P. 1
06 Supercharging and Turbocharging

06 Supercharging and Turbocharging

|Views: 102|Likes:
Published by Seva Rustiana

More info:

Published by: Seva Rustiana on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

Yogi suandi

06091012011

SUPERCHARGING DAN TURBOCHARGING KINERJA MESIN PESAWAT TINGGI .

namun cara kerja serta pengaplikasiannya jelas berbeda. .perbedaan Supercharger dan Turbocharger • Turbo dan Supercharger pada dasarnya adalah sama-sama untuk memberikan tambahan tenaga pada mobil-mobil diatas 1300cc dengan cara menambah asupan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

semisal putaran mesin mencapai 6000RPM .Supercharger • peranti yang satu ini cara kerjanya adalah memasok udara tambahan dengan mengikuti rotasi putaran mesin.

kelemahannya Supercharger hanya bisa mendongkrak tenaga di putaran bawah saja.Keuntungan Supercharger • Supercharger ini bisa mendongkrak tenaga di putaran bawah. otomatis respon mesin terhadap akselerasi meningkat. otomatis diputaran bawah pasti akan mendapatkan efek ngempos atau ngos-ngosan. • biasanya Supercharger diaplikasikan pada mobil-mobil yang mengusung mesin V8 keatas. memang supercharger bagus. . oleh karenanya ada beberapa mobil bermesin V8 terkadang kalah jika diadu dengan mobil lain yang tanpa S/C (Supercharger) tetapi lebih besar tenaganya. tapi hanya untuk putaran awalnya saja.

Oleh karenanya jika dibandingkan dengan S/C. . Dahulu T/C ini dibenci dikarenakan lag yang parah ditambah prinsip kerjanya yang cukup rawan dikarenakan gas buang tidak langsung dilepas melainkan di padatkan untuk kembali masuk ke ruang pembakaran. yang mana jika tempratur mesin meningkat maka performa mesin makin anjlog.Turbocharger • Turbo itu adalah mengompresan sisa gas buang untuk dipadatkan kembali. T/C dapat berputar hingga 30000RPM.

sehingga kurang diminati.Keunggulan Turbocharger dikarenakan putaran turbo tidak sama dengan putaran mesin. . otomatis tenaga yang dihasilkan oleh Turbo sangat signifikan Kelemahan Turbocharger kelemahannya memang hanya di lag nya saja.

Peningkatan tenaganya pun sangat halus karena putaran turbin selaras dengan putaran mesin . Dengan kata lain kedua perangkat ini merupakan kompresor turbin yang menghisap udara dari luar dan menekan udara tadi ke saluran intake manifold mesin.Prinsip kerja Turbocharger dan Supercharger Turbocharger dan supercharger adalah perangkat terpisah pada mesin yang berguna untuk meningkatkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin dalam proses pembakaran. supercharger unggul pada putaran bawah karena perangkat ini sudah mulai bekerja pada rpm rendah. Perbedaan diantara keduanya ada pada sumber pengerak tuarbin Meski demikian.

sekian terimakasi .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->