P. 1
Produk Pendanaan

Produk Pendanaan

|Views: 35|Likes:
Published by Amalia Love Angels

More info:

Published by: Amalia Love Angels on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2012

pdf

text

original

Produk Pendanaan

1.

Tabungan

Wadi’ah

Haji

Simpanan/titipan dana dari ummat secara perorangan dalam bentuk tabungan untuk tujuan khusus yaitu persiapan ONH (Ongkos Naik Haji) ataupun umroh, dimana penyetorannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada saat menjelang pembayaran ONH ataupun umroh sesuai dengan waktu yang direncanakan oleh penabung sendiri. Persyaratan :
     

Mengisi formulir pembukaan Tabungan Wadi’ah Haji Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Setoran awal minimal Rp 10.000,- untuk selanjutnya minimal Rp 5.000,Saldo mengendap minimal Rp 10.000,Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5.000,Pembayaran ONH/Umroh kepada pihak pemberangkatan bisa dilakukan via BPRS.

2. Tabungan Wadi’ah Qurban

Simpanan/titipan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk tabungan untuk tujuan khusus yaitu pembelian hewan qurban, dimana penyetorannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan penarikannya hanya dapat dilakukan setahun sekali yaitu pada saat menjelang pembelian hewan qurban Persyaratan :
     

Mengisi formulir pembukaan Tabungan Wadi’ah Qurban Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Setoran awal minimal Rp 10.000,- untuk selanjutnya minimal Rp 5.000,Saldo mengendap minimal Rp 10.000,Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5.000,Pembelian hewan qurban & penyerahannya kepada yang berhak menerima bisa dilakukan via BPRS.

3. Tabungan Wadi’ah Inshada

Persyaratan :       Mengisi formulir pembukaan Tabungan Wadi’ah Qordhiyuu Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Setoran awal minimal Rp 10.Saldo mengendap minimal Rp 10.Bank berhak mendebet tabungan sesuai tanggal valuta dan nominal kewajiban angsuran/biaya-biaya atas nama penabung/yang ditunjuk. Tabungan Wadi’ah Qordhiyuu Simpanan/titipan dana dari ummat khususnya yang mendapatkan fasilitas pembiayaan dari BPRS secara perorangan dalam bentuk tabungan untuk tujuan khusus yaitu pembayaran angsuran. dimana penyetorannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan penarikannya hanya dapat dilakukan apabila kewajiban pembayaran angsuran pembiayaan atas nama penabung/yang ditunjuk telah dipenuhi.Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5.Saldo mengendap minimal Rp 10. Persyaratan :       Mengisi formulir pembukaan Tabungan Wadi’ah Inshada Menyerahkan foto copy KTP/SIM/Kartu Pelajar yang masih berlaku Setoran awal minimal Rp 10. dimana penyetorannya dapat dilakukan sewaktu-waktu dan penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai rencana penabung atau setahun sekali yaitu pada saat bulan Romadlon.Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5. ..Penyerahan infak/shodaqoh/zakat kepada yang berhak menerima bisa dilakukan via BPRS.000..untuk selanjutnya minimal Rp 5.untuk selanjutnya minimal Rp 5.000. Tabungan Mudharabah Umum Penempatan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk tabungan untuk tujuan yang sifatnya umum. 4.000.000. 5.Simpanan/titipan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk tabungan untuk tujuan khusus yaitu infak/shodaqoh/zakat.000.000.000.000. dimana penyetoran maupun penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai ketentuan BPRS dan kepada Penabung akan diberikan bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh BPRS dengan nisbah 50 bagian untuk Penabung dan 50 bagian untuk BPRS.

000.000.Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5. Tabungan Mudharabah Pelajar Penempatan dana dari ummat secara perorangan dengan batasan umur maksimal 12 tahun dalam bentuk tabungan untuk kepentingan pelajar ataupun anak sekolah. Jangka waktu 6 bulan : 60 bagian untuk Deposan dan 40 bagian untuk BPRS..- 6.000.Penutupan tabungan dikenakan biaya Rp 5. 7.Saldo mengendap minimal Rp 10.000.untuk selanjutnya minimal Rp 5. dimana penyetoran maupun penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai ketentuan BPRS dan kepada Penabung akan diberikan bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh BPRS dengan nisbah 50 bagian untuk Penabung dan 50 bagian untuk BPRS. 6 bulan atau 12 bulan dan dapat diperpanjang secara otomatis (ARO/Automatic Roll Over). Setoran awal minimal Rp 10. Persyaratan :        Mengisi formulir pembukaan Tabungan Mudharabah Pelajar Menyerahkan foto copy Kartu Pelajar & KTP/SIM orang tua/wali murid.000. : Jangka waktu 1 bulan : 50 bagian untuk Deposan dan 50 bagian untuk BPRS.untuk selanjutnya minimal Rp 5. dimana penarikannya hanya dapat dilakukan sesuai jangka waktu yang disepakati dan kepada Deposan akan diberikan bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh BPRS dengan porsi nisbah bagi hasil sbb. Persyaratan : .Saldo mengendap minimal Rp 10.000. Umur anak maksimal 12 tahun.000.Persyaratan :      Mengisi formulir pembukaan Tabungan Mudharabah Umum Menyerahkan foto copy KTP/SIM/Kartu Pelajar yang masih berlaku Setoran awal minimal Rp 10. Jangka waktu 3 bulan : 55 bagian untuk Deposan dan 45 bagian untuk BPRS. 3 bulan. Jangka waktu 12 bulan : 65 bagian untuk Deposan dan 35 bagian untuk BPRS.Bagi pelajar yang berprestasi dapat mengajukan beasiswa dengan rekomendasi dari Kepala Sekolah.000. Deposito Mudharabah Penempatan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk deposito dengan jangka waktu 1 bulan..

dengan batasan pembelian minimal 5. Persyaratan :     Mengisi formulir pembukaan Deposito Mudharabah Muqayadah Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Menyerahkan persyaratan/batasan-batasan yang harus dijalankan oleh pihak BPRS. Nominal penempatan minimal Rp 100. Deposito Mudharabah Muqayadah Penempatan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk deposito bersyarat dimana pihak deposan menetapkan/memberi batasan kepada pihak BPRS dalam pengelolaan dana yang ditempatkan.000. dengan jangka waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak dan kepada Deposan akan diberikan bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh BPRS dari dana penempatan tersebut dengan nisbah bagi hasil sesuai kesepakatan kedua belah pihak.- 9.per lembar saham.   Mengisi formulir pembukaan Deposito Mudharabah Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Nominal penempatan minimal Rp 500.000 lembar dan kepada Pesaham akan memiliki hak suara serta menerima deviden atas keuntungan tahunan yang diperoleh BPRS dengan porsi nisbah sesuai kesepakatan dalam RUPS Tahunan.000. Persyaratan :    Menyerahkan daftar riwayat hidup Menyerahkan surat pernyataan tidak tercela di bidang perbankan dan dana yang diserahkan adalah dana sendiri serta halal.000. Saham Preferens Penyertaan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk saham preferens BPRS dengan nominal Rp 10.000.- 8. Saham Biasa Penyertaan dana dari ummat secara perorangan ataupun kelompok dalam bentuk saham biasa BPRS dengan harga sesuai harga yang berlaku saat itu dengan batasan pembelian minimal 100 lembar dan maksimal 5.. Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku 10.000 lembar dimana untuk Pesaham Preferens tidak memiliki hak suara tetapi mempunyai keutamaan dalam penerimaan deviden yang akan diberikan setiap triwulan dengan .

Tentunya bunga tinggi ini hanya diberikan pada berbagai produk yang tidak diikutsertakan dalam program penjaminan. yang sebesar Rp 33. Sedangkan nasabah ritel faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan adalah berbagai jenis pelayanan dan kemudahan yang ditawarkan.nisbah bagi hasil di atas nisbah deposito jangka waktu 12 bulan. bank syariah kini mulai memberikan nisbah atau bagi hasil simpanan yang lebih kompetitif. yaitu Wadi’ah dan Modharobah.5%-9% menjadi sekitar 10%. Beberapa bank Syariah yang sudah mulai kompetitif memperbaiki struktur nisbahnya diantaranya adalah Niaga Syariah dengan tingkat nisbah berkisar 9. Laporan yang dirilis oleh BI menunjukkan bahwa Dana Pihak Ketiga di bank umum didominasi oleh nasabah korporat. Untuk mempertahankan besaran dana masyarakat. bank umum berupaya menggaet dana masyarakat dengan mengerek bunga tinggi. sehingga di pasar retail persaingan bunga cenderung diabaikan. Nilai dana masyarakat di bank syariah pada akhir Juli 2008 sebesar Rp 32.90 triliun. nilai tersebut lebih kecil Rp 150 miliar dibandingkan dengan dana masyarakat per akhir Juni. Sehingga faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan nasabah adalah perolehan bunga dan imbal hasil yang tinggi. Saat likuiditas di pasar ketat. .5%-10% untuk nasabah institusi dan untuk nasabah ritel berkisar 7. 100 juta untuk simpanan tabungan atau deposito.75%-8.75%. Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang diterapkan di perbankan Syariah secara umum meliputi 2 metode. yaitu institusi dan perusahaan yang memiliki nilai rata-rata diatas Rp.05 triliun. Persyaratan :    Menyerahkan daftar riwayat hidup Menyerahkan surat pernyataan tidak tercela di bidang perbankan dan dana yang diserahkan adalah dana sendiri serta halal. BSMI juga menaikkan nisbah dari 8. dalam bentuk agresifitas bank umum dalam menawarkan bunga. Penurunan tersebut diindikasikan karena persaingan antara bank syariah dengan bank konvensional yang semakin ketat. Menyerahkan foto copy KTP/SIM yang masih berlaku Dana Pihak Ketiga Bank Syariah Author: menthokz 27 Apr Data yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI) sampai dengan akhir tahun 2008 menunjukkan bahwa Penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perbankan Syariah di Indonesia yang kian merosot.

Adapun konsep bonus yang menjadi acuan pada simpanan wadi’ah ini diantaranya adalah (a). (b). Beberapa ciri titipan wadi’ah yad amanah ini adalah (a). Penerima titipan (costudian) adalah memperoleh kepercayaan (trustee). seperti perorangan. yaitu wadi’ah yad amanah dan wadi’ah yad dhamanah. (d). namun diperbolehkan. perwalian atas nama orang tua wali atau wali atas nama pemegang rekening (yang belum dewasa) Pembayaran bonus dilakukan dengan mengkredit rekening tabungan Diberikan buku cek untuk mengoperasikan rekening Penarikan dana dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan menggunakan cek atau instruksi tertulis lainnya Pelayanan khusus simpanan Giro lainnya adalah cek khusus. (c). Pada sistem wadi’ah ini.Pertama. bank tidak berkewajiban. untuk menjaga keamanan harta/modal dari kerusakan atau kerugian. Harta/modal/barang yang berada dalam titipan harus dipisahkan. bersama atau beberapa individu. Wadi’ah (jasa penitipan) merupakan jasa penitipan yang dananya dapat diambil sewaktu-waktu. (e). untuk memberikan bonus kepada nasabah. Penerima titipan (bank) atas kehendaknya sendiri dapat memberikan imbalan kepada pemilik harta titipan (pemegang rekening wadiah) Untuk menunjang kemudahan para nasabah Tabungan dan Giro Wadi’ah. transfer dana secara otomatis Pemegang rekening menerima salinan rekening (account statement) setiap bulan dengan rincian transaksi selama bulan yang bersangkutan Bank dapat mengirim konfirmasi saldo kepada pemegang rekening setiap akhir tahun atau setiap periode tertentu (yang lebih pendek) bila dianggap perlu oleh bank atau atas permintaan pemegang rekening Dalam kegiatan operasional perbankan syariah simpanan dalam bentuk tabungan dan giro yang menggunakan prinsip wadi’ah ini secara umum mengacu pada dua hal. maka beberapa Bank Syariah juga melengkapi produk tabungan dan gironya dengan berbagai fasilitas. instruksi siaga (standing instruction). (c). Wadi’ah Yad Amanah (kepercayaan) dimana penerima titipan tidak dapat memanfaatkan barang titipan tersebut sampai diambil kembali oleh penitip (nasabah). perkumpulan/kelompok yang tidak berbadan hukum. Penerima titipan tidak mempunyai hak untuk memanfaatkan simpanan. Penerima titipan (bank) tidak boleh menyatakan atau menjanjikan imbalan atau keutungan apapun kepada pemegang rekening wadiah. diantaranya adalah           Menggunakan buku atau kartu ATM Minimum setoran saldo pertama dan saldo minimum yang harus dipertahankan Tabungan tidak terbatas dapat ditarik sewaktu-waktu Memiliki berbagai tipe rekening. Penerima titipan tidak diharuskan mengganti segala resiko kehilangan atau kerusakan harta yang dititipkan kecuali bila kehilangan atau kerusakan itu karena kelalaian penerima titipan atau bila status titipan telah berubah menjadi Wadiah Yad Dhamanah. Pemilik harta titipan tidak boleh mengharapkan atau meminta imbalan atau keuntungan atas rekening wadiah. (b). Sehingga wadi’ah merupakan aqad antara pemilik (nasabah) dan penyimpan (bank). baik dalam bentuk uang maupun dalam bentuk lain. Harta dalam titipan tidak dapat digunakan. (d). . Setiap imbalan atau keuntungan yang dijanjikan sebelumnya dapat dianggap riba.

Wadi’ah Yad Dhamanah (simpanan yang dijamin) yaitu titipan yang selama belum dikembalikan kepada penitip dapat dimanfaatkan oleh penerima titipan. Mudharabah Muthlaqah merupakan simpanan yang berprinsip bahwa pemilik (shahibul maal/nasabah) dana memberikan keleluasaan penuh kepada pengelola (mudharib/bank) untuk mempergunakan dana tersebut dalam usaha yang dianggapnya baik dan menguntungkan. Biasanya bank syariah menggunakan prinsip ini untuk produk tabungan dan giro.id/blog/prihantoro/2009/04/27/dana-pihak-ketiga-bank-syariah/ . (d). (b). (c). Simpanan yang menerapkan prinsip mudharobah ini pada umumnya terbagi dalam dua jenis. Apabila hasil pemanfaatan tersebut memperoleh keuntungan maka seluruhnya menjadi hak penerima titipan. (e). jenis usaha dan sebagainya. Kedua.gunadarma. Adapun beberapa ketentuan secara umum yang berlaku dan diterapkan oleh perbankan syariah pada produk tabungan & deposito yang menggunakan prinsip mudharabah. Keuntungan yang diperoleh dibagai antara keduanya dengan perbandingan nisbah yang disepakati sebelumnya. diantaranya adalah       Nasabah bertindak sebagai shahibul maal atau pemilik dana dan bank bertindak sebagai mudharib atau pengelola dana. Jenis harta dalam titipan tidak harus dipisahkan. Penerima titipan berhak atas pendapatan yang diperoleh dari pemanfaatan harta titipan dalam perdagangan. Bank sebagai mudharib dapat melakukan berbagai macam usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah dan mengembangkannya termasuk didalamnya mudharabah dengan pihak lain Modal harus dinyatakan dengan jumlahnya dalam bentuk tunai bukan piutang Pembagian keuntungan harus dinyatakan dalam bentuk nisbah dan dituangkan dalam akad pembukaan rekening Bank sebagai mudharib menutup biaya operasional tabungan dan deposito dengan menggunakan nisbah keuntungan yang menjadi haknya Bank tidak diperkenankan mengurangi nisbah keuntungan nasabah tanpa persetujuan yang bersangkutan http://nustaffsite. Mudharabah muqayyadah merupakan simpanan yang berprinsip bahwa pemilik dana (nasabah) menentukan syarat dan pembatasan kepada pengelola dan pengguna dana (bank) tersebut dengan jangka waktu. Bank syariah biasanya menggunakan produk tabungan dan deposito untuk jenis ini. Harta/modal/barang titipan dapat dipergunakan untuk perdagangan. Beberapa ciri titipan wadi’ah yad dhamanah ini adalah (a). tempat. Namun pengelola tetap bertanggung jawab untuk melakukan pengelolaan sesuai dengan kebiasaan usaha normal yang sehat (uruf). yaitu mudharobah muthlaqah dan mudharobah muqayyadah. Prinsip ini merupakan akad kerjasama antara pemilik dana (shahibul maal) dengan pengusaha (mudharib) untuk melakukan suatu usaha bersama. Prinsip ini pada umumnya diimplementasikan oleh perbankan syariah pada jenis produk tabungan dan deposito modharobah. Penerima titipan adalah lembaga yang dapat dipercaya untuk menjamin barang yang dititipkan. Keuntungan investasi dana nasabah yang dilakukan bank akan dibagikan antara bank dan nasabah dengan perjanjian bagi hasil tertentu. Mudhorobah merupakan simpanan dana nasabah di Bank Syariah dalam kurun waktu tertentu dengan perjanjian bagi hasil keuntungan.ac. Pemilik harta/modal/barang dapat menarik kembali titipannya sewaktu-waktu.

Prinsip Wadiah Prinsip wadiah yang diterapkan adalah wadiah yad dhomanah yang diterapkan pada produk rekening giro. Dalam hal ank menggunakan untuk melakukan pembiayaan mudharabah. Khusus bagi pemilik rekening giro. tabungan dan deposito. Jadi mirip seperti apa yang dilakukan oleh zubair bin awwam ketika menerima titipan uang dizaman Rosulullah SAW[1]. Dapat pula dana tersebut digunakan bank untuk melakukan pembiayaan mudharabah. sedang pemilik dana rtidak dijanjikan imbalan dan tidak menaggung kerugian. penyimpan atau deposan bertindak sebagai shahil maal (pemilik modal) an bank sebagai mudhorib (pengelola). 1..Terhadap pembukaan rekening ini bank dapat mengenakan pengganti biaya administrasi unutuk sekedar menutupi biaya ayang benar benar terjadi.keuntungan atau kerugian dari penyaluran dana menjadi hak milik atau ditanggung bank. Karena wadiah yang diterapkan dalam produk giro perbanakan ini juga disifati dengan yad dhamanah.. Rukun mudharabah terpenuhi sempurna (ada mudharib-ada pemilik modal. bank bertindak sebagai yang dipinjami. ada usaha yang akan dibagi hasilkan. pada prinsipnya harta ttitipan tidak boleh dimanfatkan oleh yang dititipi. pihak yang dititipi (bank) bertangung jawab atas keutuhan harta titipan sehingga ia boleh memanfaatkan harta titipan tersebut. ada nisbah. dimana nasabah bertindak sebagai yang meminjamkan uang. adaijab Kabul). Ketentuan umum dari produk ini:. Prinsip mudharabah ini diaplikasikan pada produk tabungan berjangka dan deposito ..Penghimpunan dana di Bank Syariah dapat berbentuk giro. Prinsip Mudharah Dalam mengaplikasikan prinsip mudharabah. Bank dimungkinkan memberikan bonus kepada pemilik dana sebagai suatu insentif untuk menarik dana masyarakat namun tidak boleh diperjanjikan dimuka. Wadiah dhamanah berbeda dengan wadiah amanah. maka implikasi hukumnya sama dengan qordh. Dana terseutdigunakan utuk melakukan pembiayaaan murabahah atau ijaroh seperti yang telah dijelaskan terdahulu. Prinsip operasional syariah yang diterapkan dalam penghipunan dana masyarakat adalah prinsip wadi’ah dan mudhorobah. Sedang dalam wadiah yad dhamanah. maka bank bertanggung jawab penuh atas kerugian yang terjadi[2]. bank dapat memberikan buku cek.Bank harus membuat akad pembukaan rekening yang isinya mencakup izin penyaluran dana yang disimpan dan persyaratan lain yang disepakati selama tidak bertentangan prinsip syariah.Ketentuan letentuan lain yang berkaitan engan rekening giro dan tabungan tetap berlaku selama tidak bertentangan dengan prinsip syariah. bilyet dan debit card. 1. Dalam wadiah amanah. Hasil usaha ini akan dibagi hasilkan berdasarakan nisbah yang disepakati.

c.pemilik dana wajib menetapkan syarat tertentu yang harus dilakukan oleh bank wajib membuat akad yang mengatur persyaratan penyaluran dana simpanan khusus. maka hal itu harus tercantum dalam akad.berjangka. Apabila telah tercapai kesepakatan.bank wajib memberitahukan kepada pemilik dana mengenai nisbah dan tata cara pemberitahuan keuntungan dan aatau pembagian keuntungan secara resiko yang ditimbulkan dari penyimpanan dana.Untuk deposito mudharabah bank wajib memberikan sertifikat atau tanda penyimpanan (bilyet) deposito kepada deposan.Deposito mudharabah hanya dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. tetapi bila pada akad dicantumkan perpanjangan secara otomatis maka tidak perlu dibuat akad baru. Mudharabah MutlaqohPenerapan mudharabah mutlaqoh dapat berupa tabungan dan deposito sehingga terdapat dua jenis penghimpunan dana yaitu: tabungan mudharabah dan deposito mudharabah.. Karakteristik jenis simpanan ini sebagai berikut:.. bank wajib memberikan sertiikat atau tanda penyimpanan (bilyet) deposito kepada deposan.Tabungan mudharabah dapat diambil setiap saat oleh penabung sesuai dengan perjanjian yang disepakati.Sebagai tanda bukti simpanan bank menerbitkan bukti simpanan khusus. serta kartu ATM atau alat penariakn lainnya kepada penabung. Ketentuan ketentuan umum produk ini adalah:. Mudharabah Muqayyadah On Ballance SheetJenis mudharabah ini merupakan simpanan khusus (retristed investment) dimana pemilik dana dapat menetapkan syarat syarat tertentu yang harus dipatuhi oleh bank. Berdasarkan prinsip ini tidak ada pembatasan bagi bank dalam penggunaan dana yang dihimpun.Untuk tabungan mudharabah.. namun tidak diperkenankan mengalami saldo negatif. dimana bank bertindak sebagai perantara (arranger) yang mempertemukan antara pemilik dana dengan palaksana usaha.Ank wajib emmberitahukan kepada pemilik dana mengenai nisbah dan tata cara pemberitahuan keuntungan dana atau keuntungan secara resiko yang dpat ditimbulkan dari penyimpanan dana.Berdasrkan kewenangan yang diberikan pihak penyimpan dana prinsip mudharabah terbagi dua:a. Pemilik dana dapat menetapkan syarat syarat tertentu yang harus dipatuhi bankl dalam mencarai kegiatan usaha yang akan dibiayai dan pelaksana usahanya. .sebagai tanda bukti simpanan bank menerbitkan . Missal. Mudharabah Muqoyyadah Off Ballance SheetJenis mudharabah ini merupakan penyaluran dana mudharabah langsung kepada pelaksana usahanya.Keketentuan lain yang berkaitan dengan tabungan dan deposito tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip syariah... Deposito yang diperpanjang setelah jatuh tempo akan diberlakukan sama seperti deposito baru. Karakteristik jenis simpanan ini adalah sebagai beriktu:.b. Deposito mudharabah. disyaratkan digunkan uuntuk bisnis tertentu atau disyaratkan digunakan dengan akd tertuntu atau digunakan untuk nasabah tertentu. bank dapat memberikan kartu tabungan sebagai bukti penyimpanan. maka hal tersebut harus dicantumkan dalam akad. Bank wajib memisahkan dana dari rekening lainnya . Apabila telah tercapai kesepakayan .

Ank wajib memesihkan dana dari rekening lainnya. 62 Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu. namun ditujukan untuk mempermudah paelaksanaan pembiayaan. Wakalah Wakalah dalam aplikasi perbankan terjadi apabila nasabah memberikan kuasa kepada bank untuk mewakili dirinya melakukan pekerjaan jasa tertentu seperti inkaso dan trasfer uang.wordpress.. 60 Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada tagut. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya. Meskipun tidak ditujukan untuk mencarai keuntungan. Beasrnya pengganti biaya ini sekedara menutupi biaya yang benar benar terjadi. Simpanan khusus dicatata pada ppos tersendiri dlam rekening administratif. dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.Dana simpanan khusus harus disalurkan secara langsung kepada pihak yang diamanatkan oleh pemilik dana. jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. dan ulil amri di antara kamu.Bank menerima komisi atas jasa memeprtemukan kedua belah pihak. kemudian mereka datang . Sedangkan antara pemilik dana dan pelaksana usaha berlaku nisbah bagi hasil. Akad pelengkap untuk mempermudah paelaksaan penghimpunan dana biasanya diperlukan juga akad pelengkap. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. 3. 61 Apabila dikatakan kepada mereka. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaikbaiknya kepadamu.com/2008/01/02/jenis-jenis-produk-pengumpulan-dana/#more-39 DASAR-DASAR PEMERINTAHAN Ayat 58-70 58 Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhakmenerimanya.bukti simpanan khusus. taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya). padahal mereka telah diperintah mengingkari tagut itu. maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya). niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu. Akad pelengkap ini tidak ditujukan untuk mencari keuntungan. http://luqmannomic. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. 59 Hai orang-orang yang beriman. "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul". dalam akad pelengkap dibolehkan untuk meminta pengganti biaya biaya yang dikeluarkana untuk amelaksanakan akad ini.

dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka. 67 dan kalau demikian.kepadamu sambil bersumpah. niscaya mereka tidak akan melakukannya. a pledge with possession (may serve the purpose). dan mereka menerima dengan sepenuhnya. SURAH AL-BAQARAH AYAT 283 If ye are on a journey. 70 Yang demikian itu adalah karunia dari Allah. lalu memohon ampun kepada Allah. tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang. 66 Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka. 68 dan pasti Kami tunjuki mereka kepada jalan yang lurus. 64 Dan kami tidak mengutus seseorang rasul. melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. And if one of you deposits a thing on trust with another. pasti Kami berikan kepada mereka pahala yang besar dari sisi Kami." 63 Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. 65 Maka demi Tuhanmu. dan berilah mereka pelajaran.. mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah. 69 Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya). para shiddiiqiin. Nabi-nabi. Sesungguhnya jika mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu. kecuali sebagian kecil dari mereka. kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan. yaitu. and let him fear his Lord. kami sekali-kali tidak menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna. for whoever conceals it. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.His heart is tainted with sin. orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Wa-in kuntum AAala safarin walamtajidoo katiban farihanun maqboodatun fainamina baAAdukum baAAdan falyu-addi allatheei/tumina amanatahu walyattaqi Allaha rabbahuwala taktumoo alshshahadata waman yaktumhafa-innahu athimun qalbuhu waAllahu bimataAAmaloona AAaleemun . And Allah Knoweth all that ye do. dan Rasul pun memohonkan ampun untuk mereka. mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan. dan Allah cukup mengetahui. tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka). "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu". Karena itu berpalinglah kamu dari mereka. Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka. "Demi Allah. Conceal not evidence. and cannot find a scribe. Let the trustee (Faithfully) discharge His trust.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->