TEORI ATOM DALTON

Hidup tahun 1766 – 1844

Calcium Carbonat CaCO3 .

Gabungan atom-atom membentuk molekul Molekul Metana + Dua Molekul Oksigen = Karbon dioksid + Dua Molekul Air .

Atom berbagai unsur .

Dalton menyimpulkan teorinya tentang atom yaitu:  Atom adalah bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi  Atom suatu unsur semuanya serupa dan tidak dapat berubah menjadi unsur lain  Dua atom atau lebih dapat membentuk molekul. misal H2O  Pada reaksi kimia atom-atom berpisah dan bergabung dengan unsur lain. tetapi massa seluruhnya tetap .

Benarkah bahwa atom adalah bagian terkecil dari benda dan tidak dapat dibagi lagi? Tidak Benar Ada partikel yang lebih kecil dari ukuran atom sebagai penyusun atom .

Beberapa hasil eksperimen menunjukkan kelemahan model atom Dalton diantaranya: Percobaan tabung lucutan gas Percobaan sinar katoda Percobaan Millikan .

Mengapa ? Temuan para Ahli Fisika bahwa: Adanya pancaran sinar katoda (bermuatan negatif) dari tabung lucutan gas. ukurannya lebih kecil dari sebuah atom Tugas 1: Pelajari Peristiwa Terjadinya Sinar Katoda Pada Tabung Lucutan Gas .Teori Dalton tentang model atom tidak dapat dipertahankan.

Pertanyaan: • Apakah pengertian atom menurut model Dalton? • Mengapa model atom Dalton tidak dapat diterima ? • Berapa nilai muatan e/m? • Eksperimen apa yang dipakai untuk mengukur nilai e/m? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful