Sistem Koordinasi dan Alat Indra Pada Manusia

Link ke posting ini A. SISTEM SARAF  Sistem Saraf sangat berperan dalam menanggapi rangsangan tubuh (iritabilitas)

 Sistem Saraf mempunyai tiga fungsi utama, yaitu menerima informasi dalam bentuk rangsangan (stimulus); memproses informasi yang diterima; serta memberi tanggapan (respon) terhadap rangsangan Saraf meliputi : 1. Sel Saraf (Neuron)   dan akson Neuron adalah unit terkecil penyusun sistem saraf Setiap satu sel saraf (neuron) terdiri atas bagian utama yang berupa Badan sel saraf, dendrit,

 Badan sel saraf adalah bagian sel saraf yang paling besar yang didalamnya terdapat nukleus dan sitoplasma. Dan didalam sitoplasma terdapat mitokondria yang berfungsi membangkitkan energi untuk membawa rangsangan  Dendrit adalah serabut-serabut yang merupakan tonjolan sitoplasma dan berfungsi untuk menjalarkan impuls saraf menuju ke badan sel saraf  Akson merupakan tonjolan sitoplasma yang panjang (lebih panjang dari dendrit), dan berfungsi untuk menjalarkan impuls saraf meninggalkan badan sel saraf ke neuron atau jaringan lainnya Contoh gambar struktur suatu neuron

 Menurut fungsinya, neuron dibedakan menjadi tiga macam neuron sensorik, neuorn motorik, dan neuron asosiasi   otot Neuron Sensorik berfungsi meneruskan rangsang dari penerima (indra) ke saraf pusat Neuron Motorik berfungsi membawa impuls dari pusat saraf dan sumsung tulang belakang ke

 Neuron Asosiasi berfungsi menghubungkan atau meneruskan impuls dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik Susunan Saraf Manusia a. Sistem Saraf Pusat Sistem saraf pusat terdiri atas : 1) Otak

yang kedua-duanya bekerja secara berlawanan. dan lapisan dalam yang melekat pada permukaan otak (piamater)  Bagian-bagian otak meliputi otak besar (cerebrum). mulai dari ruas leher terbawah sampai dengan tulang ekor. memperlambat denyut jantung. yaitu lapisan terluar yang melekat pada tulang (duramater). dan menurunkan tekanan darah. Sistem Saraf Tepi Pada sistem saraf tepi terdapat saraf tak sadar (saraf otonom) yaitu saraf yang berfungsi mengatur kegiatan organ tubuh yang bekerja di luar kesadaran. dan sumsum lanjutan (medula oblongata) 2) Sumsum Tulang Belakang  Sumsum tulang belakang mempunyai dua fungsi utama. . dan mempertinggi tekanan darah. Saraf tak sadar terdiri atas saraf simpatik dan saraf parasimpatik. yaitu bagian dalam dan bagian luar. Bagian luar berwarna putih. Bagian dalam berwarna kelabu dan banyak mengandung badan sel saraf dan sel saraf penghubung. dan banyak mengandung serabut saraf b. * Fungsi saraf parasimpatik antara lain mengembangkan kulit rambut. Otak merupakan pusat koordinasi dalam tubuh manusia yang terdapat di dalam rongga tengkorak dan diselubungi oleh selaput meninges  Selaput meninges dibedakan menjadi tiga. lapisan tengah yang berbentuk sarang laba-laba (arachnoid). memperlebar pembuluh darah. mempercepat denyut jantung. otak kecil (cerebelum) otak tengah (mesensefalon). yaitu sebagai penghugbung impuls yang berasal dari otak serta sebagai pusat gerak refleks  Penampang melintang sumsum tulang belakang terbagi menjadi dua bagian. mempersempit pembuluh darah. * Saraf Simpatik mempunyai simpul saraf atau ganglion di sepanjang tulang belakang sebelah depan. * Fungsi Saraf simpatik antara lain mengerutkan kulit rambut. * Saraf parasimpatik berupa jaring-jaring yang saling berhubungan dengan ganglion yang tersebar di seluruh tubuh.

Gerak Refleks  gerak refleks adalah gerakan sebagai tanggapan rangsang dari luar tanpa melalui pusat kesadaran  Skema gerak refleks yaitu : Rangsang  urat saraf sensorik  neuron perantara  urat saraf motorik  gerakan . Gerak biasa gerak biasa adalah gerakan sebagai tanggapan rangsang dari luar melalui pusat kesadaran  Skema gerak biasa yaitu : Rangsang  urat saraf sensorik  otak  urat saraf motorik  gerakan b.Contoh sistem saraf simpatik dan parasimpatik :  Gerak pada tubuh manusia a.

hidung. Retina (selaput jala) Retina merupakan lapisan mata yang terdalam. telinga. sangat kompleks. Di dalam retina terdapat bintik kuning (peka terhadap cahaya) dan bintik buta. SISTEM INDRA PADA MANUSIA Pada manusia dikenal lima macam alat indra yaitu mata. kulit. Pupil Pupil adalah lubang ditengah iris yang berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata c. Lensa Mata Terletak di belakang selaput pelangi dan dapat mencembung bila melihat benda yang letaknya dekat dan menjadi pipih bila menjauh. yaitu tempat keluarnya saraf mata (tidak peka terhadap cahaya) Kelainan dan penyakit pada indra penglihatan. diantaranya : 1) Mata Miop (miopi) Miopi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh di depan bintik kuning (retina) 2) Mata Hipermetrop (hipermetropi) Hipermetropi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu piph sehingga bayangan jatuh di belakang bintik kuning (retina) 3) Mata Presbiop (presbiopi) Presbiopi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu pipih dan daya akomodasi mata sudah lemah sehingga tidak dapat memfokuskan bayangan benda yang berada dekat dengan mata . atau daya akomodasi e. dan lidah 1. dan lunak. Kornea Kornea adalah selaput yang tembus cahaya yang berfungsi membantu memfokuskan benda pada retina b. Iris (selaput mata) Di dalamnya terdapat pigmen yang menentukan warna mata d. Mata Contoh gambar mata : Bagian-bagian mata diantaranya : a.B.

Air mata berfungsi membunuh kuman yang masuk ke mata dan membasahi bola mata 2. sehingga sinar sejajar yang datang tidak dapat difokuskan ke satu titik 5) Hemeralopi (rabun senja) Hemeralopi adalah gangguan mata yang disebabkan kekurangan vitamin A 6) Katarak Katarak adalah cacat mata yang disebabkan pengapuran pada lensa mata sehingga penglihatan menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang 7) Buta Warna Buta warna merupakan gangguan penglihatan mata yang bersifat menurun. dan selaput gendang b. dan tulang sanggurdi serta buluh Eustachius c.4) Mata Astigmatista Astigmatista adalah cacat mata yang disebabkan kecembungan kornea tidak rata. tulang landasan. dan tidak mampu membedabedakan warna tertentu Pelindung mata diantaranya : a. Bulu mata berfungsi melindungi mata dari silaunya matahari/lampu d. Telinga luar Terdiri atas daun telinga. Alis mata melindungi mata dari air keringat agar tidak terjatuh ke mata b. Telinga Tengah Teridiri atas tulang martil. dan rumah siput Proses Mendengar : Bunyi  Daun telinga  Liang telinga  Gendang telinga  Tulang martil  Tulang landasan  Tulang sanggurdi  Tingkap jorong  Cairan limfe dari rumah siput bergetar  Ujung saraf terangsang  Urat saraf pendengaran  ke otak (otak besar)  diolah  mengenal bunyi . tiga saluran setengah lingkaran. Telinga Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mendengar suara atau bunyi Contoh gambar telinga : Bagian-bagian telinga : a. lubang telinga. Telinga Dalam Terdiri atas tingkap jorong. Kelopak mata berfungsi melindungi mata dari kotoran disekitar c. tingkap bundar.

Lidah Lidah berfungsi untuk pengecap rasa makanan Pada manusia. ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap pada lidah. Kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu. Hidung Contoh gambar hidung dan reseptor pembau : Hidung berfungsi sebagai alat pembau yang menerima rangsang bau berupa gas. Disaring kotorannya oleh rambut-rambut kering b.3. Diatur kelembapannya c. terletak pada lidah bagian depan hingga belakang. Diatur suhunya 4. Rasa yang di cap lidah . Pada hidung udara menerima tiga perlakuan yaitu : a.

kulit Kulit adalah indra peraba pada tubuh manusia dan terdapat beberapa organ pengindraan khusus yang disebut reseptor Contoh gambar reseptor kulit manusia : .Bitter = pahit Sour = asam Salty = asin Sweet = manis 5.

dingin (saraf krause). dan panas (korpuskula ruffini). Dibuat Oleh Muhammad Ismail 2 komentar Isi posting : Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Sabtu. rabaan (korpuskula meissner). 30 Juli 2011 Sistem Reproduksi Pada Manusia Link ke posting ini Reproduksi merupakan proses terbentuknya individu baru yang bertujuan untuk melestarikan speciesnya agar tidak punah. Berdasarkan cara perkembangbiakannya manusia tergolong vivipar dan fertilisasi internal. . 1. Organ Reproduksi Pria Organ reproduksi pria mempunyai dua fungsi reproduksi.Pada kulit terdapat beberapa saraf sensori yang disebut resptor raba. yaitu produksi sel kelamin dan pelepasan selsel ke saluran sel kelamin wanita. Reseptor raba berfungsi sebagai penerima rangsang dari luar. lalu juga ada reseptor tekanan (korpuskula pacini) dan sentuhan.

.Contoh Gambar Sistem Reproduksi Pria : Bagian-bagian organ reproduksi pria. Testis Testis berjumlah sepasang dan dan berbentuk bulat telur. kelenjar prostat. Vas Defferens Vas defferens merupakan saluran yang menghubungkan testis dan kantong sperma. diantaranya yaitu : vesika seminalis. yaitu : a. dan kelenjar bulbourethralis 2. Testis disimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum. berfungsi dalam proses spermatogenesis dan berpengaruh terhadap timbulnya sifat kelamin sekunder pada pria seperti tumbuhnya rambut 3) FSH (Follicle Stimulating Hormon) Dihasilkan oleh kelenjar tambahan dalam sistem reproduksi pria. Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormon kelamin (testosteron) b. Kantong Sperma Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung sperma sebelum dikeluarkan d. berfungsi untuk merangsang pembentukan testosteron dalam testis 2) Hormon testosteron Dihasilkan oleh testis. Bagian ujungnya terletak di dalam kelenjar prostat c. Organ Reproduksi Wanita Organ reproduksi wanita terdiri dari : a. Penis Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma Macam-macam hormon pada sistem reproduksi pria 1) LH (Luteinizing Hormon) Dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Ovarium (indung telur) Ovarium berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum).

rektum. terbentuk sebelum lahir 2) Follikel-follikel yang sedang tumbuh atau mengalami pertumbuhan 3) Follikel-follikel matang (Graaf). Dinding rahim terdiri dari 3 lapisan. Oviduk/tuba fallopi (saluran telur) Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltik. miometrium. endometrium. dan ekskresi Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Reproduksi : 1. dan dibedakan menjadi : 1) Follikel-follikel primordial. Peristiwa ini disebut ovulasi. Sifilis Sifilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri. Pembuahan sel telur oleh sperma terjadi pada oviduk. Alantois Alantois berfungsi untuk respirasi. Sakus Vitellinus (kantong kuning telur) Sakus vitellinus merupakan pemunculan sel-sel dan pembuluh darah yang pertama d. lidah. Korion Merupakan selaput yang berada di sebelah luar amnion. . saluran makanan. Tanda-tanda sifilis antara lain :  terjadinya luka pada alat kelamin. Amnion Merupakan selaput yang membatasi ruangan tempat terdapatnya embrio b. bergaris tengah sekitar 1 cm terdapat rongga-rongga berisi cairan b. Korion dan alantois akan tumbuh membentuk jonjot pembuluh darah yang berhubungan dengan peredaran darah induknya melalui plasenta c. Selain berfungsi menghasilkan sel telur ovarium juga berfungsi menghasilkan hormon estrogen dan progesteron Di dalam ovarium terdapat follikel. selanjutnya ovum yang telah dibuahi bergerak ke rahim (uterus) Rahim merupakan tempat pertumbuhan dan perkembagan embrio hingga dilahirkan.Sel telur yang telah masak akan lepas dari ovarium.. yaitu perimetrium. Vagina Vagina berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi Dalam vagina terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan oleh suatu kelenjar bartholini Contoh Gambar Sistem reproduksi wanita : Embrio di dalam rahim dilindungi oleh selaput pembungkus diantaranya : a. c. dan bibir.

Bercak-bercak di seluruh tubuh. Herpes Genetalis Herpes Genetalis disebabkan oleh virus Herpes Simpleks. yaitu : a. Lapisan Tengah / sumsum ginjal (Medula) c.   Pembengkakan getah bening pada paha. Bahwa setiap makluk hidup di Bumi ini mengeluarkan hasil metabolisme tubuh. Gonore (Kencing Nanah) gonore disebabkan oleh bakteri. khususnya tangan dan telapak kaki 2. Memelihara keseimbangan konsentrasi garam dalam rangka menjaga kelangsungan kegiatan sel . Ginjal berbentuk menyerupai biji kacang buncis. Alat-alat Ekskresi Pada Manusia di antaranya : 1. Menyaring darah b. berwarna merah cokelat. Lapisan Dalam / rongga ginjal (Pelvis) Fungsi Ginjal : a. Tulang dan sendi terasa nyeri ruam pada tubuh. Gejala penyakitnya yaitu timbulnya rasa gatal atau sakit pada daerah kelamin dan adanya luka yang terbuka atau lepuhan berair Dibuat Oleh Muhammad Ismail 0 komentar Isi posting : Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Sistem Ekskresi Pada Manusia Link ke posting ini Seperti kita ketahui. Ginjal Ginjal merupakan alat ekskresi yang utama. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak di dekat tulang-tulang pinggang. Lapisan Terluar / kulit ginjal (Korteks) b. Contoh Gambar Ginjal : Ginjal Tersusun Atas 3 lapisan. Mengontrol volume darah c. terasa panas dan sering kencing 3. Gejalanya yaitu keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin.

Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. kuman-kuman.Kerja Ginjal / Proses pembentukan urine : a. seperti vitamin B. Zat waran empedu yang memberi warna kuning pada urine d. atau kandung kemih. asam urea. yaitu membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. Kencing Manis (Diabetes Insipidus) Kencing Manis terjadi karena di dalam tubuh kekurangan hormon antidiuretik sehingga volume urine yang dihasilkan mencapai 30 kali dari urine normal e. sehingga urine banyak mengandung protein 2. dan hormon Kelainan Dan Penyakit Pada Ginjal a. c. Reapsorpsi atau penyerapan kembali c. Air. Contoh Gambar Kulit : . obat-obatan. urea. dan disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Batu Ginjal Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal. Zat-zat yang berlebihan dalam darah. amoniak b. penyinaran. Garam-garam mineral c. Filtrasi atau penyaringan b. Jika terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengonsumsi air dapat menimbulkan hidronefrosis. saluran ginjal. Albuminuria Penyakit ini disebabkan kegagalan proses penyaringan protein. b. C. Glukosuria (Diabetes Mellitus) Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. dan zat kimia. Nefritis Nefritis adalah kerusakan bagian glomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Kulit Kulit berfungsi untuk melindungi jaringan-jaringan di bawahnya dari kerusakan-kerusakan fisik karena gesekan. Augmentasi atau penetesan urine Zat-zat yang terkandung dalam urine diantaranya : a. d.

kelenjar minyak. serta perasa nyeri d. Sebagai tempat pembuatan vitamin D Kelainan Dan Penyakit Pada Kulit : a. kemerah-merahan. kulit terdiri dari 3 lapisan. Lapisan Luar atau kulit ari (Epidermis) b. yaitu : a. perasa dingin. Lapisan Tengah atau kulit jangat (Dermis) c. serta rajin menjaga kebersihan kulit d. Jerawat Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Eksim Eksim merupakan penyakit kulit yang akut dan kronis. gatal-gatal. Sebagai pengatur suhu tubuh agar tetap stabil c. Skabies Skabies disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes Scabies) dan dapat menular pada orang lain b. pembuluh darah dan limfa. Sebagai alat pengeluaran. cukup tidur dan olahraga. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu makan makanan yang seimbang. dan bersisik c. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering. Lapisan Dalam (Hipodermis) *Epidermis tersusun atas lapisan-lapisan yang berupa sel-sel kulit dan lapisan malphigi *Pada bagian Dermis terdapat otot penggerak rambut. dan kelenjar keringat *Pada bagian Hipodermis terdapat lapisan lemak yang bertugas menghalangi pengaruh perubahan sush diluar tubuh Fungsi Kulit : a. Sebagai indra peraba. Biang Keringat Biang keringat terjadi karena kelenjar minyak tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna . Sebagai tempat penyimpanan kelebihan lemak e. yaitu untuk membuang keringat b.Secara anatomi. perasa panas.

Paru-Paru Sebagai alat eksresi paru-paru membuang zat sampah metabolisme berupa karbondioksida dan uap air. Hati Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh manusia. Masing-masing dibungkus oleh selaput pembungkus paru-paru yang disebut pleura.3. Pada orang dewasa berat hati mencapai 2 kg. Contoh Gambar Paru-paru : 4. Paru-paru manusia berjumlah sepasang kanan dan kiri. bronkus. terletak di sebelah rongga perut sebelah kanan tepatnya di bawah diafragma. dan akhirnya keluar tubuh melalui rongga hidung. Berwarna kemerahmerahan Contoh Gambar Hati : . trakea. Dua zat ini akan keluar melewati saluran bronkiolus.

Menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh e. Membentuk urea c. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A . Sebagai tempat untuk menyimpan gula dalam bentuk glikogen f. Mengatur kadar gula dalam darah d. Menghasilkan empedu untuk mengemulsikan lemak b.Fungsi Hati : a. Sebagai tempat untuk membuat fibrinogen dan protombin yang berperan dalam proses pembentukan darah g.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful