SISTEM INFORMASI INVENTORY (07523335 – Edward Saputra

)

4.1

Analisis Kebutuhan

4.1.1 Analisis Kebutuhan Masukan Input atau masukan dalam pembangunan sistem informasi manajemen inventory kantor ini terdiri dari 3 jenis masukan yaitu admin kantor, admin bendahara dan admin gudang. a. Kebutuhan masukan dari admin kantor. Admin kantor harus bisa mengoperasikan komputer secara aktif dan memahami aplikasi yang dibuat. Masukan yang dapat dilakukan oleh admin kantor adalah : 1. Data surat permintaan, merupakan draft permintaan pembelian barang kepada suplier yang berisi nama barang, jumlah barang dan keterangan. 2. Data faktur, merupakan draft balasan dari suplier yang berisi harga barang. 3. Data suplier, merupakan data-data yang berhubungan dengan supplier.

b. Kebutuhan masukan dari admin bendahara. Admin bendahara harus bisa mengoperasikan komputer secara aktif. Masukan yang dapat dilakukan oleh admin bendahara adalah : 1. Data pembelian barang yang berisi nomor kuitansi pembelian, cara pembayaran dan tanggal pembelian. 2. Data pembayaran yang berisi jumlah pembayaran dari pembelian barang.

c. Kebutuhan masukan dari admin gudang Admin gudang harus bisa mengoperasikan komputer secara aktif dan memahami aplikasi yang dibuat. Masukan yang dapat dilakukan oleh admin gudang adalah :

1

1. Data master barang, merupakan detail data dari barang yang berisi nomor barang, tanggal pembuatan dan batas pemakaian. 2. Data jenis barang, merupakan jenis-jenis barang yang berisi nama jenis barang. 3. Data penerimaan barang, merupakan barang yang diterima pada bagian gudang yang berisi nomor barang dan tanggal penerimaan. 4. Data pengalokasian barang, merupakan barang yang dialokasikan ke unit yang berisi nomor barang, nama ruangan dan tanggal pengalokasian. 5. Data Ruangan, merupakan ruangan / unit yang ada di kantor berisi nama ruangan dan keterangan. 6. Data barang rusak, merupakan barang yang rusak berisi nomor barang, tanggal kerusakan dan keterangan. 7. Data pengembalian barang, merupakan barang yang dikembalikan ke gudang berisi nomor barang dan tanggal pengembalian. 8. Data perawatan barang, merupakan barang yang akan dilakukan perawatan berisi nomor barang, jenis perawatan, nama perawatan dan tanggal perawatan barang. 9. Data retur, merupakan barang yang dikembalikan ke suplier berisi nomor barang dan tanggal pengembalian. 10. Data re-retur, merupakan barang retur yang diterima dari suplier berisi nomor barang, tanggal pengembalian dan cara pengembalian.

4.1.2 Analisis Kebutuhan Keluaran Output atau keluaran dalam pembangunan sistem informasi manajemen inventory kantor ini adalah : 1. Informasi surat permintaan. 2. Informasi faktur. 3. Informasi Suplier. 4. Informasi User. 5. Informasi master barang. 6. Informasi jenis barang. 2

2. a. Use Case Diagram Diagram ini bertujuan untuk menggambarkan fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah sistem.7. Perancangan Tabel Basis Data. Unified Modeling Language (UML). 9. Informasi perawatan barang 15. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem[DHA03]. merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. 13. 3. Informasi pengalokasian barang. 11. Informasi penerimaan barang.2 Perancangan Aplikasi 4. 16. Informasi re-retur. 12.1 Metode Perancangan Aplikasi Metode perancangan yang digunakan untuk membangun sistem informasi manajemen inventory kantor ini adalah : 1.1 Unified Modeling Language (UML) Unified Modeling Language (UML) adalah bahasa yang telah menjadi standar dalam dunia industri untuk visualisasi. 4. 4. 2. Informasi pembelian barang. Informasi pengembalian barang. 10. Informasi pembayaran.2.2. Pada perancangan aplikasi ini terbagi menjadi tiga model diagram yaitu Use Case Diagram dan Activity Diagram. Pada bagian ini diagram akan lebih digunakan untuk 3 . Entity Relationship Diagram (ERD). Informasi ruangan. Informasi retur. Informasi barang rusak 14.2. 8.2 Hasil Perancangan 4.

antara lain manajemen surat permintaan. manajemen faktur. Untuk mempermudah pemodelan.1. use case diagram ini dibagi menjadi beberapa diagram. Use Case Diagram Admin Kantor Use case diagram admin kantor memiliki beberapa aksi. Gambar 4.1 Use Case Diagram Admin Kantor 4 .mempresentasikan interaksi antara use case dan aktor dalam suatu sistem. manajemen suplier dan manajemen user. yaitu use case diagram admin kantor. 1. Rancangan diagram ini dapat dilihat pada gambar 4. admin bendahara dan admin gudang.

manajemen pengalokasian barang. manajemen retur dan manajemen re-retur. Rancangan diagram ini dapat dilihat pada gambar 4. manajemen perawatan. manajemen jenis barang. Use Case Diagram Admin Gudang Use case diagram admin gudang memiliki beberapa aksi. manajemen barang rusak. Gambar 4.2. Rancangan diagram ini dapat dilihat pada gambar 4. antara lain manajemen master barang. manajemen pengembalian barang. manajemen penerimaan barang.2.3.2 Use Case Diagram Admin Bendahara 3. manajemen ruangan. Use Case Diagram Admin Bendahara Use case diagram admin bendahara memiliki aksi manajemen pembelian barang dan pembayaran. 5 .

Gambar 4. Activity Diagram Manajemen Surat Permintaan Untuk melakukan manajemen surat permintaan harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. decision yang mungkin terjadi dan bagaimana aktifitas tersebut berakhir. ubah dan hapus surat permintaan. Terdapat beberapa activity diagram yang dihasilkan dalam sistem yang dibuat. bagaimana aliran aktifitas dalam sistem tersebut berawal.4. yaitu : 1. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen surat permintaan yaitu tambah. Activity Diagram Activity diagram menggambarkan berbagai aliran aktifitas dalam aplikasi yang dirancang. 6 .3 Use Case Diagram Admin Gudang b.

Gambar 4. ubah dan hapus faktur.4 Activity Diagram Manajemen Surat Permintaan 2.5 Activity Diagram Manajemen Faktur 7 . Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4.Gambar 4.5. Activity Diagram Manajemen Faktur Untuk melakukan manajemen faktur harus melakukan login terlebih dahulu. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen faktur yaitu tambah.

Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen user yaitu tambah. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4.7.6 Activity Diagram Manajemen Suplier 4. Activity Diagram Manajemen Suplier Untuk melakukan manajemen suplier harus melakukan login terlebih dahulu.3. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen suplier yaitu tambah. Activity Diagram Manajemen User Untuk melakukan manajemen user harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. 8 .6. ubah dan hapus user. Gambar 4. ubah dan hapus suplier.

Gambar 4.7 Activity Diagram Manajemen User 5. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. ubah dan hapus pembelian barang. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen pembelian barang yaitu tambah. Activity Diagram Manajemen Pembelian Barang Untuk melakukan manajemen pembelian barang harus melakukan login terlebih dahulu. Gambar 4.8.8 Activity Diagram Manajemen Pembelian Barang 9 .

Gambar 4. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen pembayaran yaitu tambah.9.9 Activity Diagram Manajemen Pembayaran 7.10. Activity Diagram Manajemen Jenis Barang Untuk melakukan manajemen jenis barang harus melakukan login terlebih dahulu. ubah dan hapus jenis barang. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Activity Diagram Manajemen Pembayaran Untuk melakukan manajemen pembayaran harus melakukan login terlebih dahulu.6. 10 . ubah dan hapus pembayaran. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen jenis barang yaitu tambah. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4.

11 Activity Diagram Manajemen Master Barang 11 . Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Activity Diagram Manajemen Master Barang Untuk melakukan manajemen master barang harus melakukan login terlebih dahulu. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen master barang yaitu tambah. Gambar 4. ubah dan hapus master barang.Gambar 4.11.10 Activity Diagram Manajemen Jenis Barang 8.

Activity Diagram Manajemen Ruangan Untuk melakukan manajemen ruangan harus melakukan login terlebih dahulu.12 Activity Diagram Manajemen Penerimaan Barang 10.13. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen penerimaan barang yaitu tambah. Activity Diagram Manajemen Penerimaan Barang Untuk melakukan manajemen penerimaan barang harus melakukan login terlebih dahulu.9. 12 . ubah dan hapus penerimaan barang. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen ruangan yaitu tambah. Gambar 4. ubah dan hapus ruangan.12.

ubah dan hapus pengalokasian barang. Activity Diagram Manajemen Pengalokasian Barang Untuk melakukan manajemen pengalokasian barang harus melakukan login terlebih dahulu.13 Activity Diagram Manajemen Ruangan 11.14. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen pengalokasian barang yaitu tambah.Gambar 4.14 Activity Diagram Manajemen Pengalokasian Barang 13 . Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Gambar 4.

Gambar 4.15 Activity Diagram Manajemen Barang Rusak 13.12.15. ubah dan hapus barang rusak.16. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Activity Diagram Manajemen Pengembalian Barang Untuk melakukan manajemen pengembalian barang harus melakukan login terlebih dahulu. 14 . Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. ubah dan hapus pengembalian barang. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen barang rusak yaitu tambah. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen pengembalian barang yaitu tambah. Activity Diagram Manajemen Barang Rusak Untuk melakukan manajemen barang rusak harus melakukan login terlebih dahulu.

17 Activity Diagram Manajemen Perawatan Barang 15 .16 Activity Diagram Manajemen Pengembalian Barang 14. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen perawatan barang yaitu tambah.17. ubah dan hapus perawatan barang. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Activity Diagram Manajemen Perawatan Barang Untuk melakukan manajemen perawatan barang harus melakukan login terlebih dahulu.Gambar 4. Gambar 4.

ubah dan hapus re-retur.18. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4. Activity Diagram Manajemen Re-Retur Untuk melakukan manajemen re-retur harus melakukan login terlebih dahulu. 16 .18 Activity Diagram Manajemen Retur 16. Gambar 4. Untuk detail proses seperti terlihat pada gambar 4.19. ubah dan hapus retur. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen re-retur yaitu tambah. Activity Diagram Manajemen Retur Untuk melakukan manajemen retur harus melakukan login terlebih dahulu. Ketika telah login dan valid maka selanjutnya dapat melakukan manajemen retur yaitu tambah.15.

2 Perancangan Tabel Basis Data 1.2. Struktur dari tabel admin dapat dilihat pada tabel 4. PASSWORD.1.19 Activity Diagram Manajemen Re-Retur 4.2. Data admin antara lain ID_ADMIN.Gambar 4. Tabel ADMIN Tabel admin digunakan untuk menyimpan data admin. NAMA_ ADMIN dan STATUS_ADMIN.1 Tabel ADMIN No 1 2 3 4 5 Nama Field ID_ADMIN USERNAME PASSWORD NAMA_ ADMIN STATUS_ADMIN Tipe integer varchar varchar varchar integer Size 11 50 50 50 11 Keterangan Primary Key 17 . USERNAME. Tabel 4.

TANGGAL dan STATUS. Tabel 4.4. NAMA. Tabel KOMENTAR Tabel komentar digunakan untuk menyimpan data dari komentar. Tabel BERITA Tabel berita digunakan untuk menyimpan data dari berita. Tabel 4.2. TANGGAL dan ID_KATEGORI_BERITA.3. Tabel KATEGORI_BERITA Tabel kategori berita digunakan untuk menyimpan data dari kategori berita.4 Tabel KOMENTAR No 1 Nama Field ID_KOMENTAR Tipe integer Size 11 Keterangan Primary Key 18 . ISI.2 Tabel KATEGORI_BERITA No 1 2 3 Nama Field ID_KATEGORI_BERITA NAMA_KATEGORI_BERITA KETERANGAN Tipe integer varchar varchar Size 11 100 300 Keterangan Primary Key 3. NAMA_KATEGORI_BERITA dan KETERANGAN.3 Tabel BERITA No 1 2 3 4 5 Nama Field ID_BERITA JUDUL ISI TANGGAL ID_KATEGORI_BERITA Tipe integer varchar varchar date integer Size 11 100 500 11 Foreign Key Keterangan Primary Key 4.2. Tabel 4. Struktur dari tabel kategori berita dapat dilihat pada tabel 4. Data komentar antara lain ID_KOMENTAR. Data kategori berita antara lain ID_KATEGORI_BERITA. Struktur dari tabel komentar dapat dilihat pada tabel 4. JUDUL. ISI. Struktur dari tabel berita dapat dilihat pada tabel 4. Data berita antara lain ID_BERITA.

Tabel GALERI Tabel galeri digunakan untuk menyimpan data dari galeri foto.5 Tabel GALERI No 1 2 3 4 Nama Field ID_GALERI GAMBAR NAMA KETERANGAN Tipe integer varchar varchar varchar Size 11 100 100 300 Keterangan Primary Key 6. NAMA dan KETERANGAN. Tabel SUPLIER Tabel suplier digunakan untuk menyimpan data dari suplier. NAMA_SUPLIER. GAMBAR.2 3 4 5 NAMA ISI TANGGAL STATUS varchar varchar date varchar 100 500 10 5.5. Data suplier antara lain ID_SUPLIER. Tabel 4. Struktur dari tabel galeri dapat dilihat pada tabel 4. Data galeri antara lain ID_GALERI.6 Tabel SUPLIER No 1 2 3 4 Nama Field ID_SUPLIER NAMA_SUPLIER ALAMAT NO_TELP Tipe integer varchar varchar varchar Size 11 50 100 50 Keterangan Primary Key 19 . Tabel 4. Struktur dari tabel suplier dapat dilihat pada tabel 4. ALAMAT dan NO_TELP.6.

JUMLAH.9. Struktur dari tabel sp dapat dilihat pada tabel 4. Tabel 4. Struktur dari tabel nama_barang_sp dapat dilihat pada tabel 4.7. STATUS.8 Tabel NAMA_BARANG_SP No 1 2 Nama Field ID_NAMA_BARANG_SP NAMA_BARANG Tipe integer varchar Size 11 50 Keterangan Primary Key 9. Tabel 4. Data nama_barang_sp antara lain ID_NAMA_BARANG_SP dan NAMA_BARANG. Tabel 4. ID_SP dan HARGA. KETERANGAN.9 Tabel SP_BARANG_REF No 1 2 3 Nama Field ID_SP_BARANG_REF KETERANGAN JUMLAH Tipe integer varchar integer Size 11 80 11 20 Keterangan Primary Key . Struktur dari tabel sp_barang_ref dapat dilihat pada tabel 4. Tabel SP_BARANG_REF Tabel sp_barang_ref digunakan untuk menyimpan data barang dari SP.7. Tabel SP Tabel sp digunakan untuk menyimpan data dari surat permintaan. Tabel NAMA_BARANG_SP Tabel nama_barang_sp digunakan untuk menyimpan data kategori dari nama barang SP. NO_SP dan ID_SUPLIER. Data sp_barang_ref antara lain ID_SP_BARANG_REF.7 Tabel SP No 1 2 3 ID_SP NO_SP ID_SUPLIER Nama Field Tipe integer varchar integer Size 11 50 11 Foreign Key Keterangan Primary Key 8. Data surat permintaan antara lain ID_SP.8.

NO_FAKTUR dan ID_SP.10 Tabel FAKTUR No 1 2 3 4 Nama Field ID_FAKTUR NO_FAKTUR ID_SP STATUS Tipe integer varchar integer varchar Size 11 50 11 10 Foreign Key Keterangan Primary Key 11. Struktur dari tabel jenis_barang dapat dilihat pada tabel 4.10. Tabel JENIS_BARANG Tabel jenis_barang digunakan untuk menyimpan data dari jenis barang. NAMA_JENIS_BARANG.11. Data jenis barang antara lain ID_JENIS_BARANG. Tabel 4. Data faktur antara lain ID_FAKTUR. Tabel FAKTUR Tabel faktur digunakan untuk menyimpan data dari faktur. Struktur dari tabel faktur dapat dilihat pada tabel 4. KODE_JENIS_BARANG dan NO_BARANG_TERAKHIR. Tabel 4.11 Tabel JENIS_BARANG No 1 2 3 4 5 6 7 8 Nama Field ID_JENIS_BARANG NAMA_JENIS_BARANG KODE_JENIS_BARANG NO_BARANG_TERAKHIR WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer varchar varchar integer varchar date varchar date Size 11 50 10 11 50 50 21 Keterangan Primary Key .4 5 6 STATUS ID_SP HARGA varchar integer bigint 10 11 20 Foreign Key 10.

NOMOR_BARANG. Tabel PEMBELIAN_BARANG Tabel pembelian_barang digunakan untuk menyimpan data dari pembelian barang. ID_FAKTUR. NOMOR_KUITANSI_PEMBELIAN. Tabel 4. BIAYA_PEMBELIAN. STATUS_PEMBELIAN dan TGL_BELI. CARA_PEMBAYARAN. Data pembelian barang antara lain ID_PEMBELIAN_BARANG.12 Tabel BARANG No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Nama Field ID_BARANG NOMOR_BARANG ID_SP_BARANG_REF ID_JENIS_BARANG WAKTU_PEMBUATAN BATAS_MASA_BERLAKU STATUS FAKTUR WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer varchar integer integer date date varchar varchar varchar date varchar date Size 11 30 11 11 20 30 50 50 Foreign Key Foreign Key Foreign Key Keterangan Primary Key 13.12. Struktur dari tabel pembelian_barang dapat dilihat pada tabel 4. STATUS dan FAKTUR. Struktur dari tabel barang dapat dilihat pada tabel 4. BATAS_MASA_BERLAKU. Tabel BARANG Tabel barang digunakan untuk menyimpan data dari master barang. Data barang antara lain ID_BARANG.12. WAKTU_PEMBUATAN. Tabel 4. ID_JENIS_BARANG. ID_SP_BARANG_REF.13 Tabel PEMBELIAN_BARANG No 1 2 Nama Field ID_PEMBELIAN_BARANG ID_FAKTUR Tipe integer integer Size 11 11 Keterangan Primary Key Foreign Key 22 .13.

ID_BARANG dan TGL_MASUK.14. Struktur dari tabel penerimaan_barang dapat dilihat pada tabel 4.15 Tabel PENERIMAAN_BARANG No 1 2 3 4 5 Nama Field ID_PENERIMAAN_BARANG ID_BARANG TGL_MASUK WHO_CREATE WHEN_CREATE Tipe integer integer date varchar date Size 11 11 50 23 Keterangan Primary Key Foreign Key . Data penerimaan barang antara lain ID_PENERIMAAN_BARANG. Tabel PEMBAYARAN Tabel pembayaran digunakan untuk menyimpan data dari pembayaran. ID_PEMBELIAN_BARANG. Tabel 4.3 4 5 6 7 NOMOR_KUITANSI_PEMBELIAN CARA_PEMBAYARAN BIAYA_PEMBELIAN STATUS_PEMBELIAN TGL_BELI varchar varchar integer varchar date 50 10 11 15 - 14.14 Tabel PEMBAYARAN No 1 2 3 4 Nama Field ID_PEMBAYARAN ID_PEMBELIAN_BARANG JUMLAH_PEMBAYARAN TGL_BAYAR Tipe integer integer integer date Size 11 11 11 Keterangan Primary Key Foreign Key 15. Tabel 4. JUMLAH_PEMBAYARAN dan TGL_BAYAR. Data pembayaran antara lain ID_PEMBAYARAN.15. Tabel PENERIMAAN_BARANG Tabel penerimaan_barang digunakan untuk menyimpan data dari penerimaan barang pada gudang. Struktur dari tabel pembayaran dapat dilihat pada tabel 4.

ID_BARANG. Struktur dari tabel lokasi_barang dapat dilihat pada tabel 4. Tabel 4.16. NAMA_RUANGAN dan KETERANGAN. Tabel LOKASI_BARANG Tabel lokasi_barang digunakan untuk menyimpan data dari pengalokasian barang ke unit.6 7 WHO_CHANGE WHEN_CHANGE varchar date 50 - 16. Struktur dari tabel ruangan dapat dilihat pada tabel 4. Data ruangan antara lain ID_RUANGAN. Tabel 4. Tabel RUANGAN Tabel ruangan digunakan untuk menyimpan data dari ruangan / unit. Data lokasi barang antara lain ID_LOKASI_BARANG.16 Tabel RUANGAN No 1 2 3 Nama Field ID_RUANGAN NAMA_RUANGAN KETERANGAN Tipe integer varchar varchar Size 11 50 200 Keterangan Primary Key 17.17 Tabel LOKASI_BARANG No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field ID_LOKASI_BARANG ID_RUANGAN ID_BARANG TANGGAL_MASUK STATUS WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer integer integer date varchar varchar date varchar date Size 11 11 11 10 50 50 Keterangan Primary Key Foreign Key Foreign Key 24 .17. TANGGAL_MASUK dan STATUS. ID_RUANGAN.

Struktur dari tabel retur dapat dilihat pada tabel 4. Tabel RETUR Tabel retur digunakan untuk menyimpan data dari barang yang rusak masih memiliki garansi dan akan dikembalikan kepada suplier.18.18 Tabel PENGEMBALIAN_BARANG No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field ID_PENGEMBALIAN_BARANG ID_BARANG TGL_KEMBALI ID_LOKASI_BARANG STATUS WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer integer date integer varchar varchar date varchar date Size 11 11 11 10 50 50 Foreign Key Keterangan Primary Key Foreign Key 19. Data retur antara lain ID_RETUR.19 Tabel RETUR No 1 2 3 4 5 Nama Field ID_RETUR ID_BARANG TGL_KEMBALI KETERANGAN STATUS Tipe integer integer date varchar varchar Size 11 11 200 10 25 Keterangan Primary Key Foreign Key . TGL_KEMBALI. KETERANGAN dan STATUS. Struktur dari tabel pengembalian_barang dapat dilihat pada tabel 4. Data pengembalian barang antara lain ID_PENGEMBALIAN_BARANG. ID_BARANG. ID_BARANG. TGL_KEMBALI. ID_LOKASI_BARANG dan STATUS. Tabel 4. Tabel PENGEMBALIAN_BARANG Tabel pengembalian_barang digunakan untuk menyimpan data dari barang yang telah di alokasikan dan akan dikembalikan ke gudang. Tabel 4.19.18.

Tabel RERETUR Tabel retur digunakan untuk menyimpan data dari barang yang rusak masih memiliki garansi dan akan dikembalikan kepada suplier. Data barang rusak antara lain dan ID_BARANG_RUSAK.20. 26 . STATUS. Struktur dari tabel barang_rusak dapat dilihat pada tabel 4.21. Data retur antara lain ID_RETUR. ID_BARANG. KETERANGAN TANGGAL_RUSAK. KETERANGAN dan STATUS. TGL_KEMBALI.6 7 8 9 WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE varchar date varchar date 50 50 - 20. Tabel 4. ID_BARANG. Tabel BARANG_RUSAK Tabel barang_rusak digunakan untuk menyimpan data dari barang yang rusak dan sudah tidak bergaransi.20 Tabel RERETUR No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field ID_RERETUR ID_RETUR TANGGAL_KEMBALI STATUS UANG WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer integer date varchar integer varchar date varchar date Size 11 11 10 11 50 50 Keterangan Primary Key Foreign Key 21. Struktur dari tabel retur dapat dilihat pada tabel 4.

22 Tabel PERAWATAN No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Nama Field ID_PERAWATAN ID_BARANG NAMA_PERAWATAN BIAYA_PERAWATAN WAKTU_PERAWATAN STATUS WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer integer varchar integer date varchar varchar date varchar date Size 11 11 50 11 10 50 50 27 Keterangan Primary Key Foreign Key .Tabel 4. BIAYA_PERAWATAN. NAMA_PERAWATAN. Data perawatan antara lain ID_PERAWATAN. Struktur dari tabel perawatan dapat dilihat pada tabel 4. Tabel 4.21 Tabel BARANG_RUSAK No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field ID_BARANG_RUSAK ID_BARANG KETERANGAN STATUS TANGGAL_RUSAK WHO_CREATE WHEN_CREATE WHO_CHANGE WHEN_CHANGE Tipe integer integer varchar varchar date varchar date varchar date Size 11 11 200 10 50 50 Keterangan Primary Key Foreign Key 22. WAKTU_PERAWATAN dan STATUS. ID_BARANG.22. Tabel PERAWATAN Tabel perawatan digunakan untuk menyimpan data dari barang yang akan dilakukan perawatan.

Gambar 4.20.2.20 Entity Relationship Diagram 28 .2.4.3 Entity Relationship Diagram (ERD) Relasi antar tabel untuk sistem yang akan dibangun dapat diilustrasikan seperti gambar 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful