P. 1
Atom Dalton

Atom Dalton

|Views: 71|Likes:

More info:

Published by: Mochammad Ikhsan Nurhadi on Mar 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2012

pdf

text

original

TEORI ATOM DALTON

Hidup tahun 1766 – 1844

Calcium Carbonat CaCO3 .

Gabungan atom-atom membentuk molekul Molekul Metana + Dua Molekul Oksigen = Karbon dioksid + Dua Molekul Air .

Atom berbagai unsur .

tetapi massa seluruhnya tetap . misal H2O  Pada reaksi kimia atom-atom berpisah dan bergabung dengan unsur lain.Dalton menyimpulkan teorinya tentang atom yaitu:  Atom adalah bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi  Atom suatu unsur semuanya serupa dan tidak dapat berubah menjadi unsur lain  Dua atom atau lebih dapat membentuk molekul.

Benarkah bahwa atom adalah bagian terkecil dari benda dan tidak dapat dibagi lagi? Tidak Benar Ada partikel yang lebih kecil dari ukuran atom sebagai penyusun atom .

Beberapa hasil eksperimen menunjukkan kelemahan model atom Dalton diantaranya: Percobaan tabung lucutan gas Percobaan sinar katoda Percobaan Millikan .

Mengapa ? Temuan para Ahli Fisika bahwa: Adanya pancaran sinar katoda (bermuatan negatif) dari tabung lucutan gas. ukurannya lebih kecil dari sebuah atom Tugas 1: Pelajari Peristiwa Terjadinya Sinar Katoda Pada Tabung Lucutan Gas .Teori Dalton tentang model atom tidak dapat dipertahankan.

Pertanyaan: • Apakah pengertian atom menurut model Dalton? • Mengapa model atom Dalton tidak dapat diterima ? • Berapa nilai muatan e/m? • Eksperimen apa yang dipakai untuk mengukur nilai e/m? .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->