RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Kelas / Semester Tahun Pelajaran Standar Kompetensi Kode Kompetensi Kompetensi Dasar Alokasi waktu Indikator : Kompetensi Kejuruan Mekanik Otomotif : II / II : 2006 / 2007 : Pemeliharaan/Servis Transmisi : OPKR-30-004 B : Pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponenkomponen : 16 Jam Pelajaran :  Pemeliharaan/servis transmisi manual dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.  Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.  Pemeliharaan/servis pada komponen-komponen transmisi dilaksanakan sesuai spesifikasi kendaraan mengenai metode dan perlengkapan  Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan/ servis. Seluruh kegiatan pemeliharaan/ servis sistem transmisi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.

I. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat memelihara dan menservis transmisi manual dan komponenkomponenya. II. Materi Ajar  Jenis, konstruksi dan prinsip kerja transmisi manual .  Prosedur pemeliharaan bagian-bagian transmisi manual  Pembacaan data spesifikasi pabrik.  Pemeliharaan/ servis transmisi manual berdasarkan SOP, K3, peraturan dan prosedur/ kebijakan perusahaan. III. Metode Pembelajaran Ceramah Diskusi Praktek IV.Langkah – langkah Pembelajaran A. Pertemuan 1 1. Kegiatan Awal ( 30 menit ) - Berdo’a bersama - Mengabsen siswa - Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan 2. Kegiatan Inti ( 275 menit ) - Menjelaskan prinsip kerja transmisi manual - Menjelaskan transmisi manual syncromesh - Menjelaskan konstruksi transmisi manual syncromesh dan komponenkomponennya. - Pembongkaran transmisi manual syncromesh - Menjelaskan Prosedur pemeliharaan/servis transmisi manual dan

Melepas dan memasang transmisi manual dari kendaraan sesuai SOP.Berdo’a bersama .Petunjuk Praktek Chasis dan Body Dep P dan K 1977 .Tool Box .Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan .Berdo’a bersama B.Mobil Instruksi .Wallchart . Bagaimana konsep dasar cara kerja transmisi manual. Terdapat berapa macam roda gigi yang dapat dipergunakan pada sistem unit transmisi kendaraan. Pertemuan 2 1.Modul b.Evaluasi 3. Kegiatan Inti ( 275 menit ) . Apakah kelemahan yang terjadi bila transmisi meng-gunakan sistem slidingmesh atau sliding clutch?.Papan tulis .Kapur . Penialian : Jawablah pertanyaan dibawah dengan singkat : 1.Buku petunjuk perbaikan kendaraan / manual Toyota VI.Komputer .komponen-komponennya.Mengabsen siswa . ( skor maks 20 ) 5.Melakukan pengisian minyak pelumas transmisi dan greasing melalui kegiatan perawatan berkala .LCD . dan mengapa pada transmisi menggunakan roda gigi? ( skor maks 20 ) 3. Kegiatan Akhir ( 15 menit ) . Apakah fungsi Transmisi pada kendaraan bermotor? Dan apa dampaknya bila kendaraan tanpa transmisi? ( skor maks 20 ) 2.Mengabsen siswa . Kegiatan Akhir ( 15 menit ) .Modul Sistem Pemindah Tenaga VEDC Malang . Apakah alasan rasional dan fisik penggunaan system synchronmesh pada transmisi kendaraan? Secara singkat jelaskan cara kerjanya!.Tanya jawab 3.Mengabsen siswa .Memeriksa tuas-tuas penggerak tansmisi melalui perawatan berkala . dan mengapa untuk sliding gear hanya dapat menggunakan model roda gigi spur? ( skor maks 20 ) 4. . . ( skor maks 20 ) Jawaban .Berdo’a bersama V.Materi Pelajaran Engine Step 2 Toyota Astra . Alat dan Bahan pembelajaran . Alat/Bahan/Sumber Belajar a. Sumber Belajar . Kegiatan Awal ( 30 menit ) .Tanya jawab materi yang lalu 2.

Rasional penggunaan synchronmesh pada transmisi kendaraan. Eddy Priyo Utomo Nip: 510129447 . 5. Konsep dasar kerja transmisi adalah menggunakan konsep perbandingan momen. 4. Transmisi akan mengeluarkan suara yang kasar. maka mesin akan meng-alami pembebanan yang berlebihan. Fungsi transmisi pada kendaraan bermotor adalah mereduksi putaran sehinggai peroleh kesesuaian antara tenaga mesin dengan beban kendaraan. Roda gigi merupakan benda yang paling mudah dan praktis untuk proses transfer tenaga.1. adalah untuk mengatasi terjadinya kesulitan saat transmisi menggunakan sistem slidingmesh atau clutch sliding. 2. dan kemungkinan teerjadinya kerusakan cukup tinggi.Cara kerjanya synchronhub mengerem roda gigi yang akan disambung tanpa harus menunggu putaran turun terlebih dulu. dan akan terhambat pada waktu akselerasi. helical. 3. Nip: 131412251 Drs. dampaknya kopling akan cepat habis. Sedangkan secara fisik terjadi suara yang kasar. April 2007 Mengetahui Kepala SMK Pawyatan Daha-3 Guru Pengajar Drs. Karena hanya jenis spur yang dapat untuk sistem sliding. Bila kendaraan tidak dilengkapi transmisi. begitu putaran sama maka dilanjutkan dengan proses penyambungan. maka akan terjadi overheating. Di samping itu. saat beban kendaraan ber-tambah. double helical dan roda gigi jenis Epicyclic. misalkan pada tanjakan. Yuli Priyanto.MM. karena fungsi reduksi putaran digantikan oleh kopling. Kediri. dan untuk menyesuaikan kebutuhan tinggal mendesain berapa jumlah giginya. Terdapat tiga macam yaitu jenis spur. Hal ini disebabkan karena model pemindahan kecepatan ini tidak dapat dilakukan pada putaran tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful