P. 1
Proposal Qt

Proposal Qt

|Views: 118|Likes:
Published by Myra Wardati S

More info:

Published by: Myra Wardati S on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INDUSTRI DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN RI Jln. Letjen Soeprapto No.

26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10510 Telp. Telp. (021) 42886064, 42888206

PROPOSAL KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

JAKARTA

.................................................................................................. Waktu dan Tempat Pelaksanaan .…………………………………………............................................ 6 VII........................................................................................... 8 P roposal Pengajuan PKL .......... v I........................... Pendahuluan .............. 6 VIII.............. 7 X.…………………..............…................2009 DAFTAR ISI halaman HALAMAN PENGESAHAN…………........... 5 VI..............................................................…………….. Penempatan .......... Kewajiban .........…………………………..................………………………............................................................ Penutup .................. Materi ......... Latar Belakang……………………….....……………. Manfaat ……………………….... Bentuk Kegiatan ...... Peserta …. 4 VI..................................................................................……………………………………………............................................ 1 II........……………………...... 3 V....... 2 III.................... Tujuan……………………………………………..................................................…………………………........ iii DAFTAR ISI ………………………………………………………………………... 7 IX........................ 3 IV........................

P roposal Pengajuan PKL . mahasiswa tidak hanya menguasai pengetahuan teoritis saja. Oleh karena itu. PENDAHULUAN Mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat intelektual di jajaran pendidikan Indonesia. dan menguasai wawasan yang luas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk menghasilkan SDM yang berkualitas tersebut. sewajarnya mengetahui. tentunya pendidikan sangat berperan penting. memiliki.PROPOSAL KEGIATAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INDUSTRI DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN RI I. Hal – hal yang telah didapatkan selama pendidikan diharapkan dapat diterapkan dalam segala aspek kehidupan. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan Praktek Kerja Lapangan yang diharapkan mahasiswa tidak hanya mengerti pengetahuan secara teoritis tetapi juga mengerti bagaimana cara penerapannya. Tujuan dari pendidikan tinggi di Indonesia dimaksudkan untuk dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sehingga dapat digunakan dalam pengembangan pengetahuan untuk pembangunan bangsa. diharapkan dengan program kurikulum pendidikan Praktek Kerja Lapangan ini. tetapi memiliki bekal pengetahuan praktek dalam perusahaan industri.

LATAR BELAKANG Dalam melaksanakan program pendidikan.. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Departemen Perindustrian RI (STMI Depperin RI) sebagai badan institusional pendidikan memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil. yang merupakan persyaratan yang harus ditempuh dan dipenuhi oleh mahasiswa Program Diploma IV Teknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri Departemen Perindustrian Republik Indonesia.II. tenaga kerja yang dihasilkan mampu memanfaatkan dan menerapkan pengetahuan dan keahliannya secara optimal di lingkungan kerja dengan menjunjung tinggi keprofesionalan. tetapi bersifat fleksibel dan realistis dengan situasi yang P roposal Pengajuan PKL . khususnya dalam bidang Teknik Kimia Industri. Pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini. Oleh karena itu. Praktek Kerja Lapangan ini bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa/i Jurusan Teknik Kimia Industri. STMI Depperin RI mengharuskan setiap mahasiswanya untuk mengenal secara langsung dunia kerja melalui Praktek Kerja Lapangan dengan jangka waktu tertentu. yang mana sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengalaman. Artinya. Praktek Kerja Lapangan merupakan salah satu program kurikulum dengan bobot 2 SKS. sehingga mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori. mahasiswa dituntut untuk memadukan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan dengan kegiatan nyata yang ada di lapangan.

Bagi Perusahaan 1. TUJUAN Tujuan yang ingin dicapai dalam Praktek Kerja Lapangan ini. antara lain : a. III. MANFAAT Adapun manfaat yang dapat diperoleh.dihadapinya sehingga dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuannya. Mahasiswa mendapat pengalaman kerja dalam rangka mengaplikasikan dan membandingkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam perkuliahan atau praktikum dengan situasi nyata di tempat Praktek Kerja Lapangan. 2. Mahasiswa dapat mengetahui proses yang terdapat di dalam industri yang bersangkuan. Perusahaan mendapat tenaga tambahan P roposal Pengajuan PKL . IV. antara lain : 1.

6. dapat meningkatkan efisiensi. dan memahami. 2. Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata sehingga dapat mengaplikasikannya setelah selesai dalam kegiatan kerja 4. mempelajari. atau memperbaiki kondisi lingkungan kerja berdasarkan saran yang diberikan mahasiswa. P roposal Pengajuan PKL . Dapat meningkatkan kemampuan dan memantapkan keterampilan mahasiswa sebagai bekal kerja yang sesuai dengan program studi Teknik Kimia. Perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang ada utnuk mencapai target produksi yang telah ditetapkan. 3. Perusahaan industri dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. b. Bagi Mahasiswa 1. Dapat memperluas ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dan didapat di bangku kuliah sehingga mampu menyelesaikan berbagai masalah mampu menghadapi tantangan masa depan yang syarat akan perubahan dan kecanggihan. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam hal penggunaan instrumen Teknik Kimia yang modern.2. 5. serta mengikuti kegiatan perusahaan pada bidang-bidang terkait dengan bidang disiplin ilmu. Mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat. 7. produktivitas. Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan Untuk mengetahui. 3.

MATERI Materi Praktek Kerja Lapangan yang akan diambil tentunya telah didasarkan pada mata kuliah yang telah didapatkan hingga semester V : a. antara lain : 1. Mahasiswa terlibat langsung dalam kegiatan perusahaan. BENTUK KEGIATAN Bentuk kegiatan mahasiswa dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ini. 10. Mahasiswa terlibat langsung dalam membantu pekerjaan perusahaan dalam bidang – bidang khusus. 9. VI. 3.8. baik pengenalan bentuk perusahaan. Menggunakan hasil atau data-data Praktek Kerja Lapangan untuk dikembangkan menjadi Tugas Akhir. Pengenalan dasar terhadap perusahaan. Mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan Praktek Kerja Lapangan. susunan organisasi. 4. 2. V. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) P roposal Pengajuan PKL . dan objek lainnya dalam perusahaan. Mahasiswa dapat menyajikan hasil-hasil yang diperoleh selama Praktek Kerja Lapangan dalam bentuk laporan Praktek Kerja Lapangan. Menumbuhkembangkan sikap profesional mahasiswa dalam rangka memasuki lapangan kerja.

Semester Semester I Semester V Agama Mata Kuliah Bahasa Indonesia Pendidikan Kewarganegaraan b. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Semester Mata Kuliah Bahasa Inggris Teknik I Matematika Terapan I Neraca Massa dan Energi I Semester I Kimia Dasar I Fisika Dasar I Matematika Teknik Kimia I Menggambar Teknik & Praktikum Kimia Dasar II dan Praktikum Semester II Teknologi Proses Fisika Dasar II dan Praktikum Semester Semester II Semester III Semester IV Semester V Mata Kuliah Matematika Teknik Kimia II Bahasa Inggris Teknik II Dasar Komputer & Pemrograman Neraca Massa dan Energi II Termodinamika Teknik Kimia I Kimia Fisika Dasar Proses Kimia dan Praktikum Dasar Bioproses Termodinamika Teknik Kimia II Pengantar Ilmu Lingkungan Pengetahuan Bahan Statistika dan Rancangan Percobaan P roposal Pengajuan PKL .

PENEMPATAN Dalam penentuan penempatan Praktek Kerja Lapangan.K3 dan Ketenagakerjaan c. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Semester Semester I Semester II Mata Kuliah Pengantar Teknik Kimia Alat – alat Industri Kimia Utilitas Pengendalian Proses Semester III Satuan Proses Perpindahan Massa Thermal Penyediaan Tenaga Listrik Proses Kimia Industrial Semester IV Perpindahan Panas Perpindahan Massa Diffusional Semester Semester IV Semester V Mata Kuliah Transportasi Fluida Praktikum Satuan Operasi Desain Proses Teknologi Bioproses Teknik Reaksi Kimia I Sistem Perlakuan Limbah Teknologi Ramah Lingkungan Penyediaan Mutu Produksi VII. dapat berpedoman kepada tahap Praktek Kerja Lapangan yang akan dilakukan oleh P roposal Pengajuan PKL . perusahaan yang menyediakan tempat bagi mahasiswa STMI Depperin RI.

Cilegon. VIII. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Waktu pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan akan disesuaikan dengan kurikulum pada Sekolah Tinggi Manajemen Industri Departemen Perindustrian RI dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia di perusahaan tempat berlangsungnya kegiatan Praktek Kerja Lapangan. 123. Banten No. maka masing-masing pihak memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu : P roposal Pengajuan PKL : (0254) 601501 : (0254) 601505 .mahasiswa atau berpedoman kepada salah satu dari kemampuan akademis yang telah dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan. Tempat pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan akan berlangsung pada : Nama Perusahaan : PT Chandra Asri Alamat Kantor dan Pabrik : Jln. Telepon Faksimile IX. KEWAJIBAN Agar pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan tersebut memperoleh hasil yang maksimal. Demikian pula mahasiswa sendiri dengan saran dari pembimbing atau pihak perusahaan dapat menentukan tempat prakteknya sehingga diharapkan terjadi kesesuaian antara kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Ciwadan. Raya Anyer Km. Diharapkan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini dapat berlangsung selama 12 minggu atau berdasarkan kesepakatan antara mahasiswa dengan perusahaan.

c. Mahasiswa 1. Menyusun laporan Praktek Kerja Lapangan dalam waktu selambat- lambatnya 1 (satu) bulan pada saat berakhirnya Praktek Kerja Lapangan. Perusahaan 1. 2. Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan oleh mahasiswa. dengan rincian sebagai berikut : P roposal Pengajuan PKL .a. b. Menunjuk seorang pegawai atau staf yang akan ditugasi sebagai pembimbing lapangan. 2. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan penulisan laporan kerja. X. Mempersiapkan diri dengan materi kerja. PESERTA Peserta kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah mahasiswi semester V. 3. Menunjukkan tempat atau unit divisi dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. 2. Institusi Perguruan Tinggi 1. 3. Mematuhi semua peraturan yang terdapat dalam perusahaan. Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan.

Dengan dilaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini.No. juga diharapkan terjalin kerjasama yang baik antara pihak perusahaan dengan Sekolah Tinggi Manajemen Industri guna mendukung P roposal Pengajuan PKL . diharapkan kualitas Sumber Daya Manusa dari mahasiswa itu sendiri akan meningkat. Selain itu. 1 2 3 Nama Ayu Indah Lestari Herlangga Hardipraja Wahyuni NIM 1507002 1507016 1507005 Jurusan Teknik Kimia Industri Teknik Kimia Industri Teknik Kimia Industri XI. PENUTUP Kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini merupakan wahana untuk meningkatkan disiplin ilmu yang dapat menggali wawasan mahasiswa.

P roposal Pengajuan PKL . serta menerima mahasiswa STMI Depperin RI untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Jakarta. 1 Desember 2009 Ketua Jurusan teknik Kimia Industri. Akhir kata.kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang akan mendatang yang merupakan kegiatan periodik. kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Sekolah Tinggi Manajeemen Industri Departemen Perindustrian RI DR. Gatot Ibnu Santosa NIP 090009184. Demikian proposal pengajuan Praktek Kerja Lapangan ini kami sampaikan dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan sebagai pedoman kerja dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->