang merasa dizalimi dengan cara diperlakukan secara tidak adil.Firman Allah lain tentang dali terdapat dalam surat An Nahl ayat 90 ِ ْ َ ْ َ ِ َ ُ ْ َ َ ْ َ ْ ِ َ َ ْ َ َ َ ْ ُ ْ ِ َ َِ ِ َ ْ ِ َ ِ ْ َ ْ ِ ُ ُ ْ َ ّ ّ ِ َ ُ ّ َ َ ْ ُ َّ َ ْ ُ ُ ِ َ ‫يعظكم لعلكم تذكرون إن ال يأمر بالعدل والحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي‬ Artinya : Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku ADIL dan berbuat kebajikan.Sebagaimana firman Allah berikut ini Al-Qur’an surat An-nisa Ayat 135 Artinya:Wahai orang-orang yang beriman. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah sekalikali kebencianmu terhadap sesuatu kaum. Jika ia[361] kaya ataupun miskin.Bahkab perlaku adil diterapkan kepada keluarga dan kerabat sendiri. Firman Allah di dalam Al-Qur’an yang mamarintahkan berbuat adil antara lain: Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 8 ‫يا أيها الذين آمنوا كونوا قوامين ل شهداء بالقسط ول يجرمنكم شنآن قوم على أل تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى‬ َ ْ ّ ِ ُ َ ْ َ َ ُ ْ ُِ ْ ْ ُِ ْ َ ّ َ ََ ٍ ْ َ ُ َ َ ْ ُ ّ َ ِ ْ َ َ َ ِ ْ ِ ْ ِ َ َ ُ ِ َ ِ ّ َ ْ ُ ُ ْ ُ َ َ ِ ّ َ ّ َ َ ّ َ َُ ْ َ َ ِ ٌ ِ َ ّ ّ ِ ّ ْ ُ ّ َ ‫واتقوا ال إن ال خبير بما تعملون‬ Artinya:Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah.kedudukannya. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu daoat mengambil pelajaran. jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan. Berlaku adillah.Berani menjadi saksi akrena Allah. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi.menghukum orang yang bersalah melakukan tindak pidana. maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.membarikan hak orang lain sesuai dengan haknya tanpa mengurngi sedikitpun.walaupun yang menjadi tergugat dan terdakwa adalah diri sendiri. .maka akan menimbulkan gejolak. dan Allah melarang dari perbuatan keji. maka Allah lebih tahu kemaslahatannya.

Secara garis besar amal shalih dapat dibagi dua macam : 1.sebab dia berkeyakinan bahwa semua berasal dari Allah SWT. Firman Allah dalam Al-qur’an surat A-baqarah ayat 153 …… ‫لكمخيروهواشيئا هوتكر أن وعسى‬ َ َ َ ْ َ َ ْ َ ُ ًْ َ ُ َ ٌ ْ َ ُ َ Artinya : Boleh jadi kamu membenci sesuatu.Islam .Ridho bukan ebrarti menyerah tanpa usaha namanya putus asa.masyarakat dan manusia secara keseluruhan. Ridho mencerminkan puncak ketenangan jiwa seseorang.Orang yangtelah menempati tingkatan ridho tidak akan mudah tergoncang apapun yang dihadapinya.4).baik bagi pelaku maupun orang lain. AMAL SHALIH Amal berasal dari bahasa arab yang terbantuk masdar yaitu ya’mal yang artinya segala pekerjaan atau perbuatan.manusia hanya berusaha.bentuk politik yang diniati untuk bekal kehidupan alam akhirat. 5).Kebalikan dari amal shalih adalah amalan sayyi’an atau amal jelek yaitu perbuatan yang mendatangkan madhorot.Orang yang mempunyai sifat tidak mudah bimbang.keluarga. dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu.Melalui sikap ridho seseorang akan mudah bersabar menghadapi berbagai macam cobaan. padahal ia amat baik bagimu.Dan sikap putus asa tidak dibenarkan dalam agama islam. padahal ia amat buruk bagimu Bagaimanakah caranya agar seseorang bisa memunculkan rasa ridho ketika menerima kenyataan pahit yang tidak dikehendaki?Caranya yang paling jitu adalah dengan menyadari bahwa Allah SWT maha adil dan bijaksana dalam setiap ketetapan dan keputusannya.Amal shalih ag bersifat horisontal yakni segala bentuk aktivitas sosial kemasyarakatan.sedangkan menurut istilah ridha artinya menerima dengan senang hati segala sesuatu yang diberikan Allah SWT.Sedangkan shalih artimya bagus.dalam hal ini diwujudkan dalam bentuk ibadah ritual kepada Allah SWT 2.Yakni berupa ketentuan yang telah ditetapkan baik berupa nikmat maupun saat terkena musibah.Amal shalih berarti segala perbuatan/pekerjaan yang bagus yang berguna bagi pribadi.Segalanya harus diterima dengan rasa tenang danikhlas karena hal tersebut adalah pilihan Allah SWT yang berarti pilihan terbaik. Amal shalih yang bersifat vertikal.hendaklah seseorang yakin bahwa Allah tidak pernah salah dalam memutuskan suatu hal.tidak iri hati atas kelebihan orang lain. RIDHO Ridho menurut bahasa artinya rela. Sebenarnya sikap ridho adalah perasan hati yang senantiasa merasa bahagia ketika menerima takdir baik apapun.tidak mudah menyesal ataupan menggerutu atas kehidupan yang diberikan olaeh Allah.Baginya apapun yang terjadi dialam ini merupakan kodrat atau kekuasaan dan irodat kehendak Allah.

.merupakan agama yang sama sekali tidak membadakan nilai ibadah yang terkandung dalam amal shalih yang barsifat vertikal maupum horisontal. mereka kekal di dalamnya. mereka itu penghuni surga.Karena islam menghendaki umatnya menjadi penganut agama yang memiliki kedua keshalihan tersebut yaitu keshalihan individual setelah menunaikan amal shalih vertikal dan sekaligus manjadi anggota masyarakat yang memiliki keshalihan sosial setelah melakukan amal shalih horisontal. Perintah Allah agar kita mangerjakan amal shalih terdapat dalam Ai-Qur’an anara lain : Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 82 ‫خالدون آ فيها هم الجنة أصحاب أ ولئك الصالحات وعملوا منوا والذين‬ Artinya : Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful