Kerangka SPMP SPMP di UMY mengacu kepada Pedoman Penjaminan Mutu yang telah ditetapkan 2007.

Model SPM-UMY dapat dirumuskan berdasarkan kata kunci yang dicatat dari segi perundang-undangan maupun praktek baik perguruan tinggi yang dinyatakan dalam model siklus dan komponen kegiatan berkelanjutan Plan-Do-Check-Action (P-D-C-A). Dalam penerapannya di UMY, Sistem Penjaminan Mutu Penelitian meliputi; proses penetapan standar, pelaksaan kegiatan, monitoring dan evaluasi termasuk didalamnya Complaint System, serta audit mutu internal, rumusan koreksi dan rekomendasi serta benchmarking untuk penetapan tahun berikutnya.

Gambar 1. Siklus Penjaminan Mutu Penelitian

Berdasarkan kerangka siklus kerangka SPMP UMY diatas, dalam

tahapan

pelaksanaannya akan disesuaikan dengan perkembangan situasi. Sistem yang dibangun mengacu pada standar ideal, sehingga dapat menjadi daya dorong bagi setiap komponen pemangku kepentingan penelitian di UMY untuk berkompetisi mencapai target kualitas penelitian setinggi mungkin. Kerangka SPMPPT yang umum sebagai suatu sistem dapat mencakup sistem dokumentasi seperti hirarki, sebagaimana ditunjukkan dalam Gambar 2.

. Sistem Dokumentasi Penjaminan Mutu Oleha karena itu. prosedur operasional standar dan instruksi kerja/borang isian diuraikan lebih rinci pada bagian berikut sebagai acuan bagi UMY dalam mengembangkan SPMP. kerangka SPMP Penelitian UMY berdasarkan Sistem Dokumentasi Penjaminan Mutu meliputi. kelengkapan-kelengkapan manual mutu.Gambar 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful